Contoh Berpikir kritis, pengertian, dan manfaat.
Contoh berpikir kritis, pengertian, dan manfaat - akhir-akhir ini banyak informasi menyesatkan mengenai pandemi virus corona beredar luas dan cenderung dipercaya publik.
saran dari banyak pejabat publik, influencer, dan akademisi adalah masyarakat lebih cermat memilah dan mencerna informasi.
lantas apakah yang dimaksud dengan berpikir kritis? dan kenapa kemampuan berpikir kritis ini penting?
simak pembahasannya berikut ini
pengertian berpikir menurut kamus besar bahasa indonesia
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud berpikir artinya menggunakan
akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, menimbang-nimbang dalam ingatan.
pengertian kritis
- kritis adalah bersifat tidak lekas percaya,
- selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan
- tajam dalam menganalisis.
Pengertian berpikir kritis
berpikir kritis menurut para ahli.
berpikir kritis adalah upaya seseorang untuk memeriksa kebenaran dari suatu informasi menggunakan ketersediaan bukti, logika dan kesadaran akan bias. (Halpern,1998,larson, 2017.)
berpikir kritis adalah
pada konferensi internasional ke delapan mengenai pemikiran kritis dan edukasi, tahun 1987. michael seriven dan richard paul berpendapat bahwa berpikir kritis merupakan proses aktif menganalisis informasi yang di dapat kemudian, hasilnya digunakan sebagai pedoman untuk bertindak
Richard Paul menerangkan bahwa berpikir kritis merupakan suatu cara berpikir yang unik dan memiliki tujuan tertentu di mana pemikir secara sistematis menetapkan kriteria dan standar intelektual dalam berpikir.
dalam mengonstruksi pemikiran, mengarahkan konstruksi berpikir sesuai dengan standar tertentu, dan menilai efektivitas berpikir sesuai tujuan, kriteria, dan standar berpikir (Paul dalam Ricketts, 2004).
berpikir kritis artinya
Rudd, Baker, dan Hoover mengemukakan bahwa berpikir kritis adalah suatu pendekatan yang menggunakan nalar, memiliki tujuan tertentu. dan menggunakannya untuk memecahkan masalah atau menanggapi pertanyaan dengan bukti dan informasi yang mengarah pada solusi yang sulit dibantah.
menurut Richard Paul, berpikir kritis adalah model berpikir- mengenai hal, substansi atau masalah apa saja di mana si pemikir meningkatkan kualitas pemikirannya dengan menangani secara terampil struktur-struktur yang melekat dalam pemikiran dan menerapkan standar-standar intelektual padanya.
arti berpikir kritis
menurut Facione, berpikir kritis adalah penilaian yang terarah dan terukur yang menghasilkan interpretasi, analisis, evaluasi, dan kesimpulan. juga penjelasan terhadap pertimbangan-pertimbangan beberapa aspek berikut:
- faktual
- konseptual
- metodologis
- kriteriologis
- kontekstual yang menjadi dasar dari berbagai penilaian tersebut.
Facione juga menyebutkan bahwa kemampuan berpikir kritis memiliki dua dimensi, yaitu dimensi kognitif dan dimensi disposisi afektif. Pernyataan berpikir kritis dimulai dengan pemahaman berpikir kritis menjadi tujuan dan penilaian pengaturan diri yang menghasilkan beberapa hal berupa
- interpretasi
- analisis
- evaluasi
- kesimpulan
- penjelasan tentang bukti
- konseptual
- metodologi
- sebagai kriteria pertimbangan kontekstual (Facione, 1990).
pengertian pemikir kritis.
Facione (1996), mengungkapkan pemikir kritis yang ideal mempunyai kebiasaan ingin tahu, penuh kepercayaan pada alasan, berpikiran terbuka , fleksibel , berpikiran adil dalam evaluasi, jujur dalam menghadapi prasangka pribadi, bijaksana dalam membuat penilaian.
bersedia untuk mempertimbangkan kembali, tentang isu-isu, tertib dalam hal yang kompleks, rajin mencari informasi yang relevan, wajar dalam pemilihan kriteria, fokus dalam penyelidikan, dan gigih dalam mencari hasil.
pengertian kemampuan berpikir kritis.
Kemampuan berpikir kritis sering disebut sebagai salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi (Peirce, 2006). Glaser menyatakan dua elemen dalam berpikir kritis yaitu memiliki keterampilan berpikir kritis dan kemauan untuk menggunakan keterampilan tersebut.
Ciri-ciri berpikir kritis
Berpikir kritis merupakan proses berpikir reflektif yang membutuhkan kecermatan dalam mengambil keputusan. melalui serangkaian prosedural untuk menganalisis, menguji, dan mengevaluasi bukti serta dilakukan secara sadar.
Maksud berpikir kritis
Dari pendapat beberapa ahli mengenai pengertian berpikir kritis di atas, dapat dinyatakan bahwa berpikir kritis adalah suatu proses kegiatan interpretasi dan evaluasi yang terarah, jelas, terampil dan aktif tentang suatu masalah yang meliputi :
- observasi.
- merumuskan masalah.
- menentukan keputusan.
- menganalisis.
- melakukan penelitian ilmiah yang akhirnya menghasilkan suatu konsep.
Kemampuan ini penting untuk dikembangkan pada peserta didik, mengingat kemampuan berpikir kritis mempengaruhi prestasi belajar dan membantu peserta didik memahami konsep.
Berpikir kritis dapat digunakan untuk mencapai pemahaman yang mendalam tentang suatu materi atau konsep sehingga pemikiran peserta didik terhadap suatu konsep tertentu adalah valid dan benar.
pentingnya berpikir kritis bagi siswa
baca juga : tips belajar efektif
cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
menganalisis informasi
membuat perbandingan
mengevaluasi konsep.
baca juga : penyebab gagal saat belajar
berpikir dialektis (tesis-anti tesis-sintesis)
Membaca efektif
cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa
cara mengembangkan pemikiran kritis mahasiswa melalui metode diskusi
Model Alison King
cara berpikir kritis mahasiswa
- Apa artinya?
- Apa hakekatnya?
- Apakah ada cara pandang yang lain mengenai hal itu ?
- Mengapa ini terjadi ?
- Apa buktinya?
- Bagaimana saya bisa yakin?
baca juga : teknik belajar pomodoro
Latihan berpikir kritis mahasiwa King (1995)
- Tanya jawab dengan mahasiswa secara timbal balik
- dosen memberikan kuliah mengenai satu topik. Setelah itu, mahasiswa diminta menulis tiga pertanyaan. (berdasarkan daftar-pertanyaan yang ada pada tabel) tentang bahan kuliah yang diajarkan tadi.
- Kemudian mahasiswa dibagi dalam pasangan pasangan atau dalam kelompok kecil untuk melakukan tanya jawab secara timbal balik.
- Masing-masing mahasiswa akan mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa lain, dan pada tim mahasiswa itu akan menjawab pertanyaan dari mahasiswa lain.
- Pada tahap terakhir keseluruhan kelas akan menjawab sebagian dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan dan diajukan lebih lanjut hal-hal yang muncul dalam sesi tanya-jawab.
cara mengembangkan pemikiran kritis melalui metode membaca efektif.
- Pertanyaan-pertanyaan yang dikumpulkan mahasiswa tersebut dapat dipakai dalam diskusi di kelas.
- Pertanyaan-pertanyaan mahasiswa tersebut juga dapat menggambarkan tingkat pemahaman mahasiswa, atau bahkan apakah sudah mahasiswa membaca tugas bacaan atau belum.
- Soal-soal ujian akhir bisa juga diambil dari kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa.
baca juga :
cara mengembangkan pemikiran kritis melalui menulis Carole Wade (1995)
- mahasiswa dapat mengetengahkan dua atau lebih pendapat yang bertentangan.
- mahasiswa dapat merevisi kembali dan menyempurnakan gagasan-gagasan yang telah disampaikan dalam tulisan terdahulu.
- mahasiswa memiliki waktu untuk melakukan refleksi dan pertimbangan yang hati-hati untuk menyampaikan pendapatnya.
manfaat berpikir kritis
- Pada proses menganalisa data menuju kesimpulan, peserta didik belajar menalar yang merupakan komponen berpikir kritis.
- Kesimpulan yang diperoleh didukung oleh argumentasi ilmiah yang dapat dipertangung-jawabkan, yang memiliki argumentasi yang kuat keabsahannya, didukung oleh data dan atau informasi akurat.
- pengupasan secara mendalam terhadap argumen-argumen dengan bukti untuk dapat memperoleh kesimpulan.
- Berfikir logis dan analitis menjadi dasar pengambilan keputusan dan menyelesaikan masalah secara bertangung jawab.
- Berpikir kritis merupakan berpikir reflektif, sehingga perlu adanya usaha yang disadari oleh masing-masing pribadi/ peserta didik.
- peserta didik perlu diaktifkan untuk menyadari proses yang akan berlangsung sehingga akhirnya proses rekonstruksi dapat terjadi.
- Karena pada dasarnya adalah proses rekonstruksi, maka faktor-faktor yang mempengaruhi proses terjadinya konstruksi itu perlu diperhatikan.
sumber :
Ahmad Sulaiman dan Nandi Agustin Syakarofat, 2018, https://jurnal.ugm.ac.id/buletin psikologi berpikir kritis mendorong introduksi dan reformulasi konsep dalam psikologi islam
Dwi Nugraheni Rositawati, 2018, kajian berpikir kritis pada metode inkuiri, https://jurnal.uns.ac.id
Dicky Hastjarjo,1999, mengembangkan pemikiran kritis mahasiswa,Buletin Psikologi, No VII
Post a Comment for "Contoh Berpikir kritis, pengertian, dan manfaat."
harap agar memberikan komentar yang membangun dan bermanfaat bagi kita semua
terima kasih.
baraaksara