Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Argumentasi Terlengkap Dalam Berbagai Topik

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Contoh artikel argumentasi – apa itu karangan argumentasi dan contohnya? Karangan argumentasi jika ditinjau dari segi penulisan merupakan karangan yang memiliki tujuan meyakinkan pembaca mengenai suatu topik atau fenomena. 

Bahkan, dapat mempengaruhi sikap dan pandangan orang lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai, pengertian, ciri-ciri, contoh kerangka karangan argumentasi, langkah-langkah membuat karangan argumentasi, dan contoh artikel argumentasi. Siapkan kopinya dan simak sampai selesai.

Untuk penjelasan lengkap mengenai pengertian teks argumentasi sebenarnya dapat sobat aksara baca di sini.

Pengertian karangan argumentasi menurut ahli.

Menurut jauharoti dkk (dalam ahmad dkk, 2015:58) argumentasi adalah karangan yang terdiri atas paparan alasan dan sintesis pendapat untuk membangun suatu kesimpulan.

Ciri-ciri karangan argumentasi menurut ahli.

Menurut nursito (dalam sirait dkk, 1985:29)  paragraf argumentasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut: 

  1. Mengandung kebenaran. 
  2. Memiliki alasan yang kuat. 
  3. Menggunakan bahasa yang denotatif.
  4. Memiliki analisis rasional berdasarkan fakta. 
  5. Membatasi unsur subjek dan emosional.
  6. Contoh kerangka karangan argumentasi

Karangan argumentasi seperti jenis karangan lainnya memiliki ciri-ciri dan kerangka yang membedakannya dengan jenis karangan yang lain. Kerangka karangan argumentasi terdiri atas 3 unsur yakni: 

  1. pendahuluan.
  2. tubuh/isi.
  3. kesimpulan. 

Berikut ini ulasan mengenai contoh kerangka karangan argumentasi.

Contoh kerangka karangan argumentasi

Pendahuluan.

Bagian pendahuluan berfungsi untuk menarik perhatian pembaca terhadap argumen yang dikemukakan dalam tulisan tersebut. 

Pendahuluan juga dapat berfungsi untuk mengarahkan pembaca ke masalah yang akan disampaikan dan memberi gambaran umum mengenai masalah yang akan disampaikan penulis. Dengan menyajikan fakta-fakta yang relevan dengan tulisan yang dibuat.

Isi karangan. 

Berisi pembuktian kebenaran pendapat yang dikemukakan penulis dan dihubungkan secara logis serta kritis dengan semua fakta yang ada. 

Pada bagian ini, kekuatan argumen sangat berpengaruh apakah penulis dapat meyakinkan pembaca atau tidak. Terutama saat membahas hubungan masalah dan bukti-bukti yang ada. 

Riset yang kuat, dan pendalaman konsep akan sangat mempengaruhi argumentasi yang disusun oleh penulis.

Simpulan dan ichtisar. 

Bagian ini berisi ringkasan, memberikan fokus pada bagian-bagian tertentu, dan membuat prediksi berkaitan dengan karangan. Pada bagian kesimpulan, penulis harus bisa meyakinkan pembaca agar mempercayai atau melakukan apa yang ditulisnya.

Setelah memahami mengenai apa itu artikel argumentasi, waktunya sobat aksara mempelajari langkah-langkah membuat artikel argumentasi.

baca juga : contoh artikel naratif

Sebenarnya cara membuat karangan argumentasi tidak terlalu sulit. Asal, sobat mau bersabar.

Langkah-langkah membuat karangan argumentasi

Memilih tema pembahasan.

Tema adalah pokok pikiran. Ketika menyusun karangan argumentasi sebisa mungkin, pilih topik yang sobat kuasai. Atau dapat sobat lakukan risetnya. Mengingat karangan argumentasi memerlukan susunan argumentasi yang runut, jangan asal memilih tema.

Menyusun kerangka karangan.

Kerangkan karangan dibuat dengan mempertimbangkan hasil riset, analisis data, dan sumber yang berkaitan dengan topik yang sobat tulis.

Mengembangkan kerangka karangan.

Pengembangan kerangka karangan ini dilakukan agar suatu karangan, dapat saling berhubungan secara konsisten. Supaya dapat membuat paragraf saling berkaitan, penggunaan konjungsi yang tepat sangat diperlukan. Misalnya: 

  • Dengan demikian.
  • Oleh karena itu.
  • Oleh sebab itu.
  • Jadi.

Editing. 

Tahap paling akhir dalam penulisan karangan argumentasi adalah penyuntingan. Penyuntingan ini sangat berguna untuk meminimalisir kemungkinan kesalahan penulisan atau yang sobat kenal dengan typo. 

Cara menyunting karangan biasanya dilakukan dengan cara, membaca kembali hasil tulisan dan periksa kesalahan pengetikan, paragraf yang kurang nyambung, atau susunan kalimat yang kurang efektif.

agar lebih jelas, berikut ini contoh artikel argumentasi dari berbagai topik. semoga dapat membantu sobat aksara memahami pembahasan ini.

baca juga : contoh artikel eksplanasi

Contoh artikel argumentasi singkat.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Semburan lumpur panas yang terjadi di porong, kecamatan sidoarjo, merupakan bencana alam akibat kelalaian yang begitu menyeramkan bagi masyarakat sekitar. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 mei, 2006. 

hasil penelitian menunjukkan dampak sosial dari luapan lumpur lapindo antara lain: 

  1. menurunnya tingkat kesejahteraan petani tambak bandeng.
  2. berkurangnya lapangan pekerjaan. 
  3. terjadinya mobilitas penduduk.
  4. menimbulkan konflik pada hubungan petani dan keluarganya.
  5. Menurunnya pendapatan petani tambak bandeng.

kerugian materiil yang diderita masyarakat pun tak main-main berupa: 

  • tambak yang hilang dan rusak 
  • penurunan harga jual tanah, tambak, dan rumah.
  • Menenggelamkan ribuan rumah penduduk, dan kawasan persawahan. 

Sembilan tahun sudah semburan lumpur menebar keresahan. Namun, masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Ratusan kepala keluarga hidup segan, mati tak mau.

Source : http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2169

Contoh karangan argumentasi tentang pendidikan.

Contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Tantangan pembelajaran sekolah di masa pandemi covid 19

Mengawali tahun 2020 dunia dikejutkan dengan munculnya wabah yang sangat menular dan mematikan virus corona. Dimulai dari wuhan,cina, dengan cepat menjadi wabah secara cepat mengglobal di hampir seluruh negara di dunia. 

Proses pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Pembelajaran berubah drastis, dari semula langsung tatap muka guru-siswa di kelas, menjadi secara jarak jauh via daring dari rumah masing – masing. 

Belajar dari rumah.

Baik siswa maupun guru segera cepat beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran jauh ini. Guru harus pandai menyesuaikan proses pembelajaran yang didesainnya. 

Banyak pilihan dan variasi media pembelajaran jarak jauh, mulai dari penggunaan media sosial hingga penggunaan platform learning management system yang ada. 

Tantangan pembelajaran

Tantangan berikutnya adalah bagaimana memilih cara yang tepat agar pembelajaran jarak jauh dapat dilaksanakan secara optimal. Guru diberi ruang yang sangat luas untuk bereksplorasi memaksimalkan bentuk pembelajaran yang dipilihnya.

baca juga : contoh artikel persuasi 

Kesimpulan.

Dalam masa pandemi covid19 seperti ini, dimaklumi bahwa proses pembelajaran menemui banyak kendala dan kemungkinan tidak dapat memenuhi kurikulum. Meski demikian, pemangku kebijakan pendidikan tetap harus membayangkan masa depan siswa. 

Source : http://fkip.mercubuana-yogya.ac.id/kampus/

Contoh karangan argumentasi tentang sekolah

Contoh artikel argumentasi
Contoh artikel argumentasi

Generasi tanpa sekolah

Pandemi covid-19 di indonesia, menjadikan aktifitas masyarakat untuk berinteraksi dihentikan dan beralih menggunakan aktivitas daring. Kondisi ini tidaklah mudah untuk lembaga pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.

Hasil survei tanoto foundation, organisasi filantropi keluarga independen yang didirikan oleh sukanto tanoto dan tinah bingei tanoto pada tahun 1981, terkait pembelajaran jarak jauh (pjj). 

pada 332 kepala sekolah, 1.368 guru, 2.218 siswa, dan 1.712 orang tua yang dirilis kompas.com, ditemukan beberapa masalah utama.

Pertama, sebanyak 56 persen orang tua yang jadi responden mengaku kurang sabar dan jenuh menangani kemampuan dan konsentrasi anak yang duduk di bangku sd/mi dan 34 persen orang tua yang anaknya duduk di bangku smp/mts.

Kedua, orang tua kesulitan menjelaskan materi pelajaran ke anak untuk sd/mi (19 persen) dan smp/mts (28 persen). Ketiga, orang tua kesulitan memahami materi pelajaran anak untuk sd/mi (15 persen) dan smp/mts (24 persen).

baca juga : contoh artikel teks eksposisi

Data tersebut menunjukkan kelangsungan belajar mengajar yang tidak dilakukan di sekolah berpotensi menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan. Pada akhirnya tujuan pendidikan dan fungsi sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran dan suasana belajar tidak tercapai.

Source: https://www.tanotofoundation.org/id/news/opini-generasi-tanpa-sekolah/

Contoh karangan argumentasi tentang teknologi.

Contoh artikel argumentasi
Contoh artikel argumentasi


semakin canggih, semakin cepat

Semakin hari perkembangan teknologi begitu mengagumkan. Banyak orang dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi saat ini. 

Berikut ini dampak positif kemajuan teknologi informasi dalam berbagai bidang.

Pendidikan 

Teknologi telah mengubah proses pembelajaran. Ada beberapa perubahan yang dapat disaksikan langung misalnya: perpindahan dari ruang kelas ke mobilitas di mana saja. 

Dari kertas ke layar smartphone, tablet, laptop atau komputer. Karena itu, sangat memungkinkan proses belajar tidak dilakukan secara tatap muka di kelas. 

Pelajar dan guru, atau dosen dan mahasiswa dapat terhubung dalam proses belajar menggunakan peralatan teknologi. 

Dari segi waktu dan biaya, teknologi membuat segalanya lebih efisien. 

Dan, saat ini proses belajar online terus berkembang. E-learning dapat dikembangkan sekaligus untuk mengajar, memberikan tugas, hingga mengumpulkan tugas secara daring.

Jasa pengiriman. 

Pengusaha bidang jasa pengiriman saat ini semakin canggih. Kalau dulu mengirim paket, pelaku usaha ini kesulitan untuk tahu kapan paket akan sampai. 

Sekarang, paket yang dikirim dapat dilacak posisinya secara realtime. Keadaan ini membuktikan betapa teknologi sangat membantu perkembangan usaha bidang jasa pengiriman.

baca juga : cara penulisan footnote terlengkap

Bisnis

Sekarang belanja online semakin mudah. Saat jaringan internet mulai merata diseluruh indonesia. Belanja tidak lagi menjadi hal yang melelahkan. 

Pembeli tinggal duduk, klik, transfer, dan beberapa jam/hari kemudian barang akan sampai ke tangan mereka. 

Perbankan. 

Dengan adanya fitur internet banking. Kini, nasabah bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi perbankan hanya dengan membuka situs layanan dari bank. 

Bahkan transaksi bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan smartphone pengguna.

Contoh karangan argumentasi tentang ekonomi.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Harga kebutuhan pokok naik, Masyarakat tercekik.

Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang sangat tinggi menjelang tahun baru 2021. Besaran kenaikan harganya pun bermacam-macam. Mulai dari, 20% hingga 100%

Tomat dan cabai menjadi komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga paling tinggi. Saat tahun baru harga capai bahkan menembus rp 50.000 per kg. Sedangkan harga tomat naik hingga rp 15.000/kg

Para pedagang dan pembeli sangat mengeluhkan kenaikan bahan pokok di tengah pandemi covid 19 ini. Apalagi, pedagang makanan yang membutuhkan banyak bumbu racikan untuk menambah cita rasa makanan.

Masyarakat berharap kejadian ini dapat ditangani dengan cepat oleh pemerintah. Bila terus mengalami kenaikan seperti ini, para masyarakat kecil akan kesulitan untuk mencari nafkah.

baca juga : cara menulis opini

Contoh karangan argumentasi tentang lingkungan.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

kotor, berbahaya

Kerusakan lingkungan saat ini terjadi dimana-mana baik di hutan, sungai, laut, dan danau. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan tambang yang beroperasi dan menghancurkan alam.

Kapitalis yang  bersikap tak mau tahu tersebut membuat alam murka, dan menimbulkan berbagai macam bencana alam seperti:

  • Banjir.
  • Tanah longsor.
  • Tercemarnya sungai dan laut.
  • Ikan mati.
  • Abrasi pantai.

Selain itu, kebiasaan masyarakat yang senang membuang sampah di sungai dan laut menyebabkan sungai menjadi dangkal, sehingga saat hujan air sungai meluap kemana-mana. 

Sedangkan di laut, sampah terutama plastik secara tak sengaja menjadi santapan penyu, ikan paus, hingga merusak terumbu karang.

Alam saat ini dirusak secara sengaja oleh manusia, sehingga berbagai bencana terus berdatangan. Maka dari itu, sebagai manusia kita harus bersatu menjaga kelestarian alam ini dengan terus merawatnya.

Contoh karangan argumentasi tentang sampah.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

sampah, kelalaian.

Jumlah sampah kian bertambah seiring dengan pertambahan penduduk. Akibatnya, sampah menjadi menumpuk dan menimbulkan masalah yang tidak pernah tuntas. Untuk mengatasinya, perlu penanganan sampah yang serius. 

Penanganan sampah tersebut harus dimulai dari rumah tangga hingga tempat pembuangan terakhir. Penanganan sampah dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti: 

  • penampungan.
  • pemusnahan.
  • pengumpulan. 
  • pembuangan. 
  • daur ulang. 

Mendaur ulang sampah baik organik maupun anorganik menjadi solusi yang dapat digunakan untuk mengelola sampah-sampah yang ada. 

Sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang menjadi pupuk, kerajinan tangan, hingga pembangkit listrik. 

Mengelola sampah dengan cara daur ulang seperti ini mesti dilaksanakan secara optimal. Hal itu dilakukan agar sampah tidak memberikan dampak buruk, baik bagi manusia maupun lingkungan.

Contoh karangan argumentasi tentang bencana alam.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Letusan tambora, dan kebingungan.

Dua ratus tahun lalu, indonesia berguncang hebat. Salah satu gunung berapi tertingginya memuntahkan isi perut bumi ke daratan.

Kala itu, tepatnya pada 10 april 1815, gunung tambora di nusa tenggara barat meletus hebat. Letusannya memuntahkan material lebih dari 150 miliar meter kubik. 

Bahkan, kuatnya letusan tersebut mengikis kemegahan gunung tambora, dari yang semula 4.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi 2.700 mdpl.

Guncangan akibat letusan pun memunculkan kawah sedalam 1.100 meter dengan diameter seluas 6,2 kilometer. Kepulan asapnya pun konon mencapai 43 kilometer dengan abu vulkanik yang menyebar hingga ke kalimantan, sulawesi, jawa, dan maluku. 

Gemuruhnya terdengar hingga pulau sumatera yang berjarak sekitar 2.600 kilometer dari tambora.

Tak ayal, letusan yang sangat luar biasa itu pun mampu merenggut nyawa lebih dari 91 ribu jiwa dan meluluhlantakkan tiga kerajaan di kaki gunung tambora. 

Kerajaan sanggar porak poranda, sedangkan kerajaan tambora dan pekat lenyap tak bersisa.

Abu vulkanik yang membumbung tinggi di angkasa bahkan sampai memengaruhi iklim di seluruh dunia selama berbulan-bulan. Daratan eropa dan amerika utara mengalami musim dingin lebih panjang.

Bahkan di australia dan afrika selatan, salju turun di musim panas, abu vulkanik memengaruhi penurunan suhu bumi. 

Akibat kondisi ini banyak tumbuhan dan hewan yang mati. Banyak petani gagal panen dan peternak merugi akibat hewan peliharaannya mati. Kelaparan pun merebak di mana-mana.

baca juga : cara menulis artikel dan contoh artikel 

Contoh karangan argumentasi tentang rokok.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

benarkah rokok elektrik tidak berbahaya?

Vape atau rokok elektrik semakin digandrungi, tak mengenal kalangan usia. Mulai dari, anak muda hingga orang dewasa menyukainya. 

Bahkan banyak orang berpendapat bahwa rokok elektrik jauh lebih bergaya dan lebih aman dibanding rokok tembakau. Namun, hingga kini pro dan kontra hal ini masih saja diperdebatkan.

Rokok elektrik dianggap lebih aman karena dianggap tidak memiliki kandungan tembakau. Namun, sampai saat ini, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa vape ini tidak berisiko. 

Vape sendiri merupakan alat yang dinyalakan dengan menggunakan batre. Namun, tidak seperti rokok yang terbuat dari daun-daun tembakau yang dibungkus, vape terdiri dari tabung yang berisi cairan nikotin, perasa buah, dan bahan kimia lainnya.

Contoh karangan argumentasi tentang kesehatan.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

senang minum yang manis-manis? hati-hati obesitas mengintai

Saat berkunjung ke restoran cepat saji, kamu akan disuguhkan minuman bersoda. Soda dan makanan cepat saji memang sudah seperti kaos kaki dan sepatu. Harus berpasangan. Rasanya yang manis membuat minuman soda lebih menarik ketimbang minuman lainnya.

Meskipun minuman bersoda menggoda nan menyegarkan, apalagi kalau dinikmati di siang hari yang minuman soda ternyata dapat berdampak negatif untuk kesehatan. Apalagi, dikonsumsi secara berlebihan. Kebiasaan konsumsi minuman bersoda dapat memicu penyakit seperti obesitas.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam national library of medicine national institutes of health pada tahun 2007 lalu. 

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, bahkan empat kali lebih tinggi dari minuman manis biasa. Jika dikonsumsi terlalu sering, maka dapat meningkatkan risiko berat badan berlebihan atau obesitas. Padahal, obesitas merupakan akar dari banyak penyakit serius lainnya.

Obesitas menjadi salah satu penyakit yang menghantui kamu kalau terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Jika kamu merasakan gejala-gejalanya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

contoh karangan argumentasi tentang covid 19.

contoh artikel argumentasi
contoh artikel argumentasi

Corona, sampai kapan?

Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini sering disebut covid-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Dengan banyak-nya korban yang meninggal akibat covid-19 ini, pemerintah mengusulkan agar sekolah di indonesia serentak diliburkan sampai tanggal 2 april 2020 mendatang. Tidak hanya sekolah, para pebisnis pun ikut diliburkan karna adanya virus ini.

Para siswa dan siswi diwajibkan tidak keluar rumah selama proses penanggulangan covid-19 ini, mereka harus mengerjakan tugas secara online yang diberikan oleh para guru. 

Begitupun untuk para pekerja atau pebisnis, untuk saat sekarang, mereka harus bekerja di rumah masing-masing sampai jadwal waktu yang ditentukan.

Oleh karena itu, mari kita patuhi kebijakan pemerintah agar tidak banyak lagi korban yang meninggal akibat serangan virus corona. 

jagalan kebersihan tangan agar penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita pegang, agar kita dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya baik dibidang pendidikan maupun perekonomian.

demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel argumentasi terlengkap dalam berbagai topik. sampai jumpa di artikel baraaksara berikutnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id techtwnty

Post a Comment for " Contoh Artikel Argumentasi Terlengkap Dalam Berbagai Topik"