Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara membuat makalah kuliah bagi pemula dan contohnya

cara membuat makalah kuliah bagi pemula dan contohnya

cara membuat makalah kuliah bagi pemula dan contohnya  – sebagai pelajar atau mahasiswa aktivitas menulis karya ilmiah atau makalah merupakan kegiatan yang akan sobat aksara sering jalankan. 

makalah merupakan karya ilmiah yang paling sering dibuat saat sobat aksara duduk di bangku sekolah atau perkuliahan. karena itu, sebagai pelajar, perlu untuk memiliki pengetahuan mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar supaya sobat dapat membuat makalah yang berkualitas. 

bukan hasil copy paste makalah orang lain di internet. nah, bagaimana cara membuat makalah kuliah bagi pemula yang baik ? berikut ini pembahasannya.

sebelum masuk pada pembahasan cara membuat makalah, sebaiknya kita pelajari bersama pengertian makalah, karakteristik makalah, susunan makalah, jenis makalah, dan ciri-ciri makalah. 

pengertian makalah.

makalah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah berdasarkan hasil kajian pustaka teori atau hasil pengamatan penelitian.

pengertian makalah menurut kamus besar bahasa indonesia.

menurut kamus besar bahasa indonesia, makalah diartikan dalam dua hal. yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

baca juga : contoh karangan argumentasi

pengertian makalah menurut ahli

w.j.s poerwadarminta pada tahun 1994 mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

tanjung dan ardial juga mengartikan makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif.

sedangkan badan standarisasi nasional (bsn) menulis bahwa sebuah karya tulis disebut makalah jika memenuhi beberapa syarat berikut; 

  1. makalah merupakan hasil pemikiran sendiri.
  2. belum pernah dipublikasikan.
  3. mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.
baca juga : cara menulis opini

karakteristik makalah.

  1. makalah adalah hasil kajian pustaka, laporan atau uraian hasil pelaksanaan suatu kegiatan lapangan  yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan. 
  2. makalah dapat mengilustrasikan  pemahaman  mahasiswa  tentang  permasalahan  teoritis  yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan. 
  3. menunjukkan  kemampuan  pemahaman  mahasiswa  terhadap  isi  dari  berbagai sumber yang digunakan. 
  4. mendemonstrasikan kemampuan mahasiswa meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

ciri-ciri makalah.

  • makalah merupakan sebuah kajian literatur yang berisi bahasan dari suatu bidang ilmu atau mata kuliah tertentu.
  • makalah menjadi sebuah alat untuk menampakkan pemahaman seseorang terhadap suatu
  • aspek permasalahan yang bersifat teoritik.  
  • dikaji dengan menggunakan teori, prosedur, serta prinsip yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
  • menjadi alat pengukur kemampuan pelajar atau mahasiswa dalam mengkombinasikan beberapa  informasi menjadi satu karya tulis yang utuh. serta  melatih  fokus  dalam pembelajaran
  • penggunaan  tata  bahasa,  memperhatikan pedoman  puebi, etika  mengutip dalam penulisan dan menyimpulkan bahasan.
  • mempunyai sistematika dan tidak acak-acakan dengan kaidah penulisan yang telah diatur.

ciri - ciri khusus makalah

  • data yang digunakan mempunyai validitas yang tinggi dan analisis serta interpretasi haruslah objektif. 
  • makalah harus mampu menunjukkan kejujuran ilmiah penulis. 
  • dalam hal ini, penulis makalah harus menyebutkan dengan jelas sumber data dan pendapat yang digunakan dalam makalahnya. 
  • makalah harus menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana, dan teliti. 
  • makalah harus sistematis dan utuh.

jenis-jenis makalah.

makalah ilmiah

makalah ilmiah merupakan sebuah makalah yang membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah. oleh karena itu, dalam pembuatan makalah ilmiah penting untuk melakukan riset yang kuat. dan tidak berdasarkan pendapat subjektif.

makalah kerja

makalah kerja merupakan makalah yang diperoleh dari hasil sebuah penelitian. perbedaannya dengan makalah ilmiah, makalah kerja memungkinkan penulis  untuk membuat opini yang bersifat subjektif dari permasalahan yang dibahas.

makalah kajian

makalah kajian merupakan sebuah makalah yang isinya merupakan cara memcecahkan suatu isu ata persoalan yang kontroversial.

makalah posisi

makalah posisi adalah makalah yang penyusunannya dilakukan atas permintaan suatu pihak, di mana fungsi dari makalah jenis ini adalah sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan yang ada.

makalah analisis

sesuai namanya, makalah analisis berisi berbagai analisis suatu permasalahan yang sifatnya objektif dan empiris.

makalah tanggapan

makalah tanggapan merupakan makalah yang paling sering ditemui oleh siswa/mahasiswa sebagai tugas dari guru/dosen. isi dari makalah ini merupakan tanggapan/reaksi penulis terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi.

makalah deduktif

makalah deduktif merupakan makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas

makalah induktif 

makalah induktif ialah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan.

makalah campuran 

makalah campuran merupakan makalah yang disusun berdasarkan kajian toritis dan data empiris. dengan kata lain, makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

syarat susunan makalah yang baik

  • cermat 
  • tepat waktu 
  • susunan makalah dapat dipertanggungjawabkan berarti, makalah harus berisi informasi yang memadai dalam volume yang lengkap mengenai berbagai segi cakupan. 
  • simple namun ilmiah.
  • menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sistematika yang sederhana namun jelas. 
  • penuh dengan fakta maksudnya, makalah harus mampu menyajikan fakta dengan bahasa yang jelas. ringkas, agar pembaca cepat memahami isi makalah yang telah dibuat.

setelah sobat memahami apa itu makalah, pengertian, karakteristik, jenis, dan ciri-ciri makalah. selanjutnya kita akan pelajari bersama tata cara penulisan makalah, agar dapat mempermudah sobat saat menulis makalah.

cara membuat makalah

cara membuat makalah

saat membuat makalah ada beberapa aspek kecil yang penting untuk sobat perhatikan diantaranya:
  1. persiapan penulisan makalah
  2. pemilihan bahasa
  3. perbaikan atau revisi penulisan makalah
  4. cara memilih topik dab judul untuk pembuatan makalah

persiapan penulisan makalah.

sebelum menulis, sebaiknya sobat ketahui dulu apa saja yang perlu dipersiapkan saat mau menulis makalah. yang perlu sobat persiapkan saat menulis makalah ialah:

  1. mengumpulkan dan membaca buku-buku untuk memilih dan menentukan topik
  2. membaca buku-buku untuk memperluas pengetahuan yang berhubungan dengan topik yang  telah terpilih
  3. mengembangkan kerangka penulisan makalah 

penulisan makalah

setelah sobat selesai melakukan persiapan sekarang waktunya menulis makalah, penulisan makalah adalah kegiatan pengembangan susunan makalah menjadi sebuah karya ilmiah yang utuh dan sesuai dengan prosedur yang berlaku di setiap sekolah atau kampus.

pemilihan bahasa

dalam penulisan sebuah makalah, perlu diperhatikan bahasa yang digunakan. pembuatan makalah biasanya menggunakan bahasa baku atau sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. 

pemilihan bahasa dalam penulisan makalah yang baik dan benar akan ikut menentukan bobot kualitas dari makalah yang sobat tulis. jadi hal ini penting juga untuk diperhatikan.

pemilihan kata penting agar pembaca mampu memahami dengan baik maksud yang ingin sobat sampaikan dalam makalah. hal ini akan menghindarkan dari kemungkinan adanya salah tafsir atau pemahaman yang minim terhadap substansi makalah yang sobat susun. 

pemilihan kata saat penulisan makalah sebaiknya menggunakan bahasa baku, ilmiah, serta tepat sasaran, tidak bertele-tele namun tetap informatif. 

pemeriksaan dan perbaikan penulisan makalah

pada tahap pemeriksaan pelajar atau mahasiswa membaca dengan teliti makalah yang telah ditulis, langkah ini dilakukan agar menghindari kesalahan dalam pembahasan isi makalah, penggunaan  kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca.

pemilihan topik dalam penulisan makalah

memilih topik yang relevan dengan tema yang diberikan guru/dosen merupakan langkah penting dalam menyusun makalah. beberapa aspek berikut ini, perlu diperhatikan agar makalah yang dihasilkan berkualitas relevan.

pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih topik untuk dijadikan judul makalah antara lain:

  • topik harus bermanfaat
  • menarik dan sesuai dengan minat penulis
  • topik harus dikuasai penulis
  • tersedia sumber-sumber informasi dan bahan bacaan

Langkah-langkah membuat makalah

sebagaimana karya ilmiah lainnya, makalah, memiliki format penulisannya sendiri yang harus dipatuhi. dengan memahami teknik penulisan makalah sobat sebenarnya telah meletakan dasar penulisan karya ilmiah yang kuat dalam diri sobat. 

karena, teknik penulisan makalah ilmiah merupakan dasar untuk penulisan karya ilmiah lainnya seperti proposal, skripsi, dan jurnal. akan sangat baik jika sobat mempelajari tata cara penulisan makalah ilmiah yang kita bahas sepanjang tulisan ini dengan sungguh-sungguh.

berikut ini pembahasan lengkap mengenai susunan makalah atau format penulisan makalah.

susunan makalah

format penulisan makalah terdiri atas tiga bagian 

  • bagian pendahuluan/cover makalah
  • bagian isi/pembahasan
  • bagian penutup

bagian pendahuluan makalah terdiri atas:

cover makalah

cover/sampul makalah memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. judul makalah
  2. nama penulis
  3. nama dosen pengampu mata kuliah
  4. logo lembaga/institusi.
  5. tempat dan tahun terbit. 

cara membuat cover makalah

nama penulis 

nama penulis sebaiknya ditulis dengan jelas, menggunakan nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar. 

alamat

penulisan alamat memuat nama lembaga tempat penulis bekerja atau menempuh jenjang studi (universitas). 

tahun terbitan 

tahun terbitan adalah keterangan tahun pada saat makalah telah selesai penulisannya kemudian diterbitkan untuk umum. 

judul 

pada halaman cover makalah atau sampul ditulis menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal memakai jenis huruf times new roman berukuran 14, ditulis dengan pengaturan sebagai berikut:

  1. layout center (rata tengah). untuk penulisan nama penulis dan tidak  diperlukan huruf kapital untuk semua kata, cukup huruf kapital di awal kata.
  2. penulisan keterangan nama instansi atau jenjang pendidikan menggunakan huruf kapital dengan dicetak tebal.
  3. judul makalah yang ditampilkan harus judul yang jelas, informatif, singkat namun menjelaskan isi dari penelitian dalam makalah tersebut.

 contoh cover makalah

contoh cover makalah

kata pengantar

kata pengantar dalam penulisan makalah berisi gambaran umum pembahasan makalah dan hasil yang ingin dicapai. dalam penulisan kata pengantar makalah penting untuk memperhatikan dua hal yaitu

alasan dan tujuan serta ucapan terima kasih kepada pembimbing dan pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian dan penulisan makalah

contoh  kata pengantar makalah 

contoh kata pengantar makalah

daftar isi makalah

daftar isi makalah merupakan daftar yang menggambarkan keseluruhan pokok penulisan makalah dengan memuat secara jelas urutan bab dan sub bab beserta halaman tempat bab atau sub bab tersebut berada. 

daftar isi makalah juga memuat seluruh lampiran yang ada dengan nomor halaman masing – masing.  dimulai dari kata pengantar sampai dengan data dan lampiran – lampiran yang mendukung penulisan makalah yang kamu buat.

daftar gambar,tabel, lampiran, lambang , atau singkatan (bila perlu)

jika saat penulisan makalah diperlukan lampiran, data, dan tabel, yang  menunjang isi makalah, maka semua lampiran, data dan tabel  yang dipakai harus dimuat dalam daftar gambar.

baca juga : cara membuat catatan kaki

contoh daftar isi makalah

barangkali cukup pembahasan mengenai hal apa saja yang perlu ada pada halaman judul atau bagian sampul makalah. selanjutnya yang akan kita bahas adalah bagian pendahuluan dalam pembuatan makalah. karena bagian pendahuluan makalah ini sedikit teknis sobat aksara perlu ekstra sabar agar berupaya memahaminya.

pendahuluan makalah

pembahasan pendahuluan makalah terdiri atas:

  1. latar belakang
  2. rumusan masalah
  3. tujuan penulisan
  4. manfaat 

baca juga : cara membuat pendahuluan

latar belakang 

Latar belakang menjelaskan secara umum permasalahan yang ditemukan, serta mengapa masalah tersebut perlu untuk diteliti kemudian di analisa dalam sebuah makalah. 

Latar belakang juga menjelaskan fakta-fakta, data-data, temuan penelitian sebelumnya, dan referensi yang penulis temukan, yaitu alasan yang membuat peneliti ingin meneliti hal tersebut.

Penulis juga mengemukakan pendekatan serta landasan teori yang bisa digunakan untuk menelaah permasalahan yang ditemukan.

cara membuat latar belakang makalah

latar belakang dalam pembuatan makalah berisi deskripsi tentang:

  1. gejala atau informasi yang berhubungan dengan topik (latar belakang empiris). 
  2. hasil telaah pustaka yang relevan dengan penelitian (latar belakang teoretis).  
  3. Latar belakang ditulis dengan metode piramida terbalik, yaitu mengerucut ke bawah. 

baca juga : contoh artikel deskripsi

maksud ditulis menggunakan metode piramida terbalik ialah pada awalnya penulis menjelaskan secara luas dan umum gambaran permasalahan kemudian lama-kelamaan dikerucutkan menjadi poin permasalahan penting. objek, serta ruang lingkup yang ingin diteliti.

contoh penulisan latar belakang makalah

contoh penulisan latar belakang makalah

rumusan masalah

rumusan masalah merupakan rangkaian permasalahan yang dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya atau atau pernyataan

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Biasanya rumusan masalah sangat singkat dan padat, tidak lebih dari satu paragraf serta berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang akan diteliti.

Rumusan masalah merupakan hasil pengerucutan dari pembahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

cara membuat rumusan masalah

Cara membuat rumusan masalah yang baik adalah mengerucutkan permasalahan melalui cara penyempitan kajian permasalahan yang luas dan umum, menjadi masalah yang sangat khusus, spesifik dan menjurus, serta ditulis dalam bentuk pertanyaan yang kemudian akan diteliti.

Rumusan masalah juga berfungsi sebagai pedoman atau penentu arah penelitian, penentu metode dan teori yang akan diambil untuk digabungkan sebagai landasan teori dalam penelitian, serta memudahkan peneliti untuk menentukan sampel dan populasi penelitian.

contoh penulisan rumusan masalah

tujuan penulisan makalah

tujuan penulisan makalah berisi manfaat dari penelitian yang dilakukan. Pada dasarnya manfaat ini ditujukan untuk pembaca. Manfaat diperoleh jika telah menemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal. 

tujuan penulisan biasanya ditulis secara singkat namun dapat mendeskripsikan manfaat penelitian kepada pembaca.

tujuan pembahasan dibagi menjadi dua, tujuan fungsional dan tujuan individual.

baca juga : contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya 

tujuan fungsional pembuatan makalah

tujuan fungsional lebih ditujukan kepada instansi yang terkena imbas dari hasil penelitian makalah yang Anda buat, yaitu manfaat penelitian Anda diharapkan mampu menjadi landasan mengambil kebijakan atau keputusan.

tujuan individual penulisan makalah

tujuan individual manfaatnya lebih kepada pribadi si penulis yaitu menambah ilmu pengetahuan, pengenalan, serta pengalaman baru terhadap kajian yang belum diteliti sebelumnya.

contoh pembuatan tujuan penulisan makalah

contoh pembuatan tujuan penulisan makalah

tuntas sudah pembahasan mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan pendahuluan makalah. selanjutnya, bagian yang juga tidak kalah penting, yaitu, pembahasan. apa saja yang harus sobat perhatikan saat menulis pembahasan dalam pembuatan makalah ? simak sampai selesai.

pembahasan/isi makalah

bagian pembahasan makalah merupakan reaksi penulis makalah terhadap tinjauan teoretis yang disusunnya. pembahasan makalah merupakan karya penulis makalah bukan hasil menyontek dari sumber lain. 

pembahasan sebuah makalah dapat berupa analisis, uraian, deskripsi, atau aplikasi atas kajian teoretis sebelumnya atau dapat berupa dukungan dan sangkalan terhadap kajian sebelumnya. 

syarat syarat kajian teoritis

  1. memuat  teori-teori  utama  atau  turunan  yang  berkait  dengan masalah yang dibahas. 
  2. menyajikan  kutipan  pendapat  dari  buku  yang  harus  diselingi dengan pendapat penulis 
  3. penulis makalah harus mampu membuat perbandingan dan pada akhirnya menyatakan posisinya terhadap teori yang dianggap paling relevan dengan masalah yang dibahas. 
  4. bukan rangkuman buku atau rangkuman berbagai buku. 
  5. penulis makalah harus benar-benar jujur untuk mencantumkan sumber kutipan. 
  6. tidak  ada  satu  kalimat  hasil  kutipan  yang  tidak  dicantumkan sumbernya (ada dalam daftar pustaka). 

baca juga : contoh artikel pendidikan

usahakan agar dalam penyusunan makalah, komposisi bagian pembahasan sebaiknya lebih banyak daripada bagian kajian teoritik.

contoh penulisan bagian isi/pembahasan makalah

contoh penulisan pembahasan isi makalah

contoh penulisan pembahasan makalah
contoh menulis pembahasan makalah

bagian pembahasan/isi makalah merupakan bagian yang benar-benar memerlukan ketelitian dan kesabaran. jadi, perhatikan dengan baik dan bersabar saat mengerjakannya. berikutnya yang akan kita bahas adalah bagian penutup makalah.

apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat penutup makalah ?

penutup makalah

bagian penutup makalah secara umum, terdiri atas :

  1. kesimpulan
  2. saran
  3. daftar pustaka
  4. lampiran (bila ada)

kesimpulan 

kesimpulan dalam penulisan makalah memuat penafsiran atau pemaknaan secara menyeluruh terhadap isi. kesimpulan bukanlah rangkuman, melainkan berupa jawaban yang mendasar atas masalah yang diajukan pada bab sebelumnya. 

simpulan harus sejalan dengan masalah dan tujuan makalah yang ditetapkan.

cara menulis kesimpulan saat pembuatan makalah 

teknik penulisan kesimpulan dapat dilakukan melalui dua bentuk yakni dalam bentuk poin per poin, atau dalam bentuk esai padat.

contoh penulisan kesimpulan

contoh penulisan kesimpulan makalah

saran  

saran merupakan bentuk tindak lanjut dari penulis makalah atas temuan yang telah dibahas sebelumnya. saran harus selalu berhubungan dengan isi makalah. 

saran dapat ditujukan kepada para pembuat kebijakan, pengguna makalah, atau kepada penulis makalah selanjutnya.

contoh penulisan saran dalam pembuatan makalah

contoh penulisan saran makalah

daftar pustaka makalah

daftar  yang  memuat  beragam  sumber  informasi  (buku,  jumal, majalah,  surat  kabar,  makalah  sebelumnya, skripsi, tesis)  yang digunakan sebagai pustaka acuan dalam membuat makalah. 

daftar  pustaka  ditulis  secara  berurutan  dan  alfabetis  (tanpa nomor). 

sumber  tertulis/tercetak  yang  membutuhkan  tempat  lebih  satu baris,  ditulis  dengan  jarak  antar  baris satu spasi, sedangkan jarak antara sumber - sumber tertulis yang saling berurutan  adalah dua spasi.

contoh penulisan daftar pustaka makalah

contoh penulisan daftar pustaka makalah

lampiran

lampiran (kalau ada)) berisi semua dokumen yang digunakan dalam penyusunan  makalah  dan  hasilnya  merupakan  satu  kesatuan dari makalah yang disusun.

demikianlah pembahasan mengenai cara membuat makalah kuliah bagi pemula dan contohnya. sampai jumpa di konten baraaksara selanjutnya.

sumber : 

https://pendkimia.fkip.umrah.ac.id/wp-content/uploads/sites/2/2020/10/PEDOMAN-PENULISAN-MAKALAH-PRODI-PENDIDIKAN-KIMIA-FKIP-UMRAH-2020.pdf

https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/repositori/bfc0079ca952f2a7cec3936c5e0b996e.pdf

https://id.scribd.com/document/349555924/cara-membuat-makalah-yang-baik-dan-benar-pdf

sumber gambar

https://www.academia.edu/41369869/Makalah_Hak_Asasi_Manusia_HAM_

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for " cara membuat makalah kuliah bagi pemula dan contohnya"