Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.

informasi dan tips-bagi sebagian orang ketika mendengar kata presiden asosiasi yang dibangun adalah seseorang yang memiliki jabatan tertinggi, penuh kekayaan, sang segalanya. 

tak jarang presiden memanfaatkan kekuasaannya untuk mendapatkan kekayaan dan nilai lebih yang tak sanggup di hitung kalkulator smartphone kamu.

meskipun begitu, tahukah kamu bahwa di dunia ada presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya?

berikut ini informasinya hay jiwa-jiwa yang resah.

Jose Pepe Mujika (Uruguay)

informasi dan tips
jose pepe mujika
adalah seorang mantan presiden uruguay yang menjabat dari periode 2010-2015. selain dikenal sebagai politisi kiri ia juga dikenal sebagai presiden termiskin di dunia. 

pria yang akrab disapa el pepe ini dikenal sangat sederhana dan gemar bersedekah. 

ia menolak rumah mewah pemberian negara dan memilih tinggal di rumah yang jalannya masih tanah di luar kota monte video.

meskipun sederhana, jiwa kedermawanan seorang jose mujika sangat tinggi, ia mendonasikan 90% gajinya untuk menambah anggaran sosial uruguay. 

yang pada tahun itu nilainya sekitar 12.000 USD atau setara dengan 165 juta rupiah.

bahkan di tahun 2010 harta kekayaannya hanya bernilai 18.000 USD atau hanya sekitar 18 juta saja. selain itu, jose mujika tidak menetap di istana kepresidenan atau hunian mewah lainnya. 

melainkan tinggal di sebuah rumah sederhana yang hanya mempunyai satu buah kamar dan peternakan di pinggiran kota monte video. 

hal inilah yang membuat mujika begitu dicintai rakyat uruguay. di rumah sederhana yang ditinggalinya itu. 

el pepe, mengerjakan segala pekerjaan sendiri dan hanya mengendarai sebuah volkswagen tua keluaran 1987. 

bahkan petugas parkir di parlemen sempat dibuat kaget saat mujika datang ke parlemen dengan mengendarai vespa.

Juan Evo Morales Ayma (Bolivia)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
juan evo morales ayma

evo morales adalah pribumi pertama yang terpilih menjadi presiden sejak masa penjajahan spanyol. ia adalah anak seorang petani dan penggembala domba. 

dan karena faktor kemiskinan evo morales tak mampu melanjutkan sekolahnya. 

karena keadaan ketertindasan yang dialami dan dilihatnya ia kemudian tertarik untuk memperjuangkan hak-hak kaum tani dengan jalan bergabung dalam serikat petani voka. 

pada tahun 1995 evo terlibat langsung dengan pendirian partai gerakan untuk sosialisme atau MAS. dari sinilah jalan evo untuk menjadi pemimpin negara menjadi terbuka lebar 

pada pemilu 2018 kemarin evo terpilih untuk ke tiga kalinya sejak 2006. setelah terpilih ia mengumumkan pemotongan setengah gajinya untuk meningkatkan jumlah guru dan dokter.

Hugo Chaves (Venezuela)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
hugo chavez

latar belakang sebagai kaum menengah ke bawah nampaknya melatih kepekaan hugo chaves terhadap kaum terpinggirkan. 

fakta bahwa ia berasal dari keluarga pekerja yang miskin dan hanya tinggal dengan seorang nenek. 

membuat chaves mengabdikan jabatannya untuk membantu pemberdayaan kaum miskin semenjak ia menjabat pada tahun 1998. 

di mata masyarakat venezuela chaves bak manusia setengah dewa. ini berkat kesederhanaannya dan pengorbanannya yang memotong sebagian besar gajinya untuk anggaran sosial.

Fernando Lugo (Paraguay)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
fernando lugo

menjabat sebagai presiden paraguay semenjak agustus, 2018. dan termasuk kedalam daftar presiden termiskin di dunia. ia dikenal dengan penampilannya yang sederhana, dan merakyat. 

latar belakangnya sebagai pastor yang penuh cinta kasih membuatnya dekat dengan kaum tertindas.

saking dekatnya, lugo mendapat julukan pastornya kaum papah. ia bahkan menyumbangkan seluruh gajinya untuk kaum miskin paraguay. 

bukti lain bahwa dia sangat sederhana dapat dilihat dari tempat tingggalnya yang hanya sebuah rumah sederhana. 

makanannya yang dikonsumsinya pun tak bisa dibilang mewah. makanan kesukaan lugo ialah, pisang rebus, ubi kayu, nasi putih, ikan, dan roti.

Nelson Mandela (Afrika Selatan)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
nelson mandela

presiden murah senyum asal afrika selatan ini menjabat mulai tahun 1994-1999. 

hal istimewa dari seorang yang berperan besar dalam memberantas rasisme, kemiskinan, dan kesenjangan dibawah sistem politik apartheid ini ialah ia dikenal jujur dan tidak memiliki riwayat KKN hingga akhir hidupnya. 

sesuatu yang membuat nelson mandela semakin dicintai rakyatnya pada saat ia menjadi presiden, nelson rutin memotong gajinya untuk anggaran sosial dan sepertiga lainnya untuk membantu anak-anak.

rumahnya pun tergolong sederhana dan tak berbeda dengan masyarakat afrika umumnya.

Lula Da Silva (Brazil)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
lula da silva

ia berasal dari keluarga miskin, pada saat di sekolah dasar ia harus keluar karena tak punya biaya. pada umur 12 tahun, lula da silva harus hidup dijalanan sebagai tukang semir sepatu dan penjual kacang. 

tak sampai disitu pada umur 14 tahun lula sudah menjadi buruh pabrik dan menempati posisi sebagai operator mesin bubut. 

lima tahun kemudian lula bekerja di sebuah pabrik otomotif. kesadaran akan realitas sosialnya tumbuh saat mengalami penindasan di pabrik otomotif. 

lula, kemudian membangun serikat pekerja guna memperjuangkan hak-hak teman pekerjanya, pada tahun 1978 ia menjabat sebagai ketua serikat buruh pabrik baja sekaligus terlibat dalam pendirian partai buruh. 

barulah pada tahun 2002 ia berhasil terpilih sebagai presiden brazil. keberhasilan lula memenangkan pemilu menjadi sejarah dalam dunia politik brazil. 

karena untuk pertama kalinya seorang presiden berhaluan kiri yang berasal dari kelas pekerja dapat memenangkan pertarungan. 

latar belakangnya yang berasal dari kelas pekerja dan pernah mengalami penindasan membuat lula bersikap seperti masyarakat pada umumnya

Mahmoud Ahmadinejad (Iran)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.

Mahmoud Ahmadinejad terpilih sebagai presiden iran pada tahun 2005. ia diketahui sangat sederhana dan tak gila harta. 

ini terbukti dari jumlah kekayaannya yang hanya berupa rumah seluas 175 meter persegi dan sebuah mobil keluaran keluaran tahun 1977. 

saking sederhananya ia tak pernah duduk di kursi vip saat naik pesawat, menolak karpet antik mewah peninggalan persia dan menggantinya dengan karpet biasa. 

bahkan beberapa kali beliau tertangkap kamera sedang tidur di atas karpet biasa tersebut. pada saat melangsungkan resepsi pernikahan anaknya. 

masyarakat iran mengakuinya sebagai perayaan yang terlampau sederhana, bahkan setara dengan perayaan dari seorang kelas pekerja.  

Fidel Castro (Kuba)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
fidel castro

seorang revolusioner yang memegang kekuasaan kuba selama 32 tahun. meskipun begitu, ia termasuk kedalam salah satu presiden termiskin di dunia. 

fakta mencengangkan mengenai kehidupan commandante castro ialah gaji setiap bulan sebagai presiden yang ia terima hanya 470 ribu rupiah. 

masih lebih banyak uang bulanan mahasiswa nih. selain tak bergaji banyak, castro terkenal dermawan. ia pernah mempersilahkan korban banjir untuk tinggal di dalam istana kepresidenan.

Rafael Correa (Ekuador)

9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya.
rafael correa

adalah seorang ekonom dengan gelar phd dari university of illinoise, USA. meskipun cukup lama belajar di amerika tidak mengubah prinsip seorang rafael correa. 

ia berpegang taguh pada prinsip menentang neo liberalisme. presiden ekuador ke 8 ini memang terkenal sangat sederhana. 

pada april 2013 lalu saat APBN ekuador terancam defisit ia mengeluarkan dekrit untuk membekukan pembayaran gaji pejabat tinggi selama 2 tahun. 

pemotongan gaji itu berlaku untuk jabatan presiden, wakil presiden, dan menteri. dengan cara ini correa berhasil menyelamatkan APBN ekuador tanpa memangkas subsidi untuk rakyatnya.

sekian informasi mengenai 9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya. sampai jumpa di artikel baraaksara berikutnya

sumber : 

data fakta https://www.youtube.com/watch?v=nnL1tnLG_N8&t=154s

fakta populer https://www.youtube.com/watch?v=nnL1tnLG_N8&t=154s

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for "9 presiden yang memilih hidup sederhana demi kesejahteraan rakyatnya."