Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips agar tidak bosan membaca

tips agar tidak bosan membaca
tips agar tidak bosan membaca

tips agar tidak bosan membaca-dalam sebuah studi dari 61 Negara, Indonesia menduduki peringkat ke 60 setelah Thailand dan sebelum Botswana dalam hal minat baca.
 
artinya dari 1000 orang Indonesia hanya 1 orang yang memiliki kebiasaan membacapadahal membaca sangat penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga untuk membangun dan mewariskan peradaban.
 
umumnya kebosanan menjadi alasan seseorang malas untuk membacanamun, bosan membaca merupakan sebuah kebosanan yang berbahaya karena akan membekukan pikiran dan bikin macet kemajuan.
 
karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai cara yang menyenangkan untuk membaca dan biar kamu tidak bosan saat membaca.

pahami gambaran umum sebuah buku.

dengan memahami gambaran besar dari sebuah buku bisa bikin kita semakin penasaran dan lebih bisa menikmati alur dari buku yang akan dibaca. oleh karena itu, membuat tinjauan awal untuk mengetahui gambaran besar isi buku sangat penting.
 
teknik mengenai ini ada di artikel sebelumnya tips membaca cepat dan efektif. 
dan jangan lupa untuk mencari review sebuah buku yang ingin kamu baca. 
atau kamu bisa review sendiri.
 
kalo untuk buku non-fiksi kamu bisa membuat review dengan cara membaca sekilas sinopsis dan daftar isi untuk menilai gambaran umum sebuah buku.

akrabkan diri dengan istilah-istilah yang digunakan dalam buku.

ketika membaca sebuah buku dan ketemu sama istilah-istilah asing yang belum kita ketahui. maka kita akan merasa tidak nyambung. perasaan tidak nyambung dan tak paham ujung-ujungnya bikin bosan dan tak mau melanjutkan membaca.
 
cara mengatasi ini adalah dengan usahakan selalu menyediakan kamus saat membaca, atau catat saja dulu kata-kata asing yang belum kamu pahami. kemudian, cari pengertiannya lewat kamus online yang banyak beredar atau beli sendiri kamusnya. karena setiap bidang ilmu biasanya ada kamus khususnya.

temukan keterkaitan antara buku dan diri kamu.

menurut teori konstruktivisme seseorang membangun pemahaman baru dengan cara membandingkan informasi baru dengan pengalaman dirinya. sehingga suatu cerita akan lebih muda diikuti karena ada kaitannya.
 
ini bukan Cuma untuk novel yang non-fiksi ya. misalnya kamu membangun pemahaman mengenai demokrasi, coba untuk membaca buku-bukunya kemudian bandingkan dengan keadaan demokrasi di daerah kamu. dengan begini membaca menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.

baca buku dalam keadaan kondusif.

untuk dapat menikmati aktivitas membaca agar tidak bosan. kita membutuhkan ruang yang menurut kita nyaman agar dapat berkonsentrasi saat membaca. makanya cari tempat yang sesuai dengan kamu bila perlu matikan smartphone kamu agar lebih konsentrasi saat membaca.
 
atau kalo kamu tipe yang harus mendengarkan musik saat membaca maka cukup pake flight mode agar tidak terganggu dengan berbagai pesan yang tidak terlalu penting.

pegang kendali saat membaca.

yang perlu kamu ingat adalah bahwa membaca membutuhkan keterampilan. setiap orang memiliki level skill yang berbeda-beda. tingkat kesulitan pembahasan dari berbagai buku pun beragam. ada buku tipis tapi isinya teori sama analisis semua, ada buku yang tebal namun ringan dalam penyajiannya.
 
jadi, dengan mengenal buku apa yang kamu baca akan sangat membantu untuk menyesuaikan tingkat kesulitan buku dengan tingkat skill yang  kamu miliki dalam membaca. untuk membuat aktivitas membaca menjadi lebih mengasyikkan jangan terlalu terbebani dengan harus membaca buku yang sedang dibaca semua orang.
 
membaca yang menyenangkan adalah membaca buku yang kita sukai atau memang topik-topiknya sedang kita dalami. membaca yang diburu gengsi dan diburu waktu hanya akan menghasilkan kebosanan yang akut.
 
jangan ragu untuk menghilangkan rasa bosan saat membaca. mengingat aktivitas ini sangat penting untuk kemajuan kita bersama.

demikianlah informasi mengenai cara agar tidak bosan membaca. semoga belajar kamu makin optimal dengan mampu mengatasi kebosanan saat membaca. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya
sumber:
Hujan Tanda Tanya 
https://www.youtube.com/watch?v=kZIQv-VlKzA
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for " tips agar tidak bosan membaca"