Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Artikel Singkat, Populer, Bahasa Indonesia Terbaru.

contoh artikel

contoh artikel singkat, populer, bahasa indonesia terbaru. dalam upaya membuat artikel yang menarik referensi mengenai berbagai jenis dan contoh artikel mutlak diperlukan.

hal ini agar sobat aksara dapat membuat artikel yang berkualitas baik. secara penulisan, pembahasan dan juga stukturnya.

jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh artikel singkat populer dalam berbagai tema.

contoh artikel

Contoh Artikel Singkat

Sepakbola Indonesia

Bagi pecinta sepakbola tanah air, tentu sudah bosan menunggu kedatangan prestasi yang membanggakan timnas Indonesia. 

Terakhir, prestasi yang bisa didapatkan adalah runner up piala AFF 2016 setelah kalah dari Thailand. Tentu ini bukanlah prestasi yang membanggakan melihat Indonesia sudah sering menjadi runner up Piala AFF dari tahun ke tahun. 

Melihat kondisi seperti ini, tentu diharapkan PSSI segera melakukan trobosan guna mengangkat prestasi sepakbola tanah air agar tidak semakin tertinggal dengan negara ASEAN yang lainnya.

baca juga : cara membuat makalah

Dengan jumlah penduduk yang demikian banyak, dan talenta-talenta muda yang demikian melimpah, sudah seharusnya Indonesia bisa berbicara banyak di kancah internasional. 

Bukan saja di tingkat ASEAN, sudah saatnya Indonesia berprestasi di tingkat ASIA bahkan di dunia.

contoh artikel

contoh artikel pendidikan

apa itu artikel pendidikan?

Artikel pendidikan merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang membahas topik mengenai pendidikan dan permasalahannya. baik pendidikan formal ataupun non formal, karya tulis pendidikan bertujuan untuk membagi pengetahuan kepada orang banyak.

contoh artikel pendidikan singkat

menghargai kedewasaan.

sebagai anak muda, selalu ingat bahwa nakal boleh, asal jangan kurang ajar kepada orang tua. memiliki sikap rendah hati adalah sebuah keistimewaan. 

orang dewasa tentu memiliki banyak pengalaman. cara berfikir, berpendapat, dan cara bertindak mereka barangkali bertentangan dengan kita. 

meskipun begitu, kita harus mengedepankan tata krama saat menyampaikan tindakan kita.

contoh artikel pendidikan beserta strukturnya

Struktur Artikel Pendidikan

susunan dalam menulis apapun perlu diperhatikan. begitu juga artikel pendidikan. berikut ini beberapa bagian yang harus diperhatikan saat hendak membuat artikel pendidikan.

Pembuka/lead Penulisan Artikel Pendidikan. 

bagian lead artikel pendidikan berfungsi mengajukan  masalah yang akan dibahas  oleh penulis. bagian lead diawali dengan mengemukakan tema pokok dan hipotesis. kemudian, hipotesis yang telah penulis ajukan di bagian lead akan diperjelas pada bagian isi artikel.

Isi Artikel Pendidikan.

pada bagian isi artikel ini kamu harus mengemukakan argumentasi atau sudut pandang kamu sebagai penulis mengenai masalah pendidikan yang dibahas dalam artikel. bagian isi berfungsi untuk menjelaskan masalah yang telah diajukan di bagian pembuka. bagian isi menjelaskan secara rinci pendapat penulis.

penjelasan mengenai masalah  yang telah diajukan di bagian pembuka sebaiknya, berdasarkan kenyataan-kenyataan di lapangan atau hasil penelitian. karena, pada umumnya, artikel pendidikan berisi analisis objektif terhadap suatu masalah. maka argumentasi yang kamu ajukan sebaiknya konstruktif agar pesan dalam artikel sobat dapat diserap dengan baik oleh pembaca.

Penutup Artikel Pendidikan.

bagian penutup pada penulisan artikel pendidikan atau jenis artikel lainnya merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan.  upayakan, pada bagian penutup artikel pendidikan yang telah kamu tulis diperjelas masalah-masalah yang menjadi fokus pembahasan dalam artikel kamu

kalau artikel pendidikan yang kamu tulis cukup panjang, buatlah resume mengenai hal-hal penting dan berguna bagi pembaca.

Contoh artikel pendidikan Karakter

contoh artikel pendidikan karakter

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan merupakan hal memang dianggap penting di dunia, karena di dunia membutuhkan dengan orang orang yang memiliki pendidikan supaya bisa membangun negara yang maju. 

Tapi tak hanya itu karakter itu juga begitu diutamakan karena orang ornag di jamai sekarang ini tidak hanya melihat  betapa tinggi pendidikan atau gerlar yang sudah dia raih, tapi untuk karakter dari peribadi dari setiap orang.

Proses pendidikan di sekolah bisa dibilang masih banyak yang mementingkan aspek kognitifnya ketimbang dari pada psikomotoriknya, tak sedikit guru guru di setiap sekolah yang hanya sekedar mengejar saja supay a terlihat formalitasnya, tanpa menajarkan gimana etika etika yang baik yang harus dilakkan.

Di dalam buku mengenai Kecerdasan Ganda / Multiple Intelligences, Daniel Goleman telah menjelaskan bahwa kecerdasan emosional dan sosial di dalam kehidupan dibutuhkan 80 %, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20 % saja. 

Di dalam hal ini sehingga pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang malah dipenuhi dengan perilaku biadab. Jadi tepikirlah oleh para ahli  apa yang dikenal dengan pendidikan karakter.

Tak sedikit pilar karakter yang harus ditanamkan kepada anak anak penerus bangsa, yaitu seperti kejujuran, memang kejujuran merupakan hal yang sangat utama dan harus ditanamkan ke diri sendiri mau pun ke anak anak penerus bangsa. 

karena kejujuran merupakan banteng dari semua hal, tak hanya itu saja tapi jug ada pilarkarkater mengenai keadilan, karan seperti yang bisa dilihat begitu banyak ketidakadilan terutama di negara Indonesia ini. 

Tak hanya itu juga harus ditanamkan juga pilarkarakter seperti rasa hormat ke kakak kelasnya, dan kakak kelas juga akan menyayangi adik adik kelasnya, dan juga dengan teman seangkatan rasa saling menghargai harus ada di dalam diri setiap para murid murid supaya tercipta dunia pendidikan yang tidak ramah dengan tawuran.

baca juga : cara membuat pendahuluan

Saat ini sudah banyak sekolah sekolah di Indonesia yang telah mengajarakan pendidikan karakter yang juga menjadi mata pelajaran khusu di sekolah yang bersangkutan. 

Mereka telah diajarkan bagaiman cara yang sifatnya untuk ke orang tua, para guru, dan juga lingkungan ditempat hidupnya.

Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak anak akan berdasarkan oleh karakter karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang orang yang telah diharapkan untuk menjadi penerus bangsa. 

Seperti negara yang bebas akan korupsi, ketidak adilan, dan masalah masalah yang lainnya.

Tak hanya itu tapi juga menjadi bangsa yang berpeng teguh kepada karakter yang kuat dan beradab. Meskipun mendidik karakter tidak semudah itu seperti membalikan telapak tangan, maka dari itu ajarkan kepada anak bangsa pendidikan karakter sejak sedini mungkin.

contoh artikel tentang pendidikan sekolah dasar

contoh artikel pendidikan sekolah dasar

Pengertian Sekolah Dasar

sekolah dasar adalah  institusi pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dasar dan mendasari proses pendidikan selanjutnya. 

Pendidikan ini diselenggarakan untuk anak-anak yang telah berusia tujuh tahun dengan asumsi bahwa anak seusia tersebut mempunyai tingkat pemahaman dan kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan dirinya. 

Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

tujuan pendidikan sekolah dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 

dengan demikian siswa dapat memiliki dan menanamkan sikap budi pekerti terhadap sesama.

contoh artikel pendidikan tentang sekolah

Di dalam buku mengenai Kecerdasan Ganda / Multiple Intelligences, Daniel Goleman telah menjelaskan bahwa kecerdasan emosional dan sosial di dalam kehidupan dibutuhkan 80 %, sedangkan kecerdasan intelektual hanya 20 % saja. 

Di dalam hal ini sehingga pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang malah dipenuhi dengan perilaku biadab. 

Jadi tepikirlah oleh para ahli  apa yang dikenal dengan pendidikan karakter.

Saat ini sudah banyak sekolah sekolah di Indonesia yang telah mengajarakan pendidikan karakter yang juga menjadi mata pelajaran khusus di sekolah yang bersangkutan. 

Mereka telah diajarkan bagaimana cara yang sifatnya untuk ke orang tua, para guru, dan juga lingkungan ditempat hidupnya.

Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah semua potensi kecerdasan anak anak akan berdasarkan oleh karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang orang yang telah diharapkan untuk menjadi penerus bangsa. 

Seperti negara yang bebas akan korupsi, ketidakadilan, dan masalah masalah yang lainnya.

Contoh Artikel Tentang Pendidikan Di Indonesia

contoh artikel tentang pendidikan di indonesia

Analisis Sistem Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan adalah hak setiap warga negara, namun, masih banyak anak bangsa yang belum bisa menikmati hal tersebut. 

sampai hari ini, hanya orang kaya dan bermodal yang memperoleh kesempatan lebih besar untuk menikmati pendidikan layak. 

anak-anak orang berduit ini memiliki peluang yang lebih banyak untuk masuk sekolah-sekolah elit, berkualitas, berstandar nasional, bahkan internasional. 

sistem pendidikan di indonesia memang masih menggunakan sistem pasar. 

siapa yang memiliki modal banyak akan mendapatkan fasilitas lebih baik. hal yang sebenarnya tidak bisa terus dipelihara.

terdapat beberapa poin penting kenapa pendidikan negeri ini sudah bengkok dari cita-cita para pendiri bangsa.

pertama. keadaan pendidikan indonesia yang cenderung elitis, dan sulit di akses masyarakat miskin.

kedua sistem pendidikan yang tidak memberdayakan dan terus dipelihara. 

pada bagian ini, kebijakan yang di buat  hanya untuk mendukung status quo dan memelihara kesenjangan sosial (Darmaningtyas, 2005, Pendidikan Rusak-Rusakan).


contoh artikel

contoh artikel opini

Pendidikan Tinggi Ternyata Tidak Mampu Menghasilkan Orang Terdidik

Munculnya berbagai masalah di masyarakat seperti berbagai tindakan kriminal dan memalukan adalah akibat dari kelakuan orang tidak terdidik.

baca juga : cara menulis opini 

Masalah seperti korupsi, kolusi dan nepotisme masih saja terjadi di tengah semakin tingginya pendidikan warga negara Indonesia, mengapa demikian?

Orang Pintar Belum Tentu Terdidik

Sekolah tinggi hingga bergelar doctor atau bahkan professor nyatanya belum tentu mampu mengubah kelakuan seseorang.

Mungkin sekolah tinggi di Indonesia telah berhasil menghasilkan orang-orang pintar namun tidak terdidik.

Buktinya masih banyak penjahat yang bergelar sarjana bahkan professor yang harus mendekam di penjara.

Pola pendidikan formal di Indonesia memang hanya mengajarkan bidang keilmuan pengetahuan dan teknologi saja yang membuat orang semakin pintar.

Namun sayangnya dalam hal budi pekerti yang membuat orang menjadi terdidik tidak diajarkan. Dari situlah sebabnya mengapa orang pintar masih banyak yang melakukan tindakan memalukan seperti korupsi.

Mungkin memang hanya di Indonesia mantan narapidana korupsi masih bisa dijadikan pemimpin sebuah instansi.

Hal ini bukankah seharusnya menjadi hal yang memalukan bagi semua pihak, padahal masih banyak orang yang terdidik di luar sana tapi tidak dipilih.

Revisi Sistem Pendidikan Formal Bisa Jadi Solusi

Jika sistem pendidikan formal di Indonesia segera di revisi dengan mementingkan proses tidak hanya hasil ini akan mencetak orang-orang terdidik.

Bagi orang yang terbiasa dididik dengan melihat hasil saja memang tidak akan mempedulikan bagaimana cara atau proses mendapatkannya.

Tidak peduli cara benar atau tidak yang ditempuh yang penting hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Di situlah letak kesalahan sistem di negeri ini, yang membiarkan anak didiknya menggunakan segala cara untuk memperoleh hasil yang ditargetkan.

Padahal cara yang ditempuh seharusnya juga masuk ke dalam penilaian apakah caranya benar atau caranya salah.

Dengan demikian artinya memperhatikan proses untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Impact dari sistem pendidikan yang mementingkan proses adalah lahir orang-orang pintar yang terdidik bukan orang pintar yang sok pintar.

Jika Indonesia mampu mengubah sistem pendidikannya menjadi seperti ini, maka bukan tidak mungkin jika Indonesia akan bersih dari korupsi.

baca juga : contoh kata pengantar

Saatnya semua pihak berjuang dan mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi melalui bidang pendidikan.

Pendidikan bisa dimulai dari usia dini di rumah, orang tua di rumah harusnya juga berusaha menciptakan calon orang terdidik bukan hanya orang pintar.

contoh artikel

contoh artikel ringan

tips memilih busana untuk wanita karir

Busana kerja tak lagi hanya merupakan pakaian resmi yang dikenakan saat bekerja namun juga menjadi representasi kepribadian dan profesionalitas Anda. 

Pemilihan busana kerja yang tepat akan menampilkan ketegasan Anda sebagai seorang wanita karir. Sebaliknya, pemilihan yang salah akan memberikan kesan yang kurang tepat pula bagi penampilan Anda saat bekerja. 

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih busana kerja wanita.

Sesuaikan bentuk tubuh

Menyesuaikan bentuk tubuh adalah prinsip dasar untuk pemilihan semua jenis pakaian yang ingin kita beli. 

Untuk jenis busana kerja, misalnya, wanita yang memiliki pundak dan area dada yang kurang proporsional sebaiknya memilih busana kerja jenis three button jacket alias model jas/blazer dengan tiga kancing. 

Sedangkan, untuk wanita yang bertubuh lurus, pilihan jas agak lebar pada bagian pinggul membantu menyamarkan bagian bawah tubuh yang kurang proporsional.

baca juga : contoh cover makalah

Pilih bahan yang nyaman

Untuk cuaca yang panas, bahan busana terbaik adalah katun. Sedangkan, saat temperatur lebih rendah dan udara lebih lembap, busana berbahan wol ringan akan menghangatkan Anda. Hindari memilih busana berbahan polyester dan jenis bahan apapun yang mudah kusut.

Ukuran yang pas

Busana formal akan tampak bagus bila tidak kebesaran dan tidak juga terlalu ketat. Ada beberapa cara untuk mengukur ukuran busana kerja. 

Misalnya, untuk celana kerja, cek ukurannya dengan memakainya dan menempatkan dua jari pada bagian pinggang sebelah dalam celana kerja Anda. 

cara membuat latar belakang skripsi

Bila pas untuk kedua jari tersebut, berarti Anda telah menemukan celana dengan ukuran paling pas.

contoh artikel

Contoh Artikel Konseptual

Beban SKS Tak Hanya Bisa Dipenuhi di Kampus

Satu hal yang jadi poin dalam program kampus merdeka yakni pemenuhan SKS (satuan kredit semester) di luar kampus bagi yang ingin melakukannya.

Dalam SKS di luar kampus ini, mahasiswa berhak mendapatkan 40 SKS yang setara dengan 2 semester.

Selain di luar kampus, SKS juga bisa diperoleh melalui prodi lain. Cuma, kebijakan gak bisa diberlakukan buat prodi kesehatan.

Usulan tersebut emang sedikit kontroversial menabrak standar nasional pendidikan tinggi yang ada.

Karena, dalam SN Dikti (Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015), semester adalah satuan waktu buat kegiatan belajar yang efektif minimal 16 pekan.

baca juga : cara membuat pendahuluan

Dalam 16 pekan ini, juga termasuk UTS (ujian tengah semester) dan UAS (ujian akhir semester).

Yang jadi persoalan adalah bagaimana standar penilaian ketuntasan 40 SKS yang diambil di luar itu nantinya dan apa yang membedakan program tersebut dengan magang.

Penyetaraan gak bisa digunakan dalam kondisi ini, karena bisa aja setiap mahasiswa memilih tempat berbeda buat memenuhi 40 SKS itu.

contoh artikel

contoh artikel populer

Bahaya internet untuk remaja

Di tengah kehidupan sebagian para kalangan remaja yang mana saat ini internet nampaknya sudah melekat menjadi salah satu jenis kebutuhan pokok.

Namun tentunya tidak semua para remaja yang bisa mengakses atau menggunakan internet dengan baik dan benar tanpa terpengaruh dampak negatifnya. 

Sebab diluaran sana banyak juga sebagian para remaja yang salah memanfaatkan jejaring internet sehingga menghasilkan dampak yang buruk bagi dirinya dan juga bagi lingkungan disekitar remaja.

baca juga : cara membuat catatan kaki

Dengan berdasarkan riset yang dikaji secara mendalam ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila tidak bijak dalam menggunakan jejaring internet terutama di kalangan para kalangan remaja, yaitu seperti berikut:

  • Bisa memicu adanya perilaku bullying yang terjadi di sosial media.
  • Sangat mudah untuk mengakses konten yang tidak baik seperti pornografi, kekerasan dan lain sebagainya.
  • Terjadi kasus pelecehan, penculikan dan kriminal yang terjadi mulai dari sosial media.

contoh artikel

Contoh Artikel Ilmiah

Dampak Buruk Junk Food Untuk Kesehatan Tubuh

Junk Food disebut makanan instan atau makanan cepat saji yang kini udah berkembang pesat di persaingan perusahaan makanan di Indonesia.

Makanan cepat saji dinilai sebagian orang lebih efektif terhadap waktu dan mudah ditemukan.

Gak cuma itu aja, makanan cepat saji juga punya cita rasa yang lezat ditambah lagi harganya yang terjangkau.

Makanan cepat saji udah lama mengundang kontroversi di negara kita, karena terungkapnya beberapa dampak buruk yang dia miliki.

Dampak buruk itu disebabkan oleh kandungan zat-zat berbahaya di dalam makanan instan seperti lilin yang ada pada mie instan.

Gak berhenti disitu, nyatanya didalam makanan cepat saji terkandung bahan pengawet dan penyedap yang kini disebut micin.

Fenomena kata micin kini mendadak kerap digunakan para remaja sampai dewasa kalo seseorang mengalami hal-hal yang kurang normal.

baca juga : cara membuat judul

Maksud dari hal kurang normal itu, seperti seseorang yang telat berpikir, lama menjawab kalo diajak bicara dan lainnya.

Gak dielakkan, makanan cepat saji memang mengandung zat berbahaya seperti yang udah diungkapkan diatas.

Sejumlah penelitian udah membuktikan kalo keseringan mengkonsumsi makanan cepat aja emang gak berdampak secara langsung ke tubuh.

Tapi, makanan-makanan cepat saji yang dikonsumsi akan tertimbun di dalam tubuh yang kemudian hari menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

Gak cuma kanker, penyakit berbahaya juga mengintai misalnya stroke, usus buntu dan penyakit ginjal.

Makanya, kalo kamu termasuk kedalam orang yang hobi mengkonsumsi makanan cepat aja, kurangilah hal itu.

Mulai sayangi tubuh dan diri sendiri. Perlu diketahui kalo salah satu kandungan di dalam makanan instan yaitu lilin sulit dicerna tubuh.

Lilin itu menghancurkan prinsip kerja sistem pencernaan tubuh, jadi makanan yang mengandung lilin akan dicerna dengan waktu minimal dua hari.

contoh artikel

contoh artikel kesehatan

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk selalu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Sekali saja kadar gula darah meningkat maka bisa menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. Berikut adalah beberapa cara mengontrol kadar gula darah yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes:

Atur Pola Makan

Jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh. Usahakan untuk mengatur pola makan sebaik mungkin demi menjaga kadar gula darah tetap di angka normal. Hindari makanan yang mengandung tinggi gula dan batasi porsi makan sesuai anjuran diet dari dokter.

Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur setiap hari demi mengontrol berat badan dan kadar gula dalam darah. Jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes sangat beragam. Mulai dari jogging, senam, yoga, berenang, dan lain sebagainya.

Kelola Stres

Kondisi pikiran juga bisa berpengaruh pada kadar gula dalam darah. Stres bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengelola stres dengan berpikir positif, tidur yang cukup, dan melakukan meditasi.

Konsumsi Obat

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi obat rutin untuk mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi obat harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. 

Jika memang dibutuhkan konsumsi obat, konsumsi secara rutin setiap hari tanpa terlewat.

contoh artikel

contoh artikel berita

Greysia Polii-Apriyani Rahayu Berhasil Raih Emas di Olimpiade Tokyo

Pasangan pemain bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii-Apriyani Rahayu menuliskan sejarah baru setelah meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. 

Pasangan junior dan senior ini memenangkan pertandingan final melawan pasangan China Chen Qingchen-Jia yifan. Pertandingan tersebut berakhir hanya dalam dua set dan dimenangkan mudah oleh pasangan Indonesia.

Kemenangan Greysia dan Apri ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Keduanya menjadi pasangan pertama yang bisa meraih medali emas dalam kategori ganda putri. 

Tak hanya itu, pencapaian ini juga membuat Indonesia tercatat pernah memenangkan semua kategori di pertandingan bulu tangkis Olimpiade.

Sepanjang pertandingan di Olimpiade Tokyo ini, Greysia dan Apri memang selalu menunjukkan penampilan terbaik. 

Perjalanan menuju babak final memang tidak mudah namun bisa dilalui dengan sangat baik oleh pasangan ini. Babak demi babak pertandingan dilalui dengan kerja keras dan kekompakan. Sampai akhirnya mereka bisa mencapai kemenangan puncak dengan skor akhir 21-19 dan 21-15.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menjadi pasangan yang memberikan kejutan besar dalam event Olimpiade ini. 

Tercatat mencetak sejarah setelah masuk ke babak semifinal, nyatanya pasangan ini justru membuat pencapaian yang lebih tinggi. 

Bahkan di babak final pun keduanya memberikan banyak kejutan mulai dari aksi ganti raket Greysia hingga pengembalian dramatis dari Apriyani.

contoh artikel

contoh artikel lingkungan

menjaga lingkungan sekolah

Kesehatan di lingkungan sekolah dan menciptakan lingkungan yang sehat di sekolah akan terwujud atau terjaga tentu saja dengan melibatkan semua komponen khususnya di internal sekolah. 

Infrastruktur dan aturan sekolah yang mengikat juga faktor pendukung. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat

Menyusun program sekolah hijau - Menciptakan suasana sejuk dengan penanaman pohon di area sekitar sekolah sangat baik untuk kualitas udara dan tentu saja udara yang segar dan sehat sangat penting bagi kesehatan dan selain itu manfaat yang dapat dirasakan adalah memudahkan para anak didik untuk menjalani aktivitas proses belajar mengajar

Menyediakan kantin sekolah yang bersih baik itu dari sisi tempat maupun jenis makanan yang disediakan

  1. Tersedianya tempat sampah berdasarkan jenis sampahnya
  2. Melaksanakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan
  3. Mengadakan ekstrakurikuler yang berbasis pada kecintaan terhadap lingkungan
  4. Mengadakan lomba-lomba antar kelas yang berkaitan tentang kesehatan dan lingkungan
  5. Melatih dan menanamkan minat dibidang olahraga kepada anak didik
  6. Memberikan pemahaman kepada anak didik tentang lingkungan yang sehat untuk hidup yang sehat
  7. Memberikan ketrampilan yang sebagian besar bahan utamanya adalah sampah yang tidak dapat didaur ulang seperti plastik, karet, dan lainnya

contoh artikel

contoh artikel bahasa indonesia

Bahasa Indonesia diproyeksikan menjadi bahasa internasional. Optimisme itu diungkapkan Ketua Komisi Harian Nasional Indonesia untuk UNESCO Arief Rahman, pada 15 November 2011.

Menurutnya, bahasa Indonesia memiliki peluang menjadi bahasa Internasional karena tidak asing di telinga komunitas internasional. Khususnya di negara-negara tetangga. Peluang itu dinilai lebih besar dibandingkan berbagai bahasa di Eropa. (Kompas, 16/11)

"PBB baru menolak bahasa Jerman menjadi bahasa internasional karena hanya dipakai di Jerman," ujarnya. Arief Rahman menghimbau Badan Bahasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lebih aktif mengampanyekan gerakan cinta bahasa Indonesia. Menurutnya, bahasa Indonesia harus digunakan secara aktif tidak hanya di sekolah, tapi juga dalam komunikasi sehari-hari.

baca juga : cara membuat latar belakang skripsi

Menilik Sejarah

Pada 16 Juni 1927, sidang Volksraad gaduh. Bahasa Indonesia digunakan dalam sidang Dewan Rakyat. Di zaman Hindia-Belanda berkuasa, menggunakan bahasa Indonesia dalam acara resmi menjadi sebuah paradoks; antara kebanggaan dan nasionalisme berhadapan dengan sikap inlandear sebagai bumi putra.

Ialah Jahja Datoek Kajo, anggota Volksraad kelahiran Kota Gadang 1 Agustus 1874. Ia menentang tradisi tidak menggunggulkan bahasa Indonesia. 

Azizah Etek, dalam buku Kelah Sang Demang, Jahja Datoek Kajo (2008) mencatat ketidaklaziman anggota Volksraad dari kalangan bumi putra menyampaikan pidato dengan bahasa Melayu (Indonesia).

Sebelum Jahja membuat geger sidang Volksraad itu, Haji Agus Salim pernah berbahasa Indonesia, tetapi diperingatkan oleh tuan Voorzitter. 

Namun Agus Salim menyangkal karena, "menurut Dewan saya punya hak untuk mengeluarkan pendapat dalam bahasa Indonesia." Kita bisa beranggapan bahwa kengototan Jahja menggunakan bahasa Indonesia terilhami oleh Agus Salim. 

Tapi, Jahja masih selangkah lebih maju. Dalam sebuah sesi, 22 Juni 1927, Jahja berpidato sambil menyentil anggota lain. Katanya, "Saya berharap kepada tuan-tuan yang hadir dalam Diwan Rakyat ini mau menyela pembicaraan saya. Dengan hormat saya minta supaya dilakukan bahasa Melayu, (Azizah Etek: 2008)"

Permintaan Jahja sangat politis dan berniat menaikkan harga diri bahasa dan orang Indonesia. Ia tak rela, di tanah sendiri, harus berbahasa dengan bahasa orang lain. 

Bukan karena ia tak mampu. Azizah Etek (2008: 30) mengingatkan sebagai seorang tamatan sekolah desa, sekolah kelas dua, Jahja tentu mampu berbahasa Belanda. 

Pilihan menggunakan bahasa Indonesia merupakan bentuk nasionalisme, dan membentuk identitas yang tidak diakui. 

Persoalan berbahasa di sidang Volksraad bukan sebatas masalah bagaimana pesan dapat dipahami oleh anggota lain. Jahja memberi contoh bagus merangkai martabat, membangun identitas, dan mengusulkan perubahan.

Jahja geram tatkala seorang wakil pemerintahan Belanda menjawab dengan bahasa Belanda disertai embel-embel bahwa kalau kurang jelas hendak bisa bertanya kepada Mochtar, salah seorang anggota. 

Dua alasan kegeramnnya, pertama; Jahja dianggap kurang paham bahasa Belanda, dan kedua; orang Belanda enggan berbahasa Indonesia. 

Menyikapi itu, Jahja berkelakar, "Tuan tentu memaklumi, bahwa sekalian bangsa dalam dunia ini lebih suka berbahasa di dalam bahasanya sendiri. Sebabnya perasaan Indonesier tinggal di orang Indonesier, perasaan Belanda di Belanda."

Pemicu

Buku Pesona Bahasa (2005) mencatat, mengutip penelitian The Summer Institute of Linguistic, terdapat 726 bahasa daerah di seluruh kawasan Indonesia. 

Bahasa-bahasa itu memiliki penuturnya masing-masing. Ada yang dituturkan jutaan, beberapa ribu, bahkan hanya dinikmati beberapa puluh saja. Nah, bahasa Indonesia mempertemukan bangsa-bangsa yang sudah memiliki bahasa tuturnya sendiri. Bahasa Indonesia berdiri di tengah sebagai penyambung banyak lidah.

Nasib bahasa Indonesia diperteguh kehadiran Sumpah Pemuda yang ditulis dan dibaca-jelaskan oleh Muhammad Yamin pada kongres 28 Oktober 1928. 

Sumpah pemuda menjadi titik lain penegasan identitas bangsa Indonesia dengan bahasa resmi; bahasa Indonesia. Teks itu berbunyi: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Teks ini gagah di tengah banyaknya bahasa yang ada di Indonesia. Teks itu menyihir dan mempersatukan pluraritas bahasa di Indonesia. 

Kita bersatu dan tergerak dalam rima yang satu. Ia menjadi pemicu untuk sadar terhadap hakikat bangsa yang dihuni oleh banyak suku. 

Teks ini memikat sekaligus memberikan harapan agar bangsa Indonesia bersedia mempersatukan kehendak. 

Ya, teks itu ampuh dan jitu membawa alam bawah sadar manusia Indonesia dalam tegangan nasionalisme. Teks ini menyelamatkan kemungkinan bahasa Belanda dijadikan bahasa sehari-hari.

Langkah strategis sudah dirumuskan Kepala Badan Pusat Bahasa Kemdikbud Agus Dhar ma untuk memperluas jangkauan bahasa Indonesia. Rencananya, di setiap negara, akan ditambah pusat bahasa dan kebudayaan Indonesia. Sampai kini, ada 150 pusat bahasa dan kebudayaan Indonesia di 48 negara.

Yang harus kita waspadai sekarang ini adalah ketidakpercaya-dirian bangsa Indonesia memanggul identitasnya sebagai bangsa. 

Meskipun sudah merdeka puluhan tahun, kita masih terus didikte oleh bangsa lain. Kenyataan itu bisa dilihat dari betapa menjamurnya kursus-kursus bahasa asing di mana-mana. 

Kita memang sudah selayaknya menghadapi zaman globalisasi ini dengan mampu menguasai berbagai bahasa, terutama bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional, antara lain bahasa Inggris dan Arab. 

Tapi, kita pun mesti mempertanyakan pada diri kita, apakah sudah menggunakan bahasa Indonesia dengan sebaik-baiknya berbahasa. Hal terkecil misalnya bagaimana kita menulis pesan singkat, atau menulis status di jejaring sosial.

Sering saya jumpai, banyak orang yang tidak sadar kalau mereka telah merusak bahasa Indonesia dengan cara menyingkat atau mengganti dengan huruf-huruf alay. 

Untuk hal yang demikian ini, barangkali kita harus malu dengan Jahja yang begitu gigih memperjuangkan kelayakan bahasa Indonesia digunakan di sidang Volksraad yang angker itu. 

Atau deklarasi sumpah pemuda yang salah satu poinnya menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. 

Maka itu, nasib bahasa Indonesia mestinya menjadi tanggung jawab kita semua. Jadi, bukan hanya lembaga kebudayaan pemerintah saja yang harus menjaga.

contoh artikel

contoh artikel makanan

Makanan Tradisional Jawa Tengah

Tahu Petis

Tahu Petis merupakan makanan dari daerah Jawa Tengah khususnya daerah Semarang. Tahu Petis sering kali dihidangkan untuk menu lauk ataupun hanya sekedar untuk camilan atau snack. 

Tahu Petis berbahan dasar tahu seperti namanya dengan pemasakannya dengan cara digoreng. Tahu ini dimakan dengan menggunakan saus hitam yang sering dinamakan dengan petis. Petis ini biasanya berasal dari kuah yang dimasak lama dan didinginkan.

Saus dari tahu petis ada bermacam-macam rasa. Banyak dari saus ini yang mempunyai rasa kental dengan rempah-rempah yang begitu mencolok dengan dibubuhi gula jawa. 

Namun disamping itu, ada pula saus tahu petis yang menggunakan sensasi rasa pedas sehingga akan lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan panas. 

Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini dapat langsung datang ke kota Semarang atau dapat mencoba membuatnya sendiri.

Telur Asin

Telur Asin seperti namanya yaitu telur yang berasa asin. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah tepatnya dari daerah Brebes. 

Bahan dasar dari makanan ini adalah telur itik yang diawetkan dan diasinkan sehingga akan menghasilkan rasa yang begitu asin dan cocok untuk lauk saat makan.

Cara pembuatan telur asin pun juga sangat mudah. Cukup dengan merendam telur ke bubukan bata yang sudah dicampur dengan garam selama beberapa hari. 

Kemudian setelah itu rebus telur dengan air garam kembali. Tiriskan untuk beberapa menit, maka telur asin siap untuk dihidangkan.


demikianlah pembahasan mengenai contoh artikel singkat terbaru. sampai jumpa di konten baraaksara lainnya.

kueri terkait - contoh artikel ilmiah,contoh artikel ilmiah pdf,contoh artikel ilmiah populer,contoh artikel jurnal,contoh artikel kesehatan,contoh artikel bahasa indonesia,contoh artikel berita,contoh artikel dan strukturnya,contoh artikel di koran,contoh artikel jurnal pendidikan,contoh artikel lingkungan,contoh artikel makanan 

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Contoh Artikel Singkat, Populer, Bahasa Indonesia Terbaru."