Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips mendapatkan ide tulisan

tips mendapatkan ide tulisan
tips mendapatkan ide tulisan

tips, mendapatkan ide tulisan---merasa kesulitan saat ingin menulis? pembahasan berikut ini untuk kamu yang masih kebingungan menemukan ide, membuat ide itu solid, dan bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan 

memahami sebaik-baiknya apa itu ide.

ini yang jarang diperhatikan orang. jangan-jangan bukan tidak memiliki ide melainkan, kurang pemahaman mengenai substansi sebenarnya dari apa yang disebut ide. 

mulai sekarang kamu perbanyak referensi mengenai apa itu ide, biar nggak kebingungan saat mencarinya. masa ia kamu mencari sesuatu yang kamu sendiri belum paham? (fahd pahdepie)

mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar 

sumber ide terbaik datang dari diri kita sendiri. jadi, yang perlu kita latih adalah kepekaan baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. (ernest prakasa)

selalu mencatat ide liar yang muncul

ernest prakasa menyarankan agar kalo seseorang ingin melatih kepekaan untuk mendapatkan ide menulis agar memperbanyak diam dan dengarkan suara-suara yang berkecamuk baik di kepala maupun di benak. 

ambil gambaran dari suara-suara itu rasakan, kembangkan, hingga menjadi ide yang dapat dikembangkan menjadi tulisan. (ernest prakasa)

kamu bisa mencobanya dengan menuliskan perasaan yang terlintas dalam benak, pengalaman yang pernah dilalui, gejala di sekitar kamu yang memancing rasa penasaran dan kekaguman. 

banyak membaca

joko pinurbo menyarankan agar sebelum menulis sebaiknya banyak membaca karya penulis lain yang kita sukai.  tujuannya supaya menghindari kemiripan karya. 

menurut jokpin manusia memiliki kekerabatan imajinasi. maksudnya antara satu manusia dan manusia lain bisa memiliki bayangan yang sama atas suatu fenomena. 

misalnya, imajinasi kamu mengenai rindu mungkin akan mirip dengan imajinasi orang lain mengenai rindu juga. 

mungkin orang lain sudah lebih dulu menuliskan imajinasinya ketimbang kamu. 

fungsi dari membaca karya orang lain yang berkaitan dengan hal yang kamu minati agar kamu dapat menuliskan karya yang berbeda. meskipun, objeknya sama yakni rindu.

sering jalan-jalan atau travelling

menyediakan waktu untuk diri kamu sendiri bukanlah hal yang buruk. selain bisa mengatasi kejenuhan juga bisa mendapatkan inspirasi. usahakan agar mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

terapkan prinsip amati, tiru, modifikasi.

jika kamu kesulitan untuk mendapatkan ide baru dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan. maka, coba untuk mengamati tulisan orang lain dan menuliskannya ulang. 

ingat, ditulis ulang bukan di copy paste. 

cara ini mirip kayak satu musisi mengcover lagu musisi lain. lagunya sama, maknanya sama, namun musiknya dapat diinterpretasikan secara berbeda di tangan musisi lain.

kamu bisa memulainya dengan mengamati tulisan yang kamu sukai, dan rubah sistematikanya, metode penulisannya, gaya bahasanya, sudut pandang penulisannya mungkin. 

bongkar tulisan yang kamu amati itu, dan cobalah untuk memodifikasinya menjadi tulisan kamu sendiri.

temukan tempat yang nyaman

coba hubungi teman-teman kamu dan cari coffeshop, kafe, atau warung kopi tempat biasa kamu nongkrong atau ke tempat yang kamu sukai. 

mintalah kepada mereka untuk mendiskusikan sesuatu atau menyampaikan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik.

cara sederhana dan santai semacam ini juga efektif dan memungkinkan kamu mendapatkan ide menulis baru.

baca juga : 

tips menulis puisi ala joko pinurbo

tips menulis puisi ala sapardi djoko damono

cara menulis artikel dan contoh artikel

perbanyak referensi di suatu topik yang ingin kamu tulis.

jika kamu ingin membuat essai mengenai demokrasi misalnya, dan kamu bingung harus memulainya darimana. perbanyak membaca referensi mengenai demokrasi. 

hindari membaca buku mengenai demokrasi yang sudah pernah kamu baca. 

cari referensi baru, penulis baru, sudut pandang baru, agar menyegarkan pemahaman kamu mengenai demokrasi. 

sekaligus mempermudah kamu mendapatkan ide menulis.

gunakan teknik wawancara

temukan orang-orang terbaik di topik yang kamu sukai, dan tanyakan mengenai gambaran-gambaran ide yang mungkin sudah kamu dapatkan. tujuannya sama mendapatkan sudut pandang baru.

perhatikan trending topik.

setiap hari selalu ada topik yang hangat dibicarakan orang baik itu di twitter, facebook, instagram, youtube, tik-tok, media online, dan yang lainnya. 

dalam berbagai bidang mulai dari berita, games, musik,  dan film. amati semua fenomena yang sedang trending itu dan coba untuk menggali ide dari sana.

nonton film

dengan menonton film kita berpetualang ke alam pikiran yang berbeda. amati dan manfaatkan detail apapun yang mungkin bisa kamu olah untuk mendapatkan ide.

baca juga :

tips membaca efektif

panduan membaca efektif

demikianlah pembahasan mengenai tips mendapatkan ide tulisan. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "tips mendapatkan ide tulisan"