Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap


cara menulis artikel
cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap - artikel dekat dengan siapa pun yang sering online. artikel adalah teman saat kamu tak punya pemberitahuan atau pesan penting dari sosial media yang kamu gunakan. apalagi kalo kamu jomblo.

artikel yang tersebar di sosial media atau mesin pencari dapat sedikit menghibur. dan mengurangi kadar baper para jomblo yang nggak punya kerjaan dan setengah mati melihat postingan pasangan yang lagi asik buka puasa bareng atau jalan-jalan setelah tarawih sama-sama.

mbloo,mbloo menu buka puasa aja ada pasangannya. masa kamu nggak. hiaaa.

untuk mengurangi kadar kesepian para jomblo. baraaksara berinisiatif menemani kamu dengan menyajikan pembahasan mengenai cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap. mudah-mudahan aja kalian pada bisa menulis artikel.

karena, dengan menulis seluruh keresahan dan kegelisahan bisa dicurahkan. biar kamu ada kerjaan, daripada sendirian bingung-bingung gitu.

pengertian artikel.

artikel adalah karangan berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial. menurut kamus besar bahasa indonesia, artikel berarti karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau essai dalam majalah, dan surat kabar.

tujuan penulisan artikel.

tujuan penulisan artikel adalah menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa peristiwa itu terjadi. artikel dapat menawarkan gagasan baru, baik berupa teori maupun keterampilan, atau alternatif pemecahan masalah.

ciri-ciri artikel

setiap artikel umumnya memiliki topik. topik merupakan masalah yang dibahas dalam artikel. selain topik, artikel memiliki pokok pikiran. pokok pikiran merupakan informasi penting yang ada dalam artikel.

isi artikel dapat dipahami jika pokok pikiran dan jalinan hubungan antara pokok-pokok pikiran dapat kamu pahami.

cara membuat artikel

setelah sobat aksara memahami pengertian artikel, dan tujuan artikel selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat artikel dan contohnya diharapkan selesai membaca artikel ini sobat  dapat memahami cara menulis artikel yang menarik.

cara membuat artikel
cara membuat artikel

tentukan tema dan sudut pandang.

tema menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).

sedangkan sudut pandang merupakan cara penulis menempatkan dirinya dalam sebuah tulisan atau cerita.

untuk tema yang kamu tulis sebaiknya spesifik dan kamu kuasai. agar mudah dalam penulisan dan lebih gampang menarik minat pembaca.

agar dapat menemukan ide/sudut pandang tulisan. baik itu artikel atau jenis tulisan yang lain kamu tidak harus mencari ide keluar.

sobat bisa menggali ide tulisan melalui:

  • pengalaman pribadi.
  • pertanyaan orang lain.
  • masalah sosial di sekitar kamu.
selain itu, kamu bisa memanfaatkan ilmu dan skill yang kamu kuasai untuk membuat suatu artikel. baik itu artikel konseptual maupun artikel untuk memecahkan suatu permasalahan.

buatlah judul artikel yang menarik.

judul adalah kepala karangan. judul artikel yang menarik dapat memancing pembaca untuk mendalami artikel yang kamu buat.

tips membuat judul artikel.

judul artikel yang baik adalah yang mampu memberikan gambaran kepada pembaca mengapa artikel yang kamu buat menarik untuk dibaca.

berikut ini beberapa tips membuat judul artikel:

bedakan antara judul dan topik. misalnya topik yang ingin kamu bahas dalam artikel kamu ialah "tips agar lancar berbicara di depan umum", judul yang mungkin kamu pilih misalnya, "kenapa kita gugup saat bicara di depan umum?." setelah itu

susun topik yang menjadi fokus pembahasan artikel kamu ke dalam daftar yang lebih kecil.
rangkai topik-topik yang sudah kamu susun itu menjadi sebuah kalimat yang mewakili isi artikel.

buatlah beberapa "calon" judul artikel kemudian minta pendapat orang lain mengenai daftar judul artikel yang sudah kamus susun itu. apakah sudah mewakili isi artikel atau belum? ataukah judul artikel ini terlalu rumit?

judul artikel yang terlalu rumit dan panjang umumnya membuat orang enggan untuk membaca artikel yang telah kamu buat.

sebisa mungkin usahakan agar judul mampu menjelaskan manfaat dari artikel yang kamu tulis.
rangkai judul yang mampu membangkitkan emosi pembaca, kamu bisa menentukan emosi macam apa yang kamu inginkan saat orang membaca artikel kamu.
 
perlu waktu untuk menentukan judul artikel yang menarik. bersabar dan buatlah pilihan yang tepat untuk judul artikel kamu. dengan sedikit bersabar kamu tentu dapat membuat artikel yang menarik untuk dibaca.

menetapkan tujuan penulisan artikel

tujuan penulisan adalah pesan apa yang kamu inginkan pembaca kamu ketahui. tujuan penulisan dapat disampaikan secara tersurat maupun tersirat.
membuat outline artikel

setelah tema, sudut pandang, judul, dan tujuan penulisan artikel sudah kamu buat sekarang waktunya kamu membuat kerangka penulisan atau outline artikel.

tips sederhana membuat outline artikel sebagai berikut:

  1. jika tema artikel yang kamu angkat adalah tema yang umum/luas. maka, bagi tema yang luas itu menjadi tema yang lebih spesifik contoh misal tema artikel yang kamu ambil adalah “pendidikan” maka pecah menjadi “pendidikan dalam lingkup perguruan tinggi” dan lain-lain. 
  2. buat poin-poin penting dari tema yang sudah spesifik tadi,
  3. poin-poin penting inilah yang akan kamu rangkai menjadi suatu alur dan paragraf dalam artikel.
  4. sertakan referensi dalam penulisan agar artikel yang kamu tulis dapat dipercaya.

Cara membuat artikel yang baik dan benar

setiap penulisan tentu memiliki format. tak terkecuali artikel, mengetahui format penulisan artikel yang baik dan benar sangat berharga untuk membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.

contoh cara membuat artikel, format pembuatan artikel

pembuka artikel

bagian pembuka artikel berisi masalah yang akan dibahas. bagian pembuka diawali dengan (thesis statement) atau tema yang akan kamu kemukakan. selanjutnya tesis yang telah kamu ajukan di bagian pembuka ini akan diperjelas di bagian isi artikel.

di bagian isi artikel nanti kamu harus mengemukakan argumentasi atau pandangan kamu mengenai masalah yang dibahas dalam artikel.

mengingat bagian pembuka artikel sangat menentukan apakah pembaca akan melanjutkan membaca artikel kamu hingga selesai atau tidak. kamu perlu mengolah bagian pembuka artikel ini sedemikian rupa sehingga mampu menarik minat baca pengunjung.

caranya bisa dengan:

  • mengajukan pertanyaan.
  • fakta-fakta menarik.
  • berdialog dengan pembaca.

isi artikel.

bagian isi berfungsi untuk menjelaskan masalah yang telah diajukan di bagian pembuka. bagian isi menjelaskan secara rinci pendapat penulis.

penjelasan mengenai argumen yang telah diajukan di bagian pembuka sebaiknya, berdasarkan fakta-fakta di lapangan atau hasil riset.

karena umumnya artikel berisi analisis subjektif terhadap suatu masalah. maka argumentasi yang sobat kemukakan harus konstruktif agar pesan dalam artikel sobat dapat diserap dengan baik oleh pembaca.

sebagai pengingat fakta adalah suatu informasi yang bersifat nyata atau benar-benar terjadi. fakta selalu disertai dengan bukti-bukti yang mendukung kebenarannya.
Baca juga : contoh artikel pendidikan

ciri-ciri fakta umumnya sebagai berikut.

  1. merupakan suatu kebenaran umum.
  2. menyertakan bukti berupa data yang akurat.
  3. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi.
  4. hindari penjelasan yang seenaknya sendiri dan asal berpendapat dalam artikel yang sobat tulis.
  5. percantik artikel kamu dengan gambar, infografis, atau video yang relevan

penutup artikel

bagian penutup artikel merupakan kesan terakhir pembaca saat membaca artikel kita. usahakan di bagian penutup artikel perjelas poin-poin yang menjadi fokus pembahasan artikel kamu.

kalo artikel yang kamu tulis agak panjang buatlah rangkuman yang menjelaskan hal-hal penting dan bermanfaat dari artikel yang telah ditulis.

contoh penulisan artikel

sebagai penulis artikel sebaiknya memiliki stok perbendaharaan kata yang banyak. supaya, pada saat menulis artikel, sobat dapat bermain-main dengan gaya dan bahasa sehingga artikel sobat lebih memiliki ciri khas. karena itu, simak baik-baik kosakata penulisan artikel berikut ini.

Kosakata penulisan artikel

kosakata adalah perbendaharaan kata. penulis artikel memerlukan kosakata yang menarik untuk meyakinkan pembaca. dengan kosakata yang menarik, artikel yang disajikan pun akan membuat orang betah membacanya lama-lama.

faktor yang mempengaruhi sebuah artikel menjadi menarik:

aktual.

informasi yang disajikan dalam artikel sedang menjadi pembicaraan banyak orang.

fenomenal. 

isi informasi dalam artikel mampu mempengaruhi emosional pembaca.

editorial.

artikel dalam surat kabar, majalah, atau media online yang mengungkapkan pendirian editor atau pemimpin media massa.

imajinasi.

artikel mampu memacu memancing daya pikir pembaca untuk membayangkan dan merasakan apa yang digambarkan penulis dalam artikelnya.

nukilan.

artikel akan semakin dipercaya jika memiliki sumber informasi yang jelas. salah satu caranya adalah dengan memberikan kutipan/nukilan yang dicantumkan pada artikel.

Menulis artikel

salah satu cara membuat artikel yang baik adalah dengan memperhatikan aspek kebahasaan teks artikel. agar menghindari kemungkinan salah penggunaan kata yang dapat  membuat pembaca bingung.
 
berikut ini pembahasan singkat mengenai aspek kebahasaan teks artikel dan cara penulisan artikel.

Cara penulisan artikel

adverbia.

adverbia adalah bahasa yang dapat mengekspresikan sikap eksposisi.

agar dapat meyakinkan pembaca, diperlukan ekspresi kepastian, yang bisa dipertegas dengan kata keterangan atau adverbia frekuentatif.

contoh adverbia frekuentatif:

  1. seperti.
  2. selalu.
  3. biasanya.
  4. sebagian besar.
  5. sering.
  6. kadang-kadang.
  7. jarang.

konjungsi.

konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sedeerajat, yaitu kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat.

terdapat beberapa konjungsi yang sering digunakan dalam penulisan artikel.

konjungsi yang sering digunakan untuk menyampaikan urutan argumentasi, seperti pertama, kedua, ketiga, dan berikutnya.

konjungsi berfungsi untuk memperkuat argumentasi seperti, selain itu, sebagai contoh, misalnya, padahal, dan justru.

konjungsi juga berguna untuk menerangkan sebab-akibat.

seperti, sejak, sebelumnya, dan sebagainya.

cara menulis artikel yang baik

artikel umumnya di muat di media online, website, atau blog. yang dibaca banyak orang. jadi, usahakan penjelasan dalam penulisan artikel kamu sederhana dan bikin pembaca mudah paham.

utamakan keaslian artikel

hindari copy paste secara serampangan artikel orang. ingat, tulisan adalah karya, kalo kamu asal copy paste, apa yang mau kamu banggakan dari karya kamu?

editing.

setelah proses penulisan artikel kamu sudah selesai, jangan asal kirim. periksa dulu. yang umumnya dilakukan saat proses editing atau perbaikan penulisan adalah memeriksa typo/salah ketik,

periksa juga fakta dan data dalam isi artikel, periksa kalimat apakah kalimat yang kamu tulis bisa dengan mudah dipahami? atau gimana? intinya periksa dulu sebelum dikirim.

jenis dan contoh artikel, contoh pembuatan artikel

contoh membuat artikel

terdapat berbagai macam jenis artikel. namun, pada kesempatan kali ini, baraaksara, hanya akan membahas beberapa jenis dan contoh artikel diantaranya:

Jenis artikel dan contohnya

  1. artikel eksplanasi dan contoh artikel eksplanasi.
  2. artikel eksposisi dan contoh artikel eksposisi.
  3. artikel narasi dan contoh artikel narasi.
  4. artikel persuasi dan contoh artikel persuasi.
  5. artikel opini dan contoh artikel opini.
  6. artikel deskripsi dan contoh artikel deskripsi.
simak pembahasan mengenai jenis dan contoh artikel berikut ini. mudah-mudahan dapat membantu kamu untuk mengenal, menganalisis, dan menulis artikel.

artikel eksplanasi dan contoh artikel eksplanasi

artikel eksplanasi

pengertian artikel eksplanasi

artikel eksplanasi merupakan artikel yang bertujuan untuk menjelaskan proses suatu gejala alam atau gejala sosial.

proses terjadinya gejala alam dan gejala sosial dijelaskan dalam artikel eksplanasi berdasarkan fakta yang ditemukan.

penjelasan lengkap mengenai apa itu teks eksplanasi klik di situ.

contoh artikel eksplanasi lengkap bisa sobat aksara baca di sini

contoh artikel eksplanasi

contoh artikel eksplanasi
fenomena korean wave di Indonesia

Budaya Korea berkembang pesat dan meluas secara global dalam dua dekade terakhir.

Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga menghasilkan suatu fenomena “Korean Wave” atau disebut juga Hallyu.

Fenomena ini dapat dijumpai di Indonesia dan dampaknya sangat terasa di kehidupan sehari-hari terutama pada generasi milenial.

Perkembangan teknologi informasi yang masif akibat adanya globalisasi menjadi faktor utama penyebab besarnya antusisme publik tehadap Korean Wave di Indonesia.

Korean Wave sendiri diawali dan sangat identik dengan dunia hiburan seperti musik, drama, dan variety shows yang dikemas secara apik menyajikan budaya-budaya Korea.

Sering berjalannya waktu, budaya Korea banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari para pecinta budaya Korea, mulai dari fashion, make up, korean skincare, makanan, gaya bicara, hingga bahasa.

Salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati kaum milenial adalah musik pop. Musik pop Korea ini atau yang sering disebut sebagai K-pop merupakan salah satu sub-sektor hiburan yang mengangkat perekonomian Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan sendiri memang sudah lama memberi perhatian khusus terhadap industri musik mereka.

Akhir dekade 1990-an, ketika sebagian besar Asia mengalami krisis keuangan, Korea Selatan justru membentuk Kementerian Kebudayaan dengan departemen khusus K-pop (Putri, 2019).

Mereka juga membangun auditorium konser raksasa, membuat teknologi hologram lebih sempurna, dan mengatur noeraebang (bar karaoke) demi melindungi industri K-pop.

Hal ini menunjukkan kesungguhan pemerintah Korea Selatan dalam memberdayakan popularitas artis mereka.

Contoh lainnya, pemerintah Korea Selatan mampu menjadikan sebuah halte bus, bekas tempat shooting video klip sebuah idol grup, di daerah pantai yang terpencil sebagai objek wisata populer.

Indonesia yang saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan rumah bagi jutaan K-popers atau pecinta K-pop.

Pada tahun 2019, Twitter mengumumkan daftar negara yang paling banyak men-tweet terkait artis Kpop sepanjang tahun 2019 dan Indonesia berada pada peringkat 3 setelah Thailand dan Korea Selatan.

Sedangkan untuk penayangan video-video K-pop di Youtube berdasarkan negara, Indonesia menempati posisi ke-2 dengan persentase 9.9% (Won So, 2020).

Sementara itu, Korea Selatan berada pada posisi pertama dengan persentase yang tak jauh berbeda dari Indonesia yaitu 10.1%.

Indonesia dikenal memiliki fanbase yang besar dan loyal dalam dunia K-pop. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai ‘pasar’ yang sangat potensial untuk perekonomian Korea Selatan dengan adanya Korean Wave.

Terkadang, menjadi K-popers bukanlah sesuatu yang murah. Kpopers perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tiket konser, album, merchandise, vote, dan produk yang diiklankan oleh artis kesukaan mereka.

Selain itu, mengunjungi Korea Selatan adalah impian bagi para K-popers di mana hal ini tentu berdampak besar bagi sektor pariwisata Korea Selatan.

Sejak dibangunnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Korea Selatan pada 1973, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah investasi terbesar dan tersebar luas di berbagai macam proyek di Indonesia (Bhaskara, 2019).

Indonesia dan Korea Selatan juga sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral mereka menjadi 30 miliar dolar AS pada 2022.

Keberadaan artis Kpop saat ini banyak mempengaruhi preferensi para milenial dalam beberapa hal. Misalnya semakin maraknya penggunaan produk-produk skincare dan make up Korea, style Korea, konsumsi makanan Korea, dan lainnya.

Cara pandang mereka pun juga berubah menjadi lebih terbuka terhadap berbagai aspek kehidupan, menjadi lebih bahagia dan bahkan banyak yang bangkit dari depresi.

Mereka juga sering menyelipkan kata-kata dengan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari seperti annyeong, saranghae, hyung, dan hwaiting.

Selain itu, para fans dari artis-artis Korea biasanya mendirikan fanbase atau komunitas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Contohnya, NCTzen Yogyakarta yang merupakan tempat berkumpulnya para fans NCT (idol grup) di Yogyakarta.

Mereka memiliki kepengurusan yang terstruktur layaknya organisasi pada umumnya dan aktif mengadakan event-event untuk fans NCT.

Bukan hanya minat penduduk Indonesia untuk mempelajari budaya Korea yang semakin meningkat, penduduk Korea Selatan yang belajar budaya Indonesia pun semakin bertambah.

Jamhari (2015) menyebutkan, saat ini bahasa Indonesia menjadi lebih popular dan minat orang yang ingin belajar bahasa Indonesia juga meningkat.

Ada tiga universitas di Korea Selatan yang menawarkan program bahasa Indonesia, yaitu Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Busan University of Foreign Studies (BUFS), dan Universitas Woosong.

Hal ini didukung pula oleh banyaknya perusahaan Korea yang berinvestasi di luar Korea seperti Indonesia. Mempelajari bahasa Indonesia akan memberikan peluang bagi mereka untuk bekerja di perusahaan Korea di luar Korea.

Selain itu, banyak artis Korea yang diundang ke acara-acara nasional di Indonesia dan menjadi brand ambassador produk atau perusahaan lokal.

Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang fanbase terbesar membuat artis-artis Korea lebih memperhatikan Indonesia dengan membuat konten-konten budaya Indonesia.

Bahkan ada grup bernama Secret Number, idol group wanita pertama yang memiliki anggota/member dari Indonesia.

Hal tersebut tentu mendapatkan perhatian besar dari seluruh dunia khususnya masyarakat Indonesia sehingga popularitasnya menjadi sangat terangkat.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam berkembangnya Korean Wave secara global.

source: https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/
artikel eksposisi dan contoh teks eksposisi beserta struktutnya
artikel eksposisi

artikel eksposisi

pengertian artikel eksposisi.

kata eksposisi berasal dari bahasa latin exposition yang berarti, memberitahukan, memaparkan, menjelaskan, atau menguraikan.

eksposisi merupakan paparan yang bertujuan memberi uraian atau menjelaskan sesuatu.
pengertian artikel ekposisi menurut kamus besar bahasa Indonesia,

artikel eksposisi merupakan uraian atau paparan yang menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan.
pengertian artikel eksposisi menurut ahli

menurut Gorys keraf, eksposisi adalah jenis teks atau keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran.

Jos Daniel perera dalam buku menulis tertib dan sistematik berpendapat bahwa artikel eksposisi bertujuan memberikan informasi. penulis berusaha memaparkan kejadian atau masalah agar pembaca dapat memahaminya.

penulis mengajukan sejumlah data dan bukti kemudian, berusaha menjelaskan suatu kejadian demi kepentingannya sendiri.

penjelesan lengkap mengenai pengertian teks eksposisi klik di sini

penjelasan lengkap mengenai contoh teks eksposisi beserta strukturnya  klik di sana

Teks eksposisi berita

contohteks eksposisi beserta strukturnya
contoh teks eksposisi beserta strukturnya

Contoh teks eksposisi beserta strukturnya 

pengertian pemanasan global penyebab, dampak, dan cara mengatasinya

pemanasan global adalah kondisi peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat konsentrasi gas rumah kaca yang berlebih.

Demikian pengertian pemanasan global menurut Natural Resources Defence Council. Dampak pemanasan global juga menurunkan kualitas hidup manusia. Penyebab pemanasan global terdiri dari berbagai sumber.

Artikel pemanasan global ini akan membahas pengertian global warming, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya.

Pemanasan global tidak dapat dilepaskan dari fenomena pencemaran udara di dunia. Volume peningkatan karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya yang dikeluarkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, pembukaan lahan, pertanian, dan aktivitas manusia lainnya.

diyakini sebagai sumber utama dari pemanasan suhu global yang telah terjadi selama 50 tahun terakhir.

Terjadinya pemanasan global dilihat oleh sebagian ilmuwan lebih cepat dibandingkan ilmuwan lain. Namun, konsensus ilmiah bersepakat bahwa suhu rata-rata bumi telah meningkat antara 0,4 hingga 0,8 ° C dalam 100 tahun terakhir.

Penelitian telah banyak dilakukan oleh peneliti dalam kurun waktu belakangan ini. Mereka memperkirakan bahwa rata-rata suhu global bisa meningkat antara 1,4 hingga 5,8 ° C pada tahun 2100.

Penyebab pemanasan global terdiri dari berbagai sumber. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa fenomena ini sungguh terjadi. Di bawah ini adalah faktor penyebab dan beberapa fakta tersebut.

Emisi gas rumah kaca dan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil juga menjadi penyebab pencemaran tanah, misalnya akibat tumpahan minyak di sekitar sumur pengeboran.

Dengan dimulainya revolusi industri tahun 1700-an, manusia mulai mencemari udara secara tidak terkendali dengan menggunakan bahan bakar fosil, batu bara, minyak, gas untuk menjalankan mobil, truk, pabrik-pabrik.

Meskipun demikian, bukan berarti efek rumah kaca selalu berdampak negatif bagi bumi.

Secara umum, efek rumah kaca merupakan hal baik dan dibutuhkan bagi makhluk hidup di bumi. Tanpa gas rumah kaca, suhu di Bumi menjadi terlalu dingin sehingga tidak mungkin ditempati.

Bahkan tidak mendukung adanya kehidupan. Namun, jika berlebih, gas rumah kaca akan menyebabkan bumi menjadi terlalu panas.

Melampaui ambang batas daya tahan hidup manusia dan berbagai spesies.

Gas metana menjadi penyebab kedua, terutama oleh peternakan.

Peternakan sapi menghasilkan lebih banyak metana dibandingkan industri minyak. Sekitar 20 persen emisi gas metana AS diproduksi oleh sendawa dan kentut ternak .

Saat ini, terdapat lebih banyak karbon dioksida di atmosfer dibandingkan dalam kurun waktu 800.000 tahun terakhir.
Tesis
Meskipun Amerika hanya memiliki 4 persen populasi dunia, tetapi memproduksi 25 persen polusi karbon dioksida akibat pembakaran bahan bakar fosil.

Sejauh ini merupakan terbesar dibandingkan negara mana pun.

Perubahan iklim global menimbulkan dampak yang dapat diamati pada lingkungan.

Gletser mencair, es di sungai serta danau lebih cepat mencair dibandingkan periode sebelumnya. Penyebaran tanaman dan hewan berubah dibandingkan data historis.

Bahkan, beberapa pohon berbunga lebih awal. Gelombang panas meningkatkan resiko manusia terkena penyakit yang berkaitan dengan panas.

Paling banyak terjadi pada orang-orang penderita diabetes yang sudah lanjut usia atau sangat muda.

Sekitar 600.000 kematian terjadi di seluruh dunia akibat bencana alam terkait cuaca di tahun 1990-an.

Sekitar 95 persen dari kematian tersebut terjadi di negara berkembang.

Menurut catatan sejarah, tahun 2014 adalah tahun paling panas di dunia. Melebihi rekor sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2010.

Global warming sering dikaitkan dengan suhu panas, tetapi juga dapat menyebabkan sebaliknya.

Di satu sisi, hutan hujan Amazon dapat berubah menjadi gurun.

Sedangkan gurun Sahara (Arab) menjadi lebih hijau, ramah lingkungan. Demikian menurut Plant a Tree Today (PATT) Foundation of the UK and Thailand.
Dampak Pemanasan Global

Dampak pemanasan global tidak hanya dirasakan oleh manusia. Tetapi, juga menyerang kesehatan ekosistem secara sistematis. Beberapa dampak tersebut adalah:

Mencairnya puncak es menyebabkan permukaan laut di utara meningkat. Pertama kalinya dalam ratusan tahun, kapal bisa melewati area Northwest Passage di atas Amerika Utara.

Area tersebut dikenal sebagai tertutup es.

Membahayakan ekosistem terumbu karang.

Ilmuwan khawatir terumbu karang tidak akan mampu beradaptasi cukup cepat mengantisipasi perubahan kondisi lingkungan tersebut. Akibatnya, fenomena pemutihan laut dan penyakit akan meningkat.
Meningkatnya permukaan air laut.

Dengan skenario kenaikan permukaan air laut hanya sekitar 0,9 meter, diperkirakan lebih dari 100 juta orang yang tinggal di daerah pesisir akan mengungsi.

Karena itu, beberapa proyek kota terapung sedang dikembangkan oleh beberapa pihak. Antisipasi kekurangan tempat tinggal manusia, pengembangan wisata, merupakan beberapa alasan di balik proyek tersebut.
Argumentasi
Akibat pemanasan bumi, sejak tahun 1870-an, permukaan air laut global telah meningkat sekitar 8 inci.

Akibat bumi yang semakin panas serta meningkatnya suhu laut, dunia telah kehilangan sekitar 16 persen dari seluruh terumbu karang pada tahun 1998.

Sejak awal Revolusi Industri, tingkat keasaman permukaan air laut telah meningkat sekitar 30 persen.

Katak emas (Golden toad) adalah spesies pertama yang akan punah akibat perubahan iklim serta hilangnya habitat.

Di antara para ilmuwan iklim, 97 persen setuju bahwa perubahan iklim yang disebabkan manusia sedang terjadi di bumi.
Penegasan Ulang
Semakin cepat kita bertindak untuk memperlambat laju perubahan iklim melalui upaya-upaya konservasi, semakin rendah risiko, juga biaya bagi generasi mendatang.

Pada tahun 1896, ilmuwan Swedia Svante Arrhenius adalah orang pertama yang mengatakan bahwa pembakaran bahan bakar fosil pada akhirnya dapat mengakibatkan peningkatan suhu global.

source : https://lingkunganhidup.co/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak/
artikel narasi dan contoh artikel narasi

Artikel Narasi

pengertian artikel narasi

sudah bisa ditebak dari namanya, narasi adalah bercerita. artikel narasi menceritakan suatu peristiwa yang sedang berlangsung berdasarkan urutan kejadian peristiwa atau kronologi.

dengan begitu pembaca, bisa menikmati topik yang dibawakan penulis dengan santai dan seakan-akan mengalami sendiri peristiwa yang berlangsung.

contoh artikel narasi yang umum dijumpai ialah:

  1. novel.
  2. roman.
  3. biografi.
  4. essai populer.
  5. cerpen.
jika sobat ingin mempelajari lebih dalam mengenai  apa yang dimaksud teks narasi ada di situ

pembahasan selengkapnya mengenai contoh artikel naratif dapat sobat baca di sini

contoh artikel narasi

Batman

Batman tak pernah satu. Maka ia tak berhenti. Apa yang disajikan Christopher Nolan sejak Batman Begins (2005) sampai dengan The Dark Knight Rises (2012) berbeda jauh dari asal-muasalnya, tokoh cerita bergambar karya Bob Kane dan Bill Finger dari tahun 1939.

Bahkan tiap film dalam trilogi Nolan sebenarnya tak menampilkan sosok yang sama, meskipun Christian Bale memegang peran utama dalam ketiga-tiganya.

Tiap kali kita memang bisa mengidentifikasinya dari sebuah topeng kelelawar yang itu-itu juga. Tapi tiap kali ia dilahirkan kembali sebagai sebuah jawaban baru terhadap tantangan baru.

Sebab selalu ada hubungan dengan hal-ihwal yang tak berulang, tak terduga—dengan ancaman penjahat besar The Joker atau Bane, dalam krisis Kota Gotham yang berbeda-beda.

Sebab itu Batman bisa bercerita tentang asal mula, tapi asal mula dalam posisinya yang bisa diabaikan: wujud yang pertama tak menentukan sah atau tidaknya wujud yang kedua dan terakhir.

Wujud yang kedua dan terakhir bukan cuma sebuah fotokopi dari yang pertama. Tak ada yang-Sama yang jadi model.

Yang ada adalah simulacrum—yang masing-masing justru menegaskan yang-Beda dan yang-Banyak dari dan ke dalam dirinya, dan tiap aktualisasi punya harkat yang singular, tak bisa dibandingkan. Mana yang “asli” tak serta-merta mesti dihargai lebih tinggi.

Sebab kreativitas berbeda dari orisinalitas. Kreativitas berangkat ke masa depan. Orisinalitas mengacu ke masa lalu.

Masa yang telah silam itu tentu saja baru ada setelah ditemukan kembali. Tapi arkeologi, yang menggali dan menelaah petilasan tua, perlu dilihat sebagai bagian dari proses mengenali masa lalu yang tak mungkin dikenali.

Pada titik ketika masa lalu mengelak, ketika kita tak merasa terkait dengan petilasan tua, ketika itulah kreativitas lahir.

Saya kira bukan kebetulan ketika dalam komik Night on Earth karya Warren Ellis dan John Cassaday (2003), Planetary, sebuah organisasi rahasia, menyebut diri “archeologists of the impossible”.

Para awaknya datang ke Kota Gotham, untuk mencari seorang anak yang bisa membuat kenyataan di sekitarnya berganti-ganti seperti ketika ia dengan remote control menukar saluran televisi.

Kota Gotham pun berubah dari satu kemungkinan ke kemungkinan lain, dan Batman, penyelamat kota itu, bergerak dalam pelbagai penjelmaannya.

Ada Batman sang penuntut balas yang digambarkan Bob Kane; ada Batman yang muncul dari serial televisi tahun 1966, yang dibintangi oleh Adam West sebagai Batman yang lunak;

ada juga Batman yang suram menakutkan dalam cerita bergambar Frank Miller. Dan semua itu terjadi di gang tempat ayah Bruce Wayne dibunuh penjahat—yang membuat si anak jadi pelawan laku kriminal.

Satu topeng, satu nama—sebuah sintesis dari variasi yang banyak itu. Tapi sintesis itu berbeda dengan penyatuan. Ia tak menghasilkan identitas yang satu dan pasti.

Dan lebih penting lagi, sintesis itu tak meletakkan semua varian dalam sebuah norma yang baku. Tak dapat ditentukan mana yang terbaik, tepatnya: mana yang terbaik untuk selama-lamanya.

Sebab itu Kota Gotham dalam Night on Earth bisa jadi sebuah alegori. Ia bisa mengajarkan kepada kita tentang aneka perubahan yang tak bisa dielakkan dan sering tak terduga.

Ia bisa mengasyikkan tapi sekaligus membingungkan. Ia paduan antara sesuatu yang “utuh” dan sesuatu yang kacau.

Dengan alegori itu tak bisa kita katakan, mengikuti Leibniz, bahwa inilah “dunia terbaik dari semua dunia yang mungkin”, le meilleur des mondes possibles.

Bukan saja optimisme itu berlebihan. Voltaire pernah mencemoohnya dalam novelnya yang kocak, Candide, sebab di dunia ini kita tetap saja akan menghadapi bermacam-macam kejahatan dan bencana, 1.001 inkarnasi The Joker dengan segala mala yang diakibatkannya.

Kesalahan Leibniz—yang hendak menunjukkan sifat Tuhan yang Maha Pemurah dan Pengasih—justru telah memandang Tuhan sebagai kekuasaan yang tak murah hati:

Tuhan yang hanya menganggap kehidupan kita sebagai yang terbaik, dan dengan begitu dunia yang bukan dunia kita tak patut ada dan diakui.

Kesalahan Leibniz juga karena ia terpaku kepada sebuah pengalaman yang seakan-akan tak akan berubah.

Padahal, seperti Kata Gotham dalam Night on Earth, dunia mirip ribuan gambar yang berganti-ganti di layar, dan berganti-ganti pula cara kita memandangnya.

Penyair Wallace Stevens menulis sebuah sajak, Thirteen Ways of Looking at a Blackbird. Salah satu bait dari yang 13 itu mengatakan,

But I know, too,

That the blackbird is involved

In what I know

Memandang seekor burung-hitam bukan hanya bisa dilakukan dengan lebih dari satu cara. Juga ada keterpautan antara yang kita pandang dan “yang aku ketahui”. Dan “yang aku ketahui” tak pernah “aku ketahui semuanya”.

Dengan kata lain, dunia—seperti halnya Kota Gotham—selamanya adalah dunia yang tak bisa seketika disimpulkan.

Tak berarti pengalaman adalah sebuah proses yang tak pernah tampak wujud dan ujungnya. Pengalaman bukanlah arus sungai yang tak punya tebing.

Meskipun demikian, wujud, ujung, dan tebing itu juga tak terpisah dari “yang aku ketahui”.

Dunia di luarku selamanya terlibat dengan tafsir yang aku bangun dari pengalamanku—tafsir yang tak akan bisa stabil sepanjang masa.

Walhasil, akhirnya selalu harus ada kesadaran akan batas tafsir. Akan selalu ada yang tak akan terungkap—dan bersama itu, akan selalu ada Gotham yang terancam kekacauan dan keambrukan.

Itu sebabnya dalam The Dark Knight Rises, Inspektur Gordon tetap mau menjaga misteri Batman, biarpun dikabarkan Bruce Wayne sudah mati.

Dengan demikian bahkan penjahat yang tecerdik sekalipun tak akan bisa mengklaim “aku tahu”.

source : Majalah Tempo, Edisi Senin, 06 Agustus 2012

contoh artikel persuasi

artikel persuasi

pengertian artikel persuasif

persuasif artinya membujuk secara halus.

artikel persuasif adalah karangan yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu, atau percaya terhadap sesuatu yang disampaikan penulis. bisa juga untuk melakukan tindakan tertentu.

penjelasan lengkap mengenai pengertian teks persuasi klik di di sana

untuk contoh karangan persuasi lengkap ada di situ.

contoh artikel persuasi

Contoh Artikel Persuasi

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta melaporkan bahwa setidaknya ada 517.743 tenaga kerja di ibu kota yang sudah melakukan sistem kerja dari rumah (work from home) pada hari ini, Senin (23/3).

Ini merupakan tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran pandemi virus corona. Berdasarkan data resmi Disnakertrans DKI Jakarta, jumlah tersebut berasal dari pekerja di 1.512 perusahaan.

"Hingga hari ini (23/3) sudah ada 1.512 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 517.743 orang, yang telah melakukan langkah pencegahan COVID-19 sekaligus mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Terima kasih teman-teman sekalian!," tulis akun Instagram @disnakertrans_dki_jakarta.

source : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200323162243-33-147021/ikuti-seruan-anies-517-ribu-orang-jakarta-work-from-home
artikel argumentasi dan contoh karangan argumentasi

artikel argumentasi

pengertian artikel argumentasi

artikel argumentasi adalah artikel yang berisi pemaparan berupa pendapat berdasarkan bukti, alasan, serta contoh dari kejadian nyata yang dimaksudkan untuk mempengaruhi dan meyakinkan pembaca.

Jenis artikel ini dalam pelajaran Bahasa Indonesia termasuk ke dalam jenis artikel teks argumentasi.

artikel argumentasi biasanya digunakan untuk meyakinkan pembaca agar memiliki pandangan yang sama dengan penulis.

Argumentasi berarti pendapat, sehingga teks argumentasi secara umum diberikan dalam bentuk pendapat penulis. biasanya, disertai dengan pemaparan ide, gagasan, atau bukti bahwa pendapat tersebut adalah benar melalui alasan-alasan logis.

Dalam penulisan artikel argumentasi, pendapat yang diajukan dapat berupa:

  • penjelasan
  • pembuktian
  • alasan
  • ulasan objektif yang biasanya diikuti contoh, analogi, dan sebab akibat.

penjelasan selengkapnya mengenai pengertian teks argumentasi ada di sana

pembahasan mengenai contoh karangan argumentasi lengkap dapat sobat baca di sana.

contoh artikel argimentasi

contoh argumentasi

pemerataan pendidikan di Indonesia

Saat ini kondisi pendidikan di Indonesia masih belum merata. Misalnya saja, di kota-kota besar di sana sarana dan prasarana pendidikan sudah sangat maju.

Sedangkan di desa-desa hanya mengandalkan sarana dan prasarana seadanya.Bukan hanya masyarakat di desa saja yang masih tertinggal pendidikannya.

Daerah-daerah di Indonesia timur bukan hanya sarana dan prasarana yang kurang tapi juga kurangnya tenaga pengajar sehingga sekolah-sekolah di sana masih membutuhkan guru-guru dari daerah-daerah lain.

Walaupun ada warga negara Indonesia yang tinggal di kota-kota besar tapi karena mereka termasuk ke dalam warga negara yang kurang mampu sehingga mereka tidak bisa merasakan pendidikan.

Banyak anak-anak yang masih di bawah umur sudah bekerja untuk membantu orang tua mereka dalam mempertahankan hidupnya.

Untuk itu, agenda penting yang harus menjadi prioritas adalah peningkatan pemerataan pendidikan, terutama bagi kelompok masyarakat miskin dan masyarakat terpencil yang berjumlah sekitar 38,4 juta atau 17,6 persen dari total penduduk Indonesia.

Sejak tahun 1984, pemerintah Indonesia secara formal telah mengupayakan pemerataan pendidikan Sekolah Dasar, dilanjutkan dengan wajib belajar pendidikan sembilan tahun mulai tahun 1994.

Upaya-upaya ini nampaknya lebih mengacu pada perluasan kesempatan untuk memperoleh pendidikan (dimensi equality of access). Di samping itu pada tahapan

Selanjutnya pemberian program beasiswa (dimensi equality of survival) menjadi upaya yang cukup mendapat perhatian dengan mendorong keterlibatan masyarakat melalui Gerakan Nasional Orang Tua Asuh.

Program beasiswa ini semakin intensif ketika terjadi krisis ekonomi, dan dewasa ini dengan Program BOS untuk Pendidikan dasar.

Hal ini menunjukan bahwa pemerataan pendidikan menuntut pendanaan yang cukup besar tidak hanya berkaitan dengan penyediaan fasilitas tapi juga pemeliharaan siswa agar tetap bertahan mengikuti pendidikan di sekolah.

Menurut Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) Tahun 1999-2004 (TAP MPR No. IV/MPR/1999) mengamanatkan, antara lain:

a) Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia menuju terciptanya manusia Indonesia yang berkualitas tinggi dengan peningkatan anggaran pendidikan secara berarti,

b) Meningkatkan mutu lembaga pendidikan yang diselenggarakan baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk menetapkan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, olah raga dan seni.

Ini Sejalan dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 5 ayat (1) menyatakan bahwa "Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu", dan pasal 11, ayat (1) menyatakan "Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi".

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidupnya.

source : https://www.kompasiana.com/imanaa_/5c07a632677ffb697617f053/pemerataan-pendidikan-di-indonesia
artikel opini dan contoh artikel opini

Artikel Opini

pengertian artikel opini

Opini adalah pendapat, atau gagasan. Artikel opini yaitu pendapat atau gagasan yang bersifat pribadi terhadap sebuah objek yang dijabarkan dalam bentuk uraian agak panjang yang bernama artikel.

di mana hal tersebut bersifat bebas, rasional dan objektif. disertai argumentasi berdasarkan fakta yang didukung format berlogika yang logis dan benar.

Artikel opini bersifat objektif karena merupakan persentuhan antara subjek dan objek sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan. kemudian, dideskripsikan, ataupun diuraikan, menjadi sebuah susunan kalimat-kalimat yang bersifat menjelaskan pendapat, gagasan maupun pikiran tersebut.

Sebuah artikel opini bukanlah artikel ilmiah murni, melainkan sebuah karya ilmiah populer yang betapapun juga tetap mengacu pada referensi-referensi pemikiran yang berlaku.

Artinya, artikel opini tetap berangkat dari fakta-fakta yang ada dan dicetuskan dalam bentuk gagasan ataupun pendapat.

penjelasan lengkap mengenai cara membuat opini klik di sana

source : https://www.kompasiana.com/hariyantoimadha/552c7b896ea834623f8b4577/bahasa-beda-artikel-opini-dengan-artikel-ilmiah

contoh artikel opini

Contoh penulisan opini

Pendidikan Tinggi Ternyata Tidak Mampu Menghasilkan Orang Terdidik

Munculnya berbagai masalah di masyarakat seperti berbagai tindakan kriminal dan memalukan adalah akibat dari kelakuan orang tidak terdidik.

Masalah seperti korupsi, kolusi dan nepotisme masih saja terjadi di tengah semakin tingginya pendidikan warga negara Indonesia, mengapa demikian?
Orang Pintar Belum Tentu Terdidik

Sekolah tinggi hingga bergelar doctor atau bahkan professor nyatanya belum tentu mampu mengubah kelakuan seseorang.

Mungkin sekolah tinggi di Indonesia telah berhasil menghasilkan orang-orang pintar namun tidak terdidik.

Buktinya masih banyak penjahat yang bergelar sarjana bahkan professor yang harus mendekam di penjara.

Pola pendidikan formal di Indonesia memang hanya mengajarkan bidang keilmuan pengetahuan dan teknologi saja yang membuat orang semakin pintar.

Namun sayangnya dalam hal budi pekerti yang membuat orang menjadi terdidik tidak diajarkan. Dari situlah sebabnya mengapa orang pintar masih banyak yang melakukan tindakan memalukan seperti korupsi.

Mungkin memang hanya di Indonesia mantan narapidana korupsi masih bisa dijadikan pemimpin sebuah instansi.

Hal ini bukankah seharusnya menjadi hal yang memalukan bagi semua pihak, padahal masih banyak orang yang terdidik di luar sana tapi tidak dipilih.
Revisi Sistem Pendidikan Formal Bisa Jadi Solusi

Jika sistem pendidikan formal di Indonesia segera di revisi dengan mementingkan proses tidak hanya hasil ini akan mencetak orang-orang terdidik.

Bagi orang yang terbiasa dididik dengan melihat hasil saja memang tidak akan mempedulikan bagaimana cara atau proses mendapatkannya.

Tidak peduli cara benar atau tidak yang ditempuh yang penting hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Di situlah letak kesalahan sistem di negeri ini, yang membiarkan anak didiknya menggunakan segala cara untuk memperoleh hasil yang ditargetkan.

Padahal cara yang ditempuh seharusnya juga masuk ke dalam penilaian apakah caranya benar atau caranya salah.

Dengan demikian artinya memperhatikan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Impact dari sistem pendidikan yang mementingkan proses adalah lahir orang-orang pintar yang terdidik bukan orang pintar yang sok pintar.

Jika Indonesia mampu mengubah sistem pendidikannya menjadi seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika Indonesia akan bersih dari korupsi.

Saatnya semua pihak berjuang dan mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi melalui bidang pendidikan.

Pendidikan bisa dimulai dari usia dini di rumah, orang tua di rumah harusnya juga berusaha menciptakan calon orang terdidik bukan hanya orang pintar.

source : https://bikinartikel.com/contoh-artikel-opini-yang-baik-benar/
artikel deskripsi dan contoh artikel deskripsi

artikel deskripsi

pengertian artikel deskripsi

deskripsi ialah memotret benda atau suasana dengan kata-kata.

artikel deskripsi adalah tulisan yang menjelaskan secara rinci dan detail kepada pembaca mengenai:
  1. suatu objek.
  2. gagasan.
  3. tempat.
  4. peristiwa.
agar pembaca mendapat gambaran mengenai suatu benda, dan dapat merasakan suasana tertentu yang digambarkan penulis.

jika sobat penasaran tentang apa pengertian teks deskripsi itu, silahkan di baca dulu

pembahasan lengkap mengenai contoh artikel deskripsi bisa sobat dapatkan di situ. 

contoh artikel deskripsi

iphone 12 pro max

Apple iPhone 12 Pro Max adalah model paling tinggi di lini iPhone 12 yang dirilis Apple pada kuartal keempat tahun 2020. Ponsel ini tentu saja membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Soal performa, iPhone 12 Pro Max menggunakan chipset terbaru Apple A14 Bionic yang dibuat dengan proses manufaktur 5 nm. Ini jelas lompatan yang besar untuk performa yang lebih kencang, bahkan disandingkan dengan kapasitas RAM yang 50% lebih tinggi dari sebelumnya.

Kamera juga tak luput dari peningkatan, meski hanya sedikit. Kini Apple menambahkan sebuah pemindai LiDAR, sensor berbasis laser yang menggunakan waktu terbang untuk menentukan jarak benda yang jauh.

Apple mengatakan sensor LiDAR baru yang mereka terapkan pada ponsel ini dapat mengukur objek hingga jarak lima meter. Sebaliknya, sensor ToF pada smartphone yang ada hanya dapat mendeteksi objek pada jarak maksimal sekitar dua meter.

Performa, tampilan, kamera hadir dengan peningkatan, tapi tidak dengan kapasitas baterai. Yang ada Apple memangkasnya sekitar 10% dari kapasitas baterai pada iPhone 11 Pro Max. Namun Apple menawarkan peningkatan pada teknologi pengisian yang sedikit lebih cepat.

starbucks corporation 

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington.

Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, dengan 20.336 kedai di 61 negara, termasuk 13.123 di Amerika Serikat, 1.299 di Kanada, 977 di Jepang, 793 di Britania Raya, 732 di Tiongkok, 473 di Korea Selatan, 363 di Meksiko, 282 di Taiwan, 204 di Filipina, 164 di Thailand dan 326 di Indonesia.

Starbucks menjual minuman panas dan dingin, biji kopi, salad, sandwich panas dan dingin, kue kering manis, camilan, dan barang-barang seperti gelas dan tumbler.

Melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film.

Banyak di antara produk perusahaan yang bersifat musiman atau spesifik terhadap daerah tempat kedai berdiri. Es krim dan kopi Starbucks juga dijual di toko grosir.

source : wikipedia 
demikianlah pembahasan mengenai cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap"