Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

contoh artikel persuasi

contoh artikel,cara menulis artikel ilmiah,cara membuat artikel untuk tugas kuliah,cara membuat artikel di blog,cara menulis artikel penelitian,cara menulis artikel sejarah,contoh artikel ilmiah,contoh artikel opini,contoh artikel jurnal,contoh artikel populer,contoh artikel ilmiah pdf,contoh artikel ilmiah populer,contoh artikel kesehatan,contoh artikel penelitian,contoh artikel tentang covid 19,penulisan contoh artikel,contoh ulasan artikel,contoh review artikel,contoh penulisan artikel,contoh teks artikel,contoh analisis artikel,contoh judul artikel,online colleges,online degree,online university,online schools,online courses,college online,online school,online education,online classes,education online,distance learning,online universities,online degrees,online college degree,online college classes,college degree online,college degrees online,online college degrees,online bachelor degree,online college courses
contoh artikel persuasi

contoh artikel persuasi 
- teks persuasi termasuk salah satu jenis teks yang banyak digunakan untuk keperluan banyak hal. mulai dari mengubah pemikiran orang terhadap suatu persoalan, membujuk untuk melakukan tindakan tertentu. 

atau mempromosikan suatu produk, layanan, jasa, dan suatu anjuran kepada masyarakat. simak pembahasan mengenai teks persuasif ini agar sobat dapat mengkreasikan sebuah karangan yang aduhai.

contoh teks persuasi singkat

contoh teks persuasi singkat

Cara Mengatakan Tidak Pada Narkoba

bnn_cegah narkoba – Sobat Cegah, pernah ga sih kalian ditawari narkoba oleh orang tidak dikenal atau bahkan teman kalian sendiri? Tidak perlu takut untuk menolak tawaran tersebut. 

Yuk simak beberapa tips berikut untuk menolak penyalahgunaan narkoba:

  1. Sadarilah bahwa obat-obatan terlarang dapat membawa kamu ke dalam masalah seperti terjerat kasus hukum, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah medis, dan bahkan yang paling parah: kematian!
  2. Gali potensi diri kamu. Menyibukkan diri dengan hobi atau komunitas dgn kegiatan positif jauh lebih bermanfaat bagi diri kamu dibanding menyalahgunakan narkoba loh
  3. Cobalah untuk menghindari situasi yang mungkin membuat kamu ditawari obat-obatan terlarang dan alkohol. Dan tolak dgn tegas ajakan untuk mengkonsumsi narkoba! Jika kamu menolak dgn tegas, mereka tidak akan memaksa kamu untuk mengkonsumsi narkoba atau alkohol.

Tetap teguh. Jika mereka mendesak atau bertanya mengapa, kamu harus tegas memberi tahu mereka alasanmu. Tinggalkan orang-orang yang mengajak kamu utk melakukan hal – hal buruk.

Berani bilang “Tidak!” adalah keputusan yang paling tepat untuk menghindar dari jerat narkoba. Stay away from drugs ya, Sobat Cegah!

baca juga : cara menulis artikel

sumber : https://bnn.go.id/cara-mengatakan-tidak-pada-narkoba/

contoh artikel persuasi panjang

contoh artikel persuasi panjang

Biden Tawarkan Proyek Lawan Program OBOR China di Forum G7

Jakarta, CNN Indonesia- Kelompok negara maju G7 tengah menjajaki program kerja sama global baru yang akan menandingi Proyek Jalur Sutra Modern China atau Belt and Road Initiative (OBOR).

Megaproyek itu ditawarkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan tinggi G7 di Cornwall, Inggris, 11-13 Juni. 

Dalam pertemuan itu, para pemimpin G7 berupaya mencari cara untuk menghadapi kebangkitan ekonomi dan militer China yang terjadi dalam 40 tahun terakhir.

Gedung Putih mengatakan salah satu proyek yang dirancang untuk menandingi China adalah yang berlandaskan teknologi hijau. 

Proyek itu akan terfokus pada kerja sama pembangunan untuk membantu kebutuhan infrastruktur negara berkembang dan berpenghasilan rendah yang memburuk akibat pandemi virus corona.

Kelompok negara maju G7 tengah menjajaki program kerja sama global baru yang akan menandingi Proyek Jalur Sutra Modern China atau Belt and Road Initiative (OBOR).

Megaproyek itu ditawarkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan tinggi G7 di Cornwall, Inggris, 11-13 Juni. 

Dalam pertemuan itu, para pemimpin G7 berupaya mencari cara untuk menghadapi kebangkitan ekonomi dan militer China yang terjadi dalam 40 tahun terakhir.

Gedung Putih mengatakan salah satu proyek yang dirancang untuk menandingi China adalah yang berlandaskan teknologi hijau. 

Proyek itu akan terfokus pada kerja sama pembangunan untuk membantu kebutuhan infrastruktur negara berkembang dan berpenghasilan rendah yang memburuk akibat pandemi virus corona.

"Ini bukan tentang membuat negara memilih antara kami dan China. Ini tentang menawarkan visi dan pendekatan alternatif yang afirmatif yang ingin mereka pilih," ucap pejabat Gedung Putih tersebut.

China selama beberapa tahun belakangan ini memang memiliki ambisi besar untuk membuat Jalur Sutra Modern. Skema OBOR sendiri diluncurkan Presiden China Xi Jinping pada 2013 lalu.

Proyek ini dirancang untuk menghubungkan jalur perdagangan di lebih dari 70 negara di Asia, Eropa dan Afrika melalui sejumlah proyek infrastruktur meliputi pembangunan rel kereta api, jalan raya, dan proyek infrastruktur laut.

baca juga : cara membuat pendahuluan

Tujuan China adalah meningkatkan koneksi regional dan integrasi ekonomi, sehingga memperluas pengaruh ekonomi dan politik China.

Sementara itu, selama rangkaian pertemuan G7, Biden berusaha datang dengan berbagai inisiatif kerja sama baru guna menegaskan kembali kepemimpinan dan dominasi AS di panggung dunia di tengah pengaruh China yang semakin nyata.

Pemerintahan Biden bahkan menganjurkan agar China secara khusus disebutkan dalam komunike akhir G7, meski belum jelas apakah pada akhirnya nama Negeri Tirai Bambu akan disebut dalam dokumen bersama itu.

Sejauh ini pemimpin negara G7 mendukung inisiatif baru tersebut. Dikutip The Guardian, G7 akan menyediakan kerangka kerja proyek tersebut.

Meski begitu, Jerman masih ragu tentang proposal itu dengan alasan sudah banyak bentuk kerja sama dan aksi lainnya yang dilakukan negara Barat untuk membatasi pengaruh China.

baca juga : cara menulis opini

sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210613200232-92-653827/biden-tawarkan-proyek-lawan-program-obor-china-di-forum-g7

contoh artikel persuasif tentang kesehatan

contoh artikel persuasif tentang kesehatan

7 makanan kekinian yang ternyata bikin perut buncit

Jakarta, CNN Indonesia -- Punya tubuh langsing dan perut rata jadi keinginan banyak orang. Banyak cara diet yang dilakukan untuk menjaga perut agar tidak buncit.

Bukan sekadar untuk penampilan, tapi punya perut buncit juga menjadi pintu dari berbagai macam masalah kesehatan.

Melansir MayoClinic, lemak yang ada di perut adalah lemak yang paling berbahaya. Lemak ini berada pada lapisan dalam perut yang mengelilingi organ dalam. 

Akibatnya bisa berdampak pada gangguan kardiovaskular, resistensi insulin dan diabetes, tekanan darah tinggi, hingga risiko kematian dini.

Namun di masa kini, tantangan untuk membasmi perut buncit makin berat. Munculnya banyak makanan hits saat ini bisa membuat upaya mendapat perut datar Anda kandas.

Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya hindari beberapa makanan hits yang tinggi gula. Berikut beberapa di antaranya dilansir Eat This, Not That!

baca juga : cara menulis artikel di blog

Es kopi susu

Kedai es kopi sangat mudah ditemukan di mana pun Anda berada.Bahkan tinggal klik di ponsel, segelas es kopi susu langsung meluncur ke rumah Anda.

Minum kopi sebenarnya tidak buruk bagi kesehatan. Tapi berbeda jika Anda minum es kopi susu.

Kebanyakan es kopi susu dikemas dengan gula tambahan, susu, plus krimer menjadikannya minuman berkalori tinggi.

Jika Anda berniat diet dan terhindar dari perut buncit, kurangi konsumsi es kopi susu favorit. Anda bisa menggantinya dengan espresso tanpa tambahan susu dan gula di pagi hari.

Pizza

Sulit menolak kehadiran pizza yang tersedia di meja makan. Pinggiran mozarella yang meleleh dengan smoked beef rasanya sangat menggoda.

Tapi pizza memiliki lemak jenuh yang tinggi, meski Anda menambahkan sayuran sebagai topping.Tapi coba tengok lagi berapa proporsi sayuran dibandingkan dengan roti dan keju yang meleleh itu.

Kue rendah lemak

Banyak produsen makanan melabeli produknya dengan 'rendah lemak' karena dianggap lebih sehat.

Beberapa sajian pastry rendah lemak tetap dibuat dengan tepung olahan yang tinggi gula dan bisa jadi tinggi natrium.

Komponen tersebut tetap berkontribusi membuat perut Anda buncit.

baca juga : cara membuat pendahuluan

Pretzel

Bagi sebagian orang, pretzel jadi alternatif camilan menggantikan keripik kentang.

Tapi pretzel sama buruknya dengan keripik kentang. Pretzel dibuat dengan menggunakan banyak garam. 

Menurut jurnal yang diterbitkan The Journal of Nutrition pada 2016, garam bisa mengacaukan proses biologis tubuh. 

Garam meningkatkan konsumsi makanan yang berlebihan karena menimbulkan rasa lapar lebih cepat. Anda akan makan lebih banyak.

Sereal

Tidak semua sereal berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi sereal manis aneka warna yang ada di rak dapur Anda sepertinya bukan termasuk yang sehat.

Banyak sereal lebih tinggi kadar gula daripada serat dan protein. Belum lagi ditambah pewarna makanan yang digunakan dalam sereal tersebut.

Es krim

Mengonsumsi es krim setiap malam tidak akan membantu menurunkan berat badan. Meski Anda pilih es krim dengan potongan buah segar sebagai topping.

Es krim adalah makanan dengan karbohidrat tinggi yang membuat lebih banyak timbunan lemak di perut.

Makanan kaleng dan kemasan

Kesibukan sehari-hari membuat Anda memilih makanan kaleng untuk menu makan. Meski Anda pilih sup sekali pun, jika dikemas dalam kaleng, ia tidak akan lebih sehat dari sup yang Anda buat sendiri.

Makanan kalengan cenderung mengandung lebih banyak garam yang membuat Anda lebih lapar. Anda hanya akan makan lebih banyak makanan dan tertimbun di perut.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210611135711-262-653167/7-makanan-kekinian-yang-ternyata-bikin-perut-buncit/2

baca juga : cara membuat catatan kaki 

contoh karangan persuasi tentang lingkungan

contoh karangan persuasi tentang lingkungan

Garnier Green Beauty, Wujudkan Industri Kecantikan Berkelanjutan

Masyarakat Indonesia kini mulai sadar untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Laporan dari Kantar bertajuk “Who Care, Who Does” pada 2020 lalu menyebutkan. 

sebesar 67 persen konsumen membeli barang produk eco-friendly dan konsumen yang memilih untuk membeli barang dengan kemasan eco-friendly mencapai 66 persen.

Sementara sebesar 60 persen responden membeli barang dari perusahaan eco-friendly. Untuk mendukung gaya hidup hijau. 

produsen perlu didukung untuk membangun budaya perusahaan yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kemasan plastik.

Dengan adanya pengurangan sampah plastik maka dapat menyelamatkan ekosistem laut dari ancaman limbah plastik pada 2030 mendatang.

Terlebih dalam data American Association for The Advancement of Science (AAAS) tahun 2015 lalu menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara pembuang plastik ke laut terbesar ke dua di dunia setelah Tiongkok. 

Dalam setahun, sampah plastik yang dibuang ke laut Indonesia mencapai 1,2 juta ton.

baca juga : contoh teks eksposisi beserta strukturnya

Melihat fenomena tersebut, Garnier berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk dengan kemasan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang kembali.

Brand General Manager Garnier Indonesia, Pandu Brodjonegoro mengatakan Garnier meginsiasi kemasan ramah lingkungan dengan menggunakan plastik transparan dan dapat mengurangi penggunaan plastik hingga 36 ton pada 2021.

“Plastik yang kami gunakan pilih-pilih supaya bisa dipastikan bahwa plastik yang kami produksi tidak menggunakan plastik baru dan bisa didaur ulang,” kata Pandu dalam webinar Garnier Green Beauty, Kamis (8/4/2021).

Ia juga menjelaskan kemasan produk Garnier seperti Micellar Water dan Sakura Glow Water Glow Essence kini telah menggunakan plastik daur ulang.

“Garnier mengupayakan kemasan ramah lingkungan yaitu Sakura White yang 100 persennya sudah recycle plastic, dan kedua, yaitu Micellar Water, yang 25 persen menggunakan plastik daur ulang.

” Kedepannya Garnier berkomitmen menghemat 402 ton plastik baru pada 2022 dan tidak lagi menggunakan plastik baru pada tahun 2025 mendatang.

Tak hanya berfokus pada kemasan ramah lingkungan, Garnier juga mempraktikkan kegiatan produksi berkelanjutan. 

Garrnier menggunakan formula yang bisa terurai dan melindungi keanekaragaman hayati dan menggunakan lebih banyak sumber energi terbarukan dalam proses produksinya.

Adapun Garnier mengklaim bahwa seluruh produksinya mengupayakan penurunan emisi karbon dan penggunaan air dengan cara meningkatkan efisiensi energi dengan teknologi hemat energi dalam proses produksi. 

sumber : https://katadata.co.id/ariemega/berita/60b4ca2bb4253/garnier-green-beauty-wujudkan-industri-kecantikan-berkelanjutan

baca juga : contoh argumentasi

contoh teks persuasif covid 19

contoh teks persuasif covid 19

Cegah Penularan Covid-19 pada Balita

Data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyebutkan terdapat 229.079 kasus terinfeksi virus corona pada anak di Indonesia per 8 Juni 2021. 

Dari keseluruhan kasus, terdapat 52.482 kasus positif terjadi pada anak usia nol hingga lima tahun.

Sedangkan terdapat 176.597 kasus di rentang usia enam hingga 18 tahun. Angka kematian anak akibat Covid-19 mencapai 620 jiwa dengan korban berusia 0 hingga 5 tahun sebanyak 292 jiwa.

Sedangkan pada rentang usia 6 hingga 18 tahun, angka kematiannya mencapai 328 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa penularan virus corona pada anak-anak cukup mengkhawatirkan.

Terlebih, setelah hadirnya varian baru virus corona dari India, Inggris, dan Afrika Selatan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), agensi kesehatan publik nasional Amerika Serikat, bayi pada rentang usia di bawah dua tahun merupakan kelompok usia paling rentan terhadap Covid-19.

Sebab, mereka tidak dianjurkan untuk mengenakan masker maupun face shield untuk mencegah penularan virus melalui droplets. Di sisi lain, vaksinasi belum dianjurkan untuk kelompok usia tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan Covid-19 pada anak, para orang tua perlu melakukan langkah pencegahan ekstra.

baca juga : contoh artikel narasi

sumber : https://katadata.co.id/anshar/infografik/60c32b6b38d30/cegah-penularan-covid-19-pada-balita

contoh teks persuasi pendidikan

contoh teks persuasi pendidikan

Kasus Rektor USU Muryanto Amin: apa itu self-plagiarism dan bagaimana seharusnya aturannya?

Pada bulan Desember 2020, rektor terpilih Universitas Sumatra Utara (USU), Muryanto Amin diduga melakukan self-plagiarism (penjiplakan karya sendiri) untuk mendapatkan gelar Guru Besar.

Tuduhan itu dilayangkan kepada Muryanto karena dirinya diduga mengirim hasil disertasi S3 miliknya ke empat jurnal berbeda dengan tingkat kemiripan 72-91%.

Meski pada akhirnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan Muryanto tidak melakukan plagiarisme. 

karena dianggap hanya menerbitkan ulang karya miliknya, namun kasus ini menjadi perdebatan di masyarakat.

Salah satu penyebabnya adalah ketidakjelasan aturan self-plagiarism di Indonesia.

Dalam tulisan ini, saya sebagai seorang akademisi yang juga menjabat sebagai editor di beberapa jurnal ilmiah ingin menjelaskan apa sebenarnya self-plagiarism. 

serta apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam reproduksi ulang suatu karya ilmiah pribadi.

Definisi dari self-plagiarism

Self-plagiarism adalah reproduksi ide, data, atau hasil penemuan lainnya dalam karya ilmiah pribadi yang telah diterbtitkan tanpa memberi pengakuan pada publikasi sebelumnya. 

Tindakan ini banyak dilakukan di berbagai negara untuk meningkatkan angka publikasi, sitasi, hingga memudahkan kenaikan jabatan akademis.

Menurut Ben Martin, peneliti kebijakan sains di University of Sussex, Inggris, praktik self-plagiarism dalam publikasi riset biasanya bisa berbentuk dua jenis pelanggaran yang saling terkait, yakni apa yang disebut dengan salami publishing dan redundant publication.

Salami publishing adalah upaya dari seorang penulis untuk secara sengaja membagi karya ilmiahnya ke dalam beberapa karya terpisah supaya menghasilkan jumlah publikasi yang lebih banyak. 

Istilah ini merujuk pada salami, sejenis sosis yang harus dipotong untuk penyajiannya sehingga menjadi lembar yang lebih tipis.

Dalam banyak kejadian, karya-karya hasil praktik di atas bahkan sekadar merupakan jiplakan (‘copy paste’) konten ilmiah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lain, sehingga menjadi terpisah-pisah namun tanpa banyak perbedaan. 

baca juga : contoh artikel eksplanasi

Ini mungkin yang terjadi pada kasus Muryanto Amin.

Hasil karya yang dibagi-bagi akibat salami publishing akhirnya menghasilkan potongan karya yang tidak memberikan kontribusi bermanfaat - yang disebut Martin sebagai redundant publication (publikasi yang mubazir).

Anggota DPR memeriksa indikasi plagiarisme pada makalah seorang Calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) dalam uji kelayakan di kompleks Parlemen, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Beberapa akademisi seperti Serge Horbach dan Willem Halffman, peneliti studi sains dan teknologi di Radboud University, Belanda berpendapat ada beberapa penyebab munculnya praktik ini. Di antaranya:

  1. adanya tekanan budaya akademik untuk gencar mempublikasikan karya ilmiah.
  2. kemudahan mengakses sumber informasi dari internet.
  3. tidak adanya aturan yang jelas dari institusi maupun perundang-undangan formal terkait plagiarisme.
  4. hingga kurangnya pengawasan dari penilaian rekan sejawat dan evaluasi tim editor jurnal.

Namun, secara global, hingga saat ini praktik self-plagiarism sebenarnya masih banyak memancing perdebatan mengenai sejauh apa sebuah kutipan bisa dinyatakan sebagai tindakan penjiplakan.

Misalnya, beberapa akademisi beranggapan susah menuduh seseorang melakukan pencurian dari sesuatu yang sejak awal menjadi miliknya. 

Beberapa lainnya menyatakan praktik ini merupakan hal yang sulit dihindari di dunia penelitian.

Jadi, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?

Selain masih adanya perdebatan, di Indonesia sendiri batasan daur ulang tulisan belum diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. 

yang selama ini dijadikan acuan etika dalam menghasilkan karya ilmiah.

baca juga : contoh artikel pendidikan

Refleksi bagi akademisi

Menindaklanjuti kasus Muryanto, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini berencana memperbarui peraturan yang berlaku agar dapat mencakup isu self-plagiarism.

Hal tersebut adalah langkah awal yang baik untuk memperjelas batasan self-plagiarism, namun ada beberapa hal lain yang bisa menjadi catatan perbaikan.

Pemerintah harus melakukan perubahan budaya akademik sehingga lebih berorientasi pada kualitas.

Beberapa akademisi, misalnya, sudah banyak membahas bagaimana pendidikan tinggi di Indonesia terlalu fokus pada banyak-banyakan publikasi dan sitasi jurnal terindeks Scopus. 

ketimbang memastikan kualitas atau manfaatnya.

Ini mendorong akademisi untuk mencari “jalan pintas” dengan meningkatkan jumlah publikasi maupun sitasi dengan cara apapun- salah satunya dengan praktik self-plagiarism.

Kampus dan institusi akademik harus meningkatkan proses pengawasan seperti memperbaiki sistem penilaian rekan sejawat dan pengawasan dan evaluasi hasil penelitian.

Penting bagi pemerintah, institusi pendidikan, akademisi, maupun mahasiswa untuk selalu mengingat bahwa esensi sebuah karya ilmiah adalah untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Hanya memandang karya penelitian tidak lebih dari sekadar angka kredit atau alat pembangun reputasi, pada hakikatnya mengecilkan peranan dan dampak perubahan yang ingin dicapai oleh sebuah karya ilmiah.

baca juga : contoh artikel deskripsi

https://theconversation.com/kasus-rektor-usu-muryanto-amin-apa-itu-self-plagiarism-dan-bagaimana-seharusnya-aturannya-154957

contoh karangan persuasi tentang sampah

contoh karangan persuasi tentang sampah

Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Pengertian Sampah

Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yang dimaksud sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. 

Sampah ini dihasilkan manusia setiap melakukan aktivitas sehari-hari. Pengelolaan sampah menerapkan paradigma baru yaitu pengelolaan sampah secara holistik dari hulu sampai hilir.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

Sampah Padat

Sampah pada merupakan material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). 

Jenis sampah ini diantaranya: 

  • plastik bekas.
  • pecahan gelas.
  • kaleng bekas.
  • sampah dapur.

Sampah Cair

Sampah cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang ke tempah sampah. Misalnya, sampah cair dari toilet, sampai cair dari dapur dan tempat cucian.

Beberapa cara mengurangi sampah plastik:

  1. Membawa tas belanja sendiri
  2. Membawa kotak makan sendiri
  3. Mengurangi penggunaan tisu basah
  4. Menggunakan produk yang dikemas dengan beling kaca atau karton
  5. Membawa botol minum sendiri
  6. Tidak lagi menggunakan sedotan plastik untuk minuman
  7. Melakukan daur ulang sampah plastik

Dampak Sampah Pada Masyarakat

Pada umumnya sampah memberikan dampak buruk bagi masyarakat, ada tiga dampak sampah terhadap manusia dan lingkungannya:

Dampak Sampah Terhadap Kesehatan

Penanganan sampah yang tidak baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah tersebut akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti:

  • Penyakit diare, tifus, kolera
  • Penyakit jamur
  • Penyakit cacingan

Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, penanganan sampah yang tidak baik juga mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan. 

Seringkali sampah yang menumpuk di saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar dan berpotensi mengakibatkan banjir. 

Selain itu, sampah cair yang berada di sekitar saluran air akan menimbulkan bau tak sedap.

sumber : https://dlhk.jogjaprov.go.id/pengelolaan-sampah-rumah-tangga

demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel persuasif sampai jumpa di konten bara aksara lainnya. 

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "contoh artikel persuasi"