Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menulis opini di media online

cara menulis opini di media online
cara menulis opini di media online

cara menulis opini di media online---
menulis adalah bekerja untuk peradaban. melalui menulis, seseorang mampu memotret kenyataan yang kompleks itu dan menyajikannya untuk dinikmati orang. salah satu bentuk penulisan yang cukup populer adalah opini. 

meski dalam tulisan opini kental dengan subjektivitas, bentuk tulisan yang satu ini sangat digemari. seringkali, karena pandangan khas orang yang menuliskannya atau kontroversi topik yang diangkat oleh penulisnya, mungkin untuk dievaluasi atau sekedar dinikmati.

tak jarang juga penulis opini berasal dari orang yang ahli dalam suatu bidang sehingga kualitas tulisannya lebih mudah diakui oleh masyarakat. meskipun, mengandung unsur subjektivitas. dalam menulis opini perlu memuat hasil riset dan bangunan argumentasi yang logis agar dapat dipercaya.

tentu tak mudah memulai belajar menulis opini. tapi, kalo ada di antara kalian hay jiwa-jiwa yang resah ingin belajar menulis opini maka beberapa tips memulai belajar menulis opini berikut ini perlu diperhatikan.

tentukan tema tulisan

opini digemari karena bisa menggambarkan apapun. baik itu sebuah isu yang sedang hangat diperbincangkan atau sekedar renungan penulisnya. oleh karena itu, ketika teman-teman ingin menulis opini usahakan agar memilih tema yang dikuasai. 

opini bukan sekedar berpendapat. dalam menuliskannya perlu bangunan argumentasi yang logis, karena itu memilih tema yang benar-benar dikuasai atau mungkin disukai oleh penulisnya sangat disarankan.

membangun argumen yang kuat.

jika dalam pemilihan tema penulis telah berhasil menemukan topik yang dikuasai atau disukainya maka langkah selanjutnya akan lebih mudah. karena penulis telah memiliki pemahaman yang perlu untuk membangun tulisannya. 

pembaca tentu dapat lebih mudah memahami dan percaya pada tulisan teman-teman melalui kualitas argumentasi yang dibangun.

menyesuaikan teknik penulisan dengan media massa yang ditargetkan.

setiap media massa memiliki ciri khasnya masing-masing. jika sobat hendak menulis opini untuk kompas misalnya, maka cari tahu jenis opini seperti apa yang yang diterima redaktur kompas. 

sangat disarankan agar teman-teman menulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan komunikatif. karena pembaca media online tak terlalu suka dengan tulisan yang panjang dan rumit. kamu kalo nulis biasa aja, jangan dibikin rumit kayak hubungan kamu ok?. 

perhatikan tata bahasa.

jika sobat menulis untuk media online perhatikan penggunaan bahasa, hindari sebisa mungkin menggunakan bahasa yang rumit agar terkesan keren dan ilmiah namun tidak mudah dipahami oleh pembaca. telitilah memperhatikan tata bahasa agar kalimat yang sobat susun efektif dari sisi jumlah kata maupun tanda baca dan lain-lain.

memiliki hasrat untuk menulis yang kuat.

kalo sobat ingin menulis opini usahakan agar memiliki hasrat mengenai apa yang hendak dituliskan. misalnya, kalo ada sebuah isu yang perlu untuk dipahami atau membutuhkan solusi, sobat dapat membantu pembaca memahami dan menemukan solusinya melalui tulisan yang sobat buat.

tak salah memang kalo sobat ingin menulis sekedar untuk bersenang-senang. namun, baiknya sobat juga memiliki gairah yang kuat untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada khalayak ramai melalui tulisan yang sobat haslikan.

lawan rasa takut.

sebagai penulis terkadang muncul keraguan saat hendak menulis. pertanyaan yang muncul umumnya “tulisan saya bagus nggak ya?”. atau “apakah tulisan yang saya buat ini akan berguna?”.

buang jauh-jauh semua keraguan dan hal-hal yang tidak penting tersebut dan fokus untuk merangkai outline yang telah sobat buat menjadi paragraf-paragraf yang mengalir dan bisa dinikmati.

struktur penulisan opini.

setiap bentuk tulisan memiliki struktur tak terkecuali opini. oleh karena itu, ketika sobat hendak memulai menuliskan opini perhatikan juga strukturnya. untuk yang benar-benar baru dalam menulis opini berikut ini penjelasan singkat mengenai struktur penulisan opini.

baca juga : tips mendapatkan ide tulisan

judul opini.

judul merupakan kepala suatu karya dalam bentuk kalimat pendek (umumnya frasa) yang mewakili karya tersebut secara keseluruhan.

lead (pembuka).

lead adalah paragraf pembuka tulisan. lead itu ibarat etalase di sebuah toko. orang akan tertarik masuk ke dalam toko ketika melihat halaman depan dan tata letak toko yang bagus dan rapi.

sangat disarankan pada bagian pembuka ini sobat menyusunnya semenarik mungkin. agar pembaca mau lanjut membaca tulisan yang sobat hasilkan lebih jauh lagi.

trik untuk membuat lead yang menarik ialah dengan membuat ringkasan di awal tulisan. sobat merangkai kata-kata sedemikian rupa sehingga pembaca bisa penasaran dengan isi tulisan selanjutnya. 

atau sobat bisa memulai lead pembuka dengan berkomunikasi dengan pembaca melalui pertanyaan. ajukan pertanyaan dan jawab didalam tulisan. atau bisa juga membuka tulisan dengan kutipan yang menarik dan relevan dengan tulisan sobat.

baca juga : cara menulis artikel dan contoh artikel 

isi tulisan

isi tulisan pada dasarnya adalah angle (sudut pandang), hasil riset dan outline (kerangka tulisan). yang di olah sedemikian rupa sehingga padu dan menjadi suatu tulisan yang enak dibaca. 

kalo sobat ingin menulis opini atau bentuk tulisan yang lain maka temukan cara yang efektif untuk menentukan angle dan membuat outline.

kalimat penutup.

tentu tulisan memerlukan penutup ia kan? kalo itu anak sd juga tahu. namun yang penting sobat ketahui adalah penutup sangat menentukan kesan dan pesan yang diperoleh pembaca setelah membaca tulisan kita. 

jadi, usahakan menutup tulisan dengan apik dan berikan kepuasan kepada orang-orang yang rela meluangkan waktunya untuk membaca tulisan sobat.

sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara menulis opini di media online. sampai jumpa di konten-konten baraaksara berikutnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "cara menulis opini di media online"