Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menulis artikel di blog

cara menulis artikel di blog
cara menulis artikel di blog

cara menulis artikel di blog---
kalo sobat memiliki blog atau website maka menulis artikel yang mampu menarik minat pembaca adalah sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap performa blog/website sobat di mesin pencari google. 

menulis artikel di blog/website berbeda dengan menulis artikel pada umumnya. karena penulis perlu memperhatikan beberapa faktor ranking yang menentukan apakah sebuah artikel bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari atau tidak.

karena itu, dalam menulis artikel sebaiknya memperhatikan beberapa aspek berikut ini agar artikel yang sobat tulis dapat meraih peringkat terbaik di mesin pencari google.

riset keyword.

keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan informasi. sebelum sobat menulis artikel sebaiknya melakukan riset mengenai seberapa banyak pengguna yang menggunakan kata tersebut untuk mencari informasi? 

perhatikan juga beberapa jenis kata kunci berikut ini. 

keyword abadi.

adalah kata kunci yang setiap waktu akan diperlukan oleh pengguna. contoh keyword abadi misalnya, “cara mengobat sakit gigi”.

 selama masih ada manusia yang hidup tentu informasi mengenai cara mengobati sakit gigi akan selalu diperlukan. 

riset sebanyak-sebanyaknya kata kunci abadi yang diperlukan pengguna dan jadikan artikel dalam blog/website sobat.

keyword musiman.

keyword musiman adalah informasi yang diperlukan pengguna internet saat ada momen tertentu. misalnya, “informasi mengenai asian games”. asian games adalah event olahraga yang hanya berlangsung beberapa bulan. 

pada saat diselenggarakan mungkin banyak pengguna yang memerlukan informasi mengenai ini. tapi, kalo sudah selesai minat pengguna internet terhadap informasi ini pun perlahan berkurang.

untuk sobat yang mengelola sebuah blog dan website agar jeli dalam memilih kata kunci yang akan ditulis. sebaiknya memilih kata kunci yang terus menerus diperlukan oleh pengguna.

baca juga : cara menulis artikel dan contoh  artikel

riset volume penelusuran.

setelah sobat menentukan kata kunci yang akan dijadikan artikel selanjutnya adalah melihat seberapa banyak minat pengguna terhadap kata kunci yang akan sobat tulis. 

untuk aktivitas ini sobat memerlukan alat. sobat dapat menggunakan google keyword planner atau ubbersuggest untuk melihat volume penelusuran.

judul.

setelah sobat selesai meriset keyword maka langkah selanjutnya adalah menulis. ketika sobat menulis artikel di blog pastikan judul yang sobat buat mengandung kata kunci. 

maksudnya gimana tuh?

misalnya, sobat telah menemukan kata kunci “cara mengobati sakit gigi”. supaya lebih menarik banyak pengguna sobat dapat merumuskan judul seperti, “cara mengobati sakit gigi dalam sehari”. atau “tips mengobati sakit gigi untuk anak-anak”. 

tentunya sobat dapat berkreasi lebih jauh mengenai pemilihan judul. yang penting judul yang sobat buat harus mengandung kata kunci. 

paragraf awal.

menurut plugin rankmath dan yoast seo fokus keyword sebaiknya ada di awal paragraf. jumlahnya sekitar 10 % ini bukan angka mutlak ya sobat. soal seberapa banyak kata kunci harus disebar dalam sebuah artikel memang mengundang perdebatan panjang. 

namun, prinsip menulis artikel di blog dan website ialah sebar fokus keyword sebisa mungkin di awal paragraf.

baca juga : pengertian teks eksplanasi 

heading dan sub-heading.

menurut plugin yoast setiap 300 kata sebaiknya diberikan sub heading baru. tujuannya agar pembaca lebih mudah mencerna artikel yang dibagi poin per poin.

struktur konten blog dan website.

karena banyak pengguna mengakses informasi lewat smartphone maka sebisa mungkin hindari kalimat yang terlalu panjang. karena dapat membuat pembaca tidak betah berlama-lama membaca.

jadi, sebaiknya setiap 3-4 kalimat berikan 1-2 spasi untuk memisahkan kalimat. 

internal link.

internal link adalah tautan yang mengarahkan pembaca ke artikel lain dalam blog yang sama.

dalam penulisan artikel di blog sebaiknya internal link-an artikel yang sobat tulis dengan artikel lain dalam blog/website sobat yang masih relevan dengan artikel yang sedang ditulis. 

misalnya, dalam blog sobat ada artikel “cara mengobati sariawan”. dan sobat sedang menulis “cara mengobati sakit gigi”. 

maka internal link-an artikel cara mengobati sariawan itu ke artikel yang sedang sobat tulis. karena masih relevan. gunakan juga kata-kata penghubung seperti, baca juga, klik disini dan lain-lain.

baca juga : pengertian teks eksposisi

keyword in url.

sertakan juga keyword dalam hyperlink yang sobat buat. soal panjang-pendeknya sesuaikan dengan selera sobat. Cuma, yang banyak disarankan adalah kata kunci yang pendek dalam url.

eksternal link.

eksternal link adalah tautan  yang mengarahkan pembaca ke halaman baru di luar blog sobat.

misalnya, dalam artikel sobat terdapat istilah asing dan kebetulan sobat malas untuk menjelaskannya. maka arahkan pembaca ke halaman lain yang menjelaskan mengenai istilah asing tersebut.

eksternal link pada penerapannya dalam blog biasanya dipakai untuk menjelaskan sumber penulisan artikel.

gunakan deskripsi penelusuran.

kalo sobat pengguna blogger.com pasti tahu mengenai deskripsi penelusuran yang hanya berisi 150 kata itu. maksimalkan dengan mengisinya dengan rincian yang lengkap tentang konten yang sedang sobat tulis.

maksimalkan gambar.

dalam penulisan blog era kekinian banyak dari para pakar menyarankan supaya menggunakan banyak gambar yang relevan dengan artikel. 

tapi ini selera sih. minimal, sobat menggunakan satu gambar dalam setiap artikel. alt teks gambarnya juga diisi biar gambar sobat ada keterangannya.

sampai di sini pembahasan mengenai cara menulis artikel di blog. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya. terima kasih.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "cara menulis artikel di blog"