Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara membuat artikel yang benar untuk pemula

cara membuat artikel

cara membuat artikel yang benar untuk pemula - artikel dekat dengan siapa pun yang sering online.artikel adalah teman saat kamu tak punya pemberitahuan atau pesan penting dari sosial media yang kamu gunakan. apalagi kalo kamu jomblo.

artikel yang tersebar di sosial media atau mesin pencari dapat sedikit menghibur. dan mengurangi kadar baper para jomblo yang nggak punya kerjaan dan setengah mati melihat postingan pasangan yang lagi asik buka puasa bareng atau jalan-jalan setelah tarawih sama-sama.

mbloo,mbloo menu buka puasa aja ada pasangannya. masa kamu nggak. hiaaa.

untuk mengurangi kadar kesepian para jomblo. baraaksara berinisiatif menemani kamu dengan menyajikan pembahasan mengenai cara menulis artikel dan contoh artikel lengkap. mudah-mudahan aja kalian pada bisa menulis artikel.

karena, dengan menulis seluruh keresahan dan kegelisahan bisa dicurahkan. biar kamu ada kerjaan, daripada sendirian bingung-bingung gitu.

pengertian artikel

artikel adalah karangan berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial. menurut kamus besar bahasa indonesia, artikel berarti karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau essai dalam majalah, dan surat kabar.

tujuan penulisan artikel

tujuan penulisan artikel adalah menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa peristiwa itu terjadi. artikel dapat menawarkan gagasan baru, baik berupa teori maupun keterampilan, atau alternatif pemecahan masalah.

ciri-ciri artikel

setiap artikel umumnya memiliki topik. topik merupakan masalah yang dibahas dalam artikel. selain topik, artikel memiliki pokok pikiran. pokok pikiran merupakan informasi penting yang ada dalam artikel.

isi artikel dapat dipahami jika pokok pikiran dan jalinan hubungan antara pokok-pokok pikiran dapat kamu pahami.

Mengenal Ragam Jenis teks artikel 

terdapat berbagai macam jenis artikel. namun, pada kesempatan kali ini, baraaksara, hanya akan membahas beberapa jenis dan contoh teks artikel diantaranya:

  1. teks artikel eksplanasi
  2. teks artikel eksposisi
  3. teks artikel narasi
  4. teks artikel persuasi 
  5. teks artike lopini 
  6. teks artikel deskripsi 

kosakata dan kaidah kebahasaan teks artikel

kosakata adalah perbendaharaan kata. penulis artikel memerlukan kosakata yang menarik untuk meyakinkan pembaca. dengan kosakata yang menarik, artikel yang disajikan pun akan membuat orang betah membacanya lama-lama.

salah satu cara membuat artikel yang baik adalah dengan memperhatikan aspek kebahasaan teks artikel. agar menghindari kemungkinan salah penggunaan kata yang dapat  membuat pembaca bingung.

berikut ini pembahasan singkat mengenai kosakata penulisan artikel

adverbia

adverbia adalah bahasa yang dapat mengekspresikan sikap eksposisi. agar dapat meyakinkan pembaca, diperlukan ekspresi kepastian, yang bisa dipertegas dengan kata keterangan atau adverbia frekuentatif.

contoh adverbia frekuentatif:

  • seperti.
  • selalu.
  • biasanya.
  • sebagian besar.
  • sering.
  • kadang-kadang.
  • jarang.

konjungsi

konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sedeerajat, yaitu kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat.

terdapat beberapa konjungsi yang sering digunakan dalam penulisan artikel.

konjungsi yang sering digunakan untuk menyampaikan urutan argumentasi, seperti pertama, kedua, ketiga, dan berikutnya.

konjungsi berfungsi untuk memperkuat argumentasi seperti, selain itu, sebagai contoh, misalnya, padahal, dan justru.

konjungsi juga berguna untuk menerangkan sebab-akibat.

seperti, sejak, sebelumnya, dan sebagainya.

baca juga : cara membuat puisi

cara membuat artikel

cara membuat artikel yang benar untuk pemula

setelah sobat aksara memahami pengertian artikel, dan tujuan artikel selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat artikel dan yang baik diharapkan selesai membaca artikel ini sobat  dapat memahami cara membuat artikel yang menarik.

tentukan tema dan sudut pandang.

tema menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).

sedangkan sudut pandang merupakan cara penulis menempatkan dirinya dalam sebuah tulisan atau cerita.

untuk tema yang kamu tulis sebaiknya spesifik dan kamu kuasai. agar mudah dalam penulisan dan lebih gampang menarik minat pembaca.

agar dapat menemukan ide/sudut pandang tulisan. baik itu artikel atau jenis tulisan yang lain kamu tidak harus mencari ide keluar.

sobat bisa menggali ide tulisan melalui:

  1. pengalaman pribadi.
  2. pertanyaan orang lain.
  3. masalah sosial di sekitar kamu.

selain itu, kamu bisa memanfaatkan ilmu dan skill yang kamu kuasai untuk membuat suatu artikel. baik itu artikel konseptual maupun artikel untuk memecahkan suatu permasalahan.

membuat judul artikel yang menarik

judul adalah kepala karangan. judul artikel yang menarik dapat memancing pembaca untuk mendalami artikel yang kamu buat.

tips membuat judul artikel

judul artikel yang baik adalah yang mampu memberikan gambaran kepada pembaca mengapa artikel yang kamu buat menarik untuk dibaca.

berikut ini beberapa tips membuat judul artikel:

bedakan antara judul dan topik. misalnya topik yang ingin kamu bahas dalam artikel kamu ialah "tips agar lancar berbicara di depan umum", judul yang mungkin kamu pilih misalnya, "kenapa kita gugup saat bicara di depan umum?." setelah itu

susun topik yang menjadi fokus pembahasan artikel kamu ke dalam daftar yang lebih kecil.

rangkai topik-topik yang sudah kamu susun itu menjadi sebuah kalimat yang mewakili isi artikel.

buatlah beberapa "calon" judul artikel kemudian minta pendapat orang lain mengenai daftar judul artikel yang sudah kamus susun itu. apakah sudah mewakili isi artikel atau belum? ataukah judul artikel ini terlalu rumit?

judul artikel yang terlalu rumit dan panjang umumnya membuat orang enggan untuk membaca artikel yang telah kamu buat.

baca juga : cara membuat pendahuluan

sebisa mungkin usahakan agar judul mampu menjelaskan manfaat dari artikel yang kamu tulis.

rangkai judul yang mampu membangkitkan emosi pembaca, kamu bisa menentukan emosi macam apa yang kamu inginkan saat orang membaca artikel kamu.

perlu waktu untuk menentukan judul artikel yang menarik. bersabar dan buatlah pilihan yang tepat untuk judul artikel kamu. dengan sedikit bersabar kamu tentu dapat membuat artikel yang menarik untuk dibaca.

menetapkan tujuan penulisan artikel

tujuan penulisan adalah pesan apa yang kamu inginkan pembaca kamu ketahui. tujuan penulisan dapat disampaikan secara tersurat maupun tersirat.

membuat outline artikel

setelah tema, sudut pandang, judul, dan tujuan penulisan artikel sudah kamu buat sekarang waktunya kamu membuat kerangka penulisan atau outline artikel.

tips sederhana membuat outline artikel sebagai berikut:

jika tema artikel yang kamu angkat adalah tema yang umum/luas. maka, bagi tema yang luas itu menjadi tema yang lebih spesifik contoh misal tema artikel yang kamu ambil adalah “pendidikan” maka pecah menjadi “pendidikan dalam lingkup perguruan tinggi” dan lain-lain. 

buat poin-poin penting dari tema yang sudah spesifik tadi,

poin-poin penting inilah yang akan kamu rangkai menjadi suatu alur dan paragraf dalam artikel.

sertakan referensi dalam penulisan agar artikel yang kamu tulis dapat dipercaya.

baca juga : tata cara membuat latar belakang skripsi

Cara membuat artikel yang baik dan benar

cara membuat artikel

cara membuat artikel yang baik dan benar perlu memperhatikan format penulisan artikel. dengan pengetahuan mengenai format penulisan artikel yang baik dan benar sangat berharga untuk membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.

pembuka artikel

bagian pembuka artikel berisi masalah yang akan dibahas. bagian pembuka diawali dengan (thesis statement) atau tema yang akan kamu kemukakan. selanjutnya tesis yang telah kamu ajukan di bagian pembuka ini akan diperjelas di bagian isi artikel.

di bagian isi artikel nanti kamu harus mengemukakan argumentasi atau pandangan kamu mengenai masalah yang dibahas dalam artikel.

mengingat bagian pembuka artikel sangat menentukan apakah pembaca akan melanjutkan membaca artikel kamu hingga selesai atau tidak. kamu perlu mengolah bagian pembuka artikel ini sedemikian rupa sehingga mampu menarik minat baca pengunjung.

caranya bisa dengan:

  • mengajukan pertanyaan.
  • fakta-fakta menarik.
  • berdialog dengan pembaca.

isi artikel

bagian isi berfungsi untuk menjelaskan masalah yang telah diajukan di bagian pembuka. bagian isi menjelaskan secara rinci pendapat penulis.

penjelasan mengenai argumen yang telah diajukan di bagian pembuka sebaiknya, berdasarkan fakta-fakta di lapangan atau hasil riset.

karena umumnya artikel berisi analisis subjektif terhadap suatu masalah. maka argumentasi yang sobat kemukakan harus konstruktif agar pesan dalam artikel sobat dapat diserap dengan baik oleh pembaca.

sebagai pengingat fakta adalah suatu informasi yang bersifat nyata atau benar-benar terjadi. fakta selalu disertai dengan bukti-bukti yang mendukung kebenarannya.

ciri-ciri fakta umumnya sebagai berikut.:

  1. merupakan suatu kebenaran umum.
  2. menyertakan bukti berupa data yang akurat.
  3. mengungkapkan peristiwa yang benar-benar terjadi.
  4. hindari penjelasan yang seenaknya sendiri dan asal berpendapat dalam artikel yang sobat tulis.
  5. percantik artikel kamu dengan gambar, infografis, atau video yang relevan

penutup artikel

bagian penutup artikel merupakan kesan terakhir pembaca saat membaca artikel kita. usahakan di bagian penutup artikel perjelas poin-poin yang menjadi fokus pembahasan artikel kamu.

kalo artikel yang kamu tulis agak panjang buatlah rangkuman yang menjelaskan hal-hal penting dan bermanfaat dari artikel yang telah ditulis.

baca juga : cara membuat catatan kaki

cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca

cara membuat artikel

membuat artikel yang menarik untuk dibaca sangat berkaitan dengan perbendaharaan kata. sebagai penulis artikel, sobat sebaiknya memiliki stok perbendaharaan kata yang banyak. supaya, pada saat menulis artikel, sobat dapat bermain-main dengan gaya dan bahasa sehingga artikel yang dihasilkan memiliki ciri khas. 

oleh karena itu, perhatikan beberapa faktor yang membuat artikel menarik untuk dibaca berikut ini:

faktor yang membuat artikel menarik untuk dibaca

keaslian artikel

hindari copy paste secara serampangan artikel orang. ingat, tulisan adalah karya, kalo kamu asal copy paste, apa yang mau kamu banggakan dari karya kamu?

perhatikan proses editing setelah membuat artikel

setelah proses penulisan artikel kamu sudah selesai, jangan asal kirim. periksa dulu. yang umumnya dilakukan saat proses editing atau perbaikan penulisan artikel adalah memeriksa typo/salah ketik,

pembuatan artikel penuh dengan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan

periksa juga fakta dan data dalam isi artikel, periksa kalimat apakah kalimat yang kamu tulis bisa dengan mudah dipahami? atau gimana? intinya periksa dulu sebelum dikirim

aktual

informasi yang disajikan dalam artikel sedang menjadi pembicaraan banyak orang.

fenomenal 

isi informasi dalam artikel mampu mempengaruhi emosional pembaca.

editorial

artikel dalam surat kabar, majalah, website, atau media online yang mengungkapkan pendirian editor atau pemimpin media massa.

imajinasi

artikel mampu memacu memancing daya pikir pembaca untuk membayangkan dan merasakan apa yang digambarkan penulis dalam artikelnya.

penulisan artikel memuat nukilan

artikel akan semakin dipercaya jika memiliki sumber informasi yang jelas. salah satu caranya adalah dengan memberikan kutipan/nukilan yang dicantumkan pada artikel.

baca juga : cara membuat makalah

cara membuat artikel blog/website

cara membuat artikel

kalau sobat memiliki blog atau website maka menulis artikel yang mampu menarik minat pembaca adalah sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap performa blog/website sobat di mesin pencari google. menulis artikel di blog/website berbeda dengan menulis artikel pada umumnya.

karena penulis perlu memperhatikan beberapa faktor seo yang menentukan apakah sebuah artikel bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari atau tidak. jadi, dalam menulis artikel sebaiknya memperhatikan beberapa aspek berikut ini agar artikel yang sobat tulis dapat meraih peringkat terbaik di mesin pencari google.

riset keyword sebelum membuat artikel

keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan informasi. sebelum sobat menulis artikel di blog sebaiknya melakukan riset mengenai seberapa banyak pengguna yang menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari informasi? 

perhatikan juga beberapa jenis kata kunci berikut ini. 

jenis kata kunci pada penulisan artikel website

keyword abadi

adalah kata kunci yang setiap waktu akan diperlukan oleh pengguna. contoh keyword abadi misalnya, “cara mengobat sakit gigi”.

 selama masih ada manusia yang hidup tentu informasi mengenai cara mengobati sakit gigi akan selalu diperlukan. 

riset sebanyak-sebanyaknya kata kunci abadi yang diperlukan pengguna dan jadikan artikel dalam blog/website sobat.

keyword musiman

keyword musiman adalah informasi yang diperlukan pengguna internet saat ada momen tertentu. misalnya, “informasi mengenai asian games”. asian games adalah event olahraga yang hanya berlangsung beberapa bulan. 

pada saat diselenggarakan mungkin banyak pengguna yang memerlukan informasi mengenai ini. tapi, kalo sudah selesai minat pengguna internet terhadap informasi ini pun perlahan berkurang.

untuk sobat yang mengelola sebuah blog dan website agar jeli dalam memilih kata kunci yang akan ditulis. sebaiknya memilih kata kunci yang terus menerus diperlukan oleh pengguna.

riset volume penelusuran

setelah sobat menentukan kata kunci yang akan dijadikan artikel selanjutnya adalah melihat seberapa banyak minat pengguna terhadap kata kunci yang akan sobat tulis. 

untuk aktivitas ini sobat memerlukan alat. sobat dapat menggunakan google keyword planner atau ubbersuggest untuk melihat volume penelusuran.

membuat judul artikel di blog/website

setelah sobat selesai meriset keyword maka langkah selanjutnya adalah menulis. ketika sobat menulis artikel di blog pastikan judul yang sobat buat mengandung kata kunci. 

maksudnya gimana tuh?

misalnya, sobat telah menemukan kata kunci “cara mengobati sakit gigi”. supaya lebih menarik banyak pengguna sobat dapat merumuskan judul seperti, “cara mengobati sakit gigi dalam sehari”. atau “tips mengobati sakit gigi untuk anak-anak”. 

tentunya sobat dapat berkreasi lebih jauh mengenai pemilihan judul. yang penting judul yang sobat buat harus mengandung kata kunci. 

paragraf awal artikel blog website yang seo friendly

menurut plugin rankmath dan yoast seo fokus keyword sebaiknya ada di awal paragraf. jumlahnya sekitar 10 % ini bukan angka mutlak ya sobat. soal seberapa banyak kata kunci harus disebar dalam sebuah artikel memang mengundang perdebatan panjang. 

namun, prinsip menulis artikel di blog dan website ialah sebar fokus keyword sebisa mungkin di awal paragraf.

heading dan sub-heading

menurut plugin yoast setiap 300 kata sebaiknya diberikan sub heading baru. tujuannya agar pembaca lebih mudah mencerna artikel yang dibagi poin per poin.

struktur konten blog dan website

karena banyak pengguna mengakses informasi lewat smartphone maka sebisa mungkin hindari kalimat yang terlalu panjang. karena dapat membuat pembaca tidak betah berlama-lama membaca.

jadi, sebaiknya setiap 3-4 kalimat berikan 1-2 spasi untuk memisahkan kalimat. 

internal link

internal link adalah tautan yang mengarahkan pembaca ke artikel lain dalam blog yang sama.

dalam penulisan artikel di blog sebaiknya internal link-an artikel yang sobat tulis dengan artikel lain dalam blog/website sobat yang masih relevan dengan artikel yang sedang ditulis. 

misalnya, dalam blog sobat ada artikel “cara mengobati sariawan”. dan sobat sedang menulis “cara mengobati sakit gigi”. 

maka internal link-an artikel cara mengobati sariawan itu ke artikel yang sedang sobat tulis. karena masih relevan. gunakan juga kata-kata penghubung seperti, baca juga, klik disini dan lain-lain.

keyword in url

sertakan juga keyword dalam hyperlink yang sobat buat. soal panjang-pendeknya sesuaikan dengan selera sobat. Cuma, yang banyak disarankan adalah kata kunci yang pendek dalam url.

eksternal link

eksternal link adalah tautan  yang mengarahkan pembaca ke halaman baru di luar blog sobat.

misalnya, dalam artikel sobat terdapat istilah asing dan kebetulan sobat malas untuk menjelaskannya. maka arahkan pembaca ke halaman lain yang menjelaskan mengenai istilah asing tersebut.

eksternal link pada penerapannya dalam blog biasanya dipakai untuk menjelaskan sumber penulisan artikel.

gunakan deskripsi penelusuran

kalo sobat pengguna blogger.com pasti tahu mengenai deskripsi penelusuran yang hanya berisi 150 kata itu. maksimalkan dengan mengisinya dengan rincian yang lengkap tentang konten yang sedang sobat tulis.

maksimalkan gambar

dalam penulisan blog era kekinian banyak dari para pakar menyarankan supaya menggunakan banyak gambar yang relevan dengan artikel. 

tapi ini selera sih. minimal, sobat menggunakan satu gambar dalam setiap artikel. alt teks gambarnya juga diisi biar gambar sobat ada keterangannya.

sekian pembahasan mengenai cara membuat artikel yang benar untuk pemula. sampai jumpa di artikel baraaksara lainnya.

kueri terkait - cara membuat artikel bahasa indonesia,cara membuat artikel blog,cara membuat artikel dan contohnya,cara membuat artikel di website,cara membuat artikel ilmiah,cara membuat artikel jurnal,cara membuat artikel lepas,cara membuat artikel populer,cara membuat artikel yang baik,cara membuat artikel yang baik dan benar

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "cara membuat artikel yang benar untuk pemula"