Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

teks eksplanasi (pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, dan cara menulis teks eksplanasi)

teks eksplanasi (pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur kebahasaan, dan tips menulis artikel teks eksplanasi)
pengertian teks eksplanasi

pengertian teks eksplanasi-siapapun yang sering membaca berita secara online tentu pernah bertemu dengan informasi yang menjelaskan tentang fenomena alam, seperti, tanah longsor, banjir, gempa bumi, petir, angin puting beliung, dan berbagai fenomena alam lainnya. 

jika kamu sering membaca jenis informasi di atas maka kamu sudah mengenal apa itu teks eksplanasi, selain fenomena alam, teks eksplanasi digunakan untuk menjelaskan proses terjadinya fenomena sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

dengan mengetahui pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur kebahasaan, dan contoh artikel eksplanasi, diharapkan kamu mampu mencerna informasi yang menggunakan gaya penjelasan teks eksplanasi dengan lebih baik. 

selain itu, kamu mungkin bisa menulis menggunakan gaya penulisan teks eksplanasi ini. meskipun cukup sederhana, teks eksplanasi mampu menyajikan fakta secara ringkas dan mendalam.

pengertian teks eksplanasi

teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses suatu fenomena alam dan fenomena sosial. teks eksplanasi disusun untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.

pertanyaan bagaimana membutuhkan jawaban berupa deskripsi, sedangkan pertanyaan mengapa membutuhkan jawaban berupa penjelasan proses sebab-akibat. teks eksplanasi menjelaskan mengenai hubungan antara logika dan peristiwa.

teks eksplanasi dapat ditulis secara  sederhana dan kompleks. teks eksplanasi ditulis kompleks apabila dalam penjelasan hubungan sebab-akibat disisipkan deskripsi atau cerita sebagai penjelas.

dalam teks eksplanasi kompleks, terdapat penjelasan mengenai langkah-langkah yang runut, teks eksplanasi baik eksplanasi kompleks atau sederhana selalu memiliki susunan atau sistematika kejadian yang teratur. susunan yang teratur ini membuat teks eksplanasi dapat menjelaskan suatu fenomena dengan lebih akurat.

baca juga : tips menulis puisi ala sapardi 

ciri-ciri teks eksplanasi

teks eksplanasi memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teks yang lain. berikut ini ciri teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi dimulai dengan pernyataan umum, proses sebab-akibat suatu fenomena dan deskripsi atau penjelasan rinci mengenai suatu fenomena.

  1. memuat informasi dengan sumber yang jelas dan sesuai fakta
  2. memuat informasi yang bersifat keilmuan
  3. menjelaskan suatu kondisi atau fenomena

struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi

struktur teks eksplanasi

secara umum struktur teks eksplanasi sama dengan struktur teks lainnya. teks eksplanasi terdiri atas tiga bagian yakni, pendahuluan, isi, dan penutup. 

bagian pendahuluan teks eksplanasi berisi pernyataan umum, isi teks eksplanasi berisi penjelasan proses suatu kondisi atau fenomena, dan pada bagian penutup teks eksplanasi berisi kesimpulan atau interpretasi terhadap suatu fenomena.

baca juga : tips menulis puisi ala joko pinurbo

penjelasan struktur teks eksplanasi

pendahuluan

pernyataan umum adalah bagian paling awal teks eksplanasi. pernyataan umum berisi gambaran suatu aspek atau peristiwa. dalam bagian ini, pembaca dapat mengetahui gambaran besar isi teks.

isi teks eksplanasi

pada bagian ini, proses, hubungan sebab-akibat aspek atau peristiwa dijelaskan. penjelasan pada bagian ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. inti masalah yang dijelaskan terdapat pada bagian ini. 

ciri umum isi teks eksplanasi biasanya terdapat banyak istilah teknis muncul pada bagian ini. kadang-kadang, disertai dengan penjelasan terkait istilah teknis yang digunakan. tidak semua teks eksplanasi menjelaskan suatu proses sebab-akibat suatu peristiwa melainkan hanya berupaya menjelaskan peristiwa dalam sudut pandang tertentu.

penutup teks eksplanasi

tidak semua teks eksplanasi memiliki penutup. bagian ini muncul setelah pertanyaan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa bisa terjadi terjawab. teks eksplanasi kompleks yang menjelaskan proses terjadinya suatu aspek atau peristiwa kadang-kadang tidak menggunakan penutup.

pada teks eksplanasi kompleks, bagian bagian penutup hanya berisi ringkasan yang memuat kesimpulan atau interpretasi, dan sudut pandang faktor penyebab suatu peristiwa. penutup dalam teks eksplanasi bersifat opsional boleh ada boleh juga tidak ada.

kaidah kebahasaan teks eksplanasi

menggunakan istilah

istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna, konsep, proses, keadaan, atau ciri khas dalam bidang tertentu. dalam teks eksplanasi istilah-istilah teknis sering digunakan. 

pada teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai fenomena sosial akan banyak ditemui istilah-istilah teknis dalam bidang sosial pun dalam teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai fenomena alam.

yang menjadi persoalan ialah istilah-istilah teknis ini jarang diketahui pembaca umum. pembaca dapat mencoba menemukan arti istilah-istilah teknis tersebut dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) daring yang tersedia secara online. 

bisa juga dengan mencarinya di kamus istilah populer agar pembaca umum dapat dengan mudah mencerna isi gagasan dalam artikel teks eksplanasi. 

istilah dalam bahasa indonesia bersumber pada kosakata umum bahasa indonesia, kosakata bahasa serumpun, dan kosakata bahasa asing.

  • proses pembentukan istilah dilakukan melalui tiga cara 
  • pemadanan atau penerjemahan, misalnya busway menjadi jalur bus
  • penyerapan kosakata asing, misalnya, camera menjadi kamera
  • gabungan penerjemahan dan penyerapan, misalnya, subdivision menjadi subbagian

istilah baru dapat dibentuk dengan pemadanan melalui penerjemahan atau penyerapan istilah asing. penerjemahan perlu memperhatikan kesamaan dan kesepadanan makna konsepnya. penyerapan istilah asing umumnya dilakukan jika dalam istilah indonesia tidak dapat ditemukan padanan konsepnya.

menggunakan keterangan waktu

keterangan adalah fungsi kalimat yang mudah berpindah posisi. keterangan dapat berada di awal, akhir bahkan ditengah kalimat. keterangan berfungsi memberikan informasi tambahan dalam suatu kalimat. 

pada teks eksplanasi umumnya ditemui keterangan waktu. keterangan waktu adalah jenis keterangan yang menerangkan waktu atau kapan. keterangan waktu menggunakan kata hubung pada, dalam, setelah, sebelum, sesudah, selama, sepanjang, dan kata temporal seperti, kemarin, sekarang, nanti, dan besok.

menggunakan konjungsi antar-kalimat

teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu atau sebab-akibat dari suatu fenomena alam atau sosial. kalimat-kalimat dalam teks eksplanasi harus padu. salah satu cara untuk memadukan suatu kalimat dengan kalimat berikutnya adalah dengan menggunakan konjungsi.

contoh konjungsi

konjungsi antar-kalimat pertentangan

umumnya diawali atau disertai dengan kata akan tetapi, namun, biarpun, demikian, sekalipun demikian, walaupun demikian, meskipun demikian, dan sungguhpun demikian

contoh kalimat

keadaan memang sudah aman. namun, kita harus tetap waspada

konjungsi antar-kalimat waktu

umumnya diawali atau disertai dengan kata kemudian, sesudah itu, setelah itu, selanjutnya dan seterusnya

contoh kalimat

ical berbelanja di pasar gamalama. setelah itu, dia mengantar wati ke bastiong

konjungsi antar-kalimat penambahan

umumnya diawali atau disertai dengan kata tambahan pula, lagi pula, dan selain itu

contoh kalimat

pak wahab terkena penyakit diabetes. selain itu, dia mengidap tekanan darah tinggi.

konjungsi antar-kalimat pembalikan

umumnya diawali atau disertai dengan kata sebaliknya

contoh kalimat

pencuri itu tidak mengindahkan tembakan peringatan. sebaliknya dia melawan polisi menggunakan sebuah parang.

konjungsi antar-kalimat keadaan

umumnya diawali atau disertai dengan kata sesungguhnya dan sebenarnya

contoh kalimat

masalah yang dialami ical memang gawat. sesungguhnya, dia sudah meramalkan masalah itu sebelumnya.

konjungsi antar-kalimat penguatan

umumnya diawali atau disertai dengan kata malahan dan bahkan

contoh kalimat

pantai sulamadaha sudah dikenal luas oleh masyarakat. bahkan pantai tersebut penuh dengan pengunjung pada hari minggu

konjungsi antar-kalimat konsekuensi

umumnya diawali atau disertai dengan kata dengan demikian

isi buku lingon dibuat menarik. dengan demikian, pembaca tidak bosan untuk membaca buku tersebut.

konjungsi antar-kalimat akibat

umumnya diawali atau disertai dengan kata oleh karena itu, oleh sebab itu

contoh kalimat

ical baik hati dan suka menolong. oleh karena itu, banyak anak yang ingin berteman dengannya.

cara menulis artikel teks eksplanasi

menentukan tema teks eksplanasi

dalam membuat sebuah tulisan penting untuk memilih topik yang menarik. topik yang digunakan harus difokuskan secara terperinci agar pokok bahasan padu. dalam menentukan atau memilih topik, perlu diperhatikan beberapa aspek sebagai berikut. 

trending topik

adalah topik yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. 

topik yang sesuai dengan keahlian penulis.

pemilihan topik sebaiknya mempertimbangkan bidang studi yang dikuasai penulis. penulis yang ahli dalam bidang fisika baiknya memilih topik fenomena alam dan penulis yang ahli dalam bidang sosial budaya baiknya memilih topik yang berkaitan dengan fenomena sosial-budaya masyarakat.

menentukan tujuan penulisan 

setiap penulis harus mengungkapkan dengan jelas tujuan penulisan yang akan dikerjakan. tujuan penulisan merupakan titik tolak seluruh kegiatan menulis. dengan menentukan tujuan penulisan dapat diperkirakan isi dalam penulisan.

mengumpulkan data

data merupakan bagian penting dalam menyusun artikel teks eksplanasi. data dikumpulkan untuk mengkaji sebuah topik tulisan. sumber data dapat penulis peroleh dari buku, majalah, hasil wawancara, jurnal ilmiah, dan situs-situs di internet.

membuat outline artikel teks eksplanasi

kerangka dalam penyusunan teks eksplanasi terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. dari susunan ini kemudian dikembangkan menjadi suatu susunan yang lebih detail. misalnya, ditambahkan tabel, gambar, sub-penjelasan dan lain sebagainya.

dalam penyusunan atau penambahan artikel teks eksplanasi tetap mempetimbangkan kerangka teks eksplanasi yakni pendahuluan yang berisi pernyataan umum, penjelasan proses dan deretan kejadian sebab-akibat sebagai isi dan penutup. penutup dalam teks eksplanasi dapat berupa kesimpulan, pernyataan, atau interpretasi atas fenomena yang dijelaskan.

baca juga : cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap.

manfaat membuat kerangka penulisan teks eksplanasi

berikut ini beberapa manfaat jika kamu membuat artikel teks eksplanasi menggunakan kerangka yang rapi.

  • mempermudah pembahasan tulisan.
  • menghindari isi tulisan keluar dari tujuan penulisan.
  • menghindari penggarapan sebuah topik sampai dua bahkan lebih.
  • memudahkan penulis mencari materi tambahan.
  • menjamin penulis berpikir konseptual, menyeluruh dan terarah.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "teks eksplanasi (pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, dan cara menulis teks eksplanasi)"