Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

contoh artikel eksplanasi

contoh artikel eksplanasi - siapapun yang senang membaca berita baik online maupun offline tentu tak asing dengan artikel yang berisi informasi mengenai suatu fenomena yang terjadi baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. 

artikel semacam itulah yang disebut artikel eksplanasi. 

artikel eksplanasi berisi penjelasan mengenai suatu fenomena. artikel eksplanasi, menyuguhkan kepada pembaca hubungan antara peristiwa dan logika. 

sekaligus, hubungan sebab-akibat yang membuat suatu fenomena bisa muncul. penjelasan lengkap mengenai pengertian teks eksplanasi ada di situ. 

berikut ini contoh artikel eksplanasi untuk kamu hay jiwa-jiwa yang resah.

contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya

Fenomena Batu Akik

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

Fenomena batu akik sedang melanda sebagian masyarakat kita. Dimana-mana terjadi obrolan yang seru tentang batu akik. 

Tidak saja para orang tua, pemuda tetapi juga dikalangan pelajar sampai tingkat sekolah dasar. Setiap harinya membicarakan tentang batu akik atau batu ali. 

Yang lebih parah lagi, banyak yang alih profesi, seperti dari profesi petani menjadi penambang atau pedagang batu akik/ali. Entah sejak kapan dan entah sampai kapan fenomena ini akan berakhir.

Konon, boomingnya batu akik itu tatkala Bapak SBY menggunakannya dan memperlihatkan kepada umum lewat media, lalu kemudian diikuti pejabat lainnya. 

Atau konon, tatkala SBY persembahkan batu akik untuk Presiden Obama. 

Mungkin dari situlah masyarakat melihat dan tertarik, sehingga secara serempak mengikuti dengan mencari batu akik. Situasi ini dimanfaatkan oleh para pihak untuk mencari batu akik. 

Tak pelak, berbagai daerah diserebu oleh para penambang dadakan untuk mencari bongkahan batu, baik itu batu akik atau batu-batu lainnya.

Tentu kita tidak apriori negatif atas munculnya fenomena batu akik. 

yang perlu diperhatikan adalah manakala booming batu akik itu sudah menjurus kepada hal-hal yang berbau perusakan lingkungan, mistis, khurafat dan atau tidak rasionalnya harga batu akik yang jauh melambung tinggi.

baca juga : cara membuat pendahuluan 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum semuanya terlanjut dan berkembang tidak keruan, yaitu dibawah ini.

pemerintah segera membuat regulasi khusus untuk pencarian dan penambangan batu akik atau batuan lainnya.

  1. Pihak Majelis ulama atau para mubaligh untuk memberikan pencerahan tentang bahayanya menyelewengkan fungsi batu ali dari sekedar keindahan menjadi sifat-sifat, mistik, khurafat atau musyrik termasuk bisa melalaikan seorang muslim dari berdzikir kepada Allah ;
  2. sebatas kecintaan terhadap batu ali ini sifatnya "kecintaan karena keindahanmnya", barangkali hal itu dianggap biasa saja sebagai kecintaan terhadap benda atau barang-barang lainnya.
  3. ada manfaat dari aspek ekonomi, berupa tambahan pendapatan dan sumber pekerjaan, mengingat bertambahnya orang-orang yang memotong dan menggosok batu ali termasuk didalamnya bertambahnya pedagang batu ali.
  4. fenomena batu akik ini biasanya tidak akan lama, seperti halnya fenomena terhadap burung kicau dan binatang peliharaan lainnya. 

Ada waktu sedang disenangi dan beberapa tahun kemudian hilang. Satu saat mulai membosankan yang akhirnya ditinggalkan.

baca juga : contoh karangan argumentasi

Jadi, jangan tergiur oleh batu akik yang berharga mahal padahal tahun-tahun sebelumnya harganya murah, karena ditahun berikutnya akan kembali seperti harga sebelumnya.

https://jabarprov.go.id/index.php/artikel/detail_artikel/133/2015/02/24/Fenomena-Batu-Akik

contoh teks eksplanasi fenomena sosial

KPK Ungkap 7 Fenomena Korupsi di Indonesia

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

KBRN, Jakarta : Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menjelaskan terkait adanya sejumlah temuan  “fenomena” dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). 

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keteranganya mengatakan, sediktnya ada  7 fenomena kasus korupsi yang ditangani lembaga antirasuah itu sepanjang 2020.

Pernyataan Ghufron tersebut disampaikan pada saat dirinya menjadi pembicara dalam acara Anti-Corruption Summit (ACS) ke-4 Tahun 2020. 

yang bertemakan "Quo Vadis Pemberantasan Korupsi" digelar secara virtual (daring) via Channel Youtube KPK.

“(Fenomena) pertama, kejahatan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) itu hampir merata dari Sabang sampai Merauke. 

Korupsi tidak membedakan partai, tidak kemudian partai A suci sementara partai lain yang khilaf, tidak. Ternyata hampir sama, tidak membedakan suku bangsa dan agama pelakunya itu," kata Nurul Ghufron di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Fenomena kedua menurut Ghufron, bahwa pelakunya relatif sama, yaitu dari unsur swasta, kepala daerah, anggota dewan dan pejabat pusat maupun daerah. 

Fenomena ketiga katanya juga terjadi hampir sama, yaitu suap di pengadaan barang/jasa, suap di perizinan dan sumber daya manusia. Fokus pada tiga hal ini, lainnya tersebar dan merata.

Menurutnya, fenomena keempat terkait modus dalam tindak pidana korupsi, yakni suap sebanyak 66 persen dan pemerasan dan gratifikasi 22 persen.

“Metodenya juga hampir sama, yaitu pakai cash (tunai), transfer rekening ataupun bisa juga dengan mata uang asing,” jelasnya.

“Ada yang bahkan kemudian untuk suap tingkat tinggi itu bisa dilaksanakan di luar negeri tidak di Indonesia supaya tidak terendus oleh KPK ataupun aparat penegak hukum lain di Indonesia,” terangnya.

Fenomena kelima kata Ghufron, bahwa dari tingkat pendidikan pelaku korupsi (koruptor) sebanyak 64 persen kebanyakan adalah sarjana (berpendidikan tinggi).

“Ternyata harapannya berpendidikan itu kian berkarakter kian berintegritas, namun ternyata pelakunya sebanyak 64 persen itu adalah sarjana yang secara graduate berpendidikan," tambahnya. 

Fenomena keenam menurutnya ada sebagian pelaku korupsi (koruptor) yang mulai merambah kaum muda atau milenial.

baca juga : contoh artikel deskripsi

“Pelaku korupsi tidak hanya kaum pejabat tua tetapi juga ternyata kaum milenial ada yang masih 29 (tahun), 32 (tahun)dan lain-lain," tegasnya. 

Fenomena ketujuh, Ghufron membeberkan pada tingkat demokrasi Indonesia ternasuk relatif baik, namun kenyataannya yang terjadi juatru tingkat korupsinya juga masih tinggi.

“Mestinya kian demokratis kian transparan maka korupsinya harapannya rendah, Indonesia dinobatkan sebagai negara kelima terbaik demokrasinya, tetapi ternyata tingkat korupsinya masih tinggi, ini seperti fenomena anomali (berlawanan),” pungkasnya.

sumber : https://rri.co.id/humaniora/info-publik/931887/kpk-ungkap-7-fenomena-korupsi-di-indonesia

contoh teks eksplanasi tentang sekolah

Fenomena Sekolah dari Rumah Jadi Momen Tingkatkan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

Jakarta, Beritasatu.com - Fenomena School From Home alias sekolah dari rumah dengan berbagai perangkat laptop maupun ponsel pintar jadi budaya baru dalam pendidikan di Indonesia. 

Tak ayal para orang tua pun ikut sibuk menyiapkan dan mendampingi proses belajar online ini. 

Di satu sisi School From Home jadi momen yang baik untuk mengembalikan peran keluarga sebagai pendidikan utama bagi anak.

Dari keluarga terbangun pendidikan anak yang terbaik. Peran orangtua menentukan tumbuh kembang anak.

Demikian poin utama yang disampaikan dalam webinar bertajuk “Pendidikan dan Keluarga” yang dihadiri kakak-beradik keluarga pendidik. 

Para pembicara yakni 

  1. komisaris Lembaga Pendidikan Duta Bangsa, Rachmini Rachman Uno atau yang dikenal Mien Uno
  2. pakar pendidikan yang juga Ketua Harian Komisi Nasional Unesco Arief Rachman
  3. Irid R Agoes, majelis pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi Kemdikbud.

Mien Uno menekankan pola pendidikan yang bukan sekadar transfer ilmu. Pendidikan dari lingkungan keluarga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri anak.

“Mendidik adalah melibatkan diri kita secara emosional untuk memberdayakan seseorang untuk menjadi lebih baik,” katanya dalam diskusi.

baca juga : cara menulis artikel di blog

Pendidikan terhadap anak menurut Mien Uno harus sejalan dengan potensi pengembangan diri anak. Menurut Ibunda Sandiaga S Uno punya potensi dan bakat berbeda.

“Jadi kita mengontrol anak dari kecil, bakat diasah sesuai keandalan dan anugerah Allah. Jadi nggak boleh membandingkan satu dengan yang lain apalagi anak tetangga,” ujarnya.

Selain itu, Mien Uno juga menyebut pentingnya anak mendapat teladan untuk bersosialisasi di luar lingkungkungan keluarga. 

Dari kedua orang tuanya R Abdullah Rachman dan Siti Koersilah yang berprofesi sebagai guru, Mien Uno diajarkan untuk tidak membedakan latar belakang seseorang.

“Saya melihat bagaimana orangtua kami menghargai satu sama lain. Buktinya waktu makan siang itu itu kami dikumpulkan dalam satu meja, meja nggak besar dan semua berdempet-dempetan. 

Makan misalnya kalau sop tinggal airnya, tapi makan dengan lahap kemudian ada semur tinggal kuahnya. 

Tidak hanya itu saja, tapi ada tukang dagang, misalnya tukang telor, tukang patri, tukang arang tukang sol sepatu semua dikumpulkan dan kita belajar di situ harus menghargai satu sama lain. 

tidak ada perbedaan kita sama-sama. 

Saya melihat itu menjadi bagian dari apa yang saya lakukan sekarang (yakni) ketauladanan bahasa sekarang role model,” kata dia.

Teladan orang tua juga dikenang adik bungsu Mien Uno, Irid Agoes. Irid Agoes bercerita semasa kecil sempat bertanya-tanya alasan orang tuanya harus membantu tetangga.

“Saya ingat sekali ayah dan ibu menyuruh kami yang kecil-kecil membantu tetangga kalau mau ada pesta. Kadang saya kesal kenapa sih dibantu, tapi ternyata itulah pendidikan. 

Jadi sifat membantu hanya bisa diberikan dengan praktik."

Sementara itu, Arief Rachman menyebut salah kaprah soal pendidikan yang hanya terpaku pada hasil akhir yakni nilai sekolah.

baca juga : contoh teks eksposisi beserta strukturnya

Padahal pendidikan menurutnya merupakan proses anak berkembang dengan suasana menyenangkan.

“Dalam pendidikan di keluarga dan sekolah yang paling penting adalah suasana harus menyenangkan.

Kalau suasana menyenangkan akan tumbuh kekuatan agama, akan tumbuh kekuatan akal, akan tumbuh kekuatan rasa dan akan tumbuh kekuatan bermasyarakat sosial dan Insya allah terjamin kesehatannya,” tutur dia.

sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/657903/fenomena-sekolah-dari-rumah-jadi-momen-tingkatkan-peran-keluarga-dalam-pendidikan-anak

contoh teks eksplanasi pendidikan

Fenomena Sekolah Unggul dan Sekolah Mahal

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

latar belakang 

pada zaman sekarang banyak sekali sekolah  yang sangat percaya diri dengan sikap berbagai konsep dan ilusi mereka. 

para birokrat-birokrat sekolah ataupun lembaga merasa mampu menciptakan sekolah unggul dengan biaya yang tentunya tidak murah. 

mereka menganggap bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mahal.

sekolah unggul 

Munculnya sekolah unggul adalah upaya peningkatan dan pengembangan SDM. terutama menyongsong pembangunan jangka panjang II dan di resmikannya program wajib belajar 9 tahun.

salah satu tujuannya adalah menjaring sekaligus mengembangkan kader bangsa yang baik  dalam artian memiliki kelebihan dan keunggulan dari para siswa sehingga di harapkan mampu mengantisipasi dan menjawab berbagai tantangan zaman .

namun perlu dicermati kembali karena ada yang kurang akat unggul di sini menyiratkan otoritas atau sikap yang berlebihan dengan sekolah lainnya. 

yaitu menyombongkan intelektual yang sengaja di tampakkan oleh sekolah tersebut Dalam konsep sekolah unggulan. 

yang ada sekarang diterapkan sekedar untuk menciptakan prestasi siswa, dirancang kurikulum yang sarat muatan, diajar guru - guru yang berkualitas, dengan sarana yang bagus, tapi biayanya sangat mahal. 

Padahal sekolah unggulan yang sebenarnya, dapat dicapai dengan seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal. 

Mulai dari tenaga administrasi, pengembangan kurikulum, tenaga pendidikan, termasuk masyarakat harus dilibatkan secara berdaya guna. 

karena sumberdaya itu akan dapat menciptakan iklim dan kultur yang mampu membentuk keunggulan sekolah.

baca juga : contoh artikel persuasi 

sekolah mahal

pada dasarnya Laju pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, bahkan oleh Bank Dunia disebut ajaib, di negara kita ternyata berdampak secara positif terhadap munculnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai. 

Kalau kita perhatikan dalam beberapa tahun yang terakhir ini telah muncul sekolah-sekolah yang fasilitasnya sangat memadai. 

Fasilitas yang disediakan oleh sekolah-sekolah tersebut terhitung sangat memadai untuk rata-rata sekolah di Indonesia. 

misalnya saja bangunannya yang megah, ruang belajarnya yang sejuk dan ber-AC, buku-buku perpustakaannya yang lengkap, sarana olahraga yang memadai, guru yang profesional, suasana belajarnya yang akademis, dan sebagainya.

Tentu hadirnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai tersebut layak mendapat sambutan karena sarana pendidikan dan fasilitas belajar yang memadai dapat menumbuhkan suasana akademis yang memadai pula. 

yang pada akhirnya akan menghantarkan pencapaian prestasi belajar siswa secara memuaskan. 

Secara fisik memang demikianlah seharusnya kita dalam menyelenggarakan sekolah bagi putra-putra bangsa kita. Sekarang sudah tidak jamannya lagi 

menyelenggarakan sekolah dengan bangunan yang tidak kokoh, atapnya bocor, dindingnya berlubang, perpustakaannya tidak ada, fasilitas olahraganya memprihatinkan, manajemennya seadanya, dan penguasaan ilmu gurunya sudah "out of date"

baca juga : contoh artikel pendidikan

sumber : https://www.kompasiana.com/duhaahmary2713/607fba3fb6b9c87b457183b2/fenomena-sekolah-unggul-dan-sekolah-mahal

contoh teks eksplanasi tsunami

apa itu tsunami? penyebab, dampak, dan cara menanganinya.

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

Tsunami merupakan gelombang raksasa yang terjadi karena adanya pergerakan di dasar laut. Secara etimologi, tsunami berasal dari bahasa Jepang. 

Dilansir dari bacaan untuk anak tingkat SD Kelas 4,5, dan 6 berjudul Bersahabat dengan Bencana Alam yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, "tsu" berarti perlabuhan, dan "nami" berarti gelombang.

Sehingga secara umum, tsunami dipahami sebagai pasang laut yang besar di pelabuhan. 

Masyarakat Jepang menyebutnya begitu karena, gelombang tsunami baru tampak dan dapat dirasakan kekuatannya ketika telah mencapai pelabuhan. 

Berdasarkan statistik, Jepang tercatat sebagai negara yang paling sering mengalami tsunami di dunia. Sementara Indonesia, berada di posisi keempat. 

Lokasi rawan tsunami ditentukan dari sejarah kejadian tsunami, morfologi atau bentuk pantai.

Misalnya, pada pantai dengan bentuk landai atau teluk yang berhadapan langsung dengan sumber gempa bumi, maka bisa jadi penyebab terjadinya tsunami. 

Wilayah rawan bencana tsunami di Indonesia tersebar di 18 provinsi dari Nanggro Aceh Darusalam hingga Fak-Fak di Papua. 

baca juga : cara membuat catatan kaki

Penyebab Tsunami 

Terdapat beberapa penyebab terjadinya tsunami: 

  • Gempa bumi yang diikuti dengan dislokasi. 
  • Dislokasi adalah perpindahan masa tanah atau batuan yang sangat besar di bawah air laut atau danau.
  • Tanah longsor di bawah tubuh air laut. 
  • Letusan gunung api di bawah laut dan gunung api pada sebuah pulau.

Karakteristik Tsunami Dikutip dari Bahan Ajar Geografi Kelas 11 Materi Mitigasi Bencana Alam, karakteristik gelombang tsunami meliputi:  

  • energi.
  • magnitudo.
  • kedalaman pusat gempa.
  • mekanisme fokus. 
  • luas rupture area. 

Berikut ini karakteristik Tsunami: 

  1. Tinggi gelombang tsunami di tengah lautan mencapai lebih kurang 5 meter. Secara bersamaan gelombang tsunami akan mencapai pantai dengan tinggi hingga 30 meter. 
  2. Panjang gelombang tsunami (50-200 km) jauh lebih besar dari pada gelombang pasang laut (50-150 m). Panjang gelombang tsunami ditentukan oleh kekuatan gempa. Contohnya, pada gempa bumi tsunami dengan kekuatan magnitude 7-9. Maka, panjang gelombang tsunami berkisar 2.050 km dengan tinggi gelombang 2 m dari permukaan laut. 
  3. Periode waktu gelombang tsunami yang berkekuatan tinggi hanya memiliki durasi gelombang sekitar 10-60 menit, sementara gelombang pasang bisa berlangsung lebih lama yaitu 12-24 jam. 
  4. Cepat lambatnya gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut. Apabila kedalaman laut berkurang setengahnya, maka kecepatan gelombang tsunami akan berkurang sebanyak tiga perempatnya

https://tirto.id/apa-itu-tsunami-penyebab-karakteristik-dan-cara-mengendalikannya-gaRk

contoh teks eksplanasi banjir

Apa Itu Banjir? Definisi, Penyebab dan Dampak.

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

Apa itu banjir? 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), banjir adalah berair banyak dan deras, kadang-kadang meluap (tentang kali dan sebagainya). 

Banjir juga dapat diartikan peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. 

Menurut Encyclopaedia Britannica, banjir adalah tahap air tinggi di mana air meluap ke tepi alami atau buatan ke tanah yang biasanya kering. 

Dikutip dari situs BNPB, banjir adalah peristiwa atau kejadian alami di mana sebidang tanah atau area yang biasanya merupakan lahan kering, tiba-tiba terendam air karena volume air meningkat.

baca juga : cara menulis artikel

Kapan terjadi banjir? 

Banjir terjadi pada interval yang tidak teratur serta bervariasi dalam ukuran, durasi dan area yang terkena dampaknya. 

Air selalu mengalir secara alami dari daerah tinggi ke daerah rendah. Artinya di dataran rendah dapat terjadi banjir lebih cepat sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi. 

Banjir dapat terjadi secara tiba-tiba dan surut dengan cepat. Tetapi ada pula yang terjadi selama berhari-hari bahkan lebih lama. 

Apa penyebab banjir? 

Ketika banjir terjadi di daerah yang dihuni manusia, air membawa benda-benda seperti: 

  • rumah
  • jembatan
  • mobil
  • perabotan 
  • orang. 

Kekuatan banjir dapat merusak lahan pertanian, menyeret pepohonan maupun benda-benda berat. 

Terjadinya banjir disebabkan oleh beberapa faktor. 

Berikut ini penyebab terjadinya banjir: 

  • Hujan Setiap kali terjadi hujan yang lebat dan melebihi kapasitas sistem drainase, banjir akan terjadi. Terkadang hujan lebat dalam waktu relatif singkat dapat menyebabkan banjir. 
  • Di lain waktu, hujan gerimis selama berhari-hari atau berminggu-minggu dapat mengakibatkan banjir. 
  • Sungai meluap Sungai yang meluap dapat menyebabkan banjir. Meluapnya sungai dapat terjadi ketika air lebih banyak di bagian hulu dari biasanya. 
  • Saat air itu mengalir ke hilir menuju dataran rendah yang berdekatan akan ada semburan dan air masuk ke daratan. Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Banjir di Bogor dan Bekasi Akibat Ulah Manusia 
  • Badai dan angin kencang di pantai Air laut dapat terbawa angin kencang dan angin topan ke daratan pantai yang kering lalu menyebabkan banjir. 
  • Kondisi dapat lebih buruk jika angin tersebut juga membawa hujan sendiri. Terkadang air dari laut akibat tsunami dapat mengalir ke daratan dan menyebabkan kerusakan. 
  • Bendungan rusak Tanggul dibangun di sisi sungai dan digunakan untuk mencegah air tinggi membanjiri daratan yang berbatasan. 
  • Bendungan adalah blok buatan yang dipasang untuk menahan air yang mengalir dari dataran tinggi. Daya dari air digunakan untuk pembangkit listrik. 
  • Tetapi bila terlalu banyak air yang tertahan di bendungan dapat menyebabkan bendungan rusak dan air meluap. 
  • Kelebihan air juga bisa secara sengaja dialirkan dari bendungan untuk mencegah rusaknya bendungan yang berakibat banjir. Baca juga: Banjir Jakarta, Ahli Hidrologi UGM Analisis Penyebabnya 
  • Es dan salju mencair Di wilayah yang dingin, salju tebal selama musim dingin biasanya tetap tidak meleleh selama beberapa waktu. Ada juga gunung yang memiliki es di puncaknya. 
  • Terkadang es tiba-tiba meleleh ketika suhu naik, mengakibatkan pergerakan besar air ke tempat-tempat yang biasanya kering. 
  • Pergerakan besar air ini biasanya disebut banjir pencairan salju (snowmelt flood). 
  • Penyumbatan drainase Banjir dapat terjadi ketika pencairan salju atau limpasan hujan tidak dapat disalurkan dengan tepat ke sistem drainase yang berakibat air mengalir ke daratan. 
  • Penyumbatan drainase atau kurang tepatnya sistem drainase biasanya menjadi penyebab banjir jenis ini. Daerah yang terjadi penyumbatan drainase akan tetap banjir sampai sistem air hujan atau saluran air diperbaiki.

sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/03/060000269/apa-itu-banjir-definisi-penyebab-dan-dampak?page=all

baca juga : cara menulis opini 

contoh artikel eksplanasi tentang fenomena alam

Fenomena Langka, Gerhana Matahari Cincin Terjadi Pada 10 Juni.

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

JAKARTA - Fenomena langka gerhana matahari akan menghiasi langit pada 10 Juni 2021 mendatang. Gerhana matahari yang dihasilkan akan menciptakan fenomena cincin api yang indah di langit.

Dilansir Expres.co.uk, gerhana akan muncul di beberapa bagian AS dan Kanada pada Kamis 10 Juni 2021. 

Gerhana diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 05.24 EST ketika Bulan lewat tepat di depan Matahari. Gerhana cincin ini akan mencapai puncaknya sekitar pukul 05.32 EST.

Para astronom memperkirakan seluruh peristiwa ini akan berlangsung lebih dari satu jam dan akan selesai pada pukul 06:30 EST.

Pemandangan gerhana paling baik akan terlihat di sepanjang bentangan sempit Kanada dan Rusia paling utara. Gerhana cincin api ini juga sebagian terlihat di beberapa negara bagian AS.

Menurut Almanak Petani Maine, zona tampilan akan jatuh ke utara dan timur dari garis yang membentang dari: 

  • Edmonton
  • Alberta
  • Kanada
  • Evansville
  • Indiana
  • Savannah
  • Georgia di pantai Atlantik.

Kota-kota seperti Toronto di Kanada dan New York dan Boston di AS masing-masing akan melihat antara 86 hingga 80 persen gerhana Matahari.

Beberapa gerhana parsial juga akan terlihat dari beberapa bagian Eropa, termasuk Inggris, Rusia dan sebagian Asia.

Para astronom di Royal Observatory Greenwich memperkirakan sekitar 25 persen Matahari akan tertutup Bulan di atas Inggris.

sumber : https://sains.sindonews.com/read/445432/766/fenomena-langka-gerhana-matahari-cincin-terjadi-pada-10-juni-1622721986

contoh teks eksplanasi covid 19

Fenomena Long Covid Sudah Ada sejak Awal Pandemi, Apa Itu?

contoh artikel eksplanasi
contoh artikel eksplanasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan jumlah kasus positif masih terus bertambah dari hari ke hari. 

Untuk di Indonesia, data update hingga tanggal 29 Oktober 2020, ada penambahan kasus sebanyak 3.565, sehingga akumulasi total dari laporan awal pada Maret hingga Oktober ini sudah mencapai 404.048 kasus pasien terinfeksi Covid-19. 

Di tengah pandemi yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, masyarakat kembali dikejutkan dengan kehadiran fenomena long Covid. 

Dijelaskan oleh dokter spesialis patologi klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, fenomena long Covid yang terjadi pada pasien terkonfirmasi positif PCR (terinfeksi Covid-19) bukanlah hal yang baru. 

"Long Covid adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19, dalam kurun waktu hampir setahun ini," ujar Irham. 

Istilah long covid lebih mengarah pada fenomena gejala-gejala yang dialami pasien pasca-terinfeksi Covid-19. 

Hal ini dikarenakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 merupakan jenis virus baru, dan hingga saat ini seluruh dunia masih melakukan penelitian mendalam tentang virus dan penyakit yang diakibatkannya. 

Apalagi, penyakit yang ditimbulkan oleh virus SARS-CoV-2 ini memang berbahaya sehingga dapat menyebabkan kematian. 

"Penelitian mengatakan bahwa penyakit yang ditimbulkan oleh Covid-19 ini bergantung seberapa berat kerusakan organ yang dialami oleh pasien," kata Irham. 

Hal tersebut nantinya akan menimbulkan potensi pasien mengalami gejala berkelanjutan dan melalui proses perbaikan organ tubuh yang memakan waktu lama. 

Istilah long Covid atau biasa juga disebut post acute Covid-19 adalah gejala-gejala Covid-19 yang masih dialami oleh seseorang saat mengalami perbaikan klinis atau setelah dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan PCR. 

Sehingga, pasien tersebut, perlu menjalani perawatan lebih lama di rumah sakit dari pasien Covid-19 lainnya, yaitu lebih kurang 3 minggu. 

Irham mengatakan, ada penelitian yang dilakukan di negara-negara Eropa menyebutkan bahwa 9 dari 10 pasien yang dirawat karena terinfeksi Covid-19 dapat mengalami fenomena long Covid ini. 

"Long Covid ini biasanya terjadi pada pasien dengan keluhan mild symptoms (gejala ringan) dan rata-rata mengalami gejala long Covid lebih dari 3 minggu, bahkan berbulan-bulan setelah gejala awal dialami oleh pasien.

" kata Irham. Lebih lanjut, dokter spesialis paru Primaya Hospital Karawang dr Nurhayati SpP menjelaskan, bagaimana pasien Covid-19 bisa dikatakan mengalami long Covid. 

Gejala Parah Menurut Nurhayati, seseorang bisa dikatakan terkena long Covid dilihat dari lamanya perawatan dan gejala-gejala yang timbul, dari ringan hingga berat. 

"Gejala Covid-19 yang muncul dapat bertahan lama, tergantung berat ringannya suatu penyakit," katanya. Semakin berat gejala Covid-19, maka akan semakin lama efek yang diderita pada pasien Covid-19. 

Gejala yang paling umum terjadi selama long Covid adalah sakit kepala, myalgia (nyeri otot), pegal-pegal, dan lain sebagainya.

sumber https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/30/190500823/fenomena-long-covid-sudah-ada-sejak-awal-pandemi-apa-itu?page=all

demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel eksplanasi  sampai jumpa di konten bara aksara  berikutnya. 

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for " contoh artikel eksplanasi"