Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

contoh artikel naratif

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh artikel naratif

contoh artikel naratif sangat menyenangkan saat sedang mencari informasi mengenai sesuatu, dan kita menemukan sebuah artikel yang informatif sekaligus naratif. 

artikel naratif adalah jenis artikel yang bertujuan memberikan informasi mengenai suatu kejadian seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa yang diceritakan. 

begitu banyak jenis artikel naratif bertebaran di berbagai media. berikut ini, beberapa contoh artikel naratif untuk kamu hay jiwa-jiwa yang resah.

untuk pembahasan lengkap mengenai cara membuat artikel yang menarik dan contohnya silahkan di baca yah sekarang kita mulai pembahasan contoh karangan narasi. biar makin jago bikin artikelnya.

contoh karangan narasi singkat.

kisah sukses jack ma pendiri alibaba

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi singkat
Jack Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. 

ma kecil, memliki ketertarikan dengan bahasa inggis, setiap  pukul lima pagi, Ma, mengayuh sepedanya, ke sekitar hotel, untuk bertemu dengan turis asing. 

karena Ma kecil ingin belajar bahasa Inggris. Ma menawarkan diri, untuk menemani turis asing, jalan-jalan mengeliligi kota dengan gratis.

Setelah lulus sekolah, Ma mencoba untuk mendaftar di beberapa universitas. Sayangnya, Ma tidak diterima saat proses ujian masuk.

nasib yang sama juga ia alami, saat mendaftarkan diri ke 30 perusahaan, jack ma, ditolak oleh 30 perusahaan tersebut. 

bahkan jackma, pernah ditolak oleh kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya JackMa yang ditolak.

Namun akhirnya JackMa mendapatkan pekerjaan, Ia diterima menjadi guru sekolah, di mana saat itu ia digaji USD 10 per bulan.

Kabar baik menghampirinya terutama pada tahun 1995 saat internet mulai dikenal.

Jack Ma punya ide revolusioner untuk mengembangkan pasar online yang kemudian terbukti menjadi yang terbesar di China bahkan di dunia.

singkat cerita, Pada bulan Oktober 1999 sampai dengan Januari 2000, Alibaba berhasil mendapatkan dua kali pendanaan dari luar negeri sebesar US$ 25 juta.

Uang hasil pendanaan ini digunakan untuk melakukan perbaikan e-commerce domestic dan membangun platform e-commerce untuk perusahaan UMKM. 

baca juga : cara menulis opini 

Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan era perdagangan terbuka oleh WTO (World Trade Organization). 

Sejak tahun 2003, Jack Ma terus mengembangkan Alibaba dengan mendirikan:

  • Taobao Marketplace
  • Alipay
  • Ali Mama
  •  Lynx

Keberhasilan Jack Ma juga tidak lepas dari tangan pendiri Yahoo bernama Jerry Yang. Menurut berita, Jerry menginvestasikan dana sebesar US$1 milliar ke Alibaba.

contoh karangan narasi tentang liburan

tanah putus pusa.

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang liburan
semester usai, menyenangkan. akhirnya, waktu yang saya tunggu-tunggu pun tiba. liburan, kata yang begitu merdu terdengar di telinga anak sekolahan seperti saya. waktunya untuk kembali ke kampung halaman di desa gemia, kecamatan patani utara. 

sebuah desa kecil yang bersahaja. udara segar, ikan yang banyak, dan senyum ramah penduduknya adalah hal yang selalu kurindukan. 

setelah sampai ke kampung, saya dan beberapa teman berinisiatif untuk pergi ke pulau liwo. sebuah pulau yang cantik, tempat biasa kami menghabiskan waktu dan kerinduan di tempat kami putus pusa. pohon kelapa yang tegak berdiri dan sedikit bergoyang tertiup angin menyambut kami. rombongan perindu. 

kami membuat tempat berteduh seadanya, kemudian, beberapa dari kami mengeluarkan perkakas untuk menangkap ikan. setelah ikan berhasil ditangkap, kami membakarnya, dengan bahan alami, yang dianugerahkan tuhan di tanah kami.

baca juga : cara menulis artikel di blog

setelah makan dan bermain-main di pulo, kami pulang. dengan riang gembira.

contoh artikel naratif Bahasa Indonesia.

perlawanan bung karno

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan naratif bahasa indonesia

jiwa Nasionalisme Soekarno mulai tumbuh saat bersekolah di Surabaya dan tinggal di rumah Tjokroaminoto. Di sini Soekarno mulai belajar mengenal konsep pemikiran. mulai dari pemikiran islam hingga pemikiran barat.

Soekarno mendirikan Algeemene Studie Club di Bandung, pada Tahun 1926.  Organisasi, yang kemudian berkembang menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI). yang diresmikan Soekarno pada 4 Juli 1927, dengan dasar paham Marhaenisme. 

PNI kemudian berkembang menjadi sebuah kekuatan politik yang berkembang pesat di jawa bahkan diluar jawa.

karena aktivitas politik Soekarno di PNI, ia ditangkap belanda pada 29 Desember 1929. bung karno kemudian dipenjarakan di Sukamiskin, Bandung. 

Ia baru dibebaskan pada 31 Desember 1931. Setelah bebas, bung karno bergabung dengan Partindo (Partai Indonesia) yang merupakan pecahan dari PNI dan memimpinnya. 

Hal ini mengakibatkan dirinya kembali ditangkap Belanda dan diasingkan ke Ende, Flores pada 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu. 

Di Bengkulu Soekarno berhasil kabur dan menuju Padang. Kemudian menyeberangi Selat Sunda dan kembali ke Jakarta pada Juli 1942. 

baca juga : cara membuat catatan kaki

Perjuangan penuh peluh dan darah Soekarno bersama tokoh-tokoh pendiri bangsa lainnya tidak sia-sia untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan. 

Bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Lalu dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945, Soekarno-Hatta dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama.

baca juga : contoh teks eksposisi beserta strukturnya

contoh teks narasi tentang alam.

say no to plastik

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh teks narasi tentang alam

banyak sekali permasalahan lingkungan yang dapat diakibatkan sampah plastik. aku ingin berbagi denganmu sobat tentang hal sederhana ini. 

kamu perlu tahu bahwa potongan sampah plastik yang bertekstur keras dapat melukai hewan-hewan kecil. sebagai makhluk hidup yang bergerak berdasarkan insting. 

hewan tak tahu dan tak bisa memilih apa yang dia makan. plastik bisa saja jadi santapannya. dan melukainya.

selain dapat melukai hewan, sampah plastik yang sulit terurai biasanya mengapung di permukaan laut. dan itu membuat mata kita sakit saat memandang ke laut. 

baca juga : contoh artikel persuasif

plastik menghalangi kejernihan dan keindahan terumbu karang. relakah kamu membiarkan keadaan seperti ini bertahan lebih lama? ayo jaga alam mulai sekarang.

Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

cara mengajar efektif selama pandemi menurut mendikbud nadiem makarim

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang pendidikan

menurut Nadiem Makariem, yang terpenting adalah jangan stres. menurut saya ini adalah masa adaptasi. penuh kekhawatiran, dan kebingungan. 

ini adalah hal yang normal. menurut mas menteri, cara terbaik untuk belajar hal baru adalah keluar dari zona nyaman. dan itu satu-satunya cara untuk memperbaiki diri. 

untuk orang tua dan pelajar yang masih terintimidasi dengan teknologi atau gaptek misalnya, tidak apa-apa itu adalah perasaan yang normal. yang terpenting setiap hari kalian mencoba untuk mempelajari metode terbaik.

belajar dapat dilakukan di mana saja. tak harus di kelas. masih banyak orang tua dan pelajar yang berpendapat bahwa pembelajaran hanya dapat berlangsung di sekolah. padahal banyak hal yang dapat dilakukan kalau seseorang mau melakukan pembelajaran secara mandiri.

belajar mandiri dari rumah bukan berarti harus belajar sendiri. kalau dalam satu kelas sudah dibagi-bagi menjadi kelompok yang lebih kecil. guru dapat memberikan proyek berdasarkan grup. 

dengan cara ini murid bisa belajar bertanggung jawab dalam grup yang lebih besar. mereka terikat satu sama lain dan ini menciptakan suatu tantangan kolaborasi. 

hal ini akan mendorong murid bekerja sama. ini akan melatih empati mereka dan kemampuan untuk saling mendorong satu sama lain. juga membentuk asas gotong royong. 

mengajar itu mudah, tapi siapa bilang harus membosankan? ini saatnya kita untuk mencoba hal baru. bagi orang tua dan guru coba untuk mendengarkan insting kita dan bukan hanya mengikuti proses seadanya. 

seperti murid, ini saatnya guru dan orang tua berinovasi.

baca juga : contoh artikel eksplanasi

Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan

Tata Ruang Ramah Lingkungan, sebagai solusi mengatasi keterbatasan lahan.

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang lingkungan

Kerusakan lingkungan di Indonesia tambah hari tambah parah.  2,8 juta hektar hutan dan lahan rusak per tahun.  menyebabkan terjadinya banjir di mana-mana saat musim hujan tiba.

Bencana banjir menimbulkan korban jiwa, kehilangan tempat tinggal, kerusakan sekolah, rumah ibadah, dan lain sebagainya. 

bahkan menyebarkan benih penyakit kemana-mana bukan hanya di kalangan masyarakat desa tapi juga masyarakat perkotaan. 

Kerusakan lingkungan ini antara lain disebabkan terjadinya alih fungsi lahan baik pada kawasan hutan, pedesaan maupun perkotaan. 

Kawasan hutan banyak ditebang, diserobot dan dirusak. keadaan ini berlangsung setiap tahun, dapat dibayangkan betapa rusaknya kondisi lingkungan. 

banyak hal yang menyebabkan semakin maraknya kerusakan dan pencemaran lingkungan. namun, yang utama, kerusakan lingkungan dipicu pembangunan yang tidak terkendali dan kurang memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan. 

Kesadaran masyarakat untuk berperan aktif menjaga dan melestarikan lingkungan tampaknya juga masih rendah, terbukti dari banyaknya masalah lingkungan yang timbul akibat ulah masyarakat, seperti pembalakan hutan, pemanfaatan kawasan lindung, dan sebagainya. 

mengingat keterbatasan sumber daya lahan, meningkatnya kebutuhan dan persaingan dalam penggunaan lahan baik untuk keperluan produksi pertanian, maupun untuk keperluan lainnya, konsep kebijakan pemanfaatan lahan yang tepat guna sangat diperlukan.

Pendekatan tata ruang merupakan salah satu perangkat pengelolaan lingkungan hidup berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya lahan. 

Penataan ruang telah mendapatkan dasar hukumnya sejak 15 tahun yang lalu dengan ditetapkannya undang-undang nomor 24 tahun 1992 yang telah diperbaharui dengan undang-undang nomor: 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (selanjutnya disebutkan UUPR).

baca juga : cara membuat pendahuluan 

Tujuan umum penataan ruang terkandung di dalam UUPR, yaitu bahwa pengelolaan sumber daya alam yang beraneka ragam di daratan, di lautan, dan di udara, perlu dilakukan secara terkoordinasi dan terpadu dengan sumber daya manusia dan sumber daya buatan dalam pola pembangunan yang berkelanjutan. 

dengan mengembangkan tata ruang dalam suatu kesatuan tata lingkungan yang dinamis serta tetap memelihara kelestarian kemampuan lingkungan hidup. 

untuk dapat menjawab tantangan lingkungan hari ini, perlu adanya upaya pemberdayaan masyarakat agar mempunyai kesadaran pada pelestarian lingkungan hidup. 

di samping informasi yang cukup tentang masalah yang dihadapi, serta keberdayaan dalam proses pengambilan keputusan demi kepentingan orang banyak.

Peran serta masyarakat yang mau peduli, dapat menjamin dinamisme dalam pengelolaan lingkungan hidup, sehingga mampu menjawab tantangan yang ada.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Bencana Alam.

Gempa, Jiwa

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh paragraf narasi tentang bencana alam

rabu 26-5-2021. pukul 20.30 tanah bergoyang. di tanahku Kabupaten karo, Sumatera Utara. kami ketakutan, khawatir akan terjadi tsunami yang akan menenggelamkan kami. syukurlah, saat ini, mitos sudah tak terlalu mampu mengganggu jiwa.

informasi yang kami peroleh dari BMKG, Gempa yang mengguncang tanah dan jiwa kami tidak berpotensi tsunami. kami dapat sedikit tenang meski sedikit was-was. 

tak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini. namun, ini menyadarkan kami. bahwa ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, adalah inti dari kehidupan.

baca juga : contoh artikel pendidikan

Contoh Karangan Narasi Tentang Kecelakaan Lalu Lintas.

buru-buru, luka

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang kecelakaan lalu lintas

pada pukul 06.15 WIT, ical, mengantarkan anaknya pergi ke sekolah menggunakan kendaraan motor. sekalian pergi ke tempat kerjanya di SMA N 4 Kota Ternate. 

pagi hari ini cuaca sedang tak bersahabat. langit menghitam, kelam. baru berjalan 3 km dari rumahnya ical berpikir mungkin akan turun hujan yang lebat. Dia buru-buru mengantarkan anaknya agar tidak telat, jarak rumah ke sekolah anaknya itu sekitar 5 km. 

ical melaju dengan kecepatan tinggi agar anaknya tidak telat dan juga tidak kehujanan. sesampainya di persimpangan lampu merah. ical melihat tidak ada kendaraan yag lewat dari arah lain.  ical memilih menerobos lampu merah tersebut. 

sial, dari arah berlawanan, sebuah truk yang juga mengemudi dengan kecepatan tinggi lepas kendali. ical dan anaknya tertabrak.

ical, anaknya, juga sopir truk mengalami luka yang cukup parah. Setelah mendapat perawatan di RS, Barulah polisi datang untuk menginterogasi Kejadian. Sang supir lalu menceritakan kejadian yang menimpa dirinya, truk nya, dan barang yang ada di truk tersebut. 

Sang sopir dikenakan biaya sebanyak Rp.40.000.000, untuk biaya RS untuk sementara ditanggung pemerintah.

besoknya, polisi datang lagi ke RS, untuk menginterogasi ical. ical pun mengaku dia terburu-buru karena dia juga akan mengadakan rapat di SMA N 4 Kota Ternate. 

Dia di SMA N 4 menjabat sebagai kepala Bidang Kesiswaan. ical juga mengaku, jarak rumah ke sekolah anaknya sangat jauh. 

ia terburu-buru karena Anaknya akan mengikuti lomba membaca pidato Mandarin hari itu, juga karena cuaca yang buruk.

baca juga : contoh artikel deskripsi

Karena dia adalah PNS dan juga selaku kesiswaan disekolahnya, ical hanya di denda sebesar Rp. 25.000.000 karena telah melanggar tata tertib lalu lintas. 

karena tidak adannya korban jiwa. ical dan sopir truk tersebut tidak masuk ke penjara.

Contoh Karangan Narasi Tentang Sekolah

senin ceria

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang sekolah

fahrul muhammad  senang menyambut pagi ini. Senin ini adalah hari pertamanya masuk sekolah. Tahun ini dia resmi 'naik level' jadi siswa sekolah dasar. fahrul nampak sangat bahagia.

mirisnya, bocah lelaki berusia 7 tahun itu tidak bisa menyapa teman-teman barunya secara langsung. pandemik COVID-19 membuat anak-anak Indonesia dan di belahan dunia lainnya harus sekolah dari rumah. 

Sekolah online. Menghadap laptop atau layar handphone. bukan wajah ibu/bapak guru. Meski begitu, ul-sapaan akrabnya- tetap tak kehilangan kebahagiaan. Begitu bangun tidur, ul langsung bertanya di mana seragamnya. 

Tadi pagi bangun jam 6, awalnya males-malesan, begitu melek langsung tanya seragam. Dari tadi malam malah, sudah tanya seragam. cerita ibunda ul, marissa rianti.

wanita yang akrab disapa anti itu menuturkan, putra sulungnya itu memang tak sabar untuk masuk sekolah. Apalagi, sudah sebulan dia libur. Sejak 15 Juni 2020.

Sehabis mandi, Ul langsung pakai seragam. Dia sempat bersepeda sejenak. Sekedar untuk menyapa teman-teman seusianya di lingkungan perumahan tempatnya tinggal yang juga merasakan hari pertama masuk sekolah.

Tahun ini Ul mendaftar di SD N 53 Kota Ternate. Pendaftaran sekolah itu juga dilakukan secara daring. Orang tua juga gak pernah ketemu sama guru. Setelah diterima, ke sekolah itu cuma ambil seragam. Dua minggu sebelum masuk.

anti  sudah terbiasa mendampingi Ul saat sekolah daring. Sejak COVID-19 mewabah dan sekolah ditutup, dia selalu memberi pengertian kepada Ul.  

gak boleh keluar rumah karena ada virus. Dia paham. guru-guru TK-nya juga sering mengirim video animasi tentang corona, itu cukup membantu saya.

Ul sudah paham kalau dirinya harus belajar di rumah. Tentu saja dia penasaran dengan teman-teman di sekolahnya yang baru. Ya, walaupun tak bertemu secara langsung, Ul jelas ingin mengenal teman-temannya. 

baru tadi pagi ini tadi ambil videonya. Dia senang lihat video teman-temannya. Tanya-tanya, ini namanya siapa, rumahnya di mana. Antusias pokoknya, aktif tanya, alhamdulillah.

Contoh Karangan Narasi Tentang Banjir.

desaku yang malang.

cara menulis artikel dan contoh artikel
contoh karangan narasi tentang banjir

Banjir, banjir! Mama, Papa ! banjir!

Banyak orang berteriak, lalu disusul suara benda-benda dipukul untuk dapat membangunkan banyak orang. 

Begitulah saat saya masih tinggal di kampung saya. Walaupun, daerah saya sebenarnya berada di dataran lebih tinggi dari daratan pesisir, tapi banjir bisa menimpa.

Penyebabnya di dekat rumah ada sungai. Sungainya masih alami yang tidak dibangun seperti bendungan, ada temboknya. 

Itu yang membuat volume airnya mudah naik dan menghukum kami karena tidak ada penghalangnya.

Kalau curah hujan tinggi sudah pasti banjir akan terjadi. Entah, hanya setumit kaki orang dewasa atau bisa selutut. Jika memang sampai selutut, rumah pun bisa tergenang.

lantas, bagaimana cara mencegah lingkungan supaya tidak banjir?

Rumah saya akhirnya terdapat tambahan 'tembok' di pintu belakang. Kebetulan rumah saya bentuknya L terbalik. Bagian ujung bawah adalah teras rumah.

baca juga : contoh karangan argumentasi 

Sedangkan, bagian kepala adalah rumah belakang yang berisi dapur memasak dan kamar mandi.

Satu hal menarik lainnya, bagian belakang rumah saya justru berada di tengah perkampungan. 

Maka, tidak heran jika saya lebih sering berjumpa dengan mama-mama dari pintu rumah belakang yang dibangun 'tembok' tadi.

Berhubung saya waktu itu masih kecil, jelas saya tidak bisa leluasa melangkah melewati tembok itu.

Tetapi, menurut saya cara itu cukup ampuh untuk menangkal banjir, walau sebenarnya air sungai juga bisa masuk lewat saluran pembuangan limbah dapur.

sekian pembahasan mengenai contoh artikel naratif sampai jumpa di artikel bara aksara  lainnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "contoh artikel naratif"