Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips membaca cepat dan efektif

 Tips Membaca Cepat dan Efektif.



tips membaca cepat dan efektif-kebiasaan membaca adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan diri dalam berbagai aspek. namun, seringkali, banyak orang yang sangat susah kalo disuruh membaca. alasannya beragam mulai dari, susah fokus, cepat ngantuk, malas, membaca tapi nggak masuk. 
dan seribu alasan lainnya. 

padahal membaca adalah salah satu cara untuk menguasai banyak hal. tak mudah memang, menemukan cara membaca yang pas agar isi buku bisa masuk ke otak atau supaya bisa cepat paham isi buku. ibarat mencari jarum dalam jerami. susah-susah gampang.

karena itu, penting untuk mempelajari dan memahami berbagai teknik membaca efektif agar kita semua bisa mencerna gagasan dengan lebih baik. kemudian menerapkan isi bacaan kedalam kehidupan sehari-hari. membaca baiknya menjadi kebiasaan kita sehari-hari. 

karena dengan membaca kita bisa punya wawasan luas mengenai berbagai topik di dunia. dengan membaca, kemampuan belajar kita juga meningkat, dan otak kita bisa berpikir lebih kritis. buat kamu yang belum punya kebiasaan membaca, mulai sekarang biasakan membaca.
 
tapi, bukan Cuma membaca saja, kamu juga harus mampu memahami konten yang sedang kamu baca.

agar termotivasi terus  membaca kamu bisa belajar dari orang-orang sukses. misalnya, Elon Musk, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg. mereka  punya kebiasaan membaca 1 jam setiap hari. dan dalam waktu 1 jam itu mereka bisa membaca dengan efektif.

maksudnya dalam waktu satu jam itu mereka bisa menelan gagasan pokok yang terdapat dalam buku. jadi nggak Cuma nonton huruf sama kalimat aja. tentunya para tokoh di atas nggak cuma asal baca, namun, juga menggunakan teknik membaca efektif yang dapat membantu mereka menghemat waktu dan tenaga dalam upaya memahami gagasan dalam sebuah buku.
 
emang apa aja sih teknik membaca efektif yang mereka gunakan sampai bisa jago kayak gitu? berikut ini ulasannya.


teknik membaca efektif.

membaca dalam keadaan nyaman.

nyaman bagi setiap orang berbeda-beda. namun, yang paling standard saat ngomongin nyaman saat membaca berarti kamu membaca dalam keadaan kenyang, mata tidak terlalu ngantuk, dan pencahayaan yang cukup agar kamu bisa fokus membaca.

jangan lupa juga sebelum membaca berdoa dulu. soal tempat, waktu, dan lain-lain sesuaikan dengan kebiasaan kamu.

Melakukan tinjauan awal.

tinjauan awal adalah langkah menganalisis sinopsis buku. biasanya ada di halaman belakang sebuah buku. lakukan juga tinjauan judul buku supaya kamu mempunyai pemahaman awal mengenai apa yang dibahas seorang penulis.
 
dan lakukan juga tinjauan bab per bab hingga ke sub-sub babnya untuk sekedar dapat mengira-ngira alur pembahasan penulisnya.

membaca dengan satu kalimat utuh bukan kata per kata.

tujuannya supaya kamu bisa menganalisis dengan lebih baik kalimat yang kamu baca, gagasan pokoknya apa, juga latar belakangnya kayak gimana. sehingga kamu membaca dengan sekaligus mencerna isi dari setiap kalimat maupun paragraf yang kamu baca.

Mengggerakkan jari sesuai bacaan dan temukan kata kunci kalimatnya.

ini mirip seperti kamu sedang membaca kamus. langkah menggerakkan jari saat membaca tujuannya agar kamu tidak terlalu terpesona dengan keindahan rangkaian kata-kata hingga abai pada maksud sebenarnya dan kata kunci yang menjadi inti gagasan dalam sebuah kalimat.
 
usahakan juga agar kamu tidak bergumam saat membaca karena dapat mengganggu konsentrasi.
temukan ide atau kalimat utama dalam setiap paragraf ide utama biasanya ada di awal atau di akhir paragraf untuk dapat menemukannya, usahakan fokus menemukan  kata kunci dalam setiap gagasan.
 
kemudian tandai atau catat setiap kata kunci kalimat dan inti gagasan dalam setiap paragraf untuk dianalisis lebih jauh. barangkali ada bagian di antara kata kunci atau inti gagasan yang kata-katanya belum kamu mengerti.

skimming atau membaca sekilas.

ini penting untuk kamu lakukan agar dapat menemukan inti paragraf yang kamu baca beserta kata-kata kuncinya. kamu nggak membaca bab per bab secara teratur tapi lompat-lompat antara satu bab dengan bab yang lainnya guna menemukan alur gagasan dalam sebuah buku.

scanning atau membaca memindai.

teknik bacanya seperti kayak kamu lagi membaca kamus. padukan teknik skimming dan scanning. untuk mendapatkan alur gagasan sebuah buku. juga untuk menemukan kata kunci maupun inti gagasan dalam sebuah buku. teknik scanning ini juga berguna untuk mendapatkan informasi yang spesifik dalam sebuah bahan bacaan.

catat poin-poin penting.

supaya kamu bisa mengukur sendiri sejauh mana pemahaman kamu setelah membaca.
catatan mengenai pokok gagasan, kemudian masih bisa kamu diskusikan mengenai substansinya. 
dalam proses ini memang kamu perlu sedikit bersabar.

membaca aktif bukan aktif membaca.

membaca aktif dan aktif membaca adalah dua hal yang berbeda. aktif membaca dapat melatih kecepatan kamu membaca. namun, kurang mampu membuat kamu cepat paham konten yang sedang kamu pelajari. 

perbedaan utamanya ada pada kualitas bacaan dan proses membacanya. kualitas bacaan kamu sangat dipengaruhi oleh seberapa sering kamu membaca. agar dapat menjadi pembaca aktif kamu harus punya bahan bacaan yang bervariasi.
 
kalo bahan bacaan kamu hanya itu-itu saja kamu hanyalah aktif membaca bukan pembaca aktif.
dalam prosesnya pembaca aktif cenderung penasaran dan selalu mencari jawaban bahkan sejak buku belum di buka.

ciri pembaca aktif biasanya kalo ketemu buku dia akan bertanya “kenapa ya saya pilih buku ini?” “apa motif si penulis sampe bikin judul kayak begini?.” dan ribuan pertanyaan lainnya. 

beda sama orang yang aktif membaca. asal ketemu buku langsung di ambil seringkali, tanpa banyak pertimbangan. kalo kamu hanya jadi orang yang aktif membaca malah bisa berbahaya karena, sumber bacaan kamu yang kurang beragam, apalagi kamu Cuma menyerap pengetahuan secara pasif.
 
akhirnya aktif membaca justru menghilangkan esensi dari berpikir kritis. dan bisa saja membuat pikiran kamu menjadi sempit. tapi untuk kamu yang sudah aktif membaca jangan berkecil hati, terus membaca dan tingkatkan level kamu menjadi pembaca aktif.

 
kamu bisa menerapkan tips membaca cepat dan efektif ini dan dan menambahkannya dengan strategi membaca efektif dari mas agus setiawan berikut ini.

strategi dan teknik membaca efektif.

yang harus kamu garis bawahi adalah teknik membaca cepat tidak fokus pada kecepatan membaca. namun, pada membaca selektif. kenapa harus begitu? adler dalam bukunya “how to read a book” “bagaimana membaca sebuah buku”
 
mengemukakan bahwa dia tidak setuju pada pendapat dan kebiasaan sebagian orang yang membaca buku dari awal sampe akhir dengan kecepatan yang sama. kalau kamu seorang pembaca tentu tahu bahwa, seringkali kita membaca kata per kata dari awal hingga akhir. atau membaca cepat- cepat hingga mampu membaca ratusan kata per menit. itu yang dimaksud adler membaca dengan kecepatan yang sama.
 
menurut adler, kamu baiknya mendalami membaca selektif yaitu seorang pembaca yang tahu bagian mana yang harus didalami dan bagian mana yang harus di lewati tanpa terlalu diseriusi. jadi membaca yang efektif adalah membaca dengan tahu kapan harus memperlambat bacaan  dan kapan harus mempercepat bacaan.

tingkatkan keterampilan  teknik membaca cepat kamu dengan menerapkan tips membaca ala miliarder bill gates ini.

teknik membaca efektif ala miiarder.

sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kunci bill gates meraih kesuksesan adalah karena kegemarannya membaca buku. jumlahnya nggak main-main sudah ribuan buku gates baca, ingat dan pahami isi bacaannya. hingga ia bisa meraih segalanya seperti saat ini.

dalam salah satu wawancaranya dengan majalah time, gates mengakui bahwa kegemarannya membaca buku yang membuat dia memperoleh berbagai kesuksesan dan membuat berbagai kemajuan dalam berbagai hal.

yang tidak kalah penting dalam wawancara itu dia membocorkan sebuah teknik rahasia menuntaskan buku atau bahan bacaan yang lain. dengan menerapkan teknik ini ia mampu mengingat dan memahami isi buku bacaan.

 
sehingga bill gates memiliki cukup waktu untuk mempraktekan isi buku yang dibaca. 
tentu banyak keuntungan dan kemajuan diri yang bisa didapat kalo kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mempraktekkan hasil bacaan ketimbang memperolehnya.  

tips membaca cepat dan efektif dari Bill Gates.

pahami what and why.

sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau membaca sebuah buku. pastikan kamu tahu dulu apa tujuan? dan kenapa? penulis membahas buku tersebut.
 
semakin kita memahami konteks atau latar belakang penulisan yang di bawa oleh penulis dan arah pembahasannya, kita akan semakin mudah mengikuti alur isi buku sehingga isi buku yang kamu baca lebih mudah dipahami.
 
juga usahakan pahami apa dan kenapa kamu memilih buku ini. dengan begini kamu membeli buku yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

baca buku sesuai genre yang di tekuni.

semakin sering kita membaca buku yang sesuai dengan genre favorit atau bidang kita, maka semakin banyak database dalam benak kita. database bisa berarti kata-kata kunci dalam sebuah konsep. 

atau kumpulan konsep-konsep yang membentuk suatu teori.
 
misalnya, kamu peminat bacaan mengenai demokrasi. kalo semakin banyak buku mengenai demokrasi kamu baca dan pahami. maka, database yang kamu miliki mengenai konsep-konsep dalam demokrasi semakin banyak dan kuat.
 
ini bisa membuat kamu lebih mudah mengingat seluruh informasi mengenai demokrasi karena informasi yang kamu punya banyak dan saling berhubungan. ini yang membuat kamu lebih mudah ingat dan paham.
 
nah ketika ada informasi baru mengenai demokrasi atau bidang apapun yang kamu baca maka otak kamu secara otomatis akan menghubungkannya dengan informasi lama yang sudah tersimpan. dengan begitu kamu lebih cepat paham dengan hal-hal baru yang muncul dalam bidang yang kamu tekuni. 

karena tadi. database hasil bacaan kamu sudah kuat, saling berhubungan, dan utuh.

pahami sejarahnya. 

Bill Gates pernah berpesan kalo kita ingin belajar sains, maka kita perlu mempelajari sejarah kemunculan sains tersebut.  entah apakah kita mempelajari sejarah para ilmuwan atau apa latar belakang munculnya sebuah teori atau penemuan.

langkah ini dilakukan  karena sejarah selalu menyajikan konteks yang utuh. dengan mempelajari sejarah sebuah ilmu ibarat kita melihat hutan dari atas menggunakan drone. pada ketinggian tertentu semuanya akan kelihatan jelas, tak berdiri sendiri, dan saling berhubungan. 

tujuan membaca cepat dan efektif.

tujuan dari membaca efektif yang sudah sangat jelas adalah menghemat penggunaan waktu dalam proses membaca. dengan menerapkan dan menguasai berbagai teknik membaca efektif di atas bahan bacaan dapat lebih cepat masuk ke otak nggak keluar kemana-mana.

selain itu, kamu bisa  memacu pengembangan diri lewat membaca menjadi lebih cepat. 
itu karena kamu menerapkan teknik membaca efektif sehingga lebih mudah untuk menganalisis sudut pandang penulis, mengetahui sistematika penulisan buku, dan menemukan inti gagasan dengan sangat mudah.

silahkan di coba strategi dan teknik membaca cepat dan efektif yang sudah kamu baca ini mudah-mudahan berhasil.

sampai di sini pembahasan mengenai tips membaca cepat dan efektif. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.

sumber :
hujan tanda tanya
https://www.youtube.com/watch?v=9tGKbPcv2tc&t=4s
agus setiawan
https://www.youtube.com/watch?v=GePrwlB9iRc&t=9s
mind hacking id
https://www.youtube.com/watch?v=TnADPD0zVzo
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for " tips membaca cepat dan efektif"