Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar bagaimana cara menulis puisi bagi pemula bersama dua sastrawan ternama indonesia

cara membuat puisi

Cara menulis puisi – puisi adalah sebuah seni yang mampu menggetarkan hati siapa pun. Puisi dapat berbicara mengenai apa saja mulai dari tema yang berat hingga yang receh sekalipun. Bahkan, puisi mampu mengantarkan makna dengan cara yang ajaib. 

Keajaiban penulisan puisi membuat beberapa dari kita mulai penasaran dan bertanya bagaimana cara membuat puisi yang bagus ? Buat kalian yang klik tulisan ini tentu ingin belajar bagaimana membuat puisi yang baik bukan ? Namun, sebelum kita membahas mengenai cara membuat puisi sebaiknya kita belajar bersama dulu mengenai apa saja struktur yang membentuk sebuah puisi. 

Biar nggak pusing bikin puisinya.

Pengertian puisi

Puisi dalam pandangan joko pinurbo

Puisi menurut joko pinurbo bukanlah karya klenik atau mistik. Puisi memang memiliki daya magis yang mampu menarik perhatian. Namun, untuk bisa mendapatkan inspirasi dalam menulis puisi kamu tidak perlu pergi ke pantai saat tengah malam, atau bertapa di gunung.

Puisi dalam pandangan sapardi joko damono.

Puisi adalah bentuk karya sastra paling sederhana. Setiap orang dapat menulis puisi kalau mau. Puisi yang bagus adalah puisi yang enak dibaca dan bisa dikreasikan menjadi bentuk karya lain seperti, lagu, cerpen, novel, bahkan komik. Dan tidak mirip tulisan di koran.

pengertian puisi menurut ahli

Puisi adalah pembuatan makna baru. Karena, setelah mencipta sebuah puisi seorang penyair dapat dikatakan telah membangun, membuat, atau membentuk sebuah dunia baru secara lahir maupun batin (tjahjono, 1988:50)

Pradopo (2010: 7) memberi garis besar dari definisi-definisi puisi menurut beberapa penyair inggris yang dihimpun oleh shahnon ahmad, yakni bahwasanya puisi mengandung unsur-unsur berupa: emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan pancaindera, susunan kata, kata-kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur-baur

Pengertian puisi menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) 

Kamus besar bahasa indonesia (kbbi) mendefinisikan puisi sebagai berikut

  • Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, dan rima, serta penyusunan larik dan bait.
  • Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman yang membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus 
  • Sajak.

Struktur puisi

Tak hanya bangunan yang memiliki struktur, puisi juga demikian. Dalam penulisan puisi dikenal dua unsur utama pembentuk puisi yaitu struktur fisik dan struktur batin.

Pendapat waluyo (1987:25) bahwa puisi adalah bentuk karya Sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan. Pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batin

baca juga : cara membuat makalah

Struktur fisik puisi

Struktur fisik puisi adalah unsur yang membangun puisi dari luar menurut hikmat, dkk. Terdiri dari wujud Puisi, diksi, kata konkret, gaya bahasa, dan citraan (2016:20—37) sedangkan (rokhmansyah,2014: 14). berpendapat  Struktur fisik puisi meliputi: 

  1. diksi 
  2. imajinasi
  3. kata konkret
  4. bahasa
  5. Figuratif
  6. verifikasi
  7. tipografi 
  8. enjabemen.

Diksi

Diksi merupakan pemilihan kata oleh penyair pada puisinya. Pemilihan kata dalam penulisan puisi berkaitan dengan makna, keselarasan bunyi, dan urutan kata (siswanto, 2008: 114-115). Jadi, pemilihan kata dalam penulisan puisi berupaya mengungkapkan gagasan.

Imajinasi

Imajinasi ialah kelompok kata yang dapat membuat kamu dapat memperoleh pengalaman inderawi misalnya, melihat, mendengar atau merasakan apa yang disajikan oleh penyair. Rokhmansyah (2014: 18), menyebut imajinasi sebagai

Susunan kata-kata yang dapat mengungkapkan pengalaman sensoris sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, merasakan seperti apa yang dilihat, didengar dan dirasakan penyair dalam puisinya secara imajinatif melalui pengalaman dan rasa.

Metafora

Metafora merupakan gaya bahasa kiasan yang membandingkan tanpa menggunakan kata-kata pembanding. 

Alegori

Alegori merupakan gaya bahasa cerita berbentuk kiasan. Narasi kiasan ini dibuat untuk membandingkannya dengan narasi yang lain.

baca juga : cara membuat pendahuluan

Personifikasi

Personifikasi merupakan gaya bahasa yang membuat benda mati atau suatu keadaan seakan-akan memiliki daya hidup seperti manusia. 

Hyperbola

Hyperbola adalah sebuah gaya bahasa yang melebih-lebihkan 

Metonimia 

Metonimia merupakan jenis gaya bahasa yang Menggunakan nama ciri atau hal yang ditautkan dengan

Orang, barang, atau hal lain sebagai gantinya.

Sinekdoki 

Sinekdoki merupakan gaya bahasa yang Menyampaikan suatu bagian yang dianggap ciri-ciri dari Bagian tersebut untuk menyatakan suatu hal atau benda.

baca juga : cara membuat catatan kaki

Citraan 

Citraan adalah pengimajian menurut Waluyo adalah susunan kata-kata yang memperkonkret

Puisi yang ditulis penyair (2005: 10). Sementara hikmat, Dkk (2016: 37) citraan erat kaitannya dengan pancaindera Yang terdiri dari penglihatan, pendengaran, penciuman, Perabaan, dan pencecapan.

Struktur batin puisi

Tema

Tema ialah gagasan pokok penyair mengenai sesuatu hal yang dialaminya. Tema muncul berdasarkan hubungan penyair dengan lingkungannya. Kondisi lahir dan batin dimana penyair hidup sangat menentukan tema puisi yang diangkatnya. 

Nada dan suasana

Menurut hikmat, dkk. (2016) nada adalah ekspresi Afektif penyair terhadap pembacanya. Nada merupakan sikap penyair terhadap pembacanya. Apakah sang penyair berniat menasehati, menggurui, mengejek, menyindir, atau hanya sekedar bercerita dengan pembaca. 

Sementara suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi itu atau akibat psikologis yang ditimbulkan puisi itu terhadap pembaca (waluyo, 1987: 125). Bisa suasana semangat, sedih, atau bahagia.

Amanat 

Amanat merupakan pesan atau maksud yang hendak

Disampaikan seorang penyair kepada pembacanya. Amanat menurut waluyo (1987: 130) merupakan hal yang mendorong penyair untuk menciptakan puisinya amanat sebuah puisi bersifat interpretatif, artinya setiap orang mempunyai penafsiran makna yang berbeda dengan Yang lain.

Setelah kamu memahami struktur lahir dan struktur batin penulisan puisi. Sekarang, waktunya kamu pelajari bagaimana cara membuat puisi yang bagus menurut sastrawan kenamaan indonesia.

Cara membuat puisi menurut sapardi djoko damono

Cara membuat puisi menurut sapardi djoko damono

Sapardi djoko damono merupakan seorang penyair yang karyanya mampu menggetarkan jiwa yang resah dan kesepian. Seperti apakah proses kreatif seorang sapardi? Siapin kopi dan simak pembahasannya.

Gemar membaca

Menurut sapardi, sebelum menulis seseorang harus jadi pembaca dulu. Agar dapat menjadi penulis puisi yang baik. Baca sebanyak-banyaknya karya lain. Dan coba untuk meniru dan memodifikasi. Berikut ini tips menulis puisi menurut om sapardi

Jangan libatkan emosi

Menurut sapardi, penulis tidak boleh terlibat secara emosional dengan apa yang ditulis. Jika memaksakan menulis, maka yang keluar hanyalah emosi sang penulis.

Misal dalam keadaan marah, maka yang keluar hanyalah kemarahan-kemarahan saja. Oleh sebab itu, saat menulis puisi hendaknya memberi jeda/jarak. Sebagaimana pengakuan sapardi, saat menulis puisi tentang marsinah.

Waktu pengerjaan puisi itu cukup lama, sekitar tiga tahun. Hal ini dikarenakan saat membuat, kondisi marah selalu muncul. Alhasil, dirinya pun berhenti.

Kemudian melanjutkan lagi, ternyata marah lagi. Lalu, berhenti. Hingga akhirnya, karya puisi itu selesai di tahun 1998. Meski begitu, sapardi mengaku perlu merevisi puisi itu karena masih terdapat marah dalam peristiwa itu.

baca juga : cara membuat artikel 

Prinsipnya ini berlaku pula saat dirinya menulis puisi cinta. Jika ditulis dalam keadaan emosional, maka puisi yang terlahir akan cengeng. Karena itu, perlu membuat jeda/jarak dengan peristiwa penting yang terjadi.

Puisi ada di sekitar kita

Puisi bisa berasal dari, pengalaman pribadi, dongeng dari orang lain, karya sastra lain atau koran. Kalo di zaman ini bisa dari sosial media dan lain-lain. Saat membuat puisi, tidak perlu terlalu mengawang-awang atau melangit. Karena hal ini justru membuat penulis kesulitan sendiri.

Sebagaimana sapardi saat menulis "berjalan ke barat di waktu pagi hari". Puisi itu dia buat dengan sederhana. Meski begitu, puisi itu juga termasuk salah satu yang disukainya dan dihafalkannya.

Sampai sekarang, dirinya masih tidak percaya jika karyanya itu telah diterjemahkan ke lebih dari 20 bahasa dan disertakan dalam antologi karya sastra top dunia.

Jangan meniru karya sendiri

Meniru karya sendiri? Apa maksudnya? Kejahatan paling sadis seorang penulis menurut sapardi adalah meniru karyanya sendiri. Sebab hal ini hanya akan membuat si penulis berputar di wilayah itu-itu saja. Tak hanya itu, kreativitasnya pun mandek.

Meski banyak orang yang mengenal sapardi sebagai penyair cinta. Tapi, dirinya tidak mengakui hal itu. Sebab banyak pula tema yang dia angkat, selain percintaan. Seperti keresahan sosial, masa kecil, keluarga, kritik kepada penguasa, dan lain sebagainya.

Menurut sapardi, agar kreativitas terus menjalar. Seorang penulis perlu banyak membaca dan menambah wawasan. Agar cakrawala pandangannya semakin luas dan perbendaharaan katanya semakin kaya.

Kumpulan puisi karya sapardi djoko damono

Hujan bulan juni

Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni

Dirahasiakan rintik rindunya kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak dari hujan di bulan juni

Dihapuskan jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif dari hujan bulan juni

Dibiarkan yang tak terucapkan diserap akan pohon bunga itu

Yang fana adalah waktu

Yang fana adalah waktu. Kita abadi

Memungut detik demi detik, merangkainya seperti bunga sampai pada suatu hari kita lupa untuk apa

"tapi, yang fana adalah waktu, bukan?" tanyamu.

Kita abadi.

Aku ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Pada suatu hari nanti

Pada suatu hari nanti

Jasadku tak akan ada lagi

Tapi dalam bait-bait sajak ini

Kau tak akan kurelakan sendiri

Pada suatu hari nanti

Suaraku tak terdengar lagi

Tapi di antara larik-larik sajak ini

Kau akan tetap kusiasati

Pada suatu hari nanti

Impianku pun tak dikenal lagi

Namun di sela-sela huruf sajak ini

Kau tak akan letih-letihnya kucari

Sajak-sajak kecil tentang cinta

Mencintai angin harus menjadi siut

Mencintai air harus menjadi ricik

Mencintai gunung harus menjadi terjal

Mencintai api harus menjadi jilat

Mencintai cakrawala harus menebas jarak

Mencintai-mu harus menjelma aku

Hatiku selembar daun

Hatiku selembar daun

Melayang jatuh di rumput;

Nanti dulu,

Biarkan aku sejenak terbaring di sini;

Ada yang masih ingin kupandang,

Yang selama ini senantiasa luput;

Sesaat adalah abadi

Sebelum kausapu tamanmu setiap pagi.

Akulah si telaga

Akulah si telaga:

Berlayarlah di atasnya;

Berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil

Yang menggerakkan bunga-bunga padma;

Berlayarlah sambil memandang harumnya cahaya;

Sesampai di seberang sana, tinggalkan begitu saja

Perahumu biar aku yang menjaganya.

1982

Berjalan ke barat di waktu pagi hari.

Waktu aku berjalan ke barat di waktu pagi matahari mengikutiku di belakang

Aku berjalan mengikuti bayang-bayangku sendiri yang memanjang di depan

Aku dan matahari tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang telah menciptakan bayang-bayang

Aku dan bayang-bayang tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang harus berjalan di depan

cara membuat puisi

Cara membuat puisi yang baik dan benar menurut joko pinurbo

Joko pinurbo seorang penyair kelahiran pelabuhan ratu, sukabumi, jawa barat, pada 11 mei 1962 ini adalah seseorang yang punya ciri khas dalam menyampaikan makna lewat puisi.

Jokpin tak berceramah dalam puisinya. Ia mengajak kita semua merenung dan mengambil kesimpulan sendiri mengenai apa yang dituliskannya. Tak heran, ia begitu banyak mendapatkan penghargaan atas ketekunan dan kelihaiannya merangkai kata.

Apakah ada di antara kalian hay jiwa-jiwa yang resah, ingin menulis puisi sepeti jokpin? Jika ingin siapkan kopi dan simak pembahasannya berikut ini.

Banyak membaca karya penyair lain

Menurut jokpin, manusia punya yang namanya kekerabatan imajinasi. Manusia bisa sama dalam mengimajinasikan suatu hal. Ketika kamu ingin menulis puisi mengenai lingkungan misalnya, maka bacalah karya penyair lain di tema yang sama. Agar menghindari kemiripan karya.

Dengan banyak membaca karya penulis lain kamu juga dapat menganalisa gaya penulisan yang beragam, dan membangun gaya penulisan kamu sendiri.

Memiliki catatan ide

Kamu harus punya buku catatan khusus untuk menulis ide, kenangan, dan peristiwa yang kamu amati. Sehingga begitu menulis ide-ide yang tersimpan dapat langsung dieksekusi menjadi tulisan.

Merawat keresahan

Dengan selalu merawat keresahan seorang penyair tak akan kehabisan bahan untuk menulis puisi. Kegelisahan mengenai suatu hal adalah bahan mentah yang berkualitas untuk diolah menjadi karya.

Memperluas sudut pandang

Kamu bisa menulis puisi yang lebih membumi dengan memperluas sudut pandang, bermain dengan kosakata, dan menghasilkan perasaan yang lain.

Banyak penyair menulis mengenai duka. Dapatkah kamu menulis duka dengan mengungkapkan perasaan yang berbeda dengan chairil anwar dan sapardi djoko damono misalnya?

Hindari berceramah dalam puisi

Salah satu kebiasaan buruk dari penyair adalah menyimpulkan sendiri pedan dari karyanya. Padahal, menyimpulkan bacaan adalah bagian milik pembaca dengan imajinasinya.

Jangan berambisi untuk menjadi nabi dan penceramah dalam puisimu. Jangan menceramahi pembaca lewat karya. Biarkan pembacamu berimajinasi.

Memiliki kepribadian yang bersahaja

Untuk dapat menjadi penyair yang bagus jadilah manusia yang sewajarnya dalam keseharian kamu. Sehingga lebih mudah menyerap cerita dan pengalaman-pengalaman orang lain.

Lebih baik menjadi orang biasa dengan karya yang gila, daripada menjadi orang gila dengan karya yang biasa-biasa saja. Joko pinurbo.

Kumpulan puisi karya joko pinurbo

Kamus kecil

Saya dibesarkan oleh bahasa indonesia yang pintar dan lucu

Walau kadang rumit dan membingungkan

Ia mengajari saya cara mengarang ilmu

Sehingga saya tahu

Bahwa sumber segala kisah adalah kasih

Bahwa ingin berawal dari angan

Bahwa ibu tak pernah kehilangan iba

Bahwa segala yang baik akan berbiak

Bahwa orang ramah tidak mudah marah

Bahwa untuk menjadi gagah kau harus menjadi gigih

Bahwa seorang bintang harus tahan banting

Bahwa orang lebih takut kepada hantu ketimbang kepada tuhan

Bahwa pemurung tidak pernah merasa gembira

Sedangkan pemulung tidak pelnah merasa gembila

Bahwa orang putus asa suka memanggil asu

Bahwa lidah memang pandai berdalih

Bahwa kelewat paham bisa berakibat hampa

Bahwa amin yang terbuat dari iman menjadikan kau merasa aman

Bahasa indonesiaku yang gundah

Membawaku ke sebuah paragraf yang merindukan bau tubuhmu

Malam merangkai kita menjadi kalimat majemuk yang hangat

Di mana kau induk kalimat dan aku anak kalimat

Ketika induk kalimat bilang pulang

Anak kalimat paham

Bahwa pulang adalah masuk ke dalam palung

Ruang penuh raung

Segala kenang tertidur di dalam kening

Ketika akhirnya matamu mati

Kita sudah menjadi kalimat tunggal

Yang ingin tetap tinggal

Dan berharap tak ada yang bakal tanggal"

Puisi: kamus kecil - joko pinurbo (2014)

Tengah malam

Badai menggemuruh di ruang tidurmu,

Hujan menderas, lalu kilat, petir,

Dan ledakan-ledakan waktu dari dadamu.

Sesudah itu semuanya reda.

Musim mengendap di kaca jendela.

Tinggal ranting dan dedaunan kering

Berserakan di atas ranjang. Hening.

Waktu itu tengan malam.

Kau menangis. Tapi ranjang

Mendengarkan suaramu sebagai nyanyian.

(jokpin, 1989)

sekian pembahasan mengenai cara membuat puisi bagi pemula. terima kasih telah membaca sampai selesai. sampai jumpa di artikel lainnya.


sumber : 

https://www.youtube.com/watch?v=WyUEFGbEWAE

https://www.youtube.com/watch?v=mcPLZTvDV28

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/8929/1/KAJIAN-PUISI.pdf

http://eprints.umm.ac.id/38455/3/BAB%20II.pdf


kueri terkait - cara menulis puisi yang bagus,cara menulis puisi yang baik, cara membuat puisi guruku,cara membuat puisi ibu,cara membuat puisi lingkungan,cara membuat puisi natal,cara membuat puisi online

cara membuat puisi guruku,cara membuat puisi ibu,cara membuat puisi lingkungan,cara membuat puisi bebas,cara membuat puisi bahasa inggris,cara membuat puisi sendiri,cara membuat puisi pendek,cara membuat puisi yang baik,cara membuat puisi alam,cara membuat puisi dengan benar,cara membuat puisi guru,cara membuat puisi modern

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Belajar bagaimana cara menulis puisi bagi pemula bersama dua sastrawan ternama indonesia"