Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

teknik belajar pomodoro

teknik belajar pomodoro-hay sobat aksara, salah satu metode belajar yang pernah baraaksara rekomendasikan dalam artikel tips belajar efektif dan menyenangkan adalah teknik belajar pomodoro. 

teknik belajar ini sangat berguna untuk membantu kamu belajar dengan lebih efektif. prinsip utama dalam metode belajar ini adalah pengaturan jeda. 

yang mana dalam setiap 25 menit kamu harus istirahat selama 5 menit . kenapa harus ngatur waktu kayak gitu?

Menurut penelitian, yang dilakukan oleh Staffen Noyeberg, seorang lulusan dari Royal Institute of Technology di Stockholm, yang mengajarkan tentang Belajar dengan Pomodoro ini. 

setiap 25 menit sekali kita diharuskan beristirahat agar tidak bosan, dengan waktu istirahat yang sebentar biar nggak bablas, santai-santainya.

dengan pengaturan jeda waktu kayak gitu, kamu nggak belajar terlalu capek, juga istirahatnya nggak kelamaan karena Cuma 5 menit. 

sudah mulai penasaran? yuk pelajari lebih mendalam teknik belajar pomodoro ini.

sejarah teknik belajar pomodoro.

Pomodoro  berasal  dari  bahasa Italia yang berarti tomat. Teknik belajar ini ditemukan oleh mahasiswa asal Italia yang bernama Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980.  

Pada awalnya Francesco Cirillo mengalami   kesulitan   dalam   belajarnya yaitu tidak dapat fokus pada hal tertentu. Ia lalu menyadari bahwa ada hal yang salah dalam metode belajarnya. 

Ia lalu merubah teknik belajarnya dengan time management. 

Dengan bantuan timer (alarm waktu). Ia mulai merubah teknik belajarnya tersebut dengan interval waktu tertentu agar kondisi fisik maupun psikisnya dapat tetap terjaga.


Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan tepat.

Saat mengembangkan teknik ini, Francesco menggunakan timer dapur yang biasa digunakan untuk menghitung waktu memasak. 

Ia membagi waktu belajar menjadi interval bernama worksheet atau jendela kerja selama 25 menit. Setelah 25 menit, jendela kerja itu berakhir yang kemudian diselingi interval waktu istirahat. 

Teknik itu dinamakan Pomodoro karena saat Francesco membuatnya ia menggunakan timer dapur berbentuk tomat. Pomodoro dalam bahasa Italia artinya tomat.

Untuk mempraktikkan teknik ini sangat mudah kamu tidak perlu menyiapkan barang-barang atau perangkat yang rempong. kamu hanya membutuhkan timer/stopwatch. 

Saat ini, gawai canggihmu bisa membantumu melakukan teknik belajar Pomodoro. 

Jika kamu menggunakan gawai Android kamu bisa menemukan puluhan aplikasi di Play Store yang bisa membantu kamu.


cukup ketikkan “Pomodoro teknik” lalu akan muncul daftar aplikasi baik yang berbayar, maupun gratis untuk dipraktikkan. 

Namun, jika kamu nggak mau ribet instal aplikasi, bisa juga menggunakan fungsi alarm, aplikasi bawaan smartphone kamu. 

Bahkan, telepon selular zaman dulu, seperti Nokia, pasti juga memiliki alarm yang bisa digunakan. Jadi, cukup mudah alat yang dibutuhkan untuk mempraktikkan teknik ini. 

Cukup sebuah alarm saja! nggak ribet kok buat menerapkan metode belajar pomodoro ini, yang penting kamu punya timer dan sudah menentukan apa yang akan kamu kerjakan. 

berikut ini langkah-langkah yang harus kamu pahami dan lakukan agar dapat menerapkan salah satu metode belajar efektif yang sangat powerfull ini. 

sebelum menggunakannya ada empat hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai menggunakan teknik pomodoro ini.

cara menggunakan teknik belajar pomodoro


niat.

kamu harus niatkan diri agar mau fokus belajar selama 25 menit, tanpa melakukan hal lain. tanpa niat yang kuat belajar kamu nggak akan efektif.

timer/stopwatch
di zaman secanggih ini setiap smartphone sudah memiliki timer bawaan, manfaatkan itu untuk membantu kamu menerapkan teknik belajar pomodoro ini yah.

siapkan pekerjaan atau hal yang harus diselesaikan

siapkan tugas-tugas yang  akan anda kerjakan, usahakan kamu memprioritaskan tugas yang Deadline-nya sebentar lagi.

baca juga : tips menghafal

fokus hanya pada satu pekerjaan

kamu harus berani menentukan hal apa yang akan kamu kerjakan atau pelajari selama waktu 25 menit itu. 

nggak boleh melakukan lebih dari satu hal dalam satu waktu. misalnya, kamu lagi pengen menulis tentang pendidikan, maka menulislah selama 25 menit itu tanpa melakukan hal lain.

langkah-langkah menggunakan teknik belajar pomodoro


Sebelum melakukan Belajar dengan Pomodoro, Set timer/stopwatch selama 25 menit, menggunakan handphone atau yang lainnya. sangat disarankan untuk kamu menggunakan timer/stopwatch yang bunyinya kamu suka dan cukup keras.

agar menjaga kamu untuk nggak hanya fokus sama waktu belajarnya tapi juga fokus untuk istirahat, Setelah 25 menit Belajar dengan Pomodoro ini, kamu diharuskan beristirahat sejenak selama 5 menit, pada waktu istirahat ini kamu bisa nonton tv, membuat kopi atau ke toilet dan lain-lain. 

Namun, selama waktu istirahat selama 5 menit ini usahakan agar kamu nggak main sosmed dulu, karena pasti kamu lupa akan waktu yang telah ditetapkan. apalagi kalo kamu lagi stalking seseorang cieee, bakalan lama tuh istirahatnya.

Setelah jeda istirahat, lakukan Belajar dengan Pomodoro ini lagi dan blok selama 25 menit untuk melakukan tugas kamu. 

Setelah Belajar dengan Pomodoro selama 4 kali blok kamu baru bisa istirahat selama 20 – 30 menit. 

yang dimaksud dengan blok aktivitas adalah menghentikan seluruh aktivitas kamu selama 25 menit, jadi nggak ada tuh, aktivitas lain selain belajar.

sekian pembahasan mengenai teknik belajar pomodoro, sampai jumpa di konten baraaksara lainnya. 
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "teknik belajar pomodoro"