Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

panduan membaca efektif

panduan membaca efektif
panduan membaca efektif

panduan membaca efektif-membaca merupakan suatu kegiatan sederhana yang berguna untuk pengembangan diri. 

meskipun sederhana, kamu  memerlukan latihan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca, memahami isi bacaan, dan makna tulisan yang dibaca. 

membaca merupakan proses memahami teks (tulisan, gambar, grafik, dll.) hal-hal yang umum kita temui sehari-hari. 

karena itu, baiknya kita semua memiliki kebiasaan membaca agar dapat memahami informasi seperti, naik-turunnya harga, kebijakan publik terbaru, atau paling tidak menghindari hoax.

untuk kamu yang belum memiliki kebiasaan membaca segera evaluasi dan coba untuk menambahkan kegiatan membaca di daftar kegiatan sehari-hari kamu agar lebih produktif.

membaca efektif adalah kemampuan seseorang untuk tahu kapan membaca, dan kegiatan membacanya untuk mendukung sesuatu menjadi logis. 

membaca juga merupakan proses berpikir, sebagai proses berpikir, membaca mendukung sikap dan keterampilan memecahkan persoalan yang dihadapi. 

dengan rajin membaca membuat pemikiran kita semakin kritis.

pengertian membaca menurut ahli

membaca dalam kamus besar bahasa indonesia (purwadarminta : 2001) adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis. dengan melisankan apa yang tertulis atau hanya dalam hati. 

jadi, seorang pembaca berusaha untuk memahami isi, menggali informasi secara lisan atau dalam hati.

tarigan (1987) menjelaskan membaca merupakan suatu proses untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis lewat kata-kata. 

jadi, pembaca adalah orang yang berusaha untuk menjaring makna dan memahami maksud penulis.

pateda (1989 : 92 ) dalam buku analisis kesalahan berpendapat bahwa membaca adalah menangkap makna melalui rangkaian huruf tertentu. 

dalam buku yang sama, dechant dan henry p smit membaca adalah proses interpretasi simbol-simbol tertulis. 

hal ini menunjukkan bahwa membaca adalah proses menafsirkan simbol-simbol secara menyeluruh. 

dalam membaca ada interaksi antara pembaca dan penulis. dan seorang pembaca harusnya mampu menangkap makna-makna baik yang tersirat maupun yang tersurat.

dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa membaca adalah aktivitas yang melibatkan pembaca, isi bacaan, dan penulis. 

seseorang dapat dikatakan memahami suatu bacaan apabila ia telah menangkap maksud penulis baik yang tersurat maupun yang tersurat.

baca juga : cara belajar efektif dan menyenangkan selama masa pandemi

pengertian membaca cepat menurut ahli

nurhadi dalam bukunya membaca cepat dan efektif (2013 : 39) membaca cepat merupakan membaca yang mengutamakan kecepatan tanpa mengabaikan pemahaman. 

kecepatan membaca disesuaikan dengan, tujuan membaca, keperluan, dan berat ringannya bahan bacaan.

atikah dalam hilda (2014 : 14) berpendapat bahwa membaca cepat adalah kegiatan membaca yang menitikberatkan pada pemahaman isi bacaan secara tepat dengan waktu yang relatif singkat. 

jadi, ada dua faktor dalam membaca cepat yakni pemahaman dan ketepatan.

soedarso (2016 : 18) membaca cepat adalah kemampuan membaca dengan memperhatikan tujuan membaca. 

kecepatan harus fleksibel dalam arti kecepatan tidak harus sama adakalanya diperlambat karena bahan-bahan dan tujuan kita.

dengan demikian, menurut pendapat beberapa ahli di atas membaca cepat merupakan ketrampilan membaca dan memahami isi bacaan dengan tujuan yang tepat. 

itu beberapa pengertian berikut ini model pembelajaran yang mampu membuat kita semua menjadi pembaca efektif.

salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah model,  preview, question, read, state. yang disebut sebagai PQRST. 

dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PQRST secara statistik mampu meningkatkan pemahaman membaca. 

(miqawati dan sulistyo, 2014) berikut ini ulasan mengenai model pembelajaran PQRST dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

baca juga : teknik belajar pomodoro

langkah-langkah membaca efektif

preview-meninjau

adalah langkah pertama dalam model pembelajaran pqrst yang dilakukan untuk meninjau secara umum teks atau buku yang dibaca. tujuan langkah ini adalah menemukan gambaran umum isi buku.

langkah-langkah melakukan peninjauan

  1. meninjau judul buku coba analisis dan ambil kesimpulan sendiri mengenai isi buku dari judulnya.
  2. baca daftar isi dan analisa bagaimana buku ditulis dan gaya penulisannya. baca masing-masing bab dan sub bab untuk memahami isi secara umum.
  3. baca kata pengantar dan/atau bagian yang sejenis. bagian kata pengantar memberikan penjelasan ringkas mengenai isi buku dan cara buku disusun.
  4. baca halaman akhir atau sampul belakang buku, analisa apakah terdapat lampiran atau sejenisnya apabila ada, analisa apa jenis lampiran tersebut. 
  5. misalnya lampiran biasa, glosarium, referensi atau daftar pustaka atau indeks.
  6. pada saat membaca buku perhatikan dengan seksama judul bab, tujuan penulisan bab, sub-bab, grafik, gambar, catatan-catatan yang mungkin ada di setiap halaman juga ringkasan bab.

manfaat melakukan analisa dan peninjauan

  • pembaca mendapatkan gambaran besar isi buku.
  • pembaca mampu menemukan poin-poin penting isi buku.
  • pembaca dapat memahami organisasi tulisan dan isi tulisan.
  • pembaca dapat menetapkan hal-hal penting yang harus segera dipahami, tanpa harus membaca keseluruhan isi buku/bahan bacaan.

merumuskan pertanyaan.

langkah question merupakan langkah kedua dalam model pembelajaran pqrst. langkah question merupakan tindak lanjut dari langkah pratinjau/preview. 

jika langkah membuat pertanyaan dapat dilakukan dengan baik maka proses memahami teks dapat dilakukan dengan baik pula (poole, 2003)

langkah-langkah merumuskan pertanyaan.

  1. pembaca membaca bab secara detail.
  2. pembaca membuat analisa dan prediksi terhadap judul yang dibaca.
  3. pembaca menggunakan kalimat tanya siapa, apa, kapan, mengapa, dan bagaimana. 
  4. pembaca harus merumuskan pertanyaan yang dapat menggiring pembaca kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  5. tuliskan pertanyaan agar memudahkan untuk digunakan dalam memahami isi bacaan.

manfaat membuat pertanyaan

  • mengetahui secara tepat informasi apa yang harus dicari.
  • mendorong pembaca untuk melihat isi teks secara detail.
  • meningkatkan konsentrasi saat membaca dengan memberikan panduan melalui telaah bahan bacaan.
  • memungkinkan pembaca memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul saat membaca dan membuat alur.

membaca

  1. langkah read adalah tingkat lanjut dari langkah pratinjau dan merumuskan pertanyaan di atas. langkah membaca dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang dibuat. 
  2. membaca merupakan proses berpikir, sehingga selama membaca, apabila diperlukan berhenti sebentar untuk mengendapkan apa yang dibaca. 
  3. sehingga pemikiran awal pembaca yang dibuat dengan cara merumuskan pertanyaan di atas dapat dipastikan melalui teks yang dibaca. 
  4. selama membaca terjadi proses menghubungkan antara pengetahuan atau informasi baru yang didapatkan dengan pengetahuan dan informasi lama yang dimiliki pembaca. 
  5. sehingga, memungkinkan untuk terjadinya sintesis atau evaluasi terhadap pengetahuan yang dimiliki menjadi pengetahuan baru.

selama membaca lakukan aktivitas berikut.

  • jawab pertanyaan yang dibuat
  • beri tanda sebagai penekanan pada bagian penting bisa diwarnai atau diberi garis bawah pada kata, atau frase.
  • temukan dan baca ulang bagian yang sulit.
  • pecah dalam beberapa bagian apabila diperlukan

manfaat menerapkan langkah membaca efektif di atas di antaranya:

  1. menyiapkan pikiran untuk menerima pengetahuan
  2. meningkatkan volume pengetahuan yang dapat dipelajari
  3. mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mempelajari sesuatu.

state

langkah ini merupakan langkah komprehensif semua langkah-langkah di atas. 

tahap ini membantu memastikan informasi baru yang didapat mengendap dan menjadi pengetahuan baru yang dibutuhkan. 

tahap ini adalah tahap di mana pembaca memilah dan memilih informasi mana yang dibutuhkan dan mana yang kurang dibutuhkan. langkah ini umumnya disebut meringkas isi bacaan.

langkah-langkah efektif meringkas bahan bacaan

  1. temukan dan beri tanda ide atau kata kunci
  2. ringkas dan catat poin-poin penting yang ditemukan
  3. keuntungan membuat ringkasan
  4. karena ringkasan dibuat per-bagian maka akan mudah memahami hubungan antar satu bagian dengan bagian yang lain
  5. memudahkan memahami teks karena dibuat dengan menggunakan bahasa sendiri. dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.
  6. dengan demikian, metode PQRST sesuai untuk materi pelajaran pemahaman teks secara komprehensif. 
  7. penerapan metode PQRST perlu memastikan setiap langkah berjalan dengan sempurna. 

demikianlah pembahasan mengenai panduan membaca efektif. sampai jumpa di konten baraaksara lainnya.

sumber :

Harli Trisdiono, SE. MM (2017) widyaiswara madya LPMP DI yogyakarta, metode membaca efektif, google schoolar

video presenta.edu https://www.youtube.com/watch?v=Y8UvJ4DDEIg

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "panduan membaca efektif"