Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Terbaru, Populer, Singkat, Bahasa Indonesia Terlengkap, Dan Strukturnya

contoh artikel terbaru – hay, sobat aksara! ketemu lagi di pembahasan mengenai kumpulan contoh artikel terbaru. pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam contoh artikel dalam berbagai tema. tujuannya agar sobat aksara memiliki referensi yang cukup untuk membuat artikel yang menarik.

contoh artikel deskripsi

contoh artikel deskripsi

artikel teks deskripsi adalah jenis teks yang paling sering dijumpai. 

karena memang teks deskripsi sendiri berfungsi untuk memberikan gambaran suatu objek kepada pembaca, sehingga pembaca dapat seolah-olah melihat, merasakan, mendengar, dan mengalami apa yang digambarkan oleh seorang penulis.

karena alasan itulah, artikel teks deskripsi sering digunakan untuk memberikan gambaran mengenai objek wisata, produk terbaru, bahkan sebuah isu atau persoalan yang rumit. 

mengingat banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sobat aksara dapat memahami, menganalisis, atau menulis artikel teks deskripsi ini, simak pembahasannya berikut ini.

dalam pembahasan mengenai contoh karangan deskripsi kali ini, bara aksara hanya akan membagikan sedikit pengertian mengenai teks deskripsi, dan contoh karangan paragraf deskripsi dalam berbagai topik.

apa itu teks deskripsi ?

Teks deskripsi merupakan ragam wacana yang memberikan perincian atau detail tentang objek berdasarkan kesan-kesan dari pengamatan, pengalaman dan perasaan penulisnya. 

agar dapat memberi pengaruh pada sensitivitas dan imajinasi pembaca.

agar pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, merasakan atau mengalami langsung objek yang dideskripsikan oleh penulis.

ciri khas teks deskripsi

ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks. 

penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek misalnya:

  1. bentuk
  2. ukuran
  3. warna
  4. ciri-ciri psikis dan keadaan suatu objek dengan rinci

jenis-jenis teks paragraf deskripsi

secara umum, terdapat dua jenis paragraf deskripsi.

teks deskripsi imajinatif/impresionis

Deskripsi  imajinatif atau  impresionis  adalah  paragraf  yang melukiskan  ruang  atau  tempat berlangsungnya suatu peristiwa.

teks deskripsi faktual atau ekspositoris

teks deksripsi faktual atau ekspositoris adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaan sebenarnya (Tukan, 2007).

setelah membahas sedikit mengenai apa itu teks deskripsi, ciri khas, dan jenis-jenis karangan deskripsi. sekarang kita ulas bersama contoh artikel deskripsi dalam berbagai topik.

karangan teks deskripsi memang mengutamakan detail. namun bukan berarti harus panjang saat menuliskannya. karena, pada beberapa jenis karangan  deskripsi, terutama produk dan jasa tak perlu terlalu panjang. 

yang penting hal-hal pokok apa saja yang harus diketahui oleh pengguna produk atau jasa yang sobat deskripsikan dapat dengan mudah dipahami. nah, berikut ini contoh teks deskripsi singkat.

baca juga : contoh cover makalah

contoh teks deskripsi singkat

brand oppo kembali menggebrak pasar smartphone dengan produk terbarunya oppo reno 6 5g ultra slim retro design. secara tampilan smartphone yang cantik ini seperti membawa penggemar smartphone kembali ke gaya smartphone lima tahun yang lalu. 

bentuknya yang agak kotak dan slim membuatnya berbeda dengan mayoritas design hp seperti umumnya, yang cenderung melengkung dan lebih ergonomis ditangan. meskipun begitu, spesifikasi yang dibawa oleh smartphone teranyar oppo ini tidak main-main. 

berikut ini deskripsi spesifikasinya untuk anda.

cukup mudah bukan? membuat teks deskripsi singkat ? setelah itu sertakan spesifikasi dan fitur yang menjadi keunggulan produk yang sobat deskripsikan.

contoh deskripsi singkat

ulang tahun memang sebuah momen yang sangat istimewa bagi setiap orang. wajar kalau banyak orang yang begitu bahagia saat merayakannya. 

kebahagiaan itu akan semakin meriah kalau ada orang-orang terkasih, sahabat, dan om badut. 

om-om badut yang lucu, menyenangkan dan menghibur dapat membuat pesta ulang tahun anak anda semakin meriah dan menyenangkan. 

hanya dengan Rp 350.000 bapak-ibu bisa mendapatkan:

mc badut

pertunjukan sulap badut

kuis yang menyenangkan.

permainan berhadiah.

tunggu apa lagi ? hubungi nomor di bawah ini.

seperti itulah contoh deskripsi singkat untuk jasa. sisanya bisa sobat kreasikan sendiri. selamat mencoba

Contoh deskripsi

gunung gamalama

gunung gamalama sebuah gunung yang mempunya ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. begitu dingin, sejuk, dan menakjubkan untuk siapapun yang sempat mengunjunginya. 

gunung gamalama juga diselimuti hutan montana pada ketinggian 1.200 - 1.500 m. hutan montane merupakan istilah biogeografi yang berarti daerah dataran tinggi di bawah jalur pohon. 

wilayah montana cenderung lebih dingin dan memiliki curah hujan lebih tinggi. cocok banget buat kamu yang lagi sumpek dengan suasana kota yang bising, macet, penuh polusi dan bkin strees. 

jalur sepanjang pendakiannya sejuk, pemandangannya indah, baik selama di perjalanan atau dari puncak.

baca juga : cara membuat puisi

contoh karangan deskripsi

Pantai sulamadaha

pantai sulamadaha dianugerahi kejernihan air sebening kaca. pantai berpasir hitam yang cantik ini berdekatan dengan pulau hiri yang sudah masyhur sebagai spot diving favorit di ternate. 

selain cantik, pemandangan pantai sulamadaha dihiasi keindahan area pegunugan dan pulau-pulau disekitarnya. para penunjung dapat menikmati kejernihan pantai ini menggunakan speed boat yang disewakan masyarakat sekitar.

terdapat juga berbagai kudapan tradisional yang siap memanjakan lidah anda kala lapar melanda. anda dapat snorkling, diving, atau sekedar berenang santai dengan keluarga pun boleh.

selain itu, terdapat beberapa banana boat yang disewakan, membuat pengalaman liburan anda bersama keluarga terasa lebih menyenangkan.

baca juga : cara membuat pendahuluan

contoh paragraf deskripsi

Danau Tolire 

danau tolire adalah sebuah danau yang berada sekitar 15 Km dari pusat kota ternate. danau ini memiliki rupa yang unik. bentuknya mirip balanga raksasa yang menganga. 

danau indah ini berada di sela kaki gunung gamalama. jangan sampai keliru, terdapat dua buah danau. yang pertama tolire besar, kedua tolire kecil. keduanya sama-sama indah dengan kekhasannya masing-masing.

untuk danau tolire besar saat anda melemparkan batu ke arah danau, maka anda tak akan mampu melihat percikan air yang dihasilkan dari benturan air dan batu itu. sebuah hal yang barangkali dapat membuat professor pusing dengan fenomena semacam ini.

danau tolire ini juga diselimuti mistik dan mitos. jadi, untuk anda yang senang dengan suasana lain saat liburan berkunjunglah ke danau tolire ini. makanan khas yang nikmat, pemandangan pantai dan pulau eksotis menanti anda.

contoh teks deskripsi tentang sekolah

sekolahku, rumahku.

aku bersekolah di sma n 8 kota ternate, sebuah sekolah yangt terkenal mampu bersaing secara intelektual, olahraga, dan banyak hal lainnya.

sekolah ini terdiri dari dua lantai. lingkungannya asri, guru-gurunya baik, dan murid yang senang berkompetisi meraih prestasi.

selain itu lingkungan sekolahku juga dipenuhi bunga yang cukup banyak. beraneka warna, jenis, dan aroma. membuatku semakin nyaman belajar dan bermain-main disini.

teman-temanku sudah menyadari bahwa membuang sampah sembarangan sangat tidak baik untuk kelangsungan pembelajaran di sekolah. karena itu, tidak ada sampah yang berserakan dan tempat duduk yang tak rapi. semuanya tertata, dan mempesona.

baca juga : cara membuat makalah

contoh artikel deskripsi pendidikan

Delapan Kunci Sukses Menjalankan Pendidikan Di Masa Pandemi.

Pandemi Covid-19 membuat umat manusia di seluruh dunia mesti beradaptasi dengan situasi yang baru agar tetap sehat dan selamat di tengah melakukan rutinitas sehari-hari.

Model adaptasi yang dilakukan di berbagai negara berbeda-beda. Namun, faktor pengalaman dalam menghadapi situasi krisis, menjadi modal berharga. 

Dengan modal pengalaman itu, penanganan dampak pandemi Covid-19 di semua sektor, menjadi lebih mudah.

Seperti Taipei misalnya. Pengalaman dalam menghadapi wabah menjadi modal berharga bagi mereka untuk merancang berbagai  strategi di tengah pandemi Covid-19, termasuk di sektor pendidikan.

Dampaknya, iklim pendidikan di sana tetap dapat berlangsung baik meski sejumlah kebiasaan baru diberlakukan.

Setidaknya, terdapat delapan kunci yang membuat dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan di Taipei dapat diminimalkan.

Pertama, mengembangkan rencana kontinjensi. 

Rencana kontinjensi ini mengatur semua hal mulai dari cara menjamin keselamatan para siswa hingga memastikan hak pendidikan mereka terpenuhi. 

Dalam pengembangan rencana kontinjensi, otoritas pendidikan setempat serta sekolah juga berdiskusi dengan para pakar kesehatan untuk mendapat masukan mengenai apa saja yang harus diterapkan di sekolah.

Kedua, mendistribusikan sumber-sumber daya yang dapat mencegah menyebarnya penyakit. 

Sumber-sumber daya seperti peralatan untuk mengukur suhu tubuh, masker, dan lain sebagainya tersebut dipastikan harus tersedia di semua sekolah.

Ketiga, menciptakan tim pencegahan penyakit di sekolah untuk mendorong penerapan protokol kesehatan dan keselamatan. 

Tim ini juga bertugas menyebarkan cara-cara mencegah penyakit, memonitor status kesehatan para siswa dan staf di sekolah, dan melaporkan apabila ada warga sekolah yang terindikasi terjangkit Covid-19.

source: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/delapan-kunci-sukses-menjalankan-pendidikan-di-masa-pandemi-covid-19/

contoh paragraf deskripsi

terdapat beberapa model pengembangan paragraf deskripsi yang umum dijumpai. di antaranya:

Deskripsi objektif 

deskripsi obektif ialah deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya tidak disertai dengan opini penulis.

Deskripsi subjektif

deskripsi subjektif merupakan deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya disertai dengan opini penulis.

Deskripsi spasial. 

deskripsi spasial adalah paragraf yang menggambarkan objek secara detail khususnya ruangan, benda,atau tempat.

Deskripsi waktu. 

deskripsi waktu ialah paragraf yang dikembangkan berdasarkan waktu peristiwa cerita tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi objektif

udara semakin panas, Polusi dari asap kendaraan bermotor dan pabrik semakin mejadi-jadi, Hutan-hutan penopang kehidupan mulai Gersang, lapisan ozon pun semakin menipis. 

mengakibatkan suhu panas bumi mengalami peningkatan, cuaca menjadi tak menentu, bencana alam semakin sering menyapa penduduk. bumi semakin renta dan tak berdaya.

bukankah manusia adalah yang menyebabkan semua ini terjadi?

Contoh Paragraf Deskripsi Subyektif.

Dina memakai rok panjang warna cokelat yang sangat serasi dengan warna blus panjangnya. Rok dan blusnya menambah keindahan alami yang dipancarkannya. gaya ia berjalan sungguh memikat hati orang yang memandang.

Contoh Paragraf Deskripsi objektif.

Pantai Jiko Malamo memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama bagi wisatawan yang mendambakan suasana tenang, sejuk, dan jauh dari kota. 

Rindang pohon-pohonnya. kejernihan lautnya. untuk penyelam, Pantai Jiko Malamo menawarkan keindahan terumbu karang dan tarian ikan berenang yang begitu eksotis. 

Pemda Kota Ternate sebaiknya mengelola Pantai Jiko Malamo sebagai tujuan wisata Utama Di Kota ternate.

Contoh Paragraf Deskrispsi Subjektif. 

pada waktu yang sebentar. pandangan mataku mengarah pada orang-orang disekelilingku. Di sebelah kananku, seorang gadis cantik berambut pirang-panjang mencuri perhatian. 

mataku dan matanya bersalaman, pandanganku terkunci olehnya. Gadis berambut pirang, 

berkulit kuning, dan berbibir tipis membuat jantungku bergetar kuat. sepertinya, aku mengenalnya. entah di mana?

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

di sekitar lingkungan cikini di penuhi tumpukan sampah. 

Tumpukan sampah ini mengundang lalat Lalat-lalat itu berterbangan ke perumahan warga dan menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit sungguh sungguh suasana yang sangat mengganggu.

contoh karangan deskripsi tentang lingkungan rumah

contoh karangan deskripsi tentang lingkungan rumah

pukul 05.30 pagi aku terbangun. suara ayam berkokok menjadi penyemangat agar lekas bangun dari tempat tidur. 

aku keluar dan menatap disekelilingku, kemudian malu melihat burung-burung mengepakkan sayapnya dengan indah, dengan penuh semangat meninggalkan sarangnya untuk mencari makan.

sang surya masih enggan menampakkan sinarnya. mungkin sebentar lagi.

aku langsung menuju ke kamar mandi dan mencuci muka, kemudian berjalan-jalan sebentar ke halaman depan rumah. sejauh mata memandang terlihat sawah-sawah yang begitu indah, sejuk, dan damai.

tak hanya aku, dan burung-burung yang sudah bangun. pak tani dan bu tani juga dengan riang gembira membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan. 

petani lainnya terlihat sedang mencari rumput untuk  makanan kambing, sapi, dan kerbau.

di sepanjang jalan desa nampak ibu -ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran.

Tetanggaku, seorang peternak bebek juga tidak mau ketinggalan sepagi ini ia menggiring bebek – bebeknya ke rawa dekat sawah untuk mencari  makanan. bebek dan tuannya berbaris dengan rapi.

sungguh ini sebuah pemandangan yang indah untuk dilihat.

contoh artikel deskripsi tentang fiksi

contoh artikel deskripsi tentang fiksi

embun tipis melapis rumput, putih berkilau diselingi warna hijau; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.

contoh artikel deskripsi tentang covid 19

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Virus Corona atau biasa disebut dengan Covid-19 adalah sebuah virus yang menyerang manusia dengan gejala yang sama dengan virus influenza namun berdampak besar bagi kesehatan. 

Virus ini berbentuk bulat, parasit intraseluler obligat yang selalu menempel pada sesuatu, dan juga capsid.

Virus ini memiliki tiga bagian lapisan tubuh yaitu membran, envelope, dan juga spike.

Struktur virus Covid-19 umumnya memiliki 74 Spike di permukaan tubuhnya (kulit). Sedangkan dalam envelope, memiliki susunan protein nukleokapsid. 

Protein nukleokapsid memiliki fungsi sebagai pelindungi nformasi RNA dan juga DNA.

Virus ini dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya: 

  • Alfa-Corona Virus.
  • Beta-Corona Virus, MRES Corona Virus. 
  • SARS Corona Virus, dan S.
  • ARS Corona Virus tipe 2. 

Virus corona ini sama seperti virus lainnya yaitu membentuk suatu enzim. Enzim yang dibentuk virus ini adalah Angiotensin Converting Enzime Tipe 2.

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

apa itu artikel pendidikan?

Artikel pendidikan merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang membahas topik mengenai pendidikan dan permasalahannya. baik pendidikan formal ataupun non formal, karya tulis pendidikan bertujuan untuk membagi pengetahuan kepada orang banyak.

Contoh Artikel Pendidikan Beserta Strukturnya.

contoh artikel pendidikan beserta strukturnya

Struktur Artikel Pendidikan

susunan dalam menulis apapun perlu diperhatikan. begitu juga artikel pendidikan. berikut ini beberapa bagian yang harus diperhatikan saat hendak membuat artikel pendidikan.

Pembuka/lead Penulisan Artikel Pendidikan. 

bagian lead artikel pendidikan berfungsi mengajukan  masalah yang akan dibahas  oleh penulis. bagian lead diawali dengan mengemukakan tema pokok dan hipotesis. kemudian, hipotesis yang telah penulis ajukan di bagian lead akan diperjelas pada bagian isi artikel.

Isi Artikel Pendidikan.

pada bagian isi artikel ini kamu harus mengemukakan argumentasi atau sudut pandang kamu sebagai penulis mengenai masalah pendidikan yang dibahas dalam artikel. bagian isi berfungsi untuk menjelaskan masalah yang telah diajukan di bagian pembuka. bagian isi menjelaskan secara rinci pendapat penulis.

penjelasan mengenai masalah  yang telah diajukan di bagian pembuka sebaiknya, berdasarkan kenyataan-kenyataan di lapangan atau hasil penelitian. karena, pada umumnya, artikel pendidikan berisi analisis objektif terhadap suatu masalah. maka argumentasi yang kamu ajukan sebaiknya konstruktif agar pesan dalam artikel sobat dapat diserap dengan baik oleh pembaca.

Penutup Artikel Pendidikan.

bagian penutup pada penulisan artikel pendidikan atau jenis artikel lainnya merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan.  upayakan, pada bagian penutup artikel pendidikan yang telah kamu tulis diperjelas masalah-masalah yang menjadi fokus pembahasan dalam artikel kamu

kalau artikel pendidikan yang kamu tulis cukup panjang, buatlah resume mengenai hal-hal penting dan berguna bagi pembaca.

baca juga : cara membuat latar belakang skripsi

contoh artikel tentang pendidikan di masa pandemi

contoh artikel tentang pendidikan di masa pandemi

bidang pendidikan merupakan sendi penting pembangunan yang terkena imbas cukup mengkhawatirkan di masa pandemi covid 19 ini, sekolah tatap muka tidak di izinkan. 

sebab kita semua perlu berperan aktif memutus mata rantai virus covid19. jangan sampai kita kehilangan banyak generasi penerus bangsa. 

berbagai pihak ikut sakit kepala menghadapi pandemi covid 19, karena itu, perlu peran aktif orang tua, anak, dan guru dalam membantu menyelesaikan persoalan pembelajaran di masa pandemi. 

berikut ini berbagai peran yang bisa dilakukan.

Peran Guru.

pihak yang paling diharuskan untuk cepat beradaptasi adalah guru. guru harus mampu berpikir kreatif dan inovatif saat memberikan pembelajaran daring. 

agar murid tidak gampang jenuh saat menerima pelajaran. 

dialog interaktif dan suasana belajar yang di buat nyaman sangat tergantung bagaimana guru dapat mengelola kelasnya menjadi ruang belajar yang aktif dan kreatif.

peran pelajar/mahasiswa.

pelajar sebaiknya turut berperan aktif dalam setiap pembelajaran daring yang di selenggarakan. agar dapat terus berupaya meraih pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia kerja

peran orang tua.

pendampingan oleh orang tua saat pembelajaran daring sangat diperlukan oleh anak-anak. terutama anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar. 

orang tua, sebisa mungkin harus dapat membantu memberikan pemahaman mengenai pelajaran yang dijelaskan oleh guru dan dapat membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru.

memastikan ketersediaan perangkat saat pembelajaran online berlangsung.

selain memberikan pendampingan, orang tua juga perlu memastikan perangkat pendukung pembelajaran online tetap tersedia agar anak-anak dapat mengikuti pembelajaran daring dengan nyaman. 

fasilitas mendasar seperti smartphone, kuota internet, laptop, dan bahan untuk mengerjakan tugas di rumah perlu siap sedia.

bagian pendahuluan artikel sangat menentukan apakah orang akan mau melanjutkan membaca pembahasan dalam artikel kita atau tidak. 

pendahuluan itu seperti etalase, kalau tampilannya bagus, orang akan dengan senang hati masuk lebih dalam. meskipun tak ada rumus baku mengenai cara membuat pendahuluan artikel. 

namun, tak ada salahnya kita menyontek contoh pendahuluan artikel pendidikan yang sudah di buat sebelumnya.

Latar Belakang

Pendidikan adalah hal yang wajib agar seorang manusia dapat memperoleh kemampuan yang dapat membantunya berkembang ke arah yang lebih baik. 

dengan memperoleh pendidikan yang berkualitas, maka seorang manusia dapat berdaya guna baik itu dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat sekitar, bahkan negara. 

Karena itu, pendidikan harus di mulai bahkan semenjak dalam kandungan, usia dini, hingga dewasa jangan sampai ada anak yang putus sekolah, itu artinya kita mengorbankan masa depan.

malangnya di Indonesia, wajah pendidikan negara ini sangat parah. bukan hanya dari segi kualitas manusianya, namun juga kualitas sarana dan prasarana pendidikan itu sendiri.

mulai dari, gedung sekolah yang tidak layak, banyak anak yang putus sekolah, ini merupakan gejala yang mengkhawatirkan. 

persoalan fasilitas pendidikan layak di Indonesia ini memang bukan hal yang baru. 

terutama, saat masuk awal tahun 2020 dimana virus covid-19 menyerang, semua keburukan pendidikan di negara ini seperti ikut terlihat. 

mulai dari, ketidak-mampuan guru memperoleh fasilitas, sampai kurangnya fasilitas penunjang untuk mendukung pendidikan daring di rumah.

contoh pendahuluan artikel pendidikan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Pendidikan adalah hak setiap warga negara, namun, masih banyak anak bangsa yang belum bisa menikmati hal tersebut. 

sampai hari ini, hanya orang kaya dan bermodal yang memperoleh kesempatan lebih besar untuk menikmati pendidikan layak. 

anak-anak orang berduit ini memiliki peluang yang lebih banyak untuk masuk sekolah-sekolah elit, berkualitas, berstandar nasional, bahkan internasional. 

sistem pendidikan di indonesia memang masih menggunakan sistem pasar. 

siapa yang memiliki modal banyak akan mendapatkan fasilitas lebih baik. hal yang sebenarnya tidak bisa terus dipelihara.

terdapat beberapa poin penting kenapa pendidikan negeri ini sudah bengkok dari cita-cita para pendiri bangsa.

pertama. keadaan pendidikan indonesia yang cenderung elitis, dan sulit di akses masyarakat miskin.

kedua sistem pendidikan yang tidak memberdayakan dan terus dipelihara. 

pada bagian ini, kebijakan yang di buat  hanya untuk mendukung status quo dan memelihara kesenjangan sosial (Darmaningtyas, 2005, Pendidikan Rusak-Rusakan).

baca juga : cara menulis opini

artikel ilmiah tentang pendidikan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Artikel  ilmiah  adalah  karya  tulis  yang  diharap,  ditunggu-tunggu  dan diterima  oleh  komunitas  ilmiah.  

Artikel  ilmiah  umumnya  adalah  laporan  hasil penelitian  yang  ditulis  dan  dipublikasikan  dalam  seminar  maupun  dalam  jurnal ilmiah. 

Namun, tidak jarang  artikel ilmiah juga merupakan hasil perenungan atau pemikiran mendalam dalam upaya pengembangan suatu bidang ilmu tertentu. Isi  artikel  ilmiah  harus  orisinal.  

Temuan  hasil  penelitian  yang  disajikan harus benar- benar baru, atau penyempurnaan dari temuan-temuan yang telah lebih dulu ditemukan pihak lain.  

informasi sebanyak-banyaknya, diungkapkan dengan kata dan kalimat yang sedikit-dikitnya. Oleh karena itu, artikel ilmiah harus sejelas dan sependek mungkin.

pembahasan lengkap mengenai artikel ilmiah penelitian. perhatikan gambar artikel pendidikan di bawah ini.

source: file:///C:/Users/Lenovo/AppData/Local/Temp/228-Article%20Text-446-1-10-20160525.pdf

artikel tentang pendidikan 

apapun pekerjaan anda teruslah maju dan berusaha agar lebih baik lagi. terus ingat hal-hal penting yang membuat anda termotivasi. 

kadang, dalam perjalanan kehidupan, kita akan menemukan banyak cobaan. 

terus bersabar dan dengan penuh keyakinan bahwa di setiap permasalahan yang kita hadapi selalu ada hikmah yang bisa diambil. hadapilah dengan lapang dada, dan penuh dengan rasa syukur.

contoh artikel pendidikan singkat

menghargai kedewasaan.

sebagai anak muda, selalu ingat bahwa nakal boleh, asal jangan kurang ajar kepada orang tua. memiliki sikap rendah hati adalah sebuah keistimewaan. 

orang dewasa tentu memiliki banyak pengalaman. cara berfikir, berpendapat, dan cara bertindak mereka barangkali bertentangan dengan kita. 

meskipun begitu, kita harus mengedepankan tata krama saat menyampaikan tindakan kita.

contoh artikel tentang pendidikan sekolah dasar

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Pengertian Sekolah Dasar

sekolah dasar adalah  institusi pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan selanjutnya. 

Pendidikan ini diselenggarakan untuk anak-anak yang telah berusia tujuh tahun dengan asumsi bahwa anak seusia tersebut mempunyai tingkat pemahaman dan kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan dirinya. 

Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 

dengan demikian siswa dapat memiliki dan menanamkan sikap budi pekerti terhadap sesama.

contoh artikel pendidikan tentang sekolah

Di dalam buku mengenai Kecerdasan Ganda / Multiple Intelligences, Daniel Goleman telah menjelaskan bahwa kecerdasan emosional dan sosial di dalam kehidupan dibutuhkan 80 %, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20 % saja. 

Di dalam hal ini sehingga pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang malah dipenuhi dengan perilaku biadab. 

Jadi tepikirlah oleh para ahli  apa yang dikenal dengan pendidikan karakter.

Saat ini sudah banyak sekolah sekolah di Indonesia yang telah mengajarakan pendidikan karakter yang juga menjadi mata pelajaran khusus di sekolah yang bersangkutan. 

Mereka telah diajarkan bagaimana cara yang sifatnya untuk ke orang tua, para guru, dan juga lingkungan ditempat hidupnya.

Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak anak akan berdasarkan oleh karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang orang yang telah diharapkan untuk menjadi penerus bangsa. 

Seperti negara yang bebas akan korupsi, ketidakadilan, dan masalah masalah yang lainnya.

artikel argumentasi

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

apa itu karangan argumentasi dan contohnya? Karangan argumentasi jika ditinjau dari segi penulisan merupakan karangan yang memiliki tujuan meyakinkan pembaca mengenai suatu topik atau fenomena. 

Bahkan, dapat mempengaruhi sikap dan pandangan orang lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai, pengertian, ciri-ciri, contoh kerangka karangan argumentasi, langkah-langkah membuat karangan argumentasi, dan contoh artikel argumentasi. Siapkan kopinya dan simak sampai selesai.

apa itu karangan argumentasi ?

Menurut jauharoti dkk (dalam ahmad dkk, 2015:58) argumentasi adalah karangan yang terdiri atas paparan alasan dan sintesis pendapat untuk membangun suatu kesimpulan.

Ciri-ciri karangan argumentasi menurut ahli

Menurut nursito (dalam sirait dkk, 1985:29)  paragraf argumentasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut: 

  1. Mengandung kebenaran. 
  2. Memiliki alasan yang kuat. 
  3. Menggunakan bahasa yang denotatif.
  4. Memiliki analisis rasional berdasarkan fakta. 
  5. Membatasi unsur subjek dan emosional.

Contoh kerangka karangan argumentasi

Karangan argumentasi seperti jenis karangan lainnya memiliki ciri-ciri dan kerangka yang membedakannya dengan jenis karangan yang lain. Kerangka karangan argumentasi terdiri atas 3 unsur yakni: 

  1. pendahuluan.
  2. tubuh/isi.
  3. kesimpulan. 

Berikut ini ulasan mengenai contoh kerangka karangan argumentasi.

struktur karangan argumentasi

Pendahuluan karangan argumentasi.

Bagian pendahuluan berfungsi untuk menarik perhatian pembaca terhadap argumen yang dikemukakan dalam tulisan tersebut. 

Pendahuluan juga dapat berfungsi untuk mengarahkan pembaca ke masalah yang akan disampaikan dan memberi gambaran umum mengenai masalah yang akan disampaikan penulis. Dengan menyajikan fakta-fakta yang relevan dengan tulisan yang dibuat.

Isi karangan argumentasi

Berisi pembuktian kebenaran pendapat yang dikemukakan penulis dan dihubungkan secara logis serta kritis dengan semua fakta yang ada. 

Pada bagian ini, kekuatan argumen sangat berpengaruh apakah penulis dapat meyakinkan pembaca atau tidak. Terutama saat membahas hubungan masalah dan bukti-bukti yang ada. 

Riset yang kuat, dan pendalaman konsep akan sangat mempengaruhi argumentasi yang disusun oleh penulis.

Simpulan dan ichtisar penulisan artikel argumentasi 

Bagian ini berisi ringkasan, memberikan fokus pada bagian-bagian tertentu, dan membuat prediksi berkaitan dengan karangan. Pada bagian kesimpulan, penulis harus bisa meyakinkan pembaca agar mempercayai atau melakukan apa yang ditulisnya.

Setelah memahami mengenai apa itu artikel argumentasi, waktunya sobat aksara mempelajari langkah-langkah membuat artikel argumentasi.

Sebenarnya cara membuat karangan argumentasi tidak terlalu sulit. Asal, sobat mau bersabar.

baca juga : cara membuat catatan kaki

Contoh artikel argumentasi singkat

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Semburan lumpur panas yang terjadi di porong, kecamatan sidoarjo, merupakan bencana alam akibat kelalaian yang begitu menyeramkan bagi masyarakat sekitar. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 mei, 2006. 

hasil penelitian menunjukkan dampak sosial dari luapan lumpur lapindo antara lain: 

  • menurunnya tingkat kesejahteraan petani tambak bandeng.
  • berkurangnya lapangan pekerjaan. 
  • terjadinya mobilitas penduduk.
  • menimbulkan konflik pada hubungan petani dan keluarganya.
  • Menurunnya pendapatan petani tambak bandeng.
  • kerugian materiil yang diderita masyarakat pun tak main-main berupa: 
  • tambak yang hilang dan rusak 
  • penurunan harga jual tanah, tambak, dan rumah.
  • Menenggelamkan ribuan rumah penduduk, dan kawasan persawahan. 

Sembilan tahun sudah semburan lumpur menebar keresahan. Namun, masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Ratusan kepala keluarga hidup segan, mati tak mau.

Source : http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2169

Contoh artikel argumentasi tentang pendidikan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Tantangan pembelajaran sekolah di masa pandemi covid 19

Mengawali tahun 2020 dunia dikejutkan dengan munculnya wabah yang sangat menular dan mematikan virus corona. Dimulai dari wuhan,cina, dengan cepat menjadi wabah secara cepat mengglobal di hampir seluruh negara di dunia. 

Proses pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh. Pembelajaran berubah drastis, dari semula langsung tatap muka guru-siswa di kelas, menjadi secara jarak jauh via daring dari rumah masing – masing.

Belajar dari rumah.

Baik siswa maupun guru segera cepat beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran jauh ini. Guru harus pandai menyesuaikan proses pembelajaran yang didesainnya. 

Banyak pilihan dan variasi media pembelajaran jarak jauh, mulai dari penggunaan media sosial hingga penggunaan platform learning management system yang ada. 

Tantangan pembelajaran

Tantangan berikutnya adalah bagaimana memilih cara yang tepat agar pembelajaran jarak jauh dapat dilaksanakan secara optimal. Guru diberi ruang yang sangat luas untuk bereksplorasi memaksimalkan bentuk pembelajaran yang dipilihnya.

Kesimpulan.

Dalam masa pandemi covid19 seperti ini, dimaklumi bahwa proses pembelajaran menemui banyak kendala dan kemungkinan tidak dapat memenuhi kurikulum. Meski demikian, pemangku kebijakan pendidikan tetap harus membayangkan masa depan siswa. 

Source : http://fkip.mercubuana-yogya.ac.id/kampus/

Contoh karangan argumentasi tentang sekolah

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Generasi tanpa sekolah

Pandemi covid-19 di indonesia, menjadikan aktifitas masyarakat untuk berinteraksi dihentikan dan beralih menggunakan aktivitas daring. Kondisi ini tidaklah mudah untuk lembaga pendidikan. Proses pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.

Hasil survei tanoto foundation, organisasi filantropi keluarga independen yang didirikan oleh sukanto tanoto dan tinah bingei tanoto pada tahun 1981, terkait pembelajaran jarak jauh (pjj). 

pada 332 kepala sekolah, 1.368 guru, 2.218 siswa, dan 1.712 orang tua yang dirilis kompas.com, ditemukan beberapa masalah utama.

Pertama, sebanyak 56 persen orang tua yang jadi responden mengaku kurang sabar dan jenuh menangani kemampuan dan konsentrasi anak yang duduk di bangku sd/mi dan 34 persen orang tua yang anaknya duduk di bangku smp/mts.

Kedua, orang tua kesulitan menjelaskan materi pelajaran ke anak untuk sd/mi (19 persen) dan smp/mts (28 persen). Ketiga, orang tua kesulitan memahami materi pelajaran anak untuk sd/mi (15 persen) dan smp/mts (24 persen).

Data tersebut menunjukkan kelangsungan belajar mengajar yang tidak dilakukan di sekolah berpotensi menimbulkan dampak negatif yang berkepanjangan. Pada akhirnya tujuan pendidikan dan fungsi sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran dan suasana belajar tidak tercapai.

Source: https://www.tanotofoundation.org/id/news/opini-generasi-tanpa-sekolah/

Contoh karangan argumentasi tentang teknologi

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

semakin canggih, semakin cepat

Semakin hari perkembangan teknologi begitu mengagumkan. Banyak orang dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi saat ini. 

Berikut ini dampak positif kemajuan teknologi informasi dalam berbagai bidang.

Pendidikan 

Teknologi telah mengubah proses pembelajaran. Ada beberapa perubahan yang dapat disaksikan langung misalnya: perpindahan dari ruang kelas ke mobilitas di mana saja. 

Dari kertas ke layar smartphone, tablet, laptop atau komputer. Karena itu, sangat memungkinkan proses belajar tidak dilakukan secara tatap muka di kelas. 

Pelajar dan guru, atau dosen dan mahasiswa dapat terhubung dalam proses belajar menggunakan peralatan teknologi. 

Dari segi waktu dan biaya, teknologi membuat segalanya lebih efisien. 

Dan, saat ini proses belajar online terus berkembang. E-learning dapat dikembangkan sekaligus untuk mengajar, memberikan tugas, hingga mengumpulkan tugas secara daring.

Jasa pengiriman. 

Pengusaha bidang jasa pengiriman saat ini semakin canggih. Kalau dulu mengirim paket, pelaku usaha ini kesulitan untuk tahu kapan paket akan sampai. 

Sekarang, paket yang dikirim dapat dilacak posisinya secara realtime. Keadaan ini membuktikan betapa teknologi sangat membantu perkembangan usaha bidang jasa pengiriman.

Bisnis. 

Sekarang belanja online semakin mudah. Saat jaringan internet mulai merata diseluruh indonesia. Belanja tidak lagi menjadi hal yang melelahkan. 

Pembeli tinggal duduk, klik, transfer, dan beberapa jam/hari kemudian barang akan sampai ke tangan mereka. 

Perbankan. 

Dengan adanya fitur internet banking. Kini, nasabah bisa dengan mudah melakukan berbagai transaksi perbankan hanya dengan membuka situs layanan dari bank. 

Bahkan transaksi bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan smartphone pengguna.

Contoh karangan argumentasi tentang ekonomi

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Harga kebutuhan pokok naik, Masyarakat tercekik.

Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang sangat tinggi menjelang tahun baru 2021. Besaran kenaikan harganya pun bermacam-macam. Mulai dari, 20% hingga 100%

Tomat dan cabai menjadi komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga paling tinggi. Saat tahun baru harga capai bahkan menembus rp 50.000 per kg. Sedangkan harga tomat naik hingga rp 15.000/kg

Para pedagang dan pembeli sangat mengeluhkan kenaikan bahan pokok di tengah pandemi covid 19 ini. Apalagi, pedagang makanan yang membutuhkan banyak bumbu racikan untuk menambah cita rasa makanan.

Masyarakat berharap kejadian ini dapat ditangani dengan cepat oleh pemerintah. Bila terus mengalami kenaikan seperti ini, para masyarakat kecil akan kesulitan untuk mencari nafkah.

Contoh karangan argumentasi tentang lingkungan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

kotor, berbahaya

Kerusakan lingkungan saat ini terjadi dimana-mana baik di hutan, sungai, laut, dan danau. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan tambang yang beroperasi dan menghancurkan alam.

Kapitalis yang  bersikap tak mau tahu tersebut membuat alam murka, dan menimbulkan berbagai macam bencana alam seperti:

  • Banjir.
  • Tanah longsor.
  • Tercemarnya sungai dan laut.
  • Ikan mati.
  • Abrasi pantai.

Selain itu, kebiasaan masyarakat yang senang membuang sampah di sungai dan laut menyebabkan sungai menjadi dangkal, sehingga saat hujan air sungai meluap kemana-mana. 

Sedangkan di laut, sampah terutama plastik secara tak sengaja menjadi santapan penyu, ikan paus, hingga merusak terumbu karang.

Alam saat ini dirusak secara sengaja oleh manusia, sehingga berbagai bencana terus berdatangan. Maka dari itu, sebagai manusia kita harus bersatu menjaga kelestarian alam ini dengan terus merawatnya.

Contoh karangan argumentasi tentang sampah

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

sampah, kelalaian.

Jumlah sampah kian bertambah seiring dengan pertambahan penduduk. Akibatnya, sampah menjadi menumpuk dan menimbulkan masalah yang tidak pernah tuntas. Untuk mengatasinya, perlu penanganan sampah yang serius. 

Penanganan sampah tersebut harus dimulai dari rumah tangga hingga tempat pembuangan terakhir. Penanganan sampah dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti: 

  1. penampungan.
  2. pemusnahan.
  3. pengumpulan. 
  4. pembuangan. 
  5. daur ulang. 

Mendaur ulang sampah baik organik maupun anorganik menjadi solusi yang dapat digunakan untuk mengelola sampah-sampah yang ada. 

Sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang menjadi pupuk, kerajinan tangan, hingga pembangkit listrik. 

Mengelola sampah dengan cara daur ulang seperti ini mesti dilaksanakan secara optimal. Hal itu dilakukan agar sampah tidak memberikan dampak buruk, baik bagi manusia maupun lingkungan.

Contoh karangan argumentasi tentang bencana alam

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Letusan tambora, dan kebingungan.

Dua ratus tahun lalu, indonesia berguncang hebat. Salah satu gunung berapi tertingginya memuntahkan isi perut bumi ke daratan.

Kala itu, tepatnya pada 10 april 1815, gunung tambora di nusa tenggara barat meletus hebat. Letusannya memuntahkan material lebih dari 150 miliar meter kubik. 

Bahkan, kuatnya letusan tersebut mengikis kemegahan gunung tambora, dari yang semula 4.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi 2.700 mdpl.

Guncangan akibat letusan pun memunculkan kawah sedalam 1.100 meter dengan diameter seluas 6,2 kilometer. Kepulan asapnya pun konon mencapai 43 kilometer dengan abu vulkanik yang menyebar hingga ke kalimantan, sulawesi, jawa, dan maluku. 

Gemuruhnya terdengar hingga pulau sumatera yang berjarak sekitar 2.600 kilometer dari tambora.

Tak ayal, letusan yang sangat luar biasa itu pun mampu merenggut nyawa lebih dari 91 ribu jiwa dan meluluhlantakkan tiga kerajaan di kaki gunung tambora. 

Kerajaan sanggar porak poranda, sedangkan kerajaan tambora dan pekat lenyap tak bersisa.

Abu vulkanik yang membumbung tinggi di angkasa bahkan sampai memengaruhi iklim di seluruh dunia selama berbulan-bulan. Daratan eropa dan amerika utara mengalami musim dingin lebih panjang.

Bahkan di australia dan afrika selatan, salju turun di musim panas, abu vulkanik memengaruhi penurunan suhu bumi. 

Akibat kondisi ini banyak tumbuhan dan hewan yang mati. Banyak petani gagal panen dan peternak merugi akibat hewan peliharaannya mati. Kelaparan pun merebak di mana-mana.

Contoh karangan argumentasi tentang rokok

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

benarkah rokok elektrik tidak berbahaya?

Vape atau rokok elektrik semakin digandrungi, tak mengenal kalangan usia. Mulai dari, anak muda hingga orang dewasa menyukainya. 

Bahkan banyak orang berpendapat bahwa rokok elektrik jauh lebih bergaya dan lebih aman dibanding rokok tembakau. Namun, hingga kini pro dan kontra hal ini masih saja diperdebatkan.

Rokok elektrik dianggap lebih aman karena dianggap tidak memiliki kandungan tembakau. Namun, sampai saat ini, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa vape ini tidak berisiko. 

Vape sendiri merupakan alat yang dinyalakan dengan menggunakan batre. Namun, tidak seperti rokok yang terbuat dari daun-daun tembakau yang dibungkus, vape terdiri dari tabung yang berisi cairan nikotin, perasa buah, dan bahan kimia lainnya.

Contoh karangan argumentasi tentang kesehatan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

senang minum yang manis-manis? hati-hati obesitas mengintai

Saat berkunjung ke restoran cepat saji, kamu akan disuguhkan minuman bersoda. Soda dan makanan cepat saji memang sudah seperti kaos kaki dan sepatu. Harus berpasangan. Rasanya yang manis membuat minuman soda lebih menarik ketimbang minuman lainnya.

Meskipun minuman bersoda menggoda nan menyegarkan, apalagi kalau dinikmati di siang hari yang minuman soda ternyata dapat berdampak negatif untuk kesehatan. Apalagi, dikonsumsi secara berlebihan. Kebiasaan konsumsi minuman bersoda dapat memicu penyakit seperti obesitas.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam national library of medicine national institutes of health pada tahun 2007 lalu. 

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi, bahkan empat kali lebih tinggi dari minuman manis biasa. Jika dikonsumsi terlalu sering, maka dapat meningkatkan risiko berat badan berlebihan atau obesitas. Padahal, obesitas merupakan akar dari banyak penyakit serius lainnya.

Obesitas menjadi salah satu penyakit yang menghantui kamu kalau terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Jika kamu merasakan gejala-gejalanya, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

contoh karangan argumentasi tentang covid 19

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Corona, sampai kapan?

Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini sering disebut covid-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Dengan banyak-nya korban yang meninggal akibat covid-19 ini, pemerintah mengusulkan agar sekolah di indonesia serentak diliburkan sampai tanggal 2 april 2020 mendatang. Tidak hanya sekolah, para pebisnis pun ikut diliburkan karna adanya virus ini.

Para siswa dan siswi diwajibkan tidak keluar rumah selama proses penanggulangan covid-19 ini, mereka harus mengerjakan tugas secara online yang diberikan oleh para guru. 

Begitupun untuk para pekerja atau pebisnis, untuk saat sekarang, mereka harus bekerja di rumah masing-masing sampai jadwal waktu yang ditentukan.

Oleh karena itu, mari kita patuhi kebijakan pemerintah agar tidak banyak lagi korban yang meninggal akibat serangan virus corona. 

jagalan kebersihan tangan agar penyakit tidak mudah masuk kedalam tubuh melalui makanan yang kita pegang, agar kita dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya baik dibidang pendidikan maupun perekonomian.

artikel naratif

contoh artikel naratif - sangat menyenangkan saat sedang mencari informasi mengenai sesuatu, dan kita menemukan sebuah artikel yang informatif sekaligus naratif. 

artikel naratif adalah jenis artikel yang bertujuan memberikan informasi mengenai suatu kejadian seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa yang diceritakan. 

begitu banyak jenis artikel naratif bertebaran di berbagai media. berikut ini, beberapa contoh artikel naratif untuk kamu 

contoh karangan narasi singkat

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

kisah sukses jack ma pendiri alibaba

Jack Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. 

ma kecil, memliki ketertarikan dengan bahasa inggis, setiap  pukul lima pagi, Ma, mengayuh sepedanya, ke sekitar hotel, untuk bertemu dengan turis asing. 

karena Ma kecil ingin belajar bahasa Inggris. Ma menawarkan diri, untuk menemani turis asing, jalan-jalan mengeliligi kota dengan gratis.

Setelah lulus sekolah, Ma mencoba untuk mendaftar di beberapa universitas. Sayangnya, Ma tidak diterima saat proses ujian masuk.

nasib yang sama juga ia alami, saat mendaftarkan diri ke 30 perusahaan, jack ma, ditolak oleh 30 perusahaan tersebut. 

bahkan jackma, pernah ditolak oleh kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya JackMa yang ditolak.

Namun akhirnya JackMa mendapatkan pekerjaan, Ia diterima menjadi guru sekolah, di mana saat itu ia digaji USD 10 per bulan.

Kabar baik menghampirinya terutama pada tahun 1995 saat internet mulai dikenal.

Jack Ma punya ide revolusioner untuk mengembangkan pasar online yang kemudian terbukti menjadi yang terbesar di China bahkan di dunia.

singkat cerita, Pada bulan Oktober 1999 sampai dengan Januari 2000, Alibaba berhasil mendapatkan dua kali pendanaan dari luar negeri sebesar US$ 25 juta.

Uang hasil pendanaan ini digunakan untuk melakukan perbaikan e-commerce domestic dan membangun platform e-commerce untuk perusahaan UMKM. 

Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan era perdagangan terbuka oleh WTO (World Trade Organization). 

Sejak tahun 2003, Jack Ma terus mengembangkan Alibaba dengan mendirikan:

  1. Taobao Marketplace
  2. Alipay
  3. Ali Mama
  4.  Lynx

Keberhasilan Jack Ma juga tidak lepas dari tangan pendiri Yahoo bernama Jerry Yang. Menurut berita, Jerry menginvestasikan dana sebesar US$1 milliar ke Alibaba.

contoh karangan narasi tentang liburan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

tanah putus pusa

semester usai, menyenangkan. akhirnya, waktu yang saya tunggu-tunggu pun tiba. liburan, kata yang begitu merdu terdengar di telinga anak sekolahan seperti saya. waktunya untuk kembali ke kampung halaman di desa gemia, kecamatan patani utara. 

sebuah desa kecil yang bersahaja. udara segar, ikan yang banyak, dan senyum ramah penduduknya adalah hal yang selalu kurindukan. 

setelah sampai ke kampung, saya dan beberapa teman berinisiatif untuk pergi ke pulau liwo. sebuah pulau yang cantik, tempat biasa kami menghabiskan waktu dan kerinduan di tempat kami putus pusa. pohon kelapa yang tegak berdiri dan sedikit bergoyang tertiup angin menyambut kami. rombongan perindu. 

kami membuat tempat berteduh seadanya, kemudian, beberapa dari kami mengeluarkan perkakas untuk menangkap ikan. setelah ikan berhasil ditangkap, kami membakarnya, dengan bahan alami, yang dianugerahkan tuhan di tanah kami.

setelah makan dan bermain-main di pulo, kami pulang. dengan riang gembira.

contoh artikel naratif Bahasa Indonesia

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

perlawanan bung karno

jiwa Nasionalisme Soekarno mulai tumbuh saat bersekolah di Surabaya dan tinggal di rumah Tjokroaminoto. Di sini Soekarno mulai belajar mengenal konsep pemikiran. mulai dari pemikiran islam hingga pemikiran barat.

Soekarno mendirikan Algeemene Studie Club di Bandung, pada Tahun 1926.  Organisasi, yang kemudian berkembang menjadi Partai Nasional Indonesia (PNI). yang diresmikan Soekarno pada 4 Juli 1927, dengan dasar paham Marhaenisme. 

PNI kemudian berkembang menjadi sebuah kekuatan politik yang berkembang pesat di jawa bahkan diluar jawa.

karena aktivitas politik Soekarno di PNI, ia ditangkap belanda pada 29 Desember 1929. bung karno kemudian dipenjarakan di Sukamiskin, Bandung. 

Ia baru dibebaskan pada 31 Desember 1931. Setelah bebas, bung karno bergabung dengan Partindo (Partai Indonesia) yang merupakan pecahan dari PNI dan memimpinnya. 

Hal ini mengakibatkan dirinya kembali ditangkap Belanda dan diasingkan ke Ende, Flores pada 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu. 

Di Bengkulu Soekarno berhasil kabur dan menuju Padang. Kemudian menyeberangi Selat Sunda dan kembali ke Jakarta pada Juli 1942. 

Perjuangan penuh peluh dan darah Soekarno bersama tokoh-tokoh pendiri bangsa lainnya tidak sia-sia untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan. 

Bersama dengan Mohammad Hatta, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Lalu dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945, Soekarno-Hatta dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama.

contoh teks narasi tentang alam

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

say no to plastik

banyak sekali permasalahan lingkungan yang dapat diakibatkan sampah plastik. aku ingin berbagi denganmu sobat tentang hal sederhana ini.

kamu perlu tahu bahwa potongan sampah plastik yang bertekstur keras dapat melukai hewan-hewan kecil. sebagai makhluk hidup yang bergerak berdasarkan insting. 

hewan tak tahu dan tak bisa memilih apa yang dia makan. plastik bisa saja jadi santapannya. dan melukainya.

selain dapat melukai hewan, sampah plastik yang sulit terurai biasanya mengapung di permukaan laut. dan itu membuat mata kita sakit saat memandang ke laut. 

plastik menghalangi kejernihan dan keindahan terumbu karang. relakah kamu membiarkan keadaan seperti ini bertahan lebih lama? ayo jaga alam mulai sekarang.

Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

menurut Nadiem Makariem, yang terpenting adalah jangan stres. menurut saya ini adalah masa adaptasi. penuh kekhawatiran, dan kebingungan. 

ini adalah hal yang normal. menurut mas menteri, cara terbaik untuk belajar hal baru adalah keluar dari zona nyaman. dan itu satu-satunya cara untuk memperbaiki diri. 

untuk orang tua dan pelajar yang masih terintimidasi dengan teknologi atau gaptek misalnya, tidak apa-apa itu adalah perasaan yang normal. yang terpenting setiap hari kalian mencoba untuk mempelajari metode terbaik.

belajar dapat dilakukan di mana saja. tak harus di kelas. masih banyak orang tua dan pelajar yang berpendapat bahwa pembelajaran hanya dapat berlangsung di sekolah. padahal banyak hal yang dapat dilakukan kalau seseorang mau melakukan pembelajaran secara mandiri.

belajar mandiri dari rumah bukan berarti harus belajar sendiri. kalau dalam satu kelas sudah dibagi-bagi menjadi kelompok yang lebih kecil. guru dapat memberikan proyek berdasarkan grup. 

dengan cara ini murid bisa belajar bertanggung jawab dalam grup yang lebih besar. mereka terikat satu sama lain dan ini menciptakan suatu tantangan kolaborasi. 

hal ini akan mendorong murid bekerja sama. ini akan melatih empati mereka dan kemampuan untuk saling mendorong satu sama lain. juga membentuk asas gotong royong. 

mengajar itu mudah, tapi siapa bilang harus membosankan? ini saatnya kita untuk mencoba hal baru. bagi orang tua dan guru coba untuk mendengarkan insting kita dan bukan hanya mengikuti proses seadanya. 

seperti murid, ini saatnya guru dan orang tua berinovasi.

Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Tata Ruang Ramah Lingkungan, sebagai solusi mengatasi keterbatasan lahan.

Kerusakan lingkungan di Indonesia tambah hari tambah parah.  2,8 juta hektar hutan dan lahan rusak per tahun.  menyebabkan terjadinya banjir di mana-mana saat musim hujan tiba.

Bencana banjir menimbulkan korban jiwa, kehilangan tempat tinggal, kerusakan sekolah, rumah ibadah, dan lain sebagainya. 

bahkan menyebarkan benih penyakit kemana-mana bukan hanya di kalangan masyarakat desa tapi juga masyarakat perkotaan. 

Kerusakan lingkungan ini antara lain disebabkan terjadinya alih fungsi lahan baik pada kawasan hutan, pedesaan maupun perkotaan. 

Kawasan hutan banyak ditebang, diserobot dan dirusak. keadaan ini berlangsung setiap tahun, dapat dibayangkan betapa rusaknya kondisi lingkungan. 

banyak hal yang menyebabkan semakin maraknya kerusakan dan pencemaran lingkungan. namun, yang utama, kerusakan lingkungan dipicu pembangunan yang tidak terkendali dan kurang memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan. 

Kesadaran masyarakat untuk berperan aktif menjaga dan melestarikan lingkungan tampaknya juga masih rendah, terbukti dari banyaknya masalah lingkungan yang timbul akibat ulah masyarakat, seperti pembalakan hutan, pemanfaatan kawasan lindung, dan sebagainya. 

mengingat keterbatasan sumber daya lahan, meningkatnya kebutuhan dan persaingan dalam penggunaan lahan baik untuk keperluan produksi pertanian, maupun untuk keperluan lainnya, konsep kebijakan pemanfaatan lahan yang tepat guna sangat diperlukan.

Pendekatan tata ruang merupakan salah satu perangkat pengelolaan lingkungan hidup berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya lahan. 

Penataan ruang telah mendapatkan dasar hukumnya sejak 15 tahun yang lalu dengan ditetapkannya undang-undang nomor 24 tahun 1992 yang telah diperbaharui dengan undang-undang nomor: 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (selanjutnya disebutkan UUPR).

Tujuan umum penataan ruang terkandung di dalam UUPR, yaitu bahwa pengelolaan sumber daya alam yang beraneka ragam di daratan, di lautan, dan di udara, perlu dilakukan secara terkoordinasi dan terpadu dengan sumber daya manusia dan sumber daya buatan dalam pola pembangunan yang berkelanjutan. 

dengan mengembangkan tata ruang dalam suatu kesatuan tata lingkungan yang dinamis serta tetap memelihara kelestarian kemampuan lingkungan hidup. 

untuk dapat menjawab tantangan lingkungan hari ini, perlu adanya upaya pemberdayaan masyarakat agar mempunyai kesadaran pada pelestarian lingkungan hidup. 

di samping informasi yang cukup tentang masalah yang dihadapi, serta keberdayaan dalam proses pengambilan keputusan demi kepentingan orang banyak.

Peran serta masyarakat yang mau peduli, dapat menjamin dinamisme dalam pengelolaan lingkungan hidup, sehingga mampu menjawab tantangan yang ada.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Bencana Alam

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Gempa, Jiwa

rabu 26-5-2021. pukul 20.30 tanah bergoyang. di tanahku Kabupaten karo, Sumatera Utara. kami ketakutan, khawatir akan terjadi tsunami yang akan menenggelamkan kami. syukurlah, saat ini, mitos sudah tak terlalu mampu mengganggu jiwa.

informasi yang kami peroleh dari BMKG, Gempa yang mengguncang tanah dan jiwa kami tidak berpotensi tsunami. kami dapat sedikit tenang meski sedikit was-was. 

tak ada korban jiwa dalam peristiwa kali ini. namun, ini menyadarkan kami. bahwa ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, adalah inti dari kehidupan.

Contoh Karangan Narasi Tentang Kecelakaan Lalu Lintas

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

buru-buru, luka

pada pukul 06.15 WIT, ical, mengantarkan anaknya pergi ke sekolah menggunakan kendaraan motor. sekalian pergi ke tempat kerjanya di SMA N 4 Kota Ternate. 

pagi hari ini cuaca sedang tak bersahabat. langit menghitam, kelam. baru berjalan 3 km dari rumahnya ical berpikir mungkin akan turun hujan yang lebat. Dia buru-buru mengantarkan anaknya agar tidak telat, jarak rumah ke sekolah anaknya itu sekitar 5 km. 

ical melaju dengan kecepatan tinggi agar anaknya tidak telat dan juga tidak kehujanan. sesampainya di persimpangan lampu merah. ical melihat tidak ada kendaraan yag lewat dari arah lain.  ical memilih menerobos lampu merah tersebut. 

sial, dari arah berlawanan, sebuah truk yang juga mengemudi dengan kecepatan tinggi lepas kendali. ical dan anaknya tertabrak.

ical, anaknya, juga sopir truk mengalami luka yang cukup parah. Setelah mendapat perawatan di RS, Barulah polisi datang untuk menginterogasi Kejadian. Sang supir lalu menceritakan kejadian yang menimpa dirinya, truk nya, dan barang yang ada di truk tersebut. 

Sang sopir dikenakan biaya sebanyak Rp.40.000.000, untuk biaya RS untuk sementara ditanggung pemerintah.

besoknya, polisi datang lagi ke RS, untuk menginterogasi ical. ical pun mengaku dia terburu-buru karena dia juga akan mengadakan rapat di SMA N 4 Kota Ternate. 

Dia di SMA N 4 menjabat sebagai kepala Bidang Kesiswaan. ical juga mengaku, jarak rumah ke sekolah anaknya sangat jauh. 

ia terburu-buru karena Anaknya akan mengikuti lomba membaca pidato Mandarin hari itu, juga karena cuaca yang buruk.

Karena dia adalah PNS dan juga selaku kesiswaan disekolahnya, ical hanya di denda sebesar Rp. 25.000.000 karena telah melanggar tata tertib lalu lintas. 

karena tidak adannya korban jiwa. ical dan sopir truk tersebut tidak masuk ke penjara.

Contoh Karangan Narasi Tentang Sekolah

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

fahrul muhammad  senang menyambut pagi ini. Senin ini adalah hari pertamanya masuk sekolah. Tahun ini dia resmi 'naik level' jadi siswa sekolah dasar. fahrul nampak sangat bahagia.

mirisnya, bocah lelaki berusia 7 tahun itu tidak bisa menyapa teman-teman barunya secara langsung. pandemik COVID-19 membuat anak-anak Indonesia dan di belahan dunia lainnya harus sekolah dari rumah. 

Sekolah online. Menghadap laptop atau layar handphone. bukan wajah ibu/bapak guru. Meski begitu, ul-sapaan akrabnya- tetap tak kehilangan kebahagiaan. Begitu bangun tidur, ul langsung bertanya di mana seragamnya. 

Tadi pagi bangun jam 6, awalnya males-malesan, begitu melek langsung tanya seragam. Dari tadi malam malah, sudah tanya seragam. cerita ibunda ul, marissa rianti.

wanita yang akrab disapa anti itu menuturkan, putra sulungnya itu memang tak sabar untuk masuk sekolah. Apalagi, sudah sebulan dia libur. Sejak 15 Juni 2020.

Sehabis mandi, Ul langsung pakai seragam. Dia sempat bersepeda sejenak. Sekedar untuk menyapa teman-teman seusianya di lingkungan perumahan tempatnya tinggal yang juga merasakan hari pertama masuk sekolah.

Tahun ini Ul mendaftar di SD N 53 Kota Ternate. Pendaftaran sekolah itu juga dilakukan secara daring. Orang tua juga gak pernah ketemu sama guru. Setelah diterima, ke sekolah itu cuma ambil seragam. Dua minggu sebelum masuk.

anti  sudah terbiasa mendampingi Ul saat sekolah daring. Sejak COVID-19 mewabah dan sekolah ditutup, dia selalu memberi pengertian kepada Ul.  

gak boleh keluar rumah karena ada virus. Dia paham. guru-guru TK-nya juga sering mengirim video animasi tentang corona, itu cukup membantu saya.

Ul sudah paham kalau dirinya harus belajar di rumah. Tentu saja dia penasaran dengan teman-teman di sekolahnya yang baru. Ya, walaupun tak bertemu secara langsung, Ul jelas ingin mengenal teman-temannya. 

baru tadi pagi ini tadi ambil videonya. Dia senang lihat video teman-temannya. Tanya-tanya, ini namanya siapa, rumahnya di mana. Antusias pokoknya, aktif tanya, alhamdulillah.

Contoh Karangan Narasi Tentang Banjir


desaku yang malang

Banjir, banjir! Mama, Papa ! banjir!

Banyak orang berteriak, lalu disusul suara benda-benda dipukul untuk dapat membangunkan banyak orang. 

Begitulah saat saya masih tinggal di kampung saya. Walaupun, daerah saya sebenarnya berada di dataran lebih tinggi dari daratan pesisir, tapi banjir bisa menimpa.

Penyebabnya di dekat rumah ada sungai. Sungainya masih alami yang tidak dibangun seperti bendungan, ada temboknya. 

Itu yang membuat volume airnya mudah naik dan menghukum kami karena tidak ada penghalangnya.

Kalau curah hujan tinggi sudah pasti banjir akan terjadi. Entah, hanya setumit kaki orang dewasa atau bisa selutut. Jika memang sampai selutut, rumah pun bisa tergenang.

lantas, bagaimana cara mencegah lingkungan supaya tidak banjir?

Rumah saya akhirnya terdapat tambahan 'tembok' di pintu belakang. Kebetulan rumah saya bentuknya L terbalik. Bagian ujung bawah adalah teras rumah.

Sedangkan, bagian kepala adalah rumah belakang yang berisi dapur memasak dan kamar mandi.

Satu hal menarik lainnya, bagian belakang rumah saya justru berada di tengah perkampungan. 

Maka, tidak heran jika saya lebih sering berjumpa dengan mama-mama dari pintu rumah belakang yang dibangun 'tembok' tadi.

Berhubung saya waktu itu masih kecil, jelas saya tidak bisa leluasa melangkah melewati tembok itu.

Tetapi, menurut saya cara itu cukup ampuh untuk menangkal banjir, walau sebenarnya air sungai juga bisa masuk lewat saluran pembuangan limbah dapur.

artikel eksplanasi

contoh artikel eksplanasi - siapapun yang senang membaca berita baik online maupun offline tentu tak asing dengan artikel yang berisi informasi mengenai suatu fenomena yang terjadi baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. 

artikel semacam itulah yang disebut artikel eksplanasi. 

artikel eksplanasi berisi penjelasan mengenai suatu fenomena. artikel eksplanasi, menyuguhkan kepada pembaca hubungan antara peristiwa dan logika. 

sekaligus, hubungan sebab-akibat yang membuat suatu fenomena bisa muncul. penjelasan lengkap mengenai pengertian teks eksplanasi ada di situ. 

berikut ini contoh artikel eksplanasi buat kamu

contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Fenomena Batu Akik

Fenomena batu akik sedang melanda sebagian masyarakat kita. Dimana-mana terjadi obrolan yang seru tentang batu akik. 

Tidak saja para orang tua, pemuda tetapi juga dikalangan pelajar sampai tingkat sekolah dasar. Setiap harinya membicarakan tentang batu akik atau batu ali. 

Yang lebih parah lagi, banyak yang alih profesi, seperti dari profesi petani menjadi penambang atau pedagang batu akik/ali. Entah sejak kapan dan entah sampai kapan fenomena ini akan berakhir.

Konon, boomingnya batu akik itu tatkala Bapak SBY menggunakannya dan memperlihatkan kepada umum lewat media, lalu kemudian diikuti pejabat lainnya. 

Atau konon, tatkala SBY persembahkan batu akik untuk Presiden Obama. 

Mungkin dari situlah masyarakat melihat dan tertarik, sehingga secara serempak mengikuti dengan mencari batu akik. Situasi ini dimanfaatkan oleh para pihak untuk mencari batu akik. 

Tak pelak, berbagai daerah diserebu oleh para penambang dadakan untuk mencari bongkahan batu, baik itu batu akik atau batu-batu lainnya.

Tentu kita tidak apriori negatif atas munculnya fenomena batu akik. 

yang perlu diperhatikan adalah manakala booming batu akik itu sudah menjurus kepada hal-hal yang berbau perusakan lingkungan, mistis, khurafat dan atau tidak rasionalnya harga batu akik yang jauh melambung tinggi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum semuanya terlanjut dan berkembang tidak keruan, yaitu dibawah ini.

pemerintah segera membuat regulasi khusus untuk pencarian dan penambangan batu akik atau batuan lainnya.

Pihak Majelis ulama atau para mubaligh untuk memberikan pencerahan tentang bahayanya menyelewengkan fungsi batu ali dari sekedar keindahan menjadi sifat-sifat, mistik, khurafat atau musyrik termasuk bisa melalaikan seorang muslim dari berdzikir kepada Allah ;

sebatas kecintaan terhadap batu ali ini sifatnya "kecintaan karena keindahanmnya", barangkali hal itu dianggap biasa saja sebagai kecintaan terhadap benda atau barang-barang lainnya.

ada manfaat dari aspek ekonomi, berupa tambahan pendapatan dan sumber pekerjaan, mengingat bertambahnya orang-orang yang memotong dan menggosok batu ali termasuk didalamnya bertambahnya pedagang batu ali.

fenomena batu akik ini biasanya tidak akan lama, seperti halnya fenomena terhadap burung kicau dan binatang peliharaan lainnya. 

Ada waktu sedang disenangi dan beberapa tahun kemudian hilang. Satu saat mulai membosankan yang akhirnya ditinggalkan.

Jadi, jangan tergiur oleh batu akik yang berharga mahal padahal tahun-tahun sebelumnya harganya murah, karena ditahun berikutnya akan kembali seperti harga sebelumnya.

https://jabarprov.go.id/index.php/artikel/detail_artikel/133/2015/02/24/Fenomena-Batu-Akik

contoh teks eksplanasi fenomena sosial

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

KPK Ungkap 7 Fenomena Korupsi di Indonesia

KBRN, Jakarta : Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menjelaskan terkait adanya sejumlah temuan  “fenomena” dalam kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). 

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keteranganya mengatakan, sediktnya ada  7 fenomena kasus korupsi yang ditangani lembaga antirasuah itu sepanjang 2020.

Pernyataan Ghufron tersebut disampaikan pada saat dirinya menjadi pembicara dalam acara Anti-Corruption Summit (ACS) ke-4 Tahun 2020. 

yang bertemakan "Quo Vadis Pemberantasan Korupsi" digelar secara virtual (daring) via Channel Youtube KPK.

“(Fenomena) pertama, kejahatan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) itu hampir merata dari Sabang sampai Merauke. 

Korupsi tidak membedakan partai, tidak kemudian partai A suci sementara partai lain yang khilaf, tidak. Ternyata hampir sama, tidak membedakan suku bangsa dan agama pelakunya itu," kata Nurul Ghufron di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Fenomena kedua menurut Ghufron, bahwa pelakunya relatif sama, yaitu dari unsur swasta, kepala daerah, anggota dewan dan pejabat pusat maupun daerah. 

Fenomena ketiga katanya juga terjadi hampir sama, yaitu suap di pengadaan barang/jasa, suap di perizinan dan sumber daya manusia. Fokus pada tiga hal ini, lainnya tersebar dan merata.

Menurutnya, fenomena keempat terkait modus dalam tindak pidana korupsi, yakni suap sebanyak 66 persen dan pemerasan dan gratifikasi 22 persen.

“Metodenya juga hampir sama, yaitu pakai cash (tunai), transfer rekening ataupun bisa juga dengan mata uang asing,” jelasnya.

“Ada yang bahkan kemudian untuk suap tingkat tinggi itu bisa dilaksanakan di luar negeri tidak di Indonesia supaya tidak terendus oleh KPK ataupun aparat penegak hukum lain di Indonesia,” terangnya.

Fenomena kelima kata Ghufron, bahwa dari tingkat pendidikan pelaku korupsi (koruptor) sebanyak 64 persen kebanyakan adalah sarjana (berpendidikan tinggi).

“Ternyata harapannya berpendidikan itu kian berkarakter kian berintegritas, namun ternyata pelakunya sebanyak 64 persen itu adalah sarjana yang secara graduate berpendidikan," tambahnya. 

Fenomena keenam menurutnya ada sebagian pelaku korupsi (koruptor) yang mulai merambah kaum muda atau milenial.

 “Pelaku korupsi tidak hanya kaum pejabat tua tetapi juga ternyata kaum milenial ada yang masih 29 (tahun), 32 (tahun)dan lain-lain," tegasnya. 

Fenomena ketujuh, Ghufron membeberkan pada tingkat demokrasi Indonesia ternasuk relatif baik, namun kenyataannya yang terjadi juatru tingkat korupsinya juga masih tinggi.

“Mestinya kian demokratis kian transparan maka korupsinya harapannya rendah, Indonesia dinobatkan sebagai negara kelima terbaik demokrasinya, tetapi ternyata tingkat korupsinya masih tinggi, ini seperti fenomena anomali (berlawanan),” pungkasnya.

sumber : https://rri.co.id/humaniora/info-publik/931887/kpk-ungkap-7-fenomena-korupsi-di-indonesia

contoh teks eksplanasi tentang sekolah

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Fenomena Sekolah dari Rumah Jadi Momen Tingkatkan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak

fenomena School From Home alias sekolah dari rumah dengan berbagai perangkat laptop maupun ponsel pintar jadi budaya baru dalam pendidikan di Indonesia. 

Tak ayal para orang tua pun ikut sibuk menyiapkan dan mendampingi proses belajar online ini. 

Di satu sisi School From Home jadi momen yang baik untuk mengembalikan peran keluarga sebagai pendidikan utama bagi anak.

Dari keluarga terbangun pendidikan anak yang terbaik. Peran orangtua menentukan tumbuh kembang anak.

Demikian poin utama yang disampaikan dalam webinar bertajuk “Pendidikan dan Keluarga” yang dihadiri kakak-beradik keluarga pendidik. 

Para pembicara yakni 

komisaris Lembaga Pendidikan Duta Bangsa, Rachmini Rachman Uno atau yang dikenal Mien Uno

pakar pendidikan yang juga Ketua Harian Komisi Nasional Unesco Arief Rachman

Irid R Agoes, majelis pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi Kemdikbud.

Mien Uno menekankan pola pendidikan yang bukan sekadar transfer ilmu. Pendidikan dari lingkungan keluarga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri anak.

“Mendidik adalah melibatkan diri kita secara emosional untuk memberdayakan seseorang untuk menjadi lebih baik,” katanya dalam diskusi.

Pendidikan terhadap anak menurut Mien Uno harus sejalan dengan potensi pengembangan diri anak. Menurut Ibunda Sandiaga S Uno punya potensi dan bakat berbeda.

“Jadi kita mengontrol anak dari kecil, bakat diasah sesuai keandalan dan anugerah Allah. Jadi nggak boleh membandingkan satu dengan yang lain apalagi anak tetangga,” ujarnya.

Selain itu, Mien Uno juga menyebut pentingnya anak mendapat teladan untuk bersosialisasi di luar lingkungkungan keluarga. 

Dari kedua orang tuanya R Abdullah Rachman dan Siti Koersilah yang berprofesi sebagai guru, Mien Uno diajarkan untuk tidak membedakan latar belakang seseorang.

“Saya melihat bagaimana orangtua kami menghargai satu sama lain. Buktinya waktu makan siang itu itu kami dikumpulkan dalam satu meja, meja nggak besar dan semua berdempet-dempetan. 

Makan misalnya kalau sop tinggal airnya, tapi makan dengan lahap kemudian ada semur tinggal kuahnya. 

Tidak hanya itu saja, tapi ada tukang dagang, misalnya tukang telor, tukang patri, tukang arang tukang sol sepatu semua dikumpulkan dan kita belajar di situ harus menghargai satu sama lain. 

tidak ada perbedaan kita sama-sama. 

Saya melihat itu menjadi bagian dari apa yang saya lakukan sekarang (yakni) ketauladanan bahasa sekarang role model,” kata dia.

Teladan orang tua juga dikenang adik bungsu Mien Uno, Irid Agoes. Irid Agoes bercerita semasa kecil sempat bertanya-tanya alasan orang tuanya harus membantu tetangga.

“Saya ingat sekali ayah dan ibu menyuruh kami yang kecil-kecil membantu tetangga kalau mau ada pesta. Kadang saya kesal kenapa sih dibantu, tapi ternyata itulah pendidikan. 

Jadi sifat membantu hanya bisa diberikan dengan praktik."

Sementara itu, Arief Rachman menyebut salah kaprah soal pendidikan yang hanya terpaku pada hasil akhir yakni nilai sekolah.

Padahal pendidikan menurutnya merupakan proses anak berkembang dengan suasana menyenangkan.

“Dalam pendidikan di keluarga dan sekolah yang paling penting adalah suasana harus menyenangkan.

Kalau suasana menyenangkan akan tumbuh kekuatan agama, akan tumbuh kekuatan akal, akan tumbuh kekuatan rasa dan akan tumbuh kekuatan bermasyarakat sosial dan Insya allah terjamin kesehatannya,” tutur dia.

sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/657903/fenomena-sekolah-dari-rumah-jadi-momen-tingkatkan-peran-keluarga-dalam-pendidikan-anak

contoh teks eksplanasi pendidikan

Fenomena Sekolah Unggul dan Sekolah Mahal

latar belakang 

pada zaman sekarang banyak sekali sekolah  yang sangat percaya diri dengan sikap berbagai konsep dan ilusi mereka. 

para birokrat-birokrat sekolah ataupun lembaga merasa mampu menciptakan sekolah unggul dengan biaya yang tentunya tidak murah. 

mereka menganggap bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mahal.

sekolah unggul 

Munculnya sekolah unggul adalah upaya peningkatan dan pengembangan SDM. terutama menyongsong pembangunan jangka panjang II dan di resmikannya program wajib belajar 9 tahun.

salah satu tujuannya adalah menjaring sekaligus mengembangkan kader bangsa yang baik  dalam artian memiliki kelebihan dan keunggulan dari para siswa sehingga di harapkan mampu mengantisipasi dan menjawab berbagai tantangan zaman .

namun perlu dicermati kembali karena ada yang kurang akat unggul di sini menyiratkan otoritas atau sikap yang berlebihan dengan sekolah lainnya. 

yaitu menyombongkan intelektual yang sengaja di tampakkan oleh sekolah tersebut Dalam konsep sekolah unggulan. 

yang ada sekarang diterapkan sekedar untuk menciptakan prestasi siswa, dirancang kurikulum yang sarat muatan, diajar guru - guru yang berkualitas, dengan sarana yang bagus, tapi biayanya sangat mahal. 

Padahal sekolah unggulan yang sebenarnya, dapat dicapai dengan seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal. 

Mulai dari tenaga administrasi, pengembangan kurikulum, tenaga pendidikan, termasuk masyarakat harus dilibatkan secara berdaya guna. 

karena sumberdaya itu akan dapat menciptakan iklim dan kultur yang mampu membentuk keunggulan sekolah.

sekolah mahal

pada dasarnya Laju pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi, bahkan oleh Bank Dunia disebut ajaib, di negara kita ternyata berdampak secara positif terhadap munculnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai. 

Kalau kita perhatikan dalam beberapa tahun yang terakhir ini telah muncul sekolah-sekolah yang fasilitasnya sangat memadai. 

Fasilitas yang disediakan oleh sekolah-sekolah tersebut terhitung sangat memadai untuk rata-rata sekolah di Indonesia. 

misalnya saja bangunannya yang megah, ruang belajarnya yang sejuk dan ber-AC, buku-buku perpustakaannya yang lengkap, sarana olahraga yang memadai, guru yang profesional, suasana belajarnya yang akademis, dan sebagainya.

Tentu hadirnya sekolah-sekolah yang berfasilitas memadai tersebut layak mendapat sambutan karena sarana pendidikan dan fasilitas belajar yang memadai dapat menumbuhkan suasana akademis yang memadai pula. 

yang pada akhirnya akan menghantarkan pencapaian prestasi belajar siswa secara memuaskan. 

Secara fisik memang demikianlah seharusnya kita dalam menyelenggarakan sekolah bagi putra-putra bangsa kita. Sekarang sudah tidak jamannya lagi 

menyelenggarakan sekolah dengan bangunan yang tidak kokoh, atapnya bocor, dindingnya berlubang, perpustakaannya tidak ada, fasilitas olahraganya memprihatinkan, manajemennya seadanya, dan penguasaan ilmu gurunya sudah "out of date"

sumber : https://www.kompasiana.com/duhaahmary2713/607fba3fb6b9c87b457183b2/fenomena-sekolah-unggul-dan-sekolah-mahal

contoh teks eksplanasi tsunami

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

apa itu tsunami? penyebab, dampak, dan cara menanganinya.

Tsunami merupakan gelombang raksasa yang terjadi karena adanya pergerakan di dasar laut. Secara etimologi, tsunami berasal dari bahasa Jepang. 

Dilansir dari bacaan untuk anak tingkat SD Kelas 4,5, dan 6 berjudul Bersahabat dengan Bencana Alam yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, "tsu" berarti perlabuhan, dan "nami" berarti gelombang.

Sehingga secara umum, tsunami dipahami sebagai pasang laut yang besar di pelabuhan. 

Masyarakat Jepang menyebutnya begitu karena, gelombang tsunami baru tampak dan dapat dirasakan kekuatannya ketika telah mencapai pelabuhan. 

Berdasarkan statistik, Jepang tercatat sebagai negara yang paling sering mengalami tsunami di dunia. Sementara Indonesia, berada di posisi keempat. 

Lokasi rawan tsunami ditentukan dari sejarah kejadian tsunami, morfologi atau bentuk pantai.

Misalnya, pada pantai dengan bentuk landai atau teluk yang berhadapan langsung dengan sumber gempa bumi, maka bisa jadi penyebab terjadinya tsunami. 

Wilayah rawan bencana tsunami di Indonesia tersebar di 18 provinsi dari Nanggro Aceh Darusalam hingga Fak-Fak di Papua. 

Penyebab Tsunami 

Terdapat beberapa penyebab terjadinya tsunami: 

  1. Gempa bumi yang diikuti dengan dislokasi. 
  2. Dislokasi adalah perpindahan masa tanah atau batuan yang sangat besar di bawah air laut atau danau.
  3. Tanah longsor di bawah tubuh air laut. 
  4. Letusan gunung api di bawah laut dan gunung api pada sebuah pulau.

Karakteristik Tsunami Dikutip dari Bahan Ajar Geografi Kelas 11 Materi Mitigasi Bencana Alam, karakteristik gelombang tsunami meliputi:  

  • energi.
  • magnitudo.
  • kedalaman pusat gempa.
  • mekanisme fokus. 
  • luas rupture area. 

Berikut ini karakteristik Tsunami: 

Tinggi gelombang tsunami di tengah lautan mencapai lebih kurang 5 meter. Secara bersamaan gelombang tsunami akan mencapai pantai dengan tinggi hingga 30 meter. 

Panjang gelombang tsunami (50-200 km) jauh lebih besar dari pada gelombang pasang laut (50-150 m). Panjang gelombang tsunami ditentukan oleh kekuatan gempa. Contohnya, pada gempa bumi tsunami dengan kekuatan magnitude 7-9. Maka, panjang gelombang tsunami berkisar 2.050 km dengan tinggi gelombang 2 m dari permukaan laut. 

Periode waktu gelombang tsunami yang berkekuatan tinggi hanya memiliki durasi gelombang sekitar 10-60 menit, sementara gelombang pasang bisa berlangsung lebih lama yaitu 12-24 jam. 

Cepat lambatnya gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut. Apabila kedalaman laut berkurang setengahnya, maka kecepatan gelombang tsunami akan berkurang sebanyak tiga perempatnya

https://tirto.id/apa-itu-tsunami-penyebab-karakteristik-dan-cara-mengendalikannya-gaRk

contoh teks eksplanasi banjir

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Apa Itu Banjir? Definisi, Penyebab dan Dampak.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), banjir adalah berair banyak dan deras, kadang-kadang meluap (tentang kali dan sebagainya). 

Banjir juga dapat diartikan peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. 

Menurut Encyclopaedia Britannica, banjir adalah tahap air tinggi di mana air meluap ke tepi alami atau buatan ke tanah yang biasanya kering. 

Dikutip dari situs BNPB, banjir adalah peristiwa atau kejadian alami di mana sebidang tanah atau area yang biasanya merupakan lahan kering, tiba-tiba terendam air karena volume air meningkat.

Kapan terjadi banjir? 

Banjir terjadi pada interval yang tidak teratur serta bervariasi dalam ukuran, durasi dan area yang terkena dampaknya. 

Air selalu mengalir secara alami dari daerah tinggi ke daerah rendah. Artinya di dataran rendah dapat terjadi banjir lebih cepat sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi. 

Banjir dapat terjadi secara tiba-tiba dan surut dengan cepat. Tetapi ada pula yang terjadi selama berhari-hari bahkan lebih lama. 

Ketika banjir terjadi di daerah yang dihuni manusia, air membawa benda-benda seperti: 

  1. rumah
  2. jembatan
  3. mobil
  4. perabotan 
  5. orang. 

Kekuatan banjir dapat merusak lahan pertanian, menyeret pepohonan maupun benda-benda berat. 

apa penyebab terjadinya banjir?

Terjadinya banjir disebabkan oleh beberapa faktor.  Berikut ini penyebab terjadinya banjir: 

Hujan Setiap kali terjadi hujan yang lebat dan melebihi kapasitas sistem drainase, banjir akan terjadi. Terkadang hujan lebat dalam waktu relatif singkat dapat menyebabkan banjir. 

Di lain waktu, hujan gerimis selama berhari-hari atau berminggu-minggu dapat mengakibatkan banjir. 

Sungai meluap Sungai yang meluap dapat menyebabkan banjir. Meluapnya sungai dapat terjadi ketika air lebih banyak di bagian hulu dari biasanya. 

Saat air itu mengalir ke hilir menuju dataran rendah yang berdekatan akan ada semburan dan air masuk ke daratan. Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Banjir di Bogor dan Bekasi Akibat Ulah Manusia 

Badai dan angin kencang di pantai Air laut dapat terbawa angin kencang dan angin topan ke daratan pantai yang kering lalu menyebabkan banjir. 

Kondisi dapat lebih buruk jika angin tersebut juga membawa hujan sendiri. Terkadang air dari laut akibat tsunami dapat mengalir ke daratan dan menyebabkan kerusakan. 

Bendungan rusak Tanggul dibangun di sisi sungai dan digunakan untuk mencegah air tinggi membanjiri daratan yang berbatasan. 

Bendungan adalah blok buatan yang dipasang untuk menahan air yang mengalir dari dataran tinggi. Daya dari air digunakan untuk pembangkit listrik. 

Tetapi bila terlalu banyak air yang tertahan di bendungan dapat menyebabkan bendungan rusak dan air meluap. 

Kelebihan air juga bisa secara sengaja dialirkan dari bendungan untuk mencegah rusaknya bendungan yang berakibat banjir. Baca juga: Banjir Jakarta, Ahli Hidrologi UGM Analisis Penyebabnya 

Es dan salju mencair Di wilayah yang dingin, salju tebal selama musim dingin biasanya tetap tidak meleleh selama beberapa waktu. Ada juga gunung yang memiliki es di puncaknya. 

Terkadang es tiba-tiba meleleh ketika suhu naik, mengakibatkan pergerakan besar air ke tempat-tempat yang biasanya kering. 

Pergerakan besar air ini biasanya disebut banjir pencairan salju (snowmelt flood). 

Penyumbatan drainase Banjir dapat terjadi ketika pencairan salju atau limpasan hujan tidak dapat disalurkan dengan tepat ke sistem drainase yang berakibat air mengalir ke daratan. 

Penyumbatan drainase atau kurang tepatnya sistem drainase biasanya menjadi penyebab banjir jenis ini. Daerah yang terjadi penyumbatan drainase akan tetap banjir sampai sistem air hujan atau saluran air diperbaiki.

sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/03/060000269/apa-itu-banjir-definisi-penyebab-dan-dampak?page=all

contoh artikel eksplanasi tentang fenomena alam

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Fenomena Langka, Gerhana Matahari Cincin Terjadi Pada 10 Juni.

Fenomena langka gerhana matahari akan menghiasi langit pada 10 Juni 2021 mendatang. Gerhana matahari yang dihasilkan akan menciptakan fenomena cincin api yang indah di langit.

Dilansir Expres.co.uk, gerhana akan muncul di beberapa bagian AS dan Kanada pada Kamis 10 Juni 2021. 

Gerhana diperkirakan akan dimulai sekitar pukul 05.24 EST ketika Bulan lewat tepat di depan Matahari. Gerhana cincin ini akan mencapai puncaknya sekitar pukul 05.32 EST.

Para astronom memperkirakan seluruh peristiwa ini akan berlangsung lebih dari satu jam dan akan selesai pada pukul 06:30 EST.

Pemandangan gerhana paling baik akan terlihat di sepanjang bentangan sempit Kanada dan Rusia paling utara. Gerhana cincin api ini juga sebagian terlihat di beberapa negara bagian AS.

Menurut Almanak Petani Maine, zona tampilan akan jatuh ke utara dan timur dari garis yang membentang dari: 

  1. Edmonton
  2. Alberta
  3. Kanada
  4. Evansville
  5. Indiana
  6. Savannah
  7. Georgia di pantai Atlantik.
  8. Kota-kota seperti Toronto di Kanada dan New York dan Boston di AS masing-masing akan melihat antara 86 hingga 80 persen gerhana Matahari.

Beberapa gerhana parsial juga akan terlihat dari beberapa bagian Eropa, termasuk Inggris, Rusia dan sebagian Asia.

Para astronom di Royal Observatory Greenwich memperkirakan sekitar 25 persen Matahari akan tertutup Bulan di atas Inggris.

sumber : https://sains.sindonews.com/read/445432/766/fenomena-langka-gerhana-matahari-cincin-terjadi-pada-10-juni-1622721986

contoh teks eksplanasi covid 19

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Fenomena Long Covid Sudah Ada sejak Awal Pandemi, Apa Itu?

Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan jumlah kasus positif masih terus bertambah dari hari ke hari. 

Untuk di Indonesia, data update hingga tanggal 29 Oktober 2020, ada penambahan kasus sebanyak 3.565, sehingga akumulasi total dari laporan awal pada Maret hingga Oktober ini sudah mencapai 404.048 kasus pasien terinfeksi Covid-19. 

Di tengah pandemi yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, masyarakat kembali dikejutkan dengan kehadiran fenomena long Covid. 

Dijelaskan oleh dokter spesialis patologi klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, fenomena long Covid yang terjadi pada pasien terkonfirmasi positif PCR (terinfeksi Covid-19) bukanlah hal yang baru. 

"Long Covid adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19, dalam kurun waktu hampir setahun ini," ujar Irham. 

Istilah long covid lebih mengarah pada fenomena gejala-gejala yang dialami pasien pasca-terinfeksi Covid-19. 

Hal ini dikarenakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 merupakan jenis virus baru, dan hingga saat ini seluruh dunia masih melakukan penelitian mendalam tentang virus dan penyakit yang diakibatkannya. 

Apalagi, penyakit yang ditimbulkan oleh virus SARS-CoV-2 ini memang berbahaya sehingga dapat menyebabkan kematian. 

"Penelitian mengatakan bahwa penyakit yang ditimbulkan oleh Covid-19 ini bergantung seberapa berat kerusakan organ yang dialami oleh pasien," kata Irham. 

Hal tersebut nantinya akan menimbulkan potensi pasien mengalami gejala berkelanjutan dan melalui proses perbaikan organ tubuh yang memakan waktu lama. 

Istilah long Covid atau biasa juga disebut post acute Covid-19 adalah gejala-gejala Covid-19 yang masih dialami oleh seseorang saat mengalami perbaikan klinis atau setelah dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan PCR. 

Sehingga, pasien tersebut, perlu menjalani perawatan lebih lama di rumah sakit dari pasien Covid-19 lainnya, yaitu lebih kurang 3 minggu. 

Irham mengatakan, ada penelitian yang dilakukan di negara-negara Eropa menyebutkan bahwa 9 dari 10 pasien yang dirawat karena terinfeksi Covid-19 dapat mengalami fenomena long Covid ini. 

"Long Covid ini biasanya terjadi pada pasien dengan keluhan mild symptoms (gejala ringan) dan rata-rata mengalami gejala long Covid lebih dari 3 minggu, bahkan berbulan-bulan setelah gejala awal dialami oleh pasien.

" kata Irham. Lebih lanjut, dokter spesialis paru Primaya Hospital Karawang dr Nurhayati SpP menjelaskan, bagaimana pasien Covid-19 bisa dikatakan mengalami long Covid. 

Gejala Parah Menurut Nurhayati, seseorang bisa dikatakan terkena long Covid dilihat dari lamanya perawatan dan gejala-gejala yang timbul, dari ringan hingga berat. 

"Gejala Covid-19 yang muncul dapat bertahan lama, tergantung berat ringannya suatu penyakit," katanya. Semakin berat gejala Covid-19, maka akan semakin lama efek yang diderita pada pasien Covid-19. 

Gejala yang paling umum terjadi selama long Covid adalah sakit kepala, myalgia (nyeri otot), pegal-pegal, dan lain sebagainya.

sumber https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/30/190500823/fenomena-long-covid-sudah-ada-sejak-awal-pandemi-apa-itu?page=all

teks eksposisi 

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya
contoh artikel eksposisi - sebagai pembelajar mampu memahami dan menganalisa berbagai jenis teks merupakan suatu keunggulan tersendiri. 

dengan mampu mengenali berbagai jenis teks, tentu kita akan lebih mudah menyerap informasi dan inti gagasan dari setiap teks yang mungkin kita temui.

tak terkecuali teks eksposisi. apalagi teks eksposisi ini banyak sekali dijumpai dan beredar di media.

teks eksposisi umum dijumpai karena tujuan dari teks eksposisi sendiri ialah untuk mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi sebuah persoalan. 

karena itu, pembahasan mengenai contoh artikel teks eksposisi beserta strukturnya penting. agar, dapat mempermudah sobat aksara mengenali artikel teks eksposisi.

teks eksposisi seperti juga teks pada umumnya mempunyai struktur. struktur teks eksposisi terdiri atas tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. 

sebelum kita membahas mengenai contoh artikel teks eksposisi beserta strukturnya. simak dulu pembahasan singkat mengenai struktur teks eksposisi berikut ini.

struktur teks artikel eksposisi

tesis

berisi pendapat atau opini yang menjadi pokok pembicaraan dalam teks eksposisi.

argumentasi.

argumentasi merupakan isi dari teks eksposisi. argumentasi bertujuan menjelaskan pokok permasalahan yang dibahas dalam suatu teks eksposisi.

penegasan ulang.

penegasan ulang berisi penegasan kembali dari paragraf sebelumnya yang merupakan bagian dari penutup. berikut ini contoh teks eksposisi beserta strukturnya.

contoh teks eksposisi tentang pendidikan 

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Orang dewasa penyebab indeks “kesopanan” digital Indonesia buruk: pentingnya literasi digital

Bulan lalu, survei Microsoft Digital Civility Index 2021 mengatakan bahwa warganet Indonesia “tidak sopan”. 

Dalam laporan tersebut, terdapat fakta yang belum banyak dibahas, yaitu bahwa penyebab utamanya adalah tingkah laku berinternet dari orang dewasa (usia 18-74).

Survei yang mengulas perilaku 58.000 warganet di 32 negara menempatkan Indonesia sendiri menempati peringkat ke-29, terparah di wilayah Asia Tenggara.

Salah satu temuan penting dalam laporan tersebut adalah ternyata orang dewasa (usia 18-74) yang mendominasi tindakan yang tidak sopan di ranah digital.

Skor ketidaksopanan orang dewasa di Indonesia sebesar 83 (naik 16 poin dari tahun lalu).

Sementara perilaku remaja (usia 13-17) bertahan di angka 68 tanpa ada perubahan. 

Tren global memang menunjukkan bahwa remaja (usia 13-17) adalah kelompok yang justru memimpin pulihnya kesopanan digital sepanjang tahun 2020.

Meningkatnya skor pada orang dewasa di Indonesia utamanya dipicu oleh peningkatan hoaks dan penipuan.

tesis

Orang dewasa sumber utama “ketidaksopanan”, menyebar hoaks dan misinformasi

Kecenderungan orang dewasa berperilaku buruk di internet berkaitan dengan tingkat literasi mereka yang rendah.

Data tahun 2018 dari lembaga pendidikan dan kebudayaan UNESCO, menunjukkan tingkat literasi yang tertinggi di Indonesia terdapat pada kelompok 15-24 tahun.

Laporan tahun 2020 dari lembaga analisis Katadata Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). 

juga mengatakan bahwa Gen X (usia 40-55) secara umum memiliki literasi digital yang lebih buruk dari kelompok remaja dan milenial muda.

Hal tersebut kemudian diperparah ketika mereka menggunakan media sosial percakapan – terutama Whatsapp – untuk menyebarkan berita dan informasi.

Di Indonesia, kombinasi dari penetrasi internet yang tidak merata ditambah dengan kebiasaan bergosip mendorong tingginya penggunaan Whatsapp (98,9%), terutama di kalangan orang dewasa.

Beberapa akademisi mengatakan bahwa Whatsapp adalah sumber terbesar merebaknya misinformasi. Hal ini juga sangat terasa selama pandemi COVID-19.

argumentasi

Yang jelas, penindakan hoaks secara paksa – seperti melalui polisi siber – bukanlah solusi tepat, terutama mengingat berbagai pasal karet dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) versi sekarang masih sangat rawan untuk disalahgunakan.

Indonesia membutuhkan pendidikan literasi digital sebagai pengguna internet, sehingga layaknya perusahaan media sosial saat ini, warganet Indonesia akan memiliki “swa-aturan” sendiri untuk menyaring kredibilitas konten yang akan dibagikan.

penegasan ulang.

sumber : https://theconversation.com/orang-dewasa-penyebab-indeks-kesopanan-digital-indonesia-buruk-pentingnya-literasi-digital-156644

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan beserta strukturnya

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya
Hari Kelautan Sedunia : Kita tidak akan bisa mencapai pembangunan berkelanjutan dengan laut yang tidak sehat

PBB telah mendeklarasikan “Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan”, pada awal tahun ini.

Tujuannya adalah mempromosikan pengelolaan laut dan pesisir berbasis sains, menjadikan kelautan yang sehat sebagai salah satu pilar kemajuan bagi seluruh umat manusia.

Melalui slogan “Ilmu yang kita butuhkan untuk laut yang kita inginkan”, Dekade Ilmu Kelautan mendasarkan kepada premis bahwa ilmu ini harus mendorong Agenda PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Namun, ini hanya akan mungkin terjadi melalui proses reflektif, inklusif dan transformasional (perubahan secara drastis).

Proses ini harus muncul dari pengetahuan ilmiah, partisipasi pemerintah dan organisasi sipil, dan membawa perubahan yang menjangkau seluruh komunitas internasional dan planet itu sendiri.

Lautan merupakan arsitek kehidupan planet dan memiliki banyak potensi sumber daya yang berkelanjutan.

Tetapi, kita juga harus melihat posisi manusia di alam dan menerapkan prinsip-prinsip keadilan sosial, termasuk bagaimana kita “menggunakan” laut, yang merupakan dasar konsep pembangunan berkelanjutan.

tesis

Lautan: Sumber daya terbesar kita bersama

Lautan mengatur semua kehidupan di planet Bumi: 97% air di permukaan planet ini ini, sebagai seba dasar kehidupan, berada di lautan.

Penguapan laut menyediakan 34% air yang jatuh di atas daratan, mempertahankan kehidupan di ekosistem darat.

Selain itu, lautan juga bertanggung jawab atas kompleksitas dan ketahanan planet kita.

Ekonomi biru menggambarkan, baik penggunaan sumber daya alam dan kegiatan, yang menggunakan laut untuk transportasi dan komersial. Tetapi, yang terpenting adalah ini cara berpikir dan berinteraksi dengan alam yang baru.

Kegiatan-kegiatan ini meliputi penangkapan ikan yang berkelanjutan dan budidaya yang bertanggung jawab, sumber energi terbarukan, air bersih, sumber daya tumbuhan dan hewan laut, serta bioteknologi kelautan dan sumber daya genetik lainnya.

Selain itu, kegiatan-kegiatan di lingkungan pesisir dan laut, mulai dari ekowisata hingga perdagangan lokal.

argumentasi

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tidak boleh didasarkan pada “menggunakan” alam, bahkan jika itu berkelanjutan. Sebaliknya, fokusnya harus “menjadi bagian dari alam”, bukan memiliki.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah kesempatan bagi seluruh umat manusia, tanpa kecuali, untuk mendapatkan hak-hak atas standar hidup yang layak, yang tetap dimungkinkan dengan sumber daya planet kita.

Tetapi, di atas semua itu, tujuan-tujuan tersebut harus mendorong kita menuju fase baru dalam evolusi kita sebagai spesies, menuju pertumbuhan internal, baik individu dan kolektif, yang selaras dengan alam.

penegasan ulang

sumber : https://theconversation.com/hari-kelautan-sedunia-kita-tidak-akan-bisa-mencapai-pembangunan-berkelanjutan-dengan-laut-yang-tidak-sehat-162344

Contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Jumlah Sampah Jakarta ke TPST Bantargebang Naik Terus Tiap Tahun, Ini Detailnya

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, menjelaskan, sampah di Ibu Kota didominasi sisa makanan (53 persen), kemudian plastik (sembilan persen), residu (delapan persen), kertas (tujuh persen) dan lain-lainnya.

tesis

"Menuntaskan permasalahan sampah ini tidak dapat dilakukan hanya dari unsur pemerintah saja. Tentu, dibutuhkan upaya bersama masyarakat, dimulai dari pemilahan dan pengurangan sampah rumah tangga.

karena sejatinya sampah rumah tangga juga bisa didaur ulang, seperti menjadi kompos, untuk nantinya mampu mengurangi volume sampah yang dihasilkan secara keseluruhan di Jakarta," kata Syaripudin, Sabtu 20 Maret 2021.

argumentasi

Syaripudin memaparkan, ITF Wilayah Layanan Barat direncanakan akan mengolah sampah sebesar 2.000 ton per hari dengan efisiensi 80 persen.

Untuk pembangunan ITF Wilayah Layanan Barat, PT Jakpro bekerja sama dengan konsorsium PT Wijaya Karya (WIKA)-PT Indoplas Karya Energi (Indoplas).

Selain itu dapat menghasilkan energi terbarukan dengan memiliki kemanfaatan umum atau nilai tambah lebih dari seperti di Bantargebang.

penegasan ulang

sumber : https://metro.tempo.co/read/1444266/jumlah-sampah-jakarta-ke-tpst-bantargebang-naik-terus-tiap-tahun-ini-detailnya/full&view=ok

Contoh teks eksposisi tentang ekonomi beserta strukturnya

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Di balik merger Gojek dan Tokopedia: apa untung ruginya buat konsumen?

Gojek dan Tokopedia telah bermerger menjadi GoTo Group. Perusahaan tersebut kini memiliki valuasi sekitar Rp 572 triliun dan pengguna serta mitra yang berjumlah jutaan orang.

Pengguna aktif kedua aplikasi ini berjumlah lebih dari 100 juta pengguna, sehingga penting untuk melihat dampak baik dan buruk segala tindak tanduk GoTo ke depan bagi penggunanya.

tesis

Dampak baik bagi para pengguna, misalnya, berbagai perusahaan dan layanan di bawah GoTo Group semakin kuat secara finansial dan sumber daya. sehingga akan mampu mengembangkan layanan yang lebih baik bagi para pengguna.

Namun, yang harus kita pelajari adalah dampak buruk yang berpotensi terjadi kepada pada konsumen.

Salah satunya, merger ini dapat menciptakan persaingan usaha yang tidak sehat karena menguasai berbagai layanan sekaligus. 

argumentasi

Pada akhirnya, GoTo bisa saja menjebak konsumen pada layanan keuangan mereka dan menaikkan harga secara sepihak – di tengah literasi atau pengetahuan finansial yang juga masih rendah.

penegasan ulang

sumber : https://theconversation.com/di-balik-merger-gojek-dan-tokopedia-apa-untung-ruginya-buat-konsumen-162509

contoh teks eksposisi artikel ilmiah populer

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Riset: remaja yang sekolahnya dikepung iklan rokok cenderung lebih tinggi merokok

Industri rokok menargetkan anak-anak dan remaja sebagai pasar potensial yang akan menjadi pelanggan candu nikotin jangka panjang. 

Ini strategi industri rokok untuk terus berkembang dengan cara mengganti pelanggan tua yang telah meninggal lebih cepat karena penyakit terkait rokok.

Karena itu, di Indonesia, di mana industri rokok leluasa menjual dan mempromosikan rokok akibat pengendalian tembakau yang lemah, iklan tembakau (rokok) di luar ruang banyak sekali yang dipasang di dekat sekolah.

Industri rokok mendekatkan paparan iklan rokok pada mata dan pikiran anak-anak sekolah.

tesis

Riset terbaru kami, yang mencari kaitan antara kepungan (visibilitas) iklan rokok luar ruang dan perilaku merokok di kalangan remaja di Kota Semarang. 

menunjukkan ada hubungan signifikan antara perilaku merokok remaja dan kepadatan iklan rokok luar ruangan di Indonesia.

Informasi akurat dan kredibel bagaikan oksigen yang menyehatkan kita.

Remaja di sekolah dengan kepadatan iklan rokok luar ruang sedang dan tinggi memiliki kecenderungan 2,16 kali lebih tinggi untuk merokok, dibandingkan dengan remaja dengan kepadatan iklan rendah.

Demikian pula, remaja di sekolah menengah atas yang dekat (paling tidak 1 iklan dalam jarak 200 meter) dengan iklan rokok luar ruang memiliki kemungkinan 2,8 kali lebih tinggi untuk merokok.

Pemerintah pusat dan daerah perlu melarang iklan rokok di luar ruang termasuk di dekat sekolah untuk mencegah meningkatnya jumlah perokok remaja. 

Kebijakan ini diperlukan untuk menyelamatkan remaja dari risiko penyakit tidak menular dan beban ekonomi pada masa depan.

argumentasi

kami mendukung pemerintah untuk melarang periklanan rokok luar ruang nasional di Indonesia dan negara berkembang lainnya yang belum menerapkannya.

Larangan iklan rokok luar ruang yang efektif di Yunani telah terbukti mengurangi jumlah iklan menjadi nol. Ini berarti menghapus paparan iklan kepada kaum muda.

Seharusnya pemerintah Indonesia segera meratifikasi Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) agar memiliki landasan hukum yang kokoh dan komprehensif untuk mengendalikan tembakau termasuk melarang iklan rokok di dekat sekolah.

Pemerintah mestinya melindungi anak-anak dari gempuran pemasaran dan promosi rokok. Bukan malah mendukung atau membiarkan industi rokok bebas memasang iklan di dekat sekolah.

penegasan ulang

sumber : https://theconversation.com/riset-remaja-yang-sekolahnya-dikepung-iklan-rokok-cenderung-lebih-tinggi-merokok-161658

Contoh teks eksposisi tentang Covid-19

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Lonjakan COVID-19 di India: sebuah krisis kemanusian sedang berlangsung

Keadaan darurat kemanusiaan jelas sedang terjadi di India saat ini. India adalah sebuah contoh bencana dari suatu populasi yang pasti belum mencapai kekebalan kawanan terhadap COVID-19. 

Ada banyak kisah tentang runtuhnya sistem kesehatan, dengan laporan tentang kekurangan oksigen untuk pasien yang dirawat di rumah sakit dan tubuh dikremasi di atas tumpukan kayu bakar di jalanan.

India mempunyai vaksin buatan lokal, yang sedang diluncurkan, termasuk vaksin AstraZeneca. Tapi proporsi populasi yang diimunisasi masih sangat sedikit. 

dan sayangnya, ada lebih dari cukup orang-orang yang rentan bagi virus corona terus menyebar.

tesis

Angka-angka kasusnya juga mencolok. The Financial Times mengumpulkan ulasan yang serius dari data India.

termasuk catatan rekor dunia baru untuk jumlah kasus baru terkonfirmasi dalam satu hari. Salah satu aspek yang paling mengkhawatirkan adalah tingkat kasus-kasus yang tidak dihitung yang akan terjadi.

Tingkat positif tes (proporsi orang-orang yang dites COVID dan hasilnya positif) di India tinggi - sekitar 18%. 

Ini jauh di atas ambang batas WHO sebesar 10%, menunjukkan bahwa banyak kasus positif tak terlacak karena kurangnya kapasitas pengujian dan pelaporan yang tepat waktu.

Memang, salah satu masalah utama adalah kurangnya data real-time berkualitas tinggi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang skenario yang sedang berlangsung di India. 

Jumlah kematian mulai meningkat drastis, dan grafik itu pasti akan terus menanjak selama beberapa minggu ke depan.

argumentasi

Dunia membutuhkan semua vaksin yang dapat diperoleh, jadi faktor-faktor seperti keadilan distribusi dan kepercayaan publik harus diperhatikan untuk memastikan bahwa AstraZeneca dan vaksin lainnya dibuat untuk tersedia di mana-mana dan tidak hanya untuk negara-negara kaya.

Sementara negara-negara di seluruh dunia menyaksikan apa yang terjadi di India, “India berikutnya” mudah terjadi di dekat kita.

Berapa banyak kematian yang harus terjadi dulu sebelum kerja sama global mampu menyingkirkan sikap “saya duluan” dari negara-negara kaya?

penegasan ulang.

sumber : https://theconversation.com/lonjakan-covid-19-di-india-sebuah-krisis-kemanusian-sedang-berlangsung-159803

contoh teks eksposisi berita beserta strukturnya

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Asosiasi Harap Ibadah Umrah dan Haji Bisa Dibuka Tahun Depan

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum GAPHURA (Gabungan Perusahaan Haji dan Umrah Nusantara) berharap pemerintah Arab Saudi membuka umrah dan ibadah haji pada September tahun depan.

Meski demikian, ia memahami dan mengapresiasi keputusan Arab Saudi yang menutup pelaksanaan ibadah haji dan umrah untuk jemaat internasional tahun ini, sama seperti tahun 2020.

tesis

"Kepastian pelaksanaan haji ini sangat ditunggu semua pihak. Kami mengapresiasi keputusan tersebut karena mengutamakan keselamatan jamaah haji," jelas Ali M. Amin, Ketua Umum GAPHURA dalam keterangan resmi, Sabtu (12/6).

Lebih lanjut, Ali berharap keputusan tentang pelaksanaan haji dari kedua negara bisa mengakhiri kegaduhan yang terjadi.

"Kami berharap...semua pihak lebih fokus pada upaya bagaimana Umrah bisa terbuka bagi Indonesia di awal musim Umrah pada September mendatang," tuturnya.

Menurutnya, upaya vaksinasi dan usaha untuk menurunkan angka kasus Covid-19 dapat meyakinkan Kerajaan saudi dan mengupayakan kembali dibukanya umrah bagi Indonesia.

argumentasi

Sejak 2020, Saudi membatasi gelaran ibadah haji hanya untuk penduduk dan warga asing yang telah berada di negara itu demi meredam penularan virus corona. Saat itu, Saudi juga masih membatasi jemaah lokal yang dapat melakukan ibadah haji.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah memutuskan untuk tidak mengirim jemaah pada ibadah haji 2021. Dengan demikian, Indonesia tak mengirimkan jemaah haji untuk kedua kalinya sejak 2020.

penegasan ulang

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210612213634-20-653571/asosiasi-harap-ibadah-umrah-dan-haji-bisa-dibuka-tahun-depan

apa itu teks persuasi ?

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

teks persuasi termasuk salah satu jenis teks yang banyak digunakan untuk keperluan banyak hal. mulai dari mengubah pemikiran orang terhadap suatu persoalan, membujuk untuk melakukan tindakan tertentu. 

atau mempromosikan suatu produk, layanan, jasa, dan suatu anjuran kepada masyarakat. simak pembahasan mengenai teks persuasif ini agar sobat dapat mengkreasikan sebuah karangan yang aduhai.

contoh teks persuasi singkat

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Cara Mengatakan Tidak Pada Narkoba

bnn_cegah narkoba – Sobat Cegah, pernah ga sih kalian ditawari narkoba oleh orang tidak dikenal atau bahkan teman kalian sendiri? Tidak perlu takut untuk menolak tawaran tersebut. 

Yuk simak beberapa tips berikut untuk menolak penyalahgunaan narkoba:

Sadarilah bahwa obat-obatan terlarang dapat membawa kamu ke dalam masalah seperti terjerat kasus hukum, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah medis, dan bahkan yang paling parah: kematian!

Gali potensi diri kamu. Menyibukkan diri dengan hobi atau komunitas dgn kegiatan positif jauh lebih bermanfaat bagi diri kamu dibanding menyalahgunakan narkoba loh

Cobalah untuk menghindari situasi yang mungkin membuat kamu ditawari obat-obatan terlarang dan alkohol. Dan tolak dgn tegas ajakan untuk mengkonsumsi narkoba! Jika kamu menolak dgn tegas, mereka tidak akan memaksa kamu untuk mengkonsumsi narkoba atau alkohol.

Tetap teguh. Jika mereka mendesak atau bertanya mengapa, kamu harus tegas memberi tahu mereka alasanmu. Tinggalkan orang-orang yang mengajak kamu utk melakukan hal – hal buruk.

Berani bilang “Tidak!” adalah keputusan yang paling tepat untuk menghindar dari jerat narkoba. Stay away from drugs ya, Sobat Cegah!

sumber : https://bnn.go.id/cara-mengatakan-tidak-pada-narkoba/

contoh artikel persuasi panjang

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Biden Tawarkan Proyek Lawan Program OBOR China di Forum G7

Kelompok negara maju G7 tengah menjajaki program kerja sama global baru yang akan menandingi Proyek Jalur Sutra Modern China atau Belt and Road Initiative (OBOR).

Megaproyek itu ditawarkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan tinggi G7 di Cornwall, Inggris, 11-13 Juni. 

Dalam pertemuan itu, para pemimpin G7 berupaya mencari cara untuk menghadapi kebangkitan ekonomi dan militer China yang terjadi dalam 40 tahun terakhir.

Gedung Putih mengatakan salah satu proyek yang dirancang untuk menandingi China adalah yang berlandaskan teknologi hijau. 

Proyek itu akan terfokus pada kerja sama pembangunan untuk membantu kebutuhan infrastruktur negara berkembang dan berpenghasilan rendah yang memburuk akibat pandemi virus corona.

Kelompok negara maju G7 tengah menjajaki program kerja sama global baru yang akan menandingi Proyek Jalur Sutra Modern China atau Belt and Road Initiative (OBOR).

Megaproyek itu ditawarkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan tinggi G7 di Cornwall, Inggris, 11-13 Juni. 

Dalam pertemuan itu, para pemimpin G7 berupaya mencari cara untuk menghadapi kebangkitan ekonomi dan militer China yang terjadi dalam 40 tahun terakhir.

Gedung Putih mengatakan salah satu proyek yang dirancang untuk menandingi China adalah yang berlandaskan teknologi hijau. 

Proyek itu akan terfokus pada kerja sama pembangunan untuk membantu kebutuhan infrastruktur negara berkembang dan berpenghasilan rendah yang memburuk akibat pandemi virus corona.

"Ini bukan tentang membuat negara memilih antara kami dan China. Ini tentang menawarkan visi dan pendekatan alternatif yang afirmatif yang ingin mereka pilih," ucap pejabat Gedung Putih tersebut.

China selama beberapa tahun belakangan ini memang memiliki ambisi besar untuk membuat Jalur Sutra Modern. Skema OBOR sendiri diluncurkan Presiden China Xi Jinping pada 2013 lalu.

Proyek ini dirancang untuk menghubungkan jalur perdagangan di lebih dari 70 negara di Asia, Eropa dan Afrika melalui sejumlah proyek infrastruktur meliputi pembangunan rel kereta api, jalan raya, dan proyek infrastruktur laut.

Tujuan China adalah meningkatkan koneksi regional dan integrasi ekonomi, sehingga memperluas pengaruh ekonomi dan politik China.

Sementara itu, selama rangkaian pertemuan G7, Biden berusaha datang dengan berbagai inisiatif kerja sama baru guna menegaskan kembali kepemimpinan dan dominasi AS di panggung dunia di tengah pengaruh China yang semakin nyata.

Pemerintahan Biden bahkan menganjurkan agar China secara khusus disebutkan dalam komunike akhir G7, meski belum jelas apakah pada akhirnya nama Negeri Tirai Bambu akan disebut dalam dokumen bersama itu.

Sejauh ini pemimpin negara G7 mendukung inisiatif baru tersebut. Dikutip The Guardian, G7 akan menyediakan kerangka kerja proyek tersebut.

Meski begitu, Jerman masih ragu tentang proposal itu dengan alasan sudah banyak bentuk kerja sama dan aksi lainnya yang dilakukan negara Barat untuk membatasi pengaruh China.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210613200232-92-653827/biden-tawarkan-proyek-lawan-program-obor-china-di-forum-g7

contoh artikel persuasif tentang kesehatan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

7 makanan kekinian yang ternyata bikin perut buncit

Punya tubuh langsing dan perut rata jadi keinginan banyak orang. Banyak cara diet yang dilakukan untuk menjaga perut agar tidak buncit.

Bukan sekadar untuk penampilan, tapi punya perut buncit juga menjadi pintu dari berbagai macam masalah kesehatan.

Melansir MayoClinic, lemak yang ada di perut adalah lemak yang paling berbahaya. Lemak ini berada pada lapisan dalam perut yang mengelilingi organ dalam. 

Akibatnya bisa berdampak pada gangguan kardiovaskular, resistensi insulin dan diabetes, tekanan darah tinggi, hingga risiko kematian dini.

Namun di masa kini, tantangan untuk membasmi perut buncit makin berat. Munculnya banyak makanan hits saat ini bisa membuat upaya mendapat perut datar Anda kandas.

Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya hindari beberapa makanan hits yang tinggi gula. Berikut beberapa di antaranya dilansir Eat This, Not That!

Es kopi susu

Kedai es kopi sangat mudah ditemukan di mana pun Anda berada.Bahkan tinggal klik di ponsel, segelas es kopi susu langsung meluncur ke rumah Anda.

Minum kopi sebenarnya tidak buruk bagi kesehatan. Tapi berbeda jika Anda minum es kopi susu.

Kebanyakan es kopi susu dikemas dengan gula tambahan, susu, plus krimer menjadikannya minuman berkalori tinggi.

Jika Anda berniat diet dan terhindar dari perut buncit, kurangi konsumsi es kopi susu favorit. Anda bisa menggantinya dengan espresso tanpa tambahan susu dan gula di pagi hari.

Pizza

Sulit menolak kehadiran pizza yang tersedia di meja makan. Pinggiran mozarella yang meleleh dengan smoked beef rasanya sangat menggoda.

Tapi pizza memiliki lemak jenuh yang tinggi, meski Anda menambahkan sayuran sebagai topping.Tapi coba tengok lagi berapa proporsi sayuran dibandingkan dengan roti dan keju yang meleleh itu.

Kue rendah lemak

Banyak produsen makanan melabeli produknya dengan 'rendah lemak' karena dianggap lebih sehat.

Beberapa sajian pastry rendah lemak tetap dibuat dengan tepung olahan yang tinggi gula dan bisa jadi tinggi natrium.

Komponen tersebut tetap berkontribusi membuat perut Anda buncit.

Pretzel

Bagi sebagian orang, pretzel jadi alternatif camilan menggantikan keripik kentang.

Tapi pretzel sama buruknya dengan keripik kentang. Pretzel dibuat dengan menggunakan banyak garam. 

Menurut jurnal yang diterbitkan The Journal of Nutrition pada 2016, garam bisa mengacaukan proses biologis tubuh. 

Garam meningkatkan konsumsi makanan yang berlebihan karena menimbulkan rasa lapar lebih cepat. Anda akan makan lebih banyak.

Tidak semua sereal berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi sereal manis aneka warna yang ada di rak dapur Anda sepertinya bukan termasuk yang sehat.

Banyak sereal lebih tinggi kadar gula daripada serat dan protein. Belum lagi ditambah pewarna makanan yang digunakan dalam sereal tersebut.

Es krim

Mengonsumsi es krim setiap malam tidak akan membantu menurunkan berat badan. Meski Anda pilih es krim dengan potongan buah segar sebagai topping.

Es krim adalah makanan dengan karbohidrat tinggi yang membuat lebih banyak timbunan lemak di perut.

Makanan kaleng dan kemasan

Kesibukan sehari-hari membuat Anda memilih makanan kaleng untuk menu makan. Meski Anda pilih sup sekali pun, jika dikemas dalam kaleng, ia tidak akan lebih sehat dari sup yang Anda buat sendiri.

Makanan kalengan cenderung mengandung lebih banyak garam yang membuat Anda lebih lapar. Anda hanya akan makan lebih banyak makanan dan tertimbun di perut.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210611135711-262-653167/7-makanan-kekinian-yang-ternyata-bikin-perut-buncit/2

contoh karangan persuasi tentang lingkungan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Garnier Green Beauty, Wujudkan Industri Kecantikan Berkelanjutan

Masyarakat Indonesia kini mulai sadar untuk memilih produk yang ramah lingkungan. Laporan dari Kantar bertajuk “Who Care, Who Does” pada 2020 lalu menyebutkan. 

sebesar 67 persen konsumen membeli barang produk eco-friendly dan konsumen yang memilih untuk membeli barang dengan kemasan eco-friendly mencapai 66 persen.

Sementara sebesar 60 persen responden membeli barang dari perusahaan eco-friendly. Untuk mendukung gaya hidup hijau. 

produsen perlu didukung untuk membangun budaya perusahaan yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kemasan plastik.

Dengan adanya pengurangan sampah plastik maka dapat menyelamatkan ekosistem laut dari ancaman limbah plastik pada 2030 mendatang.

Terlebih dalam data American Association for The Advancement of Science (AAAS) tahun 2015 lalu menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara pembuang plastik ke laut terbesar ke dua di dunia setelah Tiongkok. 

Dalam setahun, sampah plastik yang dibuang ke laut Indonesia mencapai 1,2 juta ton.

Melihat fenomena tersebut, Garnier berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk dengan kemasan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang kembali.

Brand General Manager Garnier Indonesia, Pandu Brodjonegoro mengatakan Garnier meginsiasi kemasan ramah lingkungan dengan menggunakan plastik transparan dan dapat mengurangi penggunaan plastik hingga 36 ton pada 2021.

“Plastik yang kami gunakan pilih-pilih supaya bisa dipastikan bahwa plastik yang kami produksi tidak menggunakan plastik baru dan bisa didaur ulang,” kata Pandu dalam webinar Garnier Green Beauty, Kamis (8/4/2021).

Ia juga menjelaskan kemasan produk Garnier seperti Micellar Water dan Sakura Glow Water Glow Essence kini telah menggunakan plastik daur ulang.

“Garnier mengupayakan kemasan ramah lingkungan yaitu Sakura White yang 100 persennya sudah recycle plastic, dan kedua, yaitu Micellar Water, yang 25 persen menggunakan plastik daur ulang.

” Kedepannya Garnier berkomitmen menghemat 402 ton plastik baru pada 2022 dan tidak lagi menggunakan plastik baru pada tahun 2025 mendatang.

Tak hanya berfokus pada kemasan ramah lingkungan, Garnier juga mempraktikkan kegiatan produksi berkelanjutan. 

Garrnier menggunakan formula yang bisa terurai dan melindungi keanekaragaman hayati dan menggunakan lebih banyak sumber energi terbarukan dalam proses produksinya.

Adapun Garnier mengklaim bahwa seluruh produksinya mengupayakan penurunan emisi karbon dan penggunaan air dengan cara meningkatkan efisiensi energi dengan teknologi hemat energi dalam proses produksi. 

sumber : https://katadata.co.id/ariemega/berita/60b4ca2bb4253/garnier-green-beauty-wujudkan-industri-kecantikan-berkelanjutan

contoh teks persuasif covid 19

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Cegah Penularan Covid-19 pada Balita

Data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyebutkan terdapat 229.079 kasus terinfeksi virus corona pada anak di Indonesia per 8 Juni 2021. 

Dari keseluruhan kasus, terdapat 52.482 kasus positif terjadi pada anak usia nol hingga lima tahun.

Sedangkan terdapat 176.597 kasus di rentang usia enam hingga 18 tahun. Angka kematian anak akibat Covid-19 mencapai 620 jiwa dengan korban berusia 0 hingga 5 tahun sebanyak 292 jiwa.

Sedangkan pada rentang usia 6 hingga 18 tahun, angka kematiannya mencapai 328 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa penularan virus corona pada anak-anak cukup mengkhawatirkan.

Terlebih, setelah hadirnya varian baru virus corona dari India, Inggris, dan Afrika Selatan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), agensi kesehatan publik nasional Amerika Serikat, bayi pada rentang usia di bawah dua tahun merupakan kelompok usia paling rentan terhadap Covid-19.

Sebab, mereka tidak dianjurkan untuk mengenakan masker maupun face shield untuk mencegah penularan virus melalui droplets. Di sisi lain, vaksinasi belum dianjurkan untuk kelompok usia tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan Covid-19 pada anak, para orang tua perlu melakukan langkah pencegahan ekstra.

sumber : https://katadata.co.id/anshar/infografik/60c32b6b38d30/cegah-penularan-covid-19-pada-balita

contoh teks persuasi pendidikan

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Kasus Rektor USU Muryanto Amin: apa itu self-plagiarism dan bagaimana seharusnya aturannya?

Pada bulan Desember 2020, rektor terpilih Universitas Sumatra Utara (USU), Muryanto Amin diduga melakukan self-plagiarism (penjiplakan karya sendiri) untuk mendapatkan gelar Guru Besar

Tuduhan itu dilayangkan kepada Muryanto karena dirinya diduga mengirim hasil disertasi S3 miliknya ke empat jurnal berbeda dengan tingkat kemiripan 72-91%.

Meski pada akhirnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan Muryanto tidak melakukan plagiarisme. 

karena dianggap hanya menerbitkan ulang karya miliknya, namun kasus ini menjadi perdebatan di masyarakat.

Salah satu penyebabnya adalah ketidakjelasan aturan self-plagiarism di Indonesia.

Dalam tulisan ini, saya sebagai seorang akademisi yang juga menjabat sebagai editor di beberapa jurnal ilmiah ingin menjelaskan apa sebenarnya self-plagiarism. 

serta apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam reproduksi ulang suatu karya ilmiah pribadi.

Definisi dari self-plagiarism

Self-plagiarism adalah reproduksi ide, data, atau hasil penemuan lainnya dalam karya ilmiah pribadi yang telah diterbtitkan tanpa memberi pengakuan pada publikasi sebelumnya. 

Tindakan ini banyak dilakukan di berbagai negara untuk meningkatkan angka publikasi, sitasi, hingga memudahkan kenaikan jabatan akademis.

Menurut Ben Martin, peneliti kebijakan sains di University of Sussex, Inggris, praktik self-plagiarism dalam publikasi riset biasanya bisa berbentuk dua jenis pelanggaran yang saling terkait, yakni apa yang disebut dengan salami publishing dan redundant publication.

Salami publishing adalah upaya dari seorang penulis untuk secara sengaja membagi karya ilmiahnya ke dalam beberapa karya terpisah supaya menghasilkan jumlah publikasi yang lebih banyak. 

Istilah ini merujuk pada salami, sejenis sosis yang harus dipotong untuk penyajiannya sehingga menjadi lembar yang lebih tipis.

Dalam banyak kejadian, karya-karya hasil praktik di atas bahkan sekadar merupakan jiplakan (‘copy paste’) konten ilmiah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lain, sehingga menjadi terpisah-pisah namun tanpa banyak perbedaan. 

Ini mungkin yang terjadi pada kasus Muryanto Amin.

Hasil karya yang dibagi-bagi akibat salami publishing akhirnya menghasilkan potongan karya yang tidak memberikan kontribusi bermanfaat - yang disebut Martin sebagai redundant publication (publikasi yang mubazir).

Anggota DPR memeriksa indikasi plagiarisme pada makalah seorang Calon Hakim Agung Tata Usaha Negara (TUN) dalam uji kelayakan di kompleks Parlemen, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Beberapa akademisi seperti Serge Horbach dan Willem Halffman, peneliti studi sains dan teknologi di Radboud University, Belanda berpendapat ada beberapa penyebab munculnya praktik ini. Di antaranya:

adanya tekanan budaya akademik untuk gencar mempublikasikan karya ilmiah.

kemudahan mengakses sumber informasi dari internet.

tidak adanya aturan yang jelas dari institusi maupun perundang-undangan formal terkait plagiarisme.

hingga kurangnya pengawasan dari penilaian rekan sejawat dan evaluasi tim editor jurnal.

Namun, secara global, hingga saat ini praktik self-plagiarism sebenarnya masih banyak memancing perdebatan mengenai sejauh apa sebuah kutipan bisa dinyatakan sebagai tindakan penjiplakan.

Misalnya, beberapa akademisi beranggapan susah menuduh seseorang melakukan pencurian dari sesuatu yang sejak awal menjadi miliknya. 

Beberapa lainnya menyatakan praktik ini merupakan hal yang sulit dihindari di dunia penelitian.

Jadi, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan?

Selain masih adanya perdebatan, di Indonesia sendiri batasan daur ulang tulisan belum diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. 

yang selama ini dijadikan acuan etika dalam menghasilkan karya ilmiah.

Refleksi bagi akademisi

Menindaklanjuti kasus Muryanto, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini berencana memperbarui peraturan yang berlaku agar dapat mencakup isu self-plagiarism.

Hal tersebut adalah langkah awal yang baik untuk memperjelas batasan self-plagiarism, namun ada beberapa hal lain yang bisa menjadi catatan perbaikan.

Pemerintah harus melakukan perubahan budaya akademik sehingga lebih berorientasi pada kualitas.

Beberapa akademisi, misalnya, sudah banyak membahas bagaimana pendidikan tinggi di Indonesia terlalu fokus pada banyak-banyakan publikasi dan sitasi jurnal terindeks Scopus. 

ketimbang memastikan kualitas atau manfaatnya.

Ini mendorong akademisi untuk mencari “jalan pintas” dengan meningkatkan jumlah publikasi maupun sitasi dengan cara apapun- salah satunya dengan praktik self-plagiarism.

Kampus dan institusi akademik harus meningkatkan proses pengawasan seperti memperbaiki sistem penilaian rekan sejawat dan pengawasan dan evaluasi hasil penelitian.

Penting bagi pemerintah, institusi pendidikan, akademisi, maupun mahasiswa untuk selalu mengingat bahwa esensi sebuah karya ilmiah adalah untuk memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Hanya memandang karya penelitian tidak lebih dari sekadar angka kredit atau alat pembangun reputasi, pada hakikatnya mengecilkan peranan dan dampak perubahan yang ingin dicapai oleh sebuah karya ilmiah.

https://theconversation.com/kasus-rektor-usu-muryanto-amin-apa-itu-self-plagiarism-dan-bagaimana-seharusnya-aturannya-154957

contoh karangan persuasi tentang sampah

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Pengertian Sampah

Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yang dimaksud sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. 

Sampah ini dihasilkan manusia setiap melakukan aktivitas sehari-hari. Pengelolaan sampah menerapkan paradigma baru yaitu pengelolaan sampah secara holistik dari hulu sampai hilir.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

Sampah Padat

Sampah pada merupakan material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). 

Jenis sampah ini diantaranya: 

  • plastik bekas.
  • pecahan gelas.
  • kaleng bekas.
  • sampah dapur.

Sampah Cair

Sampah cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang ke tempah sampah. Misalnya, sampah cair dari toilet, sampai cair dari dapur dan tempat cucian.

Beberapa cara mengurangi sampah plastik:

  • Membawa tas belanja sendiri
  • Membawa kotak makan sendiri
  • Mengurangi penggunaan tisu basah
  • Menggunakan produk yang dikemas dengan beling kaca atau karton
  • Membawa botol minum sendiri
  • Tidak lagi menggunakan sedotan plastik untuk minuman
  • Melakukan daur ulang sampah plastik

Dampak Sampah Pada Masyarakat

Pada umumnya sampah memberikan dampak buruk bagi masyarakat, ada tiga dampak sampah terhadap manusia dan lingkungannya:

Dampak Sampah Terhadap Kesehatan

Penanganan sampah yang tidak baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah tersebut akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti:

  1. Penyakit diare
  2. tifus
  3. kolera
  4. Penyakit jamur
  5. Penyakit cacingan

Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, penanganan sampah yang tidak baik juga mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan. 

Seringkali sampah yang menumpuk di saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar dan berpotensi mengakibatkan banjir. 

Selain itu, sampah cair yang berada di sekitar saluran air akan menimbulkan bau tak sedap.

sumber : https://dlhk.jogjaprov.go.id/pengelolaan-sampah-rumah-tangga

apa itu artikel opini ?

Opini adalah pendapat, atau gagasan. Artikel opini yaitu pendapat atau gagasan yang bersifat pribadi terhadap sebuah objek yang dijabarkan dalam bentuk uraian agak panjang yang bernama artikel.

di mana hal tersebut bersifat bebas, rasional dan objektif. disertai argumentasi berdasarkan fakta yang didukung format berlogika yang logis dan benar.

Artikel opini bersifat objektif karena merupakan persentuhan antara subjek dan objek sehingga menghasilkan sebuah pengetahuan. kemudian, dideskripsikan, ataupun diuraikan, menjadi sebuah susunan kalimat-kalimat yang bersifat menjelaskan pendapat, gagasan maupun pikiran tersebut.

Sebuah artikel opini bukanlah artikel ilmiah murni, melainkan sebuah karya ilmiah populer yang betapapun juga tetap mengacu pada referensi-referensi pemikiran yang berlaku.

Artinya, artikel opini tetap berangkat dari fakta-fakta yang ada dan dicetuskan dalam bentuk gagasan ataupun pendapat.

source : https://www.kompasiana.com/hariyantoimadha/552c7b896ea834623f8b4577/bahasa-beda-artikel-opini-dengan-artikel-ilmiah

contoh artikel opini

oh ini contoh artikel terbaru populer, singkat, bahasa indonesia terlengkap, dan strukturnya

Pendidikan Tinggi Ternyata Tidak Mampu Menghasilkan Orang Terdidik

Munculnya berbagai masalah di masyarakat seperti berbagai tindakan kriminal dan memalukan adalah akibat dari kelakuan orang tidak terdidik.

Masalah seperti korupsi, kolusi dan nepotisme masih saja terjadi di tengah semakin tingginya pendidikan warga negara Indonesia, mengapa demikian?

Orang Pintar Belum Tentu Terdidik

Sekolah tinggi hingga bergelar doctor atau bahkan professor nyatanya belum tentu mampu mengubah kelakuan seseorang.

Mungkin sekolah tinggi di Indonesia telah berhasil menghasilkan orang-orang pintar namun tidak terdidik.

Buktinya masih banyak penjahat yang bergelar sarjana bahkan professor yang harus mendekam di penjara.

Pola pendidikan formal di Indonesia memang hanya mengajarkan bidang keilmuan pengetahuan dan teknologi saja yang membuat orang semakin pintar.

Namun sayangnya dalam hal budi pekerti yang membuat orang menjadi terdidik tidak diajarkan. Dari situlah sebabnya mengapa orang pintar masih banyak yang melakukan tindakan memalukan seperti korupsi.

Mungkin memang hanya di Indonesia mantan narapidana korupsi masih bisa dijadikan pemimpin sebuah instansi.

Hal ini bukankah seharusnya menjadi hal yang memalukan bagi semua pihak, padahal masih banyak orang yang terdidik di luar sana tapi tidak dipilih.

Revisi Sistem Pendidikan Formal Bisa Jadi Solusi

Jika sistem pendidikan formal di Indonesia segera di revisi dengan mementingkan proses tidak hanya hasil ini akan mencetak orang-orang terdidik.

Bagi orang yang terbiasa dididik dengan melihat hasil saja memang tidak akan mempedulikan bagaimana cara atau proses mendapatkannya.

Tidak peduli cara benar atau tidak yang ditempuh yang penting hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Di situlah letak kesalahan sistem di negeri ini, yang membiarkan anak didiknya menggunakan segala cara untuk memperoleh hasil yang ditargetkan.

Padahal cara yang ditempuh seharusnya juga masuk ke dalam penilaian apakah caranya benar atau caranya salah.

Dengan demikian artinya memperhatikan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Impact dari sistem pendidikan yang mementingkan proses adalah lahir orang-orang pintar yang terdidik bukan orang pintar yang sok pintar.

Jika Indonesia mampu mengubah sistem pendidikannya menjadi seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika Indonesia akan bersih dari korupsi.

Saatnya semua pihak berjuang dan mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi melalui bidang pendidikan.

Pendidikan bisa dimulai dari usia dini di rumah, orang tua di rumah harusnya juga berusaha menciptakan calon orang terdidik bukan hanya orang pintar.

demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel terbaru. semoga bermanfaat.

kueri terkait - contoh artikel ilmiah,contoh artikel ilmiah pdf,contoh artikel ilmiah populer,contoh artikel jurnal,contoh artikel kesehatan,contoh artikel bahasa indonesia,contoh artikel berita,contoh artikel dan strukturnya,contoh artikel di koran,contoh artikel jurnal pendidikan,contoh artikel lingkungan,contoh artikel makanan

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Contoh Artikel Terbaru, Populer, Singkat, Bahasa Indonesia Terlengkap, Dan Strukturnya "