Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips supaya rajin baca buku

tips supaya rajin baca buku
tips supaya rajin baca buku

tips supaya rajin baca buku-membaca buku umumnya dianggap sebagai kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kamu memiliki kebiasaan membaca.

karena bosan, umumnya orang jadi malas untuk membaca. semoga kamu nggak. kalo ia coba baca sampe selesai pembahasan ini supaya kamu bisa lebih rajin membaca buku.

utamakan membaca buku tipis.

untuk kamu yang baru mulai membiasakan membaca. buku cobalah untuk mengutamakan  membaca buku yang berukuran tipis terlebih dahulu. karena ukurannya tipis tentu lebih mudah menghabiskannya. maksud tipis adalah buku yang memiliki ketebalan kurang lebih 100-200 halaman.
 
selain membaca buku yang tidak terlalu tebal, pilih juga buku dengan tema pengantar yang berfungsi untuk mengenalkan kamu dengan pohon suatu ilmu pengetahuan tertentu. tipis bukan berarti isinya mudah dipahami. 

ada beberapa buku yang tipis namun isinya bikin pusing. jadi, kamu harus selektif pilih buku yang tidak terlalu tebal dan mudah untuk dicerna.

membaca buku yang relevan dengan keadaan kamu.

jika kamu saat ini adalah pengurus sebuah organisasi maka carilah buku yang bisa membantu kamu untuk menjadi pengurus organisasi yang profesional. atau dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam memimpin, dan menyelesaikan sebuah tugas.
 
ini yang dimaksud dengan membaca buku yang relevan dengan keadaan kamu. 

jika kamu punya tugas mempresentasikan materi maka, carilah buku yang dapat membantu kamu untuk dapat berbicara di depan umum dengan lebih baik, menyusun kerangka konsep dan mempresentasikannya. dengan begini buku yang kamu baca akan terhubung dengan aktivitas kamu.

taruh buku di tempat yang mudah dijangkau.

sebar buku-buku penting yang kamu baca di tempat yang mudah terlihat. bisa di dekat kasur, dekat bantal, atau kalo mau peluk aja bukunya sekalian. 

biar makin mesra hubungan kamu sama buku bawa buku yang sedang ingin kamu habiskan kemana-mana. agar pas buka tas bisa kelihatan siapa tahu pas lagi nongkrong tiba-tiba gairah membaca kamu muncul. namun, kalo bukunya nggak ada bisa jadi alasan kamu untuk menunda-nunda menyelesaikan bacaannya.

membangun kebiasaan membaca efektif

ini bisa dimulai dari niat yang kuat untuk menjadi seseorang yang bermanfaat. kalo suatu kebiasaan dibangun tanpa niat yang jelas ya ngapain?
 
untuk itu kamu perlu tentukan tujuan membaca kamu dan bangun kebiasaan kamu dengan mengganti waktu luang yang biasa kamu habiskan dengan nongkrong nggak jelas, main gawai sampe pagi, atau kegiatan yang kamu rasa kurang bermanfaat dengan membaca.

mulai saja dulu, meskipun tidak dalam waktu yang lama atau langsung menghabiskan puluhan bab-bab buku.
 
kamu bisa memulainya dengan membaca buku 10 menit 20 halaman misalnya, dengan catatan kamu bisa menarik kesimpulan dan  menguras inti gagasan dari buku yang kamu baca.
 
yang paling penting kamu mulai menumbuhkan kebiasaan membaca sekaligus membaca efektif.

bagikan apa yang kamu baca

selesai membaca cari teman yang juga suka membaca untuk membagikan hasil bacaan kamu. selain itu, kamu juga bisa membagikannya di blog dalam bentuk resensi atau buat rangkumannya dan sebarkan ke sosial media kamu.

dengan begini kegiatan sosial media kamu jadi lebih produktif dan kamu berpotensi jadi magnet untuk orang-orang yang juga memiliki ketertarikan yang sama.

demikianlah pembahasan mengenai tips supaya rajin membaca buku. sampai jumpa di konten baraaksara selanjutnya.
sumber:
zahid azmi ibrahim.
https://www.youtube.com/watch?v=cDLIc5J8dl
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "tips supaya rajin baca buku"