Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

contoh artikel teks eksposisi

contoh teks eksposisi singkat
contoh teks eksposisi singkat

contoh artikel eksposisi - sebagai pembelajar mampu memahami dan menganalisa berbagai jenis teks merupakan suatu keunggulan tersendiri. 

dengan mampu mengenali berbagai jenis teks, tentu kita akan lebih mudah menyerap informasi dan inti gagasan dari setiap teks yang mungkin kita temui.

tak terkecuali teks eksposisi. apalagi teks eksposisi ini banyak sekali dijumpai dan beredar di media.

teks eksposisi umum dijumpai karena tujuan dari teks eksposisi sendiri ialah untuk mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi sebuah persoalan. 

karena itu, kali ini kita akan membahas contoh artikel teks eksposisi beserta strukturnya. agar dapat mempermudah sobat aksara mengenali teks eksposisi.

teks eksposisi seperti juga teks pada umumnya mempunyai struktur. struktur teks eksposisi terdiri atas tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. 

sebelum kita membahas mengenai contoh artikel teks eksposisi beserta strukturnya. simak dulu pembahasan singkat mengenai struktur teks eksposisi berikut ini.

penjelasan lengkap mengenai pengertian teks eksposisi ada di sana. silahkan dibaca

struktur teks artikel eksposisi

tesis

berisi pendapat atau opini yang menjadi pokok pembicaraan dalam teks eksposisi.

argumentasi.

argumentasi merupakan isi dari teks eksposisi. argumentasi bertujuan menjelaskan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu teks eksposisi.

penegasan ulang.

penegasan ulang berisi penegasan kembali dari paragraf sebelumnya yang merupakan bagian dari penutup. berikut ini contoh teks eksposisi beserta strukturnya.

baca juga : cara menulis artikel

contoh teks eksposisi beserta strukturnya.

contoh  teks eksposisi beserta strukturnya
contoh teks eksposisi beserta strukturnya

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

contoh teks eksposisi tentang pendidikan
teks eksposisi tema pendidikan

contoh teks eksposisi tentang pendidikan 

Orang dewasa penyebab indeks “kesopanan” digital Indonesia buruk: pentingnya literasi digital

Bulan lalu, survei Microsoft Digital Civility Index 2021 mengatakan bahwa warganet Indonesia “tidak sopan”. 

Dalam laporan tersebut, terdapat fakta yang belum banyak dibahas, yaitu bahwa penyebab utamanya adalah tingkah laku berinternet dari orang dewasa (usia 18-74).

Survei yang mengulas perilaku 58.000 warganet di 32 negara menempatkan Indonesia sendiri menempati peringkat ke-29, terparah di wilayah Asia Tenggara.

Salah satu temuan penting dalam laporan tersebut adalah ternyata orang dewasa (usia 18-74) yang mendominasi tindakan yang tidak sopan di ranah digital.

Skor ketidaksopanan orang dewasa di Indonesia sebesar 83 (naik 16 poin dari tahun lalu).

Sementara perilaku remaja (usia 13-17) bertahan di angka 68 tanpa ada perubahan. 

Tren global memang menunjukkan bahwa remaja (usia 13-17) adalah kelompok yang justru memimpin pulihnya kesopanan digital sepanjang tahun 2020.

Meningkatnya skor pada orang dewasa di Indonesia utamanya dipicu oleh peningkatan hoaks dan penipuan.

tesis

Orang dewasa sumber utama “ketidaksopanan”, menyebar hoaks dan misinformasi

Kecenderungan orang dewasa berperilaku buruk di internet berkaitan dengan tingkat literasi mereka yang rendah.

Data tahun 2018 dari lembaga pendidikan dan kebudayaan UNESCO, menunjukkan tingkat literasi yang tertinggi di Indonesia terdapat pada kelompok 15-24 tahun.

Laporan tahun 2020 dari lembaga analisis Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

juga mengatakan bahwa Gen X (usia 40-55) secara umum memiliki literasi digital yang lebih buruk dari kelompok remaja dan milenial muda.

Hal tersebut kemudian diperparah ketika mereka menggunakan media sosial percakapan – terutama Whatsapp – untuk menyebarkan berita dan informasi.

Di Indonesia, kombinasi dari penetrasi internet yang tidak merata ditambah dengan kebiasaan bergosip mendorong tingginya penggunaan Whatsapp (98,9%), terutama di kalangan orang dewasa.

Beberapa akademisi mengatakan bahwa Whatsapp adalah sumber terbesar merebaknya misinformasi. Hal ini juga sangat terasa selama pandemi COVID-19.

argumentasi

Yang jelas, penindakan hoaks secara paksa – seperti melalui polisi siber – bukanlah solusi tepat, terutama mengingat berbagai pasal karet dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) versi sekarang masih sangat rawan untuk disalahgunakan.

baca juga : cara menulis opini

Indonesia membutuhkan pendidikan literasi digital sebagai pengguna internet, sehingga layaknya perusahaan media sosial saat ini, warganet Indonesia akan memiliki “swa-aturan” sendiri untuk menyaring kredibilitas konten yang akan dibagikan.

penegasan ulang.

sumber : https://theconversation.com/orang-dewasa-penyebab-indeks-kesopanan-digital-indonesia-buruk-pentingnya-literasi-digital-156644

contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan

contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan
contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan beserta strukturnya

Hari Kelautan Sedunia : Kita tidak akan bisa mencapai pembangunan berkelanjutan dengan laut yang tidak sehat

PBB telah mendeklarasikan “Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan”, pada awal tahun ini.

Tujuannya adalah mempromosikan pengelolaan laut dan pesisir berbasis sains, menjadikan kelautan yang sehat sebagai salah satu pilar kemajuan bagi seluruh umat manusia.

Melalui slogan “Ilmu yang kita butuhkan untuk laut yang kita inginkan”, Dekade Ilmu Kelautan mendasarkan kepada premis bahwa ilmu ini harus mendorong Agenda PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Namun, ini hanya akan mungkin terjadi melalui proses reflektif, inklusif dan transformasional (perubahan secara drastis).

Proses ini harus muncul dari pengetahuan ilmiah, partisipasi pemerintah dan organisasi sipil, dan membawa perubahan yang menjangkau seluruh komunitas internasional dan planet itu sendiri.

Lautan merupakan arsitek kehidupan planet dan memiliki banyak potensi sumber daya yang berkelanjutan.

Tetapi, kita juga harus melihat posisi manusia di alam dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan sosial, termasuk bagaimana kita “menggunakan” laut, yang merupakan dasar konsep pembangunan berkelanjutan.

baca juga : contoh artikel

tesis

Lautan: Sumber daya terbesar kita bersama

Lautan mengatur semua kehidupan di planet Bumi: 97% air di permukaan planet ini ini, sebagai seba dasar kehidupan, berada di lautan.

Penguapan laut menyediakan 34% air yang jatuh di atas daratan, mempertahankan kehidupan di ekosistem darat.

Selain itu, lautan juga bertanggung jawab atas kompleksitas dan ketahanan planet kita.

Ekonomi biru menggambarkan, baik penggunaan sumber daya alam dan kegiatan, yang menggunakan laut untuk transportasi dan komersial. Tetapi, yang terpenting adalah ini cara berpikir dan berinteraksi dengan alam yang baru.

Kegiatan-kegiatan ini meliputi penangkapan ikan yang berkelanjutan dan budidaya yang bertanggung jawab, sumber energi terbarukan, air bersih, sumber daya tumbuhan dan hewan laut, serta bioteknologi kelautan dan sumber daya genetik lainnya.

Selain itu, kegiatan-kegiatan di lingkungan pesisir dan laut, mulai dari ekowisata hingga perdagangan lokal.

argumentasi

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tidak boleh didasarkan pada “menggunakan” alam, bahkan jika itu berkelanjutan. Sebaliknya, fokusnya harus “menjadi bagian dari alam”, bukan memiliki.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah kesempatan bagi seluruh umat manusia, tanpa kecuali, untuk mendapatkan hak-hak atas standar hidup yang layak, yang tetap dimungkinkan dengan sumber daya planet kita.

Tetapi, di atas semua itu, tujuan-tujuan tersebut harus mendorong kita menuju fase baru dalam evolusi kita sebagai spesies, menuju pertumbuhan internal, baik individu dan kolektif, yang selaras dengan alam.

baca juga : artikel pendidikan

penegasan ulang

sumber : https://theconversation.com/hari-kelautan-sedunia-kita-tidak-akan-bisa-mencapai-pembangunan-berkelanjutan-dengan-laut-yang-tidak-sehat-162344

contoh teks eksposisi singkat

contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya
contoh teks eksposisi singkat

Contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya

Jumlah Sampah Jakarta ke TPST Bantargebang Naik Terus Tiap Tahun, Ini Detailnya

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, menjelaskan, sampah di Ibu Kota didominasi sisa makanan (53 persen), kemudian plastik (sembilan persen), residu (delapan persen), kertas (tujuh persen) dan lain-lainnya.

tesis

"Menuntaskan permasalahan sampah ini tidak dapat dilakukan hanya dari unsur pemerintah saja. Tentu, dibutuhkan upaya bersama masyarakat, dimulai dari pemilahan dan pengurangan sampah rumah tangga.

karena sejatinya sampah rumah tangga juga bisa didaur ulang, seperti menjadi kompos, untuk nantinya mampu mengurangi volume sampah yang dihasilkan secara keseluruhan di Jakarta," kata Syaripudin, Sabtu 20 Maret 2021.

argumentasi

Syaripudin memaparkan, ITF Wilayah Layanan Barat direncanakan akan mengolah sampah sebesar 2.000 ton per hari dengan efisiensi 80 persen.

Untuk pembangunan ITF Wilayah Layanan Barat, PT Jakpro bekerja sama dengan konsorsium PT Wijaya Karya (WIKA)-PT Indoplas Karya Energi (Indoplas).

Selain itu dapat menghasilkan energi terbarukan dengan memiliki kemanfaatan umum atau nilai tambah lebih dari seperti di Bantargebang.

penegasan ulang

baca juga : cara membuat catan kaki. 

sumber : https://metro.tempo.co/read/1444266/jumlah-sampah-jakarta-ke-tpst-bantargebang-naik-terus-tiap-tahun-ini-detailnya/full&view=ok

contoh teks eksposisi tentang ekonomi

contoh teks eksposisi tentang ekonomi beserta strukturnya
contoh teks eksposisi ekonomi beserta strukturnya

Contoh teks eksposisi tentang ekonomi beserta strukturnya

Di balik merger Gojek dan Tokopedia: apa untung ruginya buat konsumen?

Gojek dan Tokopedia telah bermerger menjadi GoTo Group. Perusahaan tersebut kini memiliki valuasi sekitar Rp 572 triliun dan pengguna serta mitra yang berjumlah jutaan orang.

Pengguna aktif kedua aplikasi ini berjumlah lebih dari 100 juta pengguna, sehingga penting untuk melihat dampak baik dan buruk segala tindak tanduk GoTo ke depan bagi penggunanya.

tesis

Dampak baik bagi para pengguna, misalnya, berbagai perusahaan dan layanan di bawah GoTo Group semakin kuat secara finansial dan sumber daya. sehingga akan mampu mengembangkan layanan yang lebih baik bagi para pengguna.

Namun, yang harus kita pelajari adalah dampak buruk yang berpotensi terjadi kepada pada konsumen.

Salah satunya, merger ini dapat menciptakan persaingan usaha yang tidak sehat karena menguasai berbagai layanan sekaligus. 

argumentasi

Pada akhirnya, GoTo bisa saja menjebak konsumen pada layanan keuangan mereka dan menaikkan harga secara sepihak – di tengah literasi atau pengetahuan finansial yang juga masih rendah.

penegasan ulang

baca juga : contoh pendahuluan. 

sumber : https://theconversation.com/di-balik-merger-gojek-dan-tokopedia-apa-untung-ruginya-buat-konsumen-162509

contoh teks eksposisi artikel ilmiah populer

teks eksposisi contoh
teks eskposisi contoh

Teks eksposisi contoh

Riset: remaja yang sekolahnya dikepung iklan rokok cenderung lebih tinggi merokok

Industri rokok menargetkan anak-anak dan remaja sebagai pasar potensial yang akan menjadi pelanggan candu nikotin jangka panjang. 

Ini strategi industri rokok untuk terus berkembang dengan cara mengganti pelanggan tua yang telah meninggal lebih cepat karena penyakit terkait rokok.

Karena itu, di Indonesia, di mana industri rokok leluasa menjual dan mempromosikan rokok akibat pengendalian tembakau yang lemah, iklan tembakau (rokok) di luar ruang banyak sekali yang dipasang di dekat sekolah.

baca juga : cara menulis artikel di blog 

Industri rokok mendekatkan paparan iklan rokok pada mata dan pikiran anak-anak sekolah.

tesis

Riset terbaru kami, yang mencari kaitan antara kepungan (visibilitas) iklan rokok luar ruang dan perilaku merokok di kalangan remaja di Kota Semarang. 

menunjukkan ada hubungan signifikan antara perilaku merokok remaja dan kepadatan iklan rokok luar ruangan di Indonesia.

Informasi akurat dan kredibel bagaikan oksigen yang menyehatkan kita.

Remaja di sekolah dengan kepadatan iklan rokok luar ruang sedang dan tinggi memiliki kecenderungan 2,16 kali lebih tinggi untuk merokok, dibandingkan dengan remaja dengan kepadatan iklan rendah.

Demikian pula, remaja di sekolah menengah atas yang dekat (paling tidak 1 iklan dalam jarak 200 meter) dengan iklan rokok luar ruang memiliki kemungkinan 2,8 kali lebih tinggi untuk merokok.

Pemerintah pusat dan daerah perlu melarang iklan rokok di luar ruang termasuk di dekat sekolah untuk mencegah meningkatnya jumlah perokok remaja. 

Kebijakan ini diperlukan untuk menyelamatkan remaja dari risiko penyakit tidak menular dan beban ekonomi pada masa depan.

argumentasi

kami mendukung pemerintah untuk melarang periklanan rokok luar ruang nasional di Indonesia dan negara berkembang lainnya yang belum menerapkannya.

Larangan iklan rokok luar ruang yang efektif di Yunani telah terbukti mengurangi jumlah iklan menjadi nol. Ini berarti menghapus paparan iklan kepada kaum muda.

Seharusnya pemerintah Indonesia segera meratifikasi Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) agar memiliki landasan hukum yang kokoh dan komprehensif untuk mengendalikan tembakau termasuk melarang iklan rokok di dekat sekolah.

Pemerintah mestinya melindungi anak-anak dari gempuran pemasaran dan promosi rokok. Bukan malah mendukung atau membiarkan industi rokok bebas memasang iklan di dekat sekolah.

penegasan ulang

baca juga : contoh karangan argumentasi

sumber : https://theconversation.com/riset-remaja-yang-sekolahnya-dikepung-iklan-rokok-cenderung-lebih-tinggi-merokok-161658

Contoh teks eksposisi tentang Covid-19

contoh teks eksposisi dan strukturnya
contoh teks eksposisi dan strukturnya

Contoh teks eksposisi dan strukturnya

Lonjakan COVID-19 di India: sebuah krisis kemanusian sedang berlangsung

Keadaan darurat kemanusiaan jelas sedang terjadi di India saat ini. India adalah sebuah contoh bencana dari suatu populasi yang pasti belum mencapai kekebalan kawanan terhadap COVID-19. 

Ada banyak kisah tentang runtuhnya sistem kesehatan, dengan laporan tentang kekurangan oksigen untuk pasien yang dirawat di rumah sakit dan tubuh dikremasi di atas tumpukan kayu bakar di jalanan.

India mempunyai vaksin buatan lokal, yang sedang diluncurkan, termasuk vaksin AstraZeneca. Tapi proporsi populasi yang diimunisasi masih sangat sedikit. 

dan sayangnya, ada lebih dari cukup orang-orang yang rentan bagi virus corona terus menyebar.

tesis

Angka-angka kasusnya juga mencolok. The Financial Times mengumpulkan ulasan yang serius dari data India.

termasuk catatan rekor dunia baru untuk jumlah kasus baru terkonfirmasi dalam satu hari. Salah satu aspek yang paling mengkhawatirkan adalah tingkat kasus-kasus yang tidak dihitung yang akan terjadi.

Tingkat positif tes (proporsi orang-orang yang dites COVID dan hasilnya positif) di India tinggi - sekitar 18%. 

Ini jauh di atas ambang batas WHO sebesar 10%, menunjukkan bahwa banyak kasus positif tak terlacak karena kurangnya kapasitas pengujian dan pelaporan yang tepat waktu.

Memang, salah satu masalah utama adalah kurangnya data real-time berkualitas tinggi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang skenario yang sedang berlangsung di India. 

Jumlah kematian mulai meningkat drastis, dan grafik itu pasti akan terus menanjak selama beberapa minggu ke depan.

argumentasi

Dunia membutuhkan semua vaksin yang dapat diperoleh, jadi faktor-faktor seperti keadilan distribusi dan kepercayaan publik harus diperhatikan untuk memastikan bahwa AstraZeneca dan vaksin lainnya dibuat untuk tersedia di mana-mana dan tidak hanya untuk negara-negara kaya.

Sementara negara-negara di seluruh dunia menyaksikan apa yang terjadi di India, “India berikutnya” mudah terjadi di dekat kita.

baca juga : contoh artikel persuasi 

Berapa banyak kematian yang harus terjadi dulu sebelum kerja sama global mampu menyingkirkan sikap “saya duluan” dari negara-negara kaya?

penegasan ulang.

sumber : https://theconversation.com/lonjakan-covid-19-di-india-sebuah-krisis-kemanusian-sedang-berlangsung-159803

teks eksposisi berita

contoh teks eksposisi berita beserta strukturnya
teks eksposisi berita

Contoh teks eksposisi berita beserta strukturnya

Asosiasi Harap Ibadah Umrah dan Haji Bisa Dibuka Tahun Depan

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum GAPHURA (Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara) berharap pemerintah Arab Saudi membuka umrah dan ibadah haji pada September tahun depan.

Meski demikian, ia memahami dan mengapresiasi keputusan Arab Saudi yang menutup pelaksanaan ibadah haji dan umrah untuk jemaat internasional tahun ini, sama seperti tahun 2020.

tesis

"Kepastian pelaksanaan haji ini sangat ditunggu semua pihak. Kami mengapresiasi keputusan tersebut karena mengutamakan keselamatan jamaah haji," jelas Ali M. Amin, Ketua Umum GAPHURA dalam keterangan resmi, Sabtu (12/6).

Lebih lanjut, Ali berharap keputusan tentang pelaksanaan haji dari kedua negara bisa mengakhiri kegaduhan yang terjadi.

"Kami berharap...semua pihak lebih fokus pada upaya bagaimana Umrah bisa terbuka bagi Indonesia di awal musim Umrah pada September mendatang," tuturnya.

Menurutnya, upaya vaksinasi dan usaha untuk menurunkan angka kasus Covid-19 dapat meyakinkan Kerajaan saudi dan mengupayakan kembali dibukanya umrah bagi Indonesia.

argumentasi

Sejak 2020, Saudi membatasi gelaran ibadah haji hanya untuk penduduk dan warga asing yang telah berada di negara itu demi meredam penularan virus corona. Saat itu, Saudi juga masih membatasi jemaah lokal yang dapat melakukan ibadah haji.

baca juga : contoh artikel narasi

Pemerintah Indonesia sendiri sudah memutuskan untuk tidak mengirim jemaah pada ibadah haji 2021. Dengan demikian, Indonesia tak mengirimkan jemaah haji untuk kedua kalinya sejak 2020.

penegasan ulang

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210612213634-20-653571/asosiasi-harap-ibadah-umrah-dan-haji-bisa-dibuka-tahun-depan

Cara membuat teks eksposisi

paragraf dalam teks eksposisi terdapat gagasan pokok yang digunakan untuk mengembangkan teks. gagasan pokok tersebut dijabarkan dengan menambah gagasan penjelas.

membuat teks eksposisi.

  1. menentukan topik
  2. menentukan tujuan penulisan
  3. membuat kerangka teks. kerangka teks dapat dibuat dengan merumuskan ide pokok.
  4. mengembangkan ide pokok dengan kalimat penjelas yang sesuai.
  5. menuliskan teks eksposisi secara padu sesuai dengan struktur teks eksposisi.
demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel teks eksposisi sampai jumpa di konten bara aksara  berikutnya.
bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for " contoh artikel teks eksposisi"