Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Deskripsi singkat Bahasa Indonesia tentang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan terbaru.

contoh artikel
contoh artikel

contoh artikel deskripsi  –  artikel teks deskripsi adalah jenis teks yang paling sering dijumpai. 

karena memang teks deskripsi sendiri berfungsi untuk memberikan gambaran suatu objek kepada pembaca, sehingga pembaca dapat seolah-olah melihat, merasakan, mendengar, dan mengalami apa yang digambarkan oleh seorang penulis.

karena alasan itulah, artikel teks deskripsi sering digunakan untuk memberikan gambaran mengenai objek wisata, produk terbaru, bahkan sebuah isu atau persoalan yang rumit. 

mengingat banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sobat aksara dapat memahami, menganalisis, atau menulis artikel teks deskripsi ini, simak pembahasannya berikut ini.

mengenai pengertian teks deskripsi sebenarnya dapat sobat aksara baca di sana. 

dalam pembahasan mengenai contoh karangan deskripsi kali ini, bara aksara hanya akan membagikan sedikit pengertian mengenai teks deskripsi, dan contoh karangan paragraf deskripsi dalam berbagai topik.

pengertian teks deskripsi.

Teks deskripsi merupakan ragam wacana yang memberikan perincian atau detail tentang objek berdasarkan kesan-kesan dari pengamatan, pengalaman dan perasaan penulisnya. 

supaya dapat memberi pengaruh pada sensitivitas dan imajinasi pembaca.

agar pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, merasakan atau mengalami langsung objek yang dideskripsikan oleh penulis.

ciri khas teks deskripsi.

ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks. 

penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek misalnya:

  • bentuk
  • ukuran
  • warna
  • ciri-ciri psikis dan keadaan suatu objek dengan rinci

jenis-jenis teks paragraf deskripsi.

secara umum, terdapat dua jenis paragraf deskripsi.

teks deskripsi imajinatif/impresionis.

Deskripsi  imajinatif atau  impresionis  adalah  paragraf  yang melukiskan  ruang  atau  tempat berlangsungnya suatu peristiwa.

teks deskripsi faktual atau ekspositoris.

teks deksripsi faktual atau ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan sebenarnya (Tukan, 2007).

setelah membahas sedikit mengenai pengertian, ciri khas, dan jenis-jenis karangan deskripsi. sekarang kita ulas bersama contoh karangan deskripsi dalam berbagai topik.

Contoh deskripsi teks.

contoh artikel singkat.

contoh artikel singkat
contoh artikel singkat

karangan teks deskripsi memang mengutamakan detail. namun bukan berarti harus panjang saat menuliskannya. karena, pada beberapa jenis karangan  deskripsi, terutama produk dan jasa tak perlu terlalu panjang. 

yang penting hal-hal pokok apa saja yang harus diketahui oleh pengguna produk atau jasa yang sobat deskripsikan dapat dengan mudah dipahami. nah, berikut ini contoh teks deskripsi singkat.

contoh teks deskripsi singkat.

brand oppo kembali menggebrak pasar smartphone dengan produk terbarunya oppo reno 6 5g ultra slim retro design. secara tampilan smartphone yang cantik ini seperti membawa penggemar smartphone kembali ke gaya smartphone lima tahun yang lalu. 

bentuknya yang agak kotak dan slim membuatnya berbeda dengan mayoritas design hp seperti umumnya, yang cenderung melengkung dan lebih ergonomis ditangan. meskipun begitu, spesifikasi yang dibawa oleh smartphone teranyar oppo ini tidak main-main. 

berikut ini deskripsi spesifikasinya untuk anda.

cukup mudah bukan? membuat teks deskripsi singkat ? setelah itu sertakan spesifikasi dan fitur yang menjadi keunggulan produk yang sobat deskripsikan.

contoh deskripsi singkat.

ulang tahun memang sebuah momen yang sangat istimewa bagi setiap orang. wajar kalau banyak orang yang begitu bahagia saat merayakannya. 

kebahagiaan itu akan semakin meriah kalau ada orang-orang terkasih, sahabat, dan om badut. 

om-om badut yang lucu, menyenangkan dan menghibur dapat membuat pesta ulang tahun anak anda semakin meriah dan menyenangkan. 

hanya dengan Rp 350.000 bapak-ibu bisa mendapatkan:

  • mc badut
  • pertunjukan sulap badut
  • kuis yang menyenangkan.
  • permainan berhadiah.

tunggu apa lagi ? hubungi nomor di bawah ini.

seperti itulah contoh deskripsi singkat untuk jasa. sisanya bisa sobat kreasikan sendiri. selamat mencoba

baca juga: cara menulis artikel 

Contoh deskripsi

gunung gamalama

gunung gamalama sebuah gunung yang mempunya ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. begitu dingin, sejuk, dan menakjubkan untuk siapapun yang sempat mengunjunginya. 

gunung gamalama juga diselimuti hutan montana pada ketinggian 1.200 - 1.500 m. hutan montane merupakan istilah biogeografi yang berarti daerah dataran tinggi di bawah jalur pohon. 

wilayah montana cenderung lebih dingin dan memiliki curah hujan lebih tinggi. cocok banget buat kamu yang lagi sumpek dengan suasana kota yang bising, macet, penuh polusi dan bkin strees. 

jalur sepanjang pendakiannya sejuk, pemandangannya indah, baik selama di perjalanan atau dari puncak.

contoh karangan deskripsi.

Pantai sulamadaha.

pantai sulamadaha dianugerahi kejernihan air sebening kaca. pantai berpasir hitam yang cantik ini berdekatan dengan pulau hiri yang sudah masyhur sebagai spot diving favorit di ternate. 

selain cantik, pemandangan pantai sulamadaha dihiasi keindahan area pegunugan dan pulau-pulau disekitarnya. para penunjung dapat menikmati kejernihan pantai ini menggunakan speed boat yang disewakan masyarakat sekitar.

terdapat juga berbagai kudapan tradisional yang siap memanjakan lidah anda kala lapar melanda. anda dapat snorkling, diving, atau sekedar berenang santai dengan keluarga pun boleh.

selain itu, terdapat beberapa banana boat yang disewakan, membuat pengalaman liburan anda bersama keluarga terasa lebih menyenangkan.

contoh paragraf deskripsi

Danau Tolire 

danau tolire adalah sebuah danau yang berada sekitar 15 Km dari pusat kota ternate. danau ini memiliki rupa yang unik. bentuknya mirip balanga raksasa yang menganga. 

danau indah ini berada di sela kaki gunung gamalama. jangan sampai keliru, terdapat dua buah danau. yang pertama tolire besar, kedua tolire kecil. keduanya sama-sama indah dengan kekhasannya masing-masing.

untuk danau tolire besar saat anda melemparkan batu ke arah danau, maka anda tak akan mampu melihat percikan air yang dihasilkan dari benturan air dan batu itu. sebuah hal yang barangkali dapat membuat professor pusing dengan fenomena semacam ini.

danau tolire ini juga diselimuti mistik dan mitos. jadi, untuk anda yang senang dengan suasana lain saat liburan berkunjunglah ke danau tolire ini. makanan khas yang nikmat, pemandangan pantai dan pulau eksotis menanti anda.

contoh teks deskripsi tentang sekolah.

sekolahku, rumahku.

aku bersekolah di sma n 8 kota ternate, sebuah sekolah yangt terkenal mampu bersaing secara intelektual, olahraga, dan banyak hal lainnya.

sekolah ini terdiri dari dua lantai. lingkungannya asri, guru-gurunya baik, dan murid yang senang berkompetisi meraih prestasi.

selain itu lingkungan sekolahku juga dipenuhi bunga yang cukup banyak. beraneka warna, jenis, dan aroma. membuatku semakin nyaman belajar dan bermain-main disini.

teman-temanku sudah menyadari bahwa membuang sampah sembarangan sangat tidak baik untuk kelangsungan pembelajaran di sekolah. karena itu, tidak ada sampah yang berserakan dan tempat duduk yang tak rapi. semuanya tertata, dan mempesona.

Artikel contoh

artikel contoh
artikel contoh

Delapan Kunci Sukses Menjalankan Pendidikan Di Masa Pandemi.

Pandemi Covid-19 membuat umat manusia di seluruh dunia mesti beradaptasi dengan situasi yang baru agar tetap sehat dan selamat di tengah melakukan rutinitas sehari-hari.

Model adaptasi yang dilakukan di berbagai negara berbeda-beda. Namun, faktor pengalaman dalam menghadapi situasi krisis, menjadi modal berharga. 

Dengan modal pengalaman itu, penanganan dampak pandemi Covid-19 di semua sektor, menjadi lebih mudah.

Seperti Taipei misalnya. Pengalaman dalam menghadapi wabah menjadi modal berharga bagi mereka untuk merancang berbagai  strategi di tengah pandemi Covid-19, termasuk di sektor pendidikan.

Dampaknya, iklim pendidikan di sana tetap dapat berlangsung baik meski sejumlah kebiasaan baru diberlakukan.

Setidaknya, terdapat delapan kunci yang membuat dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan di Taipei dapat diminimalkan.

Pertama, mengembangkan rencana kontinjensi. 

Rencana kontinjensi ini mengatur semua hal mulai dari cara menjamin keselamatan para siswa hingga memastikan hak pendidikan mereka terpenuhi. 

Dalam pengembangan rencana kontinjensi, otoritas pendidikan setempat serta sekolah juga berdiskusi dengan para pakar kesehatan untuk mendapat masukan mengenai apa saja yang harus diterapkan di sekolah.

Kedua, mendistribusikan sumber-sumber daya yang dapat mencegah menyebarnya penyakit. 

Sumber-sumber daya seperti peralatan untuk mengukur suhu tubuh, masker, dan lain sebagainya tersebut dipastikan harus tersedia di semua sekolah.

baca juga : cara membuat catatan kaki

Ketiga, menciptakan tim pencegahan penyakit di sekolah untuk mendorong penerapan protokol kesehatan dan keselamatan. 

Tim ini juga bertugas menyebarkan cara-cara mencegah penyakit, memonitor status kesehatan para siswa dan staf di sekolah, dan melaporkan apabila ada warga sekolah yang terindikasi terjangkit Covid-19.

source: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/delapan-kunci-sukses-menjalankan-pendidikan-di-masa-pandemi-covid-19/

Contoh artikel 

contoh artikel
contoh artikel

Contoh artikel panjang.

saya bersekolah di SMAN 8 Kota Ternate. SMA N 8 merupakan sekolah yang sangat bagus dan banyak peminatnya di kota Ternate. 

sekolahku digemari karena telah meraih banyak prestasi yang luar biasa baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Dalam bidang non akademik, sekolahku selalu berpartisipasi pada tournament olahraga seperti bola basket, volley, futsal, dan masih banyak lagi.

Dalam bidang akademik, sekolahku telah meraih banyak prestasi yang tak boleh dianggap remeh.

Sekolahku selalu mengirim perwakilan – perwakilannya untuk mengikuti olimpiade baik tingkat nasional maupun internasional.

karena begitu banyak prestasi yang telah sekolah saya raih membuat  lulusan dari sekolah kami selalu mendapatkan undangan untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik tanpa melalui ujian.

kualitas sekolah kami yang luar biasa dalam bidang akademik dan non akademik ini tak lepas dari peran tenaga pendidik yang berkualitas.

baca juga: cara menulis opini 

semua guru di sekolah kami merupakan profesional di bidangnya sehingga mereka dapat mendidik muridnya dengan berbagai macam metode belajar efektif dan menyenangkan.

karena alasan inilah, sekolah kami menerapkan syarat yang tidak mudah untuk penerimaan siswa baru. demi menjaga kualitas agar siswa-siswi yang masuk di sekolah ini merupakan siswa-siswi terbaik.

contoh artikel bahasa indonesia.

contoh artikel bahasa indonesia
contoh artikel bahasa indonesia

pembahasan mengenai contoh artikel bahasa indonesia ini sedikit khas, agar pengetahuan kita semua bertambah, bara aksara menyajikan beberapa model pengembangan paragraf deskripsi, kemudian contoh artikel bahasa indonesia.

terdapat beberapa model pengembangan paragraf deskripsi yang umum dijumpai. di antaranya:

Deskripsi objektif. 

deskripsi obektif ialah deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya tidak disertai dengan opini penulis.

Deskripsi subjektif. 

deskripsi subjektif merupakan deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya disertai dengan opini penulis.

Deskripsi spasial. 

deskripsi spasial adalah paragraf yang menggambarkan objek secara detail khususnya ruangan, benda,atau tempat.

Deskripsi waktu. 

deskripsi waktu ialah paragraf yang dikembangkan berdasarkan waktu peristiwa cerita tersebut.

baca juga : cara menulis artikel di blog

Contoh Paragraf Deskripsi subyektif.

udara semakin panas, Polusi dari asap kendaraan bermotor dan pabrik semakin mejadi-jadi, Hutan-hutan penopang kehidupan mulai Gersang, lapisan ozon pun semakin menipis. 

mengakibatkan suhu panas bumi mengalami peningkatan, cuaca menjadi tak menentu, bencana alam semakin sering menyapa penduduk. bumi semakin renta dan tak berdaya.

bukankah manusia adalah yang menyebabkan semua ini terjadi?

Contoh Paragraf Deskripsi Subyektif.

Dina memakai rok panjang warna cokelat yang sangat serasi dengan warna blus panjangnya. Rok dan blusnya menambah keindahan alami yang dipancarkannya. gaya ia berjalan sungguh memikat hati orang yang memandang.

Contoh Paragraf Deskripsi objektif.

Pantai Jiko Malamo memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama bagi wisatawan yang mendambakan suasana tenang, sejuk, dan jauh dari kota. 

Rindang pohon-pohonnya. kejernihan lautnya. untuk penyelam, Pantai Jiko Malamo menawarkan keindahan terumbu karang dan tarian ikan berenang yang begitu eksotis. 

Pemda Kota Ternate sebaiknya mengelola Pantai Jiko Malamo sebagai tujuan wisata Utama Di Kota ternate.

Contoh Paragraf Deskrispsi Subjektif. 

pada waktu yang sebentar. pandangan mataku mengarah pada orang-orang disekelilingku. Di sebelah kananku, seorang gadis cantik berambut pirang-panjang mencuri perhatian. 

mataku dan matanya bersalaman, pandanganku terkunci olehnya. Gadis berambut pirang, 

berkulit kuning, dan berbibir tipis membuat jantungku bergetar kuat. sepertinya, aku mengenalnya. entah di mana?

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial. 

di sekitar lingkungan cikini di penuhi tumpukan sampah. 

Tumpukan sampah ini mengundang lalat Lalat-lalat itu berterbangan ke perumahan warga dan menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit sungguh sungguh suasana yang sangat mengganggu.

baca juga : teks eksplanasi   

artikel singkat

artikel singkat
artikel singkat
Pantai Jiko Malamo memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama bagi wisatawan yang mendambakan suasana tenang, sejuk, dan jauh dari kota. 

Rindang pohon-pohonnya, kejernihan lautnya membuat betah. untuk penyelam, Pantai Jiko Malamo menawarkan keindahan terumbu karang dan tarian ikan berenang yang begitu eksotis. 

contoh artikel lingkungan

contoh artikel lingkungan
contoh artikel lingkungan

telah lama saya meninggalkan desa ini, suasana lingkungan pedesaan semakin membuat khawatir. sepanjang jalan desa kini penuh dengan tumpukan sampah dan daun plastik. 

terdapat banyak lubang menganga di jalan yang mengganggu warga desa. 

setiap lubang menganga itu dipenuhi air kecokelatan. pohon-pohon rindang kini hilang karena jumlah bangunan bertambah dan beberapa pohon tumbang sendiri. 

Beberapa rumah juga terlihat kotor dan halamannya tandus karena tidak ada tanaman yang ditanam.

baca juga : contoh karangan persuasi

contoh karangan deskripsi tentang lingkungan rumah.

Contoh Artikel Deskripsi singkat Bahasa Indonesia tentang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan terbaru.
contoh karangan deskripsi tentang lingkungan rumah

pukul 05.30 pagi aku terbangun. suara ayam berkokok menjadi penyemangat agar lekas bangun dari tempat tidur. 

aku keluar dan menatap disekelilingku, kemudian malu melihat burung-burung mengepakkan sayapnya dengan indah, dengan penuh semangat meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.

sang surya masih enggan menampakkan sinarnya. mungkin sebentar lagi.

aku langsung menuju ke kamar mandi dan mencuci muka, kemudian berjalan-jalan sebentar ke halaman depan rumah. sejauh mata memandang terlihat sawah-sawah yang begitu indah, sejuk, dan damai.

tak hanya aku, dan burung-burung yang sudah bangun. pak tani dan bu tani juga dengan riang gembira membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan. 

petani lainnya terlihat sedang mencari rumput untuk  makanan kambing, sapi, dan kerbau.

di sepanjang jalan desa nampak ibu -ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran.

Tetanggaku, seorang peternak bebek juga tidak mau ketinggalan sepagi ini ia menggiring bebek – bebeknya ke rawa dekat sawah untuk mencari  makanan. bebek dan tuannya berbaris dengan rapi.

sungguh ini sebuah pemandangan yang indah untuk dilihat.

baca juga : contoh teks eksposisi singkat

contoh deskripsi paragraf 

Contoh Artikel Deskripsi singkat Bahasa Indonesia tentang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan terbaru.
contoh artikel deskripsi tentang fiksi

embun tipis melapis rumput, putih berkilau diselingi warna hijau; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.

contoh artikel deskripsi tentang covid 19

contoh teks artikel
contoh artikel deskripsi tentang covid 19

Contoh teks artikel

Virus Corona atau biasa disebut dengan Covid-19 adalah sebuah virus yang menyerang manusia dengan gejala yang sama dengan virus influenza namun berdampak besar bagi kesehatan. 

Virus ini berbentuk bulat, parasit intraseluler obligat yang selalu menempel pada sesuatu, dan juga capsid.

Virus ini memiliki tiga bagian lapisan tubuh yaitu membran, envelope, dan juga spike.

Struktur virus Covid-19 umumnya memiliki 74 Spike di permukaan tubuhnya (kulit). Sedangkan dalam envelope, memiliki susunan protein nukleokapsid. 

Protein nukleokapsid memiliki fungsi sebagai pelindungi nformasi RNA dan juga DNA.

Virus ini dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya: 

  1. Alfa-Corona Virus.
  2. Beta-Corona Virus, MRES Corona Virus. 
  3. SARS Corona Virus, dan S.
  4. ARS Corona Virus tipe 2. 

Virus corona ini sama seperti virus lainnya yaitu membentuk suatu enzim. Enzim yang dibentuk virus ini adalah Angiotensin Converting Enzime Tipe 2.

baca juga : contoh karangan argumentasi

contoh artikel kesehatan.

contoh artikel kesehatan
contoh artikel kesehatan

Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan

alkohol adalah minuman yang begitu mudah dijumpai bahkan dibeli oleh anak muda. sekalipun minuman keras yang satu ini dapat memabukkan peminumnya.

Minuman beralkohol memiliki kadar alkohol yang beragam dimulai dari 11 % hingga 45 %. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa pengaruh dari minuman beralkohol sangatlah berbahaya bagi tubuh.

sebaliknya, Minuman keras ini malah dianggap dapat meringankan tubuh dan memberikan perasaan senang kepada yang meminumnya. sebuah pemikiran yang mengada-ngada

sebagai generasi muda yang sadar ayo berbagi pengetahuan kepada masyarakat bahwa minuman keras tidak bagus untuk tubuh. 

mengingat dampak yang paling parah ialah ketika kecanduan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan penyakit kanker hati dan gangguan pada otak.

baca juga : contoh pendahuluan

artikel terbaru tentang pendidikan

artikel pendidikan singkat
contoh artikel pendek tentang pendidikan

Pengertian artikel pendidikan

Artikel pendidikan merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang membahas topik mengenai pendidikan dan permasalahannya. baik pendidikan formal ataupun non formal, karya tulis pendidikan bertujuan untuk membagi pengetahuan kepada orang banyak.

Artikel pendidikan singkat.

Pulang atau menetap? Di balik keputusan mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk pulang pada masa pandemi

Indonesia memiliki puluhan ribu mahasiswa di luar negeri yang turut terkena dampak pandemi COVID-19.

Data tahun 2019 dari Kementerian Keuangan, misalnya, menyebutkan lebih dari 3.000 pelajar Indonesia saat ini sedang aktif sekolah berbagai negara menggunakan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Terdapat juga pelajar di negara lain seperti Amerika Serikat (AS) – yang jumlahnya mencapai lebih dari 9.000 siswa – dengan berbagai skema pembiayaan lain.

Mereka merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan melakukan perjalanan pada masa pelarangan mudik di tahun 2021.

Bersama dengan migran Indonesia yang lain, para mahasiswa di luar negeri mendapatkan izin repatriasi atau pemulangan sebagai upaya pemerintah untuk melindungi mereka dari COVID-19 pada negara dengan tingkat penyebaran tinggi.

Survei yang kami lakukan di tahun 2020 pada sekitar 250 pelajar migran internasional sendiri menunjukkan bahwa hampir setengah dari mereka (46,37%) memiliki keinginan untuk pulang ke Indonesia.

Bagaimana pertimbangan di balik keputusan para mahasiswa untuk pulang ke Indonesia di tengah pandemi ini?

Pulang atau menetap?

Puluhan ribu mahasiswa di luar negeri melakukan migrasi kembali ke Indonesia saat liburan sekolah, hari raya keagamaan, atau bulan-bulan masa kelulusan mereka.

Dalam survei di atas, misalnya, kami juga menemukan bahwa keputusan mereka untuk pulang ke Indonesia di tengah pandemi utamanya karena sudah menyelesaikan masa studi (sebanyak 45,22%).

Hal ini cukup menarik karena biasanya pelajar migran memanfaatkan sisa masa berlaku visa mereka setelah selesai studi – entah untuk mencari pekerjaan dengan memanfaatkan izin tinggal mereka, jalan-jalan, atau keperluan lain.

Namun, situasi COVID-19 di negara setempat yang tidak menentu, serta dampaknya terhadap mobilitas mereka membuat para mahasiswa migran lebih memilih untuk segera pulang ke Indonesia setelah lulus.

Kesulitan mendapatkan pekerjaan di negara setempat pada masa pandemi, misalnya, menjadi salah satu alasan terbesar para mahasiswa migran untuk pulang ke Indonesia setelah lulus.

Salah satu responden lulusan universitas di Eropa yang sudah mendapatkan visa bekerja menceritakan bahwa ia pun akhirnya memilih pulang karena tidak kunjung mendapat pekerjaan.

Oleh karena itu, prosedur masuk ke Indonesia yang ditentukan bagi para migran – yakni menjalani karantina selama 5-14 hari dan mendapat hasil negatif COVID-19 saat tes di akhir masa karantina – perlu dilaksanakan dengan ketat.

Sesuai dengan kesepakatan migrasi internasional yang tertuang dalam Global Compact for Safe, Orderly and Regular Migration (GCM).

Indonesia wajib memperhatikan kesejahteraan setiap warga negara migran dan mengurangi kerentanan mereka selama proses migrasi – termasuk mahasiswa di luar negeri yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

sumber : https://theconversation.com/pulang-atau-menetap-di-balik-keputusan-mahasiswa-indonesia-di-luar-negeri-untuk-pulang-pada-masa-pandemi-160608

pembahasan lengkap mengenai contoh artikel pendidikan bisa sobat aksara baca di sana 

demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel deskripsi singkat bahasa indonesia tentang pendidikan, lingkungan, dan covid 19 terbaru. sampai jumpa di artikel baraaksara berikutnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Contoh Artikel Deskripsi singkat Bahasa Indonesia tentang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan terbaru."