Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata begini tata cara membuat latar belakang skripsi langsung dari ahli

tata cara membuat latar belakang skripsi

tata cara membuat latar belakang skripsi – latar belakang penelitian proposal skripsi merupakan bagian yang penting saat menyusun skripsi. sebagai informasi, latar belakang masalah penelitian adalah informasi yang disusun secara sistematis mengenai masalah yang menarik minat penulis untuk meneliti. 

selain itu, latar belakang masalah berisi fakta yang akan sobat jadikan fokus masalah. kemudian fokus masalah ini harus dijelaskan secara ilmiah. ini penting sebagai pedoman saat bekerja menyelesaikan sebuah penelitian. 

jadi, masalah yang sobat ajukan dalam pembuatan latar belakang skripsi itu bukan berdasarkan perasaan tapi berdasarkan fakta dan data. sehingga saat latar belakang skripsi ini selesai dibuat dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah karena tidak berdasarkan perasaan atau kesan-kesan yang sulit diukur.

lalu, apa sebenarnya isi dari latar belakang skripsi ? dan bagaimana cara membuat latar belakang skripsi? 

sampai tak jarang kita melihat mahasiswa yang tiba pada proses pembuatan skripsi umumnya kebingungan? simak baik-baik tata cara membuat latar belakang skripsi ini.

baca juga : cara membuat pendahuluan

komponen latar belakang penelitian

alasan rasional pemilihan judul

saat sobat mengajukan judul ke pembimbing yang pertama kali ditanyakan adalah alasan kenapa sobat memilih judul tersebut. karena itu, berikan argumentasi yang kuat pada penulisan latar belakang skripsi yang sobat buat.

alasan kenapa sobat tertarik memilih judul tersebut

setelah sobat selesai mengajukan alasan rasional pemilihan judul pada latar belakang skripsi yang telah ditulis. pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab adalah kenapa sobat tertarik memilih judul tersebut. 

apakah masalah yang sobat angkat ada fakta dan datanya ? kemudian apa referensinya ? apakah penelitian terdahulu dapat membantu atau menguatkan sobat meneliti hal tersebut ? perhatikan hal-hal ini saat membuat latar belakang skripsi.

baca juga : cara membuat catatan kaki

gunakan metode piramida terbalik untuk membuat latar belakang skripsi kualitatif.

metode yang umum dipakai saat menulis latar belakang skripsi ialah induktif dan deduktif.

induktif adalah penalaran yang dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus ke kesimpulan yang bersifat umum. sementara deduktif adalah proses penalaran dari fenomena umum menuju kesimpulan yang bersifat khusus.

untuk mempermudah sobat membuat latar belakang skripsi coba cari tahu dulu akibat dari permasalahan yang sobat teliti. misalnya sobat meneliti mengenai kerusakan lingkungan. 

katakanlah ada sebuah fenomena kerusakan lingkungan di sekitar sobat yang muncul saat perusahaan pertambangan beroperasi. 

maka dapat diasumsikan ada hubungan antara beroperasinya perusahaan tambang dan kerusakan lingkungan.

dari permasalahan itu sobat dapat mengajukan judul misalnya “hubungan antara beroperasinya tambang dan kerusakan lingkungan di daerah x” 

pada bagian awal penulisan latar belakang skripsi bisa sobat bahas teori lingkungan hidup secara umum, masuk ke pembahasan pengaruh lingkungan hidup yang sehat terhadap keberlangsungan kehidupan di sebuah wilayah, kemudian masuk perlahan-lahan ke pembahasan kerusakan lingkungan dan dampak yang langsung dirasakan oleh masyarakat diwilayah sekitar tambang.

tentunya penulisan bagian awal latar belakang skripsi ini perlu menyertakan sumber referensi yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan.

baca juga : cara membuat makalah

yang tidak boleh ada pada penulisan latar belakang skripsi

jangan menggunakan pendapat sendiri

pada bagian awal pembuatan latar belakang skripsi tidak disarankan untuk membuat pendapat sendiri mengenai suatu fenomena. apalagi tidak berdasarkan data dan fakta yang bisa diverifikasi.

hindari penggunaan kata harus atau seharusnya pada pembuatan latar belakang skripsi.

berdasarkan contoh penulisan bagian awal latar belakang skripsi di atas. misalnya sobat ingin menulis begini “seharusnya saat tambang beroperasi ia harus begini dan begitu.” bukan tidak boleh mengambil kesimpulan begitu pada akhir penelitian. 

namun, pada penulisan latar belakang skripsi kata dan kalimat tersebut tidak etis dikemukakan. kerena, yang sobat tulis baru latar belakang skripsi, bukan solusi atau kesimpulan.

baca juga : cara membuat artikel

tidak boleh menyertakan prasangka pada proses pembuatan latar belakang skripsi.

semua informasi yang sobat kemukakan dalam pembuatan latar belakang skripsi harus berdasarkan fakta, data, dan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.

pertegas masalah pada akhir penulisan latar belakang skripsi

karena umumnya metode penulisan latar belakang skripsi menggunakan pola deduktif, maka sebaiknya semakin menuju akhir penulisan latar belakang masalah yang akan dibahas semakin mengerucut. 

jangan sampai penulisan latar belakang skripsi yang sobat hasilkan alurnya tidak bisa ditebak kadang-kadang umum, kadang-kadang khusus. usahakan tegas dalam penulisan juga alurnya.

bagaimana cara terbaik membuat latar belakang skripsi ?

memang ada cara membuat latar belakang skripsi yang baik ? ada, yaitu dengan cara banyak membaca, banyak mengamati persoalan di sekitar sobat yang tentunya relevan dengan program studi yang sobat pilih.

baca juga : contoh artikel deskripsi

melakukan studi pendahuluan

studi pendahuluan penting dilakukan untuk memperoleh gambaran umum masalah apa yang akan sobat angkat pada penulisan latar belakang skripsi. hasil studi pendahuluan ini langsung sobat tuangkan pada pembuatan latar belakang skripsi.

jika diibaratkan penelitian skripsi adalah sebuah rumah, maka latar belakang masalah skripi adalah pintu gerbangnya. pintu masuk yang menerangkan secara jelas bagaimana sebuah penelitian akan dikerjakan. 

kerjakan dengan teliti, jangan sampai sobat ngawur atau melakukan hal-hal yang tidak perlu saat membuat latar belakang skripsi ini. 

latar belakang masalah pada skripsi berfungsi untuk mempertegas mengapa sebuah penelitian harus dilakukan. singkat kata, penulisan latar belakang skripsi harus memuat dengan jelas apa, mengapa, dan siapa, dalam penulisannya. 

jadi akan kelihatan secara jelas apakah judul yang sobat angkat layak untuk diteliti atau tidak ? sangat bergantung pada kejelasan masalah dan faktor penting lainnya yang kita bahas sedari tadi.

selalu ingat, sebagus apapun judul yang sobat kemukakan kalau dalam pembuatan latar belakang masalahnya tidak mampu menjelaskan pentingnya sebuah penelitian dilakukan maka bersiaplah untuk menulis ulang judul.

satu lagi dalam pembuatan latar belakang masalah pada skripsi jangan terlalu dipikirkan berat-berat. hantam saja dulu fenomena yang menarik pikiran sobat, kemudian tuliskanlah. menulis seharusnya dapat dinikmati.

sumber

chodija makarim

https://www.youtube.com/watch?v=QLGf5aGor_Q

demikianlah pembahasan mengenai tata cara membuat latar belakang skripsi. sampai jumpa di konten baraaksara berikutnya.

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Ternyata begini tata cara membuat latar belakang skripsi langsung dari ahli"