Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Contoh Teks Singkat Terbaru Dalam Berbagai Topik

contoh teks

contoh teks singkat. pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai jenis teks yang umum ditemui saat sobat aksara membaca buku, berita, atau nonton film. semua itu adalah teks. dengan ciri dan kegunaannya masing-masing. 

mengetahui berbagai macam jenis teks juga dapat memperkaya wawasan sobat dan dapat berguna untuk digunakan misalnya untuk posting di sosmed, menyampaikan berita duka, mengucapkan ulang tahun, atau yang lainnya. 

mengingat pentingnya mengenal teks ini. yuk simak sampai selesai pembahasan mengenai contoh teks singkat berikut ini.

eits sebelum lupa, siapkan kopi, dan cemilannya juga yah.

contoh teks deskripsi

contoh teks deskripsi singkat tentang sekolah

sekolahku, rumahku

aku bersekolah di sma n 8 kota ternate, sebuah sekolah yangt terkenal mampu bersaing secara intelektual, olahraga, dan banyak hal lainnya.

sekolah ini terdiri dari dua lantai. lingkungannya asri, guru-gurunya baik, dan murid yang senang berkompetisi meraih prestasi.

selain itu lingkungan sekolahku juga dipenuhi bunga yang cukup banyak. beraneka warna, jenis, dan aroma. membuatku semakin nyaman belajar dan bermain-main disini.

teman-temanku sudah menyadari bahwa membuang sampah sembarangan sangat tidak baik untuk kelangsungan pembelajaran di sekolah. karena itu, tidak ada sampah yang berserakan dan tempat duduk yang tak rapi. semuanya tertata, dan mempesona.

baca juga : cara membuat puisi 

contoh teks argumentasi

Contoh teks argumentasi singkat

semburan lumpur lapindo

Semburan lumpur panas yang terjadi di porong, kecamatan sidoarjo, merupakan bencana alam akibat kelalaian yang begitu menyeramkan bagi masyarakat sekitar. Semburan lumpur ini terjadi pada 27 mei, 2006. 

hasil penelitian menunjukkan dampak sosial dari luapan lumpur lapindo antara lain: 

  1. menurunnya tingkat kesejahteraan petani tambak bandeng.
  2. berkurangnya lapangan pekerjaan. 
  3. terjadinya mobilitas penduduk.
  4. menimbulkan konflik pada hubungan petani dan keluarganya.
  5. Menurunnya pendapatan petani tambak bandeng.
  6. kerugian materiil yang diderita masyarakat pun tak main-main berupa: 
  7. tambak yang hilang dan rusak 
  8. penurunan harga jual tanah, tambak, dan rumah.
  9. Menenggelamkan ribuan rumah penduduk, dan kawasan persawahan. 

Sembilan tahun sudah semburan lumpur menebar keresahan. Namun, masyarakat korban lumpur lapindo belum mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Ratusan kepala keluarga hidup segan, mati tak mau.

Source : http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2169

contoh teks narasi

contoh teks narasi singkat

kisah sukses jack ma pendiri alibaba

Jack Ma lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada 10 September 1964. 

ma kecil, memliki ketertarikan dengan bahasa inggis, setiap  pukul lima pagi, Ma, mengayuh sepedanya, ke sekitar hotel, untuk bertemu dengan turis asing. 

karena Ma kecil ingin belajar bahasa Inggris. Ma menawarkan diri, untuk menemani turis asing, jalan-jalan mengeliligi kota dengan gratis.

Setelah lulus sekolah, Ma mencoba untuk mendaftar di beberapa universitas. Sayangnya, Ma tidak diterima saat proses ujian masuk.

nasib yang sama juga ia alami, saat mendaftarkan diri ke 30 perusahaan, jack ma, ditolak oleh 30 perusahaan tersebut. 

bahkan jackma, pernah ditolak oleh kepolisian dan KFC. Dari 25 orang yang mendaftar kerja di KFC, 24 orang diterima dan hanya JackMa yang ditolak.

Namun akhirnya JackMa mendapatkan pekerjaan, Ia diterima menjadi guru sekolah, di mana saat itu ia digaji USD 10 per bulan.

Kabar baik menghampirinya terutama pada tahun 1995 saat internet mulai dikenal.

Jack Ma punya ide revolusioner untuk mengembangkan pasar online yang kemudian terbukti menjadi yang terbesar di China bahkan di dunia.

singkat cerita, Pada bulan Oktober 1999 sampai dengan Januari 2000, Alibaba berhasil mendapatkan dua kali pendanaan dari luar negeri sebesar US$ 25 juta.

Uang hasil pendanaan ini digunakan untuk melakukan perbaikan e-commerce domestic dan membangun platform e-commerce untuk perusahaan UMKM. 

Hal ini bertujuan untuk menghadapi tantangan era perdagangan terbuka oleh WTO (World Trade Organization). 

Sejak tahun 2003, Jack Ma terus mengembangkan Alibaba dengan mendirikan:

  • Taobao Marketplace
  • Alipay
  • Ali Mama
  •  Lynx

Keberhasilan Jack Ma juga tidak lepas dari tangan pendiri Yahoo bernama Jerry Yang. Menurut berita, Jerry menginvestasikan dana sebesar US$1 milliar ke Alibaba.

contoh teks eksposisi singkat

Contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya

Jumlah Sampah Jakarta ke TPST Bantargebang Naik Terus Tiap Tahun, Ini Detailnya

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin, dalam keterangan tertulis di Jakarta, menjelaskan, sampah di Ibu Kota didominasi sisa makanan (53 persen), kemudian plastik (sembilan persen), residu (delapan persen), kertas (tujuh persen) dan lain-lainnya.

tesis

"Menuntaskan permasalahan sampah ini tidak dapat dilakukan hanya dari unsur pemerintah saja. Tentu, dibutuhkan upaya bersama masyarakat, dimulai dari pemilahan dan pengurangan sampah rumah tangga.

karena sejatinya sampah rumah tangga juga bisa didaur ulang, seperti menjadi kompos, untuk nantinya mampu mengurangi volume sampah yang dihasilkan secara keseluruhan di Jakarta," kata Syaripudin, Sabtu 20 Maret 2021.

argumentasi

Syaripudin memaparkan, ITF Wilayah Layanan Barat direncanakan akan mengolah sampah sebesar 2.000 ton per hari dengan efisiensi 80 persen.

Untuk pembangunan ITF Wilayah Layanan Barat, PT Jakpro bekerja sama dengan konsorsium PT Wijaya Karya (WIKA)-PT Indoplas Karya Energi (Indoplas).

Selain itu dapat menghasilkan energi terbarukan dengan memiliki kemanfaatan umum atau nilai tambah lebih dari seperti di Bantargebang.

penegasan ulang

sumber : https://metro.tempo.co/read/1444266/jumlah-sampah-jakarta-ke-tpst-bantargebang-naik-terus-tiap-tahun-ini-detailnya/full&view=ok

contoh teks persuasi

contoh teks persuasi singkat

Cara Mengatakan Tidak Pada Narkoba

bnn_cegah narkoba – Sobat Cegah, pernah ga sih kalian ditawari narkoba oleh orang tidak dikenal atau bahkan teman kalian sendiri? Tidak perlu takut untuk menolak tawaran tersebut. 

Yuk simak beberapa tips berikut untuk menolak penyalahgunaan narkoba:

Sadarilah bahwa obat-obatan terlarang dapat membawa kamu ke dalam masalah seperti terjerat kasus hukum, kehilangan pekerjaan, kesulitan keuangan, masalah medis, dan bahkan yang paling parah: kematian!

Gali potensi diri kamu. Menyibukkan diri dengan hobi atau komunitas dgn kegiatan positif jauh lebih bermanfaat bagi diri kamu dibanding menyalahgunakan narkoba loh

Cobalah untuk menghindari situasi yang mungkin membuat kamu ditawari obat-obatan terlarang dan alkohol. Dan tolak dgn tegas ajakan untuk mengkonsumsi narkoba! Jika kamu menolak dgn tegas, mereka tidak akan memaksa kamu untuk mengkonsumsi narkoba atau alkohol.

Tetap teguh. Jika mereka mendesak atau bertanya mengapa, kamu harus tegas memberi tahu mereka alasanmu. Tinggalkan orang-orang yang mengajak kamu utk melakukan hal – hal buruk.

Berani bilang “Tidak!” adalah keputusan yang paling tepat untuk menghindar dari jerat narkoba. Stay away from drugs ya, Sobat Cegah!

sumber : https://bnn.go.id/cara-mengatakan-tidak-pada-narkoba/

contoh teks eksplanasi

contoh teks eksplanasi singkat

Fenomena Batu Akik

Fenomena batu akik sedang melanda sebagian masyarakat kita. Dimana-mana terjadi obrolan yang seru tentang batu akik. 

Tidak saja para orang tua, pemuda tetapi juga dikalangan pelajar sampai tingkat sekolah dasar. Setiap harinya membicarakan tentang batu akik atau batu ali. 

Yang lebih parah lagi, banyak yang alih profesi, seperti dari profesi petani menjadi penambang atau pedagang batu akik/ali. Entah sejak kapan dan entah sampai kapan fenomena ini akan berakhir.

Konon, boomingnya batu akik itu tatkala Bapak SBY menggunakannya dan memperlihatkan kepada umum lewat media, lalu kemudian diikuti pejabat lainnya. 

Atau konon, tatkala SBY persembahkan batu akik untuk Presiden Obama. 

Mungkin dari situlah masyarakat melihat dan tertarik, sehingga secara serempak mengikuti dengan mencari batu akik. Situasi ini dimanfaatkan oleh para pihak untuk mencari batu akik. 

Tak pelak, berbagai daerah diserebu oleh para penambang dadakan untuk mencari bongkahan batu, baik itu batu akik atau batu-batu lainnya.

Tentu kita tidak apriori negatif atas munculnya fenomena batu akik. 

yang perlu diperhatikan adalah manakala booming batu akik itu sudah menjurus kepada hal-hal yang berbau perusakan lingkungan, mistis, khurafat dan atau tidak rasionalnya harga batu akik yang jauh melambung tinggi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum semuanya terlanjut dan berkembang tidak keruan, yaitu dibawah ini.

pemerintah segera membuat regulasi khusus untuk pencarian dan penambangan batu akik atau batuan lainnya.

Pihak Majelis ulama atau para mubaligh untuk memberikan pencerahan tentang bahayanya menyelewengkan fungsi batu ali dari sekedar keindahan menjadi sifat-sifat, mistik, khurafat atau musyrik termasuk bisa melalaikan seorang muslim dari berdzikir kepada Allah ;

sebatas kecintaan terhadap batu ali ini sifatnya "kecintaan karena keindahanmnya", barangkali hal itu dianggap biasa saja sebagai kecintaan terhadap benda atau barang-barang lainnya.

ada manfaat dari aspek ekonomi, berupa tambahan pendapatan dan sumber pekerjaan, mengingat bertambahnya orang-orang yang memotong dan menggosok batu ali termasuk didalamnya bertambahnya pedagang batu ali.

fenomena batu akik ini biasanya tidak akan lama, seperti halnya fenomena terhadap burung kicau dan binatang peliharaan lainnya. 

Ada waktu sedang disenangi dan beberapa tahun kemudian hilang. Satu saat mulai membosankan yang akhirnya ditinggalkan.

Jadi, jangan tergiur oleh batu akik yang berharga mahal padahal tahun-tahun sebelumnya harganya murah, karena ditahun berikutnya akan kembali seperti harga sebelumnya.

https://jabarprov.go.id/index.php/artikel/detail_artikel/133/2015/02/24/Fenomena-Batu-Akik

contoh teks negosiasi

Contoh Teks Negosiasi singkat

Contoh teks negosiasi ini terjadi di lingkungan keluarga antara bapak dan anaknya:

 Anak : “Pak, setelah lulus nanti saya ingin sekolah di SMA.”

Bapak : “Kenapa di SMA nak? Padahal, bapak ingin kamu sekolah di SMK.”

Anak : “Alasannya apa pak, kenapa bapak ingin supaya saya melanjutkan di SMK? ”

Ayah : “Begini nak, di SMK itu lulusannya bisa langsung masuk di dunia kerja.”

Anak : “Jadi gampang dapat kerja ya pak? Kalo gitu, iya udah deh saya setuju.”

Ayah : “Bagus lah kalo kamu setuju, nanti kita pilih bareng SMK yang bagus.”

Anak : “Siap pak”

contoh teks prosedur

Contoh Teks Prosedur singkat dan sederhana

Cara Membuat Slime

Slime adalah salah satu mainan favorit buat anak-anak yang bisa kamu beli di toko mainan. Tapi, sebenarnya kamu juga bisa membuat slime sendiri di rumah, caranya:

Bahan-Bahan

Berikut ini, ada beberapa bahan yang harus kamu sediakan dalam membuat slime, yaitu:

  • 1 botol slime activator yang bisa diperoleh di toko terdekat
  • 1 botol cusson baby oil
  • Pewarna makanan (warna sesuai dengan selera yang kamu inginkan)
  • 1 botol lem povinal
  • Sendok dan piring.

Cara Membuat slime

Berikut dibawah ini, urutan dalam pembuatan slime, diantaranya yaitu:

  1. Pertama, kamu campur lem povinal dengan pewarna makanan dalam sebuah wadah sampai warnanya merata.
  2. Setelah tercampur, lalu tambahkan slime actovator kedalam wadah tersebut dengan menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai campuran membentuk gel dan gak lengket di wadah.
  3. Selanjutnya, tambahkan cusson baby oil agar slime gak lengket pada saat kamu sentuh.
  4. Slime siap untuk digunakan deh!

contoh teks editorial

Contoh Teks Editorial Singkat Beserta Strukturnya

Pernyataan Umum/tesis

Dapat dikatakan, kesehatan merupakan suatu hal di hidup yang sangat langka. Berbagai ungkapan tentang kesehatan muncul, seperti “Jangan sakit kalau miskin”, yang berarti apapun yang berkaitan tentang kesehatan, mulai dari biaya dokter, hingga obat-obatan tergolng sangat mahal. 

Hal ini, tentunya, bersifat ironi dengan penyataan bahwa sehat adalah nomor satu. 

Terlebih, investor saling bersaing untuk membangun Rumah Sakit Internasional (RSI). Padahal, secara jelas, dapat dilihat dan dirasakan secara langsung bahwa RSI sarat akan biaya yang mahal, yang tentunya jauh dapat diakses oleh para masyarakat berekonomi kelas bawah atau yang dilbeli dengan istilah “KK Miskin”.

Argumentasi

Tidak dapat dimungkiri, persoalan-persoalan mengenai kesehatan masih menjadi PR utama di berbagai daerah, terutama di pedesaan. 

Tingginya tingkat kematian dan prevalensi penyebaran penyakit menular tataran lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kemiskinan struktural yang terjadi di dalam masyarakat.

Jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya, hal ini sudah sampai di telinga pemerintah dan pemerintah pun sudah sampai pada tahapan eksekusi program. 

Namun, seringkali program yang dieksekusi bersifat sporadis. Artinya, program pemerintah hanya aktif dalam peresmiannya, tetapi tidak berlanjut hingga pada pemantauan (monitoring) dan evaluasi sehingga tak jarang gagal di tengah perjalanan.

Hal ini terjadi juga pada kondisi puskesmas sebagai pelayanan terpadu kesehatan masyarakat.  

Yang terjadi pada puskesmas bahwa ide program pelayanan terpadu kesehatan tidak mampu diimplementasikan, padahal visi-misi yang terkandung sudah sangat mulia, seperti tak jarang puskesmas hanya dijadikan rujukan saja. 

Hal ini membuat pemerintah harus mengembalikan fungsi puskesmas kembali seperti semula.

Penegasan ulang (reiterasi)

Pengembalian fungsi awal puskesmas menjadi kunci dari keberhasilan pemberdayaan puskesmas. Selain itu, koordinasi dari semua kalangan juga perlu mendapat perhatian utama. 

Keberhasilan ini tentunya akan membuat puskesmas menjadi sumber vital dalam menyehatkan masyarakat yang sesuai dengan ide awal yang cemerlang.

contoh teks anekdot

Contoh Teks Anekdot singkat

Mutilasi

Pada suatu hari, Tono dan Bima pulang bersama seusai sekolah. Di jalan mereka mengobrol dengan asyik. Tono bercerita tentang kejadian yang dilihatnya semalam.

“Bim, tadi malam aku melihat ada yang dimutilasi di belakang rumah Pak Taryo”

Bima terkejut mendengarnya “Ehhh,, yang benar kamu Ton?”

“Iya benar aku tidak bohong” jawab Tono dengan wajah serius.

“Kenapa tidak kau tolongin? Kan kasihan.” tanya Bima.

“Nanti kalau aku tolong, aku malah dikira orang gila”

“Kenapa begitu? Kan niat kamu baik ingin menolong orang!” jelas Bima yang tampak bingung.

“Orang? Orang apa?” tanya Tono.

“Iya, orang yang dimutilasi itu, loh” jelas Bima yang semakin bingung.

Tono tertawa terbahak-bahak, “hahah haha”, “yang dimutilasi itu bukan orang Bim”

Bima kebingungan, “terus kalau bukan orang, apa dong?”

“Ayam, Bim. Semalam aku lihat Pak Taryo yang tukang ayam potong” kata Tono masih tertawa.

“Ah kamu, bilang dong kalau Pak Taryo sedang potong ayam. Pakai kata mutilasi segala.” jelas Bima kesal karena dikerjai.

contoh teks pidato

Contoh Teks Pidato Singkat

Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati bapak/ibu dan adik – adik tercinta warga desa Sembawa

Pertama, marilah kita semua memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT karena karuniaNya kita bisa mengikuti acara ini.

Tidak lupa shalawat dan salam juga pada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW.

Semoga shalawat yang dipanjatkan kepada baginda rasul kita tercurah kepada keluarga, para sahabat, serta pengikutnya dan kita semua sampai akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT, penggunaan narkoba itu sifatnya terlarang karena dapat membahayakan. Selain dapat membahayakan bagi tubuh, narkoba juga dilarang dalam agama dan aturan negara.

Hal yang lebih bahaya lagi yaitu kandungan yang ada pada benda terlarang tersebut yaitu memiliki zat yang membuat penggunanya kecanduan.

Jika sudah kecanduan dengan yang bernama narkoba maka ketenangan dalam hidup tak dapat dimiliki lagi. Hanya akan ada kegelisahan yang menghantui pengguna narkotika.

Bahkan, jika ketahuan atau divonis sebagai pemakai narkoba maka aturan yang ada di negara memerintah untuk memasukkan pengguna ke penjara.

Dari banyaknya bahaya yang dimiliki oleh barang yang bernama narkoba maka jangan sampai kita semua terjerumus.

Bagi yang melihat temannya memakai narkoba maka wajib untuk saling mengingatkan atau menegur pada hal kebaikan.

Untuk sekarang, hal yang lebih baik dilakukan adalah kegiatan positif lainnya dan menjauhi narkoba.

Hadirin yang dimuliakan, tak bisa banyak kalimat yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. melihat waktu yang telah diberikan tidak banyak.

Oleh karena itu, saya meminta maaf atas segala kesalahan dalam ucapan yang disampaikan. Saya harap hadirin semua memaafkannya dan memakluminya. Sekian dan sampai jumpa.

Wassalamualaikum wr wb

contoh teks ulasan

Contoh Teks Ulasan Singkat

Identitas Karya

Judul film: Dilan 1990

Jenis Film: Drama

Produser: Ody Mulya

Pemain utama: Iqbal Ramadhan, Vanesha Prescila

Penulis: Pidi B, Titien Wattimena

Produksi: MAX Pictures

Orientasi

Sebagai film terfavorit sepanjang masa, film “Dilan 1990” disutradarai oleh Pidi Baik dan Fahar Bustomi, serta diperankan oleh salah satu idola remaja Indonesia, yaitu Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescila. Selain itu, film ini merupakan adapatasi dari novel karangan Pidi Baiq.

Tafsiran: Dilan (Iqbal Ramadhan) bertemu dengan Milea (Vanesha Priscela) pada awa tahun 1990 di salah satu SMA di Bandung. 

Dengan karakter romantis dan humoris yang dimilikinya, dengan percaya diri, Dilan mendekati Milea sehingga pada akhirnya Milea jatuh cinta padanya. 

Akan tetapi, kisah cinta mereka diterpa dengan berbagai rintangan, salah satunya adalah Beni, seorang anggota geng motor, dan Kang Adi sering menimbulkan masalah. Namun, Dilan selalu memiliki berbagai cara untuk mengatasinya.

Dapat dikatakan bahwa Dilan adalah seseorang laki-laki yang bad boy, tetapi dengan keunikannya, yaitu karakter romantis, humoris, dan penuh dengan gombalan yang tidak picisan. 

Di samping itu, Milea merupakan sosok perempuan pendiam, penyayang, dan tentunya sangat cantik, serta dia sangat menaruh perhatiannya terhadap Dilan. Alur cerita sama sekali tidak membuat bosan para penonton karena bumbum-bumbu rayuan Dilan untuk Milea selalu ditunggu-tunggu oleh penonton.

Evaluasi

Iqbal dan Vanesha dapat memerankan sosok Dilan dan Milea dengan penjiwaan yang sangat baik. Selain itu, alur cerita dapat diterima oleh berbagai kalangan dari mulai ramaja, hingga orang tua karena sama sekali tidak rumit. 

Selain itu, nuansa cerita yang sangat kental dengan tema SMA, membuat penonton mendapatkan nilai intertektualiatasnya. Namun, sinematografi dan setting pada beberapa bagian dinilai belum optimal dalam merepresentasikan Bandung pada tahun 1990an.

Rekomendasi

Film ini menceritakan kisah cinta yang unik, lucu, menggelitik, dan menegangkan sehingga lengkap rasanya. Terlebih, secara keseluruhan film ini cocok untuk ditonton oleh berbagai kalangan, kecuali yang masih di bawah umur.

contoh teks biografi singkat

Contoh Teks Biografi singkat Mark Zuckerberg

Orientasi

Mark Elliot Zuckerberg, dia adalah seorang pemuda kebangsaan Amerika atau masyarakat pada umumnya mengenalnya sebagai CEO sekaligus pendiri salah satu sosial media terpopuler yaitu facebook.

Mark Zuckerberg lahir di White Plains yaitu salah satu wilayah kota New York tanggal 14 Mei 1984.

Mark Elliot Zuckerberg termasuk pengusaha muda terkaya dengan kekayaan sekitar 72.9 milliar U$.

Peristiwa atau Masalah

Sebelum membuat platform tersebut, Mark Zuckerberg seorang mahasiswa di Harvard University.

Sampai suatu saat, Mark Zuckerberg membuat jejaring sosial yang diperntukan pada kelas Mark Zuckerberg aja.

Tapi, lambat laun jejaring sosial itu tersebar luas terlebih banyaknya sambutan positif dari orang di sekitarnya, sampai ke universitas lain yang ada dekat universitas Harvard.

Tidak lama setelah Mark Zuckerberg melihat perkembangan sosial media itu, dia memutuskan keluar dari Harvard University dan kemudian memfokuskan dirinya buat mengerjakan project jejaring sosial milikinya yang kini udah dikenal sebagai Facebook.

Reorientasi

Di usianya yang baru 35 tahun, Mark Zuckerberg udah menjadi seorang pemuda yang menjadi salah satu di antara orang terkaya di dunia.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg cuma berniat membuat jejaring sosil Facebook ini buat membantu orang-orang.

Berkat niat baik dan ide inovatifnya, Facebook tidak cuma membantu banyak orang juga membuat Mark kaya raya.

contoh teks ceramah singkat

Contoh Teks Ceramah singkat

Asalamualaikum wr.wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua

Marilah kita panjatkan rasa syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang karena karunia-Nya telah mengumpulkan kita di tempat yang sejuk dan nyaman ini. 

Ceramah saya kali ini akan membahas pentingnya bimbingan karakter untuk para remaja. Pada usia remaja ini, apa yang kalian lakukan akan memberikan dampak pada masa depan sehingga harus berhati-hati dalam memilih pergaulan dan pendidikan. 

Jangan sampai usia remaja, yang dapat dimanfaatkan dengan hal-hal yang berguna, dihabiskan dengan hal-hal yang sia-sia.

Isi: Pencapaian karakter saat menuju dewasa banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang pada umumnya disebabkan oleh lingkungan atau masyarakat dan juga bagaimana arah pergaulan sehingga lingkungan menjadi hal yang vital dalam memberi pengaruh terhadap masa depan kalian. 

Dengan demikian, kalian semua, para agen penerus bangsa, jika menginginkan kehidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera, kalian harus menggunakan waktu remaja dengan efektif dan efisien, jangan sampai kalian menyesal pada kemudian hari dengan hal-hal yang sama sekali tidak produktif.

Hadirin yang tercinta,mengikuti kegiatan pendidikan karakter merupakan hal yang paling bermanfaat dalam usia remaja. Pendidikan karakter ini akan membentuk remaja ke dalam suatu keahlian khusus. 

Selain itu, nilai-nilai positif dapat kalian dapatkan, yang membuat budi pekerti kalian menjadi semakin baik sehingga tetap berada pada junjungan moral masyarakat meskipun digempur dengan berbagai tantangan pada era globalisasi.

Penutup: Oleh karena itu, marilah kalian bersama-sama menyongsong masa depan dengan memanfaatkan waktu remaja dengan baik, yaitu dengan mengikuti pendidikan karakter agar selalu menjadi remaja yang produktif dan bermoral.

Demikianlah, ceramah saya pada kesempatan kali ini. Jika kalian ingin maju dengan cepat, majulah sendirian. Namun, jika ingin maju lebih jauh, majulah bersama-sama. Atas perhatinnya, saya mengucapkan terima kasih banyak.

contoh teks cerita inspiratif singkat

contoh teks cerita inspiratif Singkat

Garam dan Telaga

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan air muka yang ruwet. Tamu itu, memang tampak seperti orang yang tak bahagia.

Tanpa membuang waktu, orang itu menceritakan semua masalahnya. Pak Tua yang bijak, hanya mendengarkannya dengan seksama. Ia lalu mengambil segenggam garam, dan meminta tamunya untuk mengambil segelas air. 

Ditaburkannya garam itu kedalam gelas, lalu diaduknya perlahan. “Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya..”, ujar Pak tua itu.

“Pahit. Pahit sekali”, jawab sang tamu, sambil meludah ke samping.

Pak Tua itu, sedikit tersenyum. Ia, lalu mengajak tamunya ini, untuk berjalan ke tepi telaga di dalam hutan dekat tempat tinggalnya. 

Kedua orang itu berjalan berdampingan, dan akhirnya sampailah mereka ke tepi telaga yang tenang itu.

Pak Tua itu, lalu kembali menaburkan segenggam garam, ke dalam telaga itu. 

Dengan sepotong kayu, dibuatnya gelombang mengaduk-aduk dan tercipta riak air, mengusik ketenangan telaga itu. “Coba, ambil air dari telaga ini, dan minumlah. Saat tamu itu selesai mereguk air itu, Pak Tua berkata lagi, “Bagaimana rasanya?”.

“Segar.”, sahut tamunya.

“Apakah kamu merasakan garam di dalam air itu?”, tanya Pak Tua lagi.

“Tidak”, jawab si anak muda.

Dengan bijak, Pak Tua itu menepuk-nepuk punggung si anak muda. Ia lalu mengajaknya duduk berhadapan, bersimpuh di samping telaga itu.

“Anak muda, dengarlah. Pahitnya kehidupan, adalah layaknya segenggam garam, tak lebih dan tak kurang. Jumlah dan rasa pahit itu adalah sama, dan memang akan tetap sama.

“Tapi, kepahitan yang kita rasakan, akan sangat tergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itu, akan didasarkan dari perasaan tempat kita meletakkan segalanya. 

Itu semua akan tergantung pada hati kita. Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang bisa kamu lakukan. 

Lapangkanlah dadamu menerima semuanya. Luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitan itu.”

Pak Tua itu lalu kembali memberikan nasehat. “Hatimu, adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya. 

Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan.”

Keduanya lalu beranjak pulang. Mereka sama-sama belajar hari itu. Dan Pak Tua, si orang bijak itu, kembali menyimpan “segenggam garam”, untuk anak muda yang lain, yang sering datang padanya membawa keresahan jiwa.

Demikianlah, hatimu adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya. 

Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan.

contoh teks fabel singkat

Contoh Teks Fabel 

Anak Serakah dan Ikan Emas Ajaib

Dahulu kala tinggalah suatu keluarga miskis di sebuah desa terpencil. Dalam keluarga tersebut terdapat ayah, ibu dan satu orang anak, sebut saja namanya Rina. 

Orang tua Rina memiliki perkerjaan sebagai pencari ikan di laut. Hasil dari mencari ikan tersebut tidak cukup untuk makan setiap harinya. Bahkan terkadang orang tua Rina tidak membawa hasil tangkapan apapun. 

Semua pekerjaan dilakukan dengan sabar oleh orang tua Rina.

Suatu hari, jala yang dipasang oleh ayah Rina menangkap sebuah ikan. Jalan tersebut terasa berat ketika ditarik ke atas permukaan. 

Ayah Rina berkata,"Wah hasil tangkapanku hari ini pasti besar. Berat sekali rasanya?". Setelah jala terangkat ke permukaanm ternyata hanya satu ekor ikan kecil saja yang tertangkap. 

Ikan yang ditangkapnya berbeda dengan ikan laut lainnya. 

Tubuh ikan tersebut berkilau bagi emas bahkan anehnya dapat berbicara layaknya manusia.

Ikan emas pun berkata,"Tolong lepaskan aku tuan. Aku akan mengabulkan apapun permintaanmu." Ayah Rina tersebut berfikir sejenak dan berkata,"Kamu tidak perlu memberikan apapun untukku, sekarang pergilah, aku melepaskanu". 

Ikan emas tersebut kemudian kembali ke lautan dan ayah Rina langsung pulang kerumah juga. Sesampinya di rumah Ayah rina hanya membawa tangan kosong karena tidak ada satupun ikan yang tertangkap.

Ayah Rina menceritakan apa yang telah ia alami tadi. Ayah Rina berkata,"Tadi aku menangkap sebuah ikan emas ajaib. Namun ikan tersebut kulepaskan lagi karena kasihan". 

"Ia juga berkata bahwa akan mengabulkan semua permintaanku, jika aku melepaskannya kembali ke laut", tambah Ayah. Kemudian Rina berkata kepada ayahnya,"Bodoh sekali ayah. Kenapa malah dilepaskan?".

Rina pun merasa kesal dengan tindakan ayahnya. Akhirnya ia bergegas ke tempat ayahnya melepaskan ikan ajaib tersebut. 

Sesampainya disana, Rina memanggil manggil ikan ajaib itu,"Wahai ikan ajaib, keluarlah! Aku Rina anak seorang penangkap ikan yang telah melepaskanmu! Ayo ikan, keluarlah!". 

Rina terus saja memanggil manggil ikan tersebut dan tidak memperdulikan sekitarnya. 

Tidak lama kemudian, ikan ajaib tersebut muncul ke permukaan dan menghampiri Rina. "Wahai anak cantik, mengapa engkau memanggilku?", kata ikan ajaib. 

"Aku kemari untuk meminta hadiah karena ayahku telah melepaskanmu", jawab Rina.

Untuk mengetahui pesan moral atau amanat dari sebuah contoh cerita fabel. Kita harus membaca cerita tersebut dari awal sampai akhir. 

Dengan begitu maksud dan pesan moral ceritanya dapat dipahami. Terkadang pesan moral pada cerita fabel dapat ditulis secara langsung didalamnya ataupun tidak.

Ikan emas pun bertanya kepada Rina,"Apa yang kamu inginkan Rina?" Rina menjawab,"Aku ingin meminta harta kekayaan agar keluargaku tidak miskin lagi". 

Ikan emas tersebut mengabulkan permintaan Rina. Keluarga Rina pun mendadak menjadi kaya raya. Yang awalnya serba susah, sekarang keluarganya menjadi sangat kaya. 

Apapun yang dia inginkan dapat diperolehnya, seakan akan hartanya tidak pernah habis. Karena keajaiban inilah, setiap hari ayah dan ibu Rina selalu bersedekah dengan orang orang yang kurang mampu. 

Mereka memberikan bantuan sembako dan lain sebagainya untuk orang orang fakir, miskis, dan sebagainya.

Melihat hal itu, Rina langsung memarahi kedua orang tuanya. Rina berkata,"Kenapa uangnya diberikan kepada orang lain? Itu jeripayahku meminta harta dari ikan emas ajaib. 

Jangan pernah seenaknya mengambil uang uangku!" Mendengar perkataan rina yang kasar, kedua orang tuanya hanya sabar dan sedih melihat kelakuan anaknya. 

"Rina sayang, harta ini hanya titipan, apa yang telah diberikan kepada keluarga kita harus dibagi dengan orang yang membutuhkan. 

Kita tidak boleh serakah dan harus tetap bersyukur", nasihat Ayahnya. Rina langsung pergi kekamarnya tanpa memperdulikan nasihat dari ayahnya.

Keesokan harinya adalah hari yang menyesakkan bagi keluarga Rina. Harta yang dimilikinya hilang begitu saja. Semua hartanya tidak tersisa satupun. 

Entah apa yang terjadi namun kekayaan tersebut hilang dalam sekejab. Kehidupan Rina dan keluarganya pun kembali seperti semula. Semuanya serba susah dan kesulitan uang.

Pesan moral yang dapat dipetik dalam contoh cerita fabel "Anak Serakah dan Ikan Emas Ajaib" di atas adalah kita tidak boleh serakah terhadap semua hal. 

Karena di dunia ini semua hanya titipan. Selalu berbagi dan jangan lupa untuk bersyukur, apapun itu bentuknya.

Masih banyak sekali contoh cerita fabel yang bisa kita ambil hikmahnya, pada dasarnya cerita ini tidak hanya sebagai hiburan semata karena dalam cerita fabel juga ada unsur unsur yang bisa kita petik sebagai pelajaran hidup. 

Pada intinya semua bisa menjadi contoh dalam kehidupan, bahkan hewan sekalipun bisa memberikan kita pelajaran tak terlupakan.

contoh teks fiksi singkat

contoh teks fiksi singkat

legenda rawa pening

legenda rawa pening, selain memiliki banyak unsur budaya yang terkenal jawa tengah juga mempunyai banyak cerita-cerita menarik

salah satunya yaitu legenda rawa pening-pada zaman dahulu hiduplah seorang anak yang sakti. sehingga kesaktian tersebut membuat seorang penyihir jahat iri.

karena merasa tertandingi ilmunya penyihir jahat itu menyihir anak itu,badannya penuh luka dengan bau yang sangat menyengat. dan luka-luka baru yang nampak. ketika luka itu kering,tidak ada seorang pun yang mau mendekat dengannya.

suatu hari anak sakti ini mempunyai mimpi ada seseorang wanita yang bisa mengobati lukanya dan penyakitnya. setiap kampung pun didatangi untuk mencari perempuan tersebut.

namun anak ini senantiasa di usir oleh masyarakat. mereka merasa jijik dan mengusirnya kembali.

suatu saat ada pesta dan anak ini dapat masuk dalam pesta tersebut,namun beberapa orang mengusir dan mencaci maki. kemudian diseret keluar,ketika diseret ia berpesan kepada orang yang ada di pesta tersebut.

“dengan menancapkan satu lidi di atas tanah dan hanya dirinya yang dapat mencabutnya”

anak tersebut melakukan tersebut karena kesal atas perlakuan dari masyarakat. beberapa orang mengabaikan perkataan anak tersebut. mereka juga mencoba mencabut lidi itu. 

namun tidak seorang pun yang dapat mencabutnya.

hingga tanpa orang sadari anak itu mencabut dan keluarlah air dan menjadi mata air. semakin lama air yang keluar deras dan banyak. hingga menenggelamkan daerah itu hingga menjadi telaga yang di beri nama rawa pening.

tidak ada satu orang pun yang selamat kecuali wanita yang telah menolongnya,serta memberikan rumah dan merawatnya.

penyihir jahat masih tidak terima atas kesembuhan itu hingga menyihir lagi menjadi ular besar dengan kalung genta di bagian leher.

karena kalung itu selalu berbunyi klinting-klinting  membuat nama ular itu memiliki nama baru klinting.

Pesan Moral:

hargailah orang lain dan jangan sama-sama membenci. jangan sampai menilai seseorang dari tampilan luar saja. apa yang tampak menarik dapat saja jelek untuk kita dan begitu pula sebaliknya.

contoh teks iklan

contoh teks iklan

Direktur: Harap hening bapak ibu di lift, tengah terjadi masti listrik

Orang Jepang: (bicara dengan bahasa jepan).

Direktur: Ada yang sanggup "Ngomong jepang"?.

Karyawan: Saa, saya pak.

Direktur: Silahkan.

Karyawan: "JEPANG"

Direktur dan karyawan yang lain: "Ada AQUA?"

contoh teks iklan produk

contoh teks iklan produk

Sesuai namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang dibuat buat menjual atau mempromosikan sebuah produk, baik barang maupun jasa. 

Iklan produk sering kali disebut sebagai ikan niaga dan bertujuan buat mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu. 

Jenis iklan ini ialah salah satu yang amat sering ditemukan

Kunci dalam membuat iklan produk salah satunya ada di tagline, slogan atau pembuatan kalimat iklan yang menarik. 

Sebuah kalimat yang gampang diingat dan masuk kedalam benak orang yang melihat atau membaca iklan.

Beberapa contoh tagline iklan produk yang terkenal diantaranya;

  • Minuman Pengganti Ion Dalam Tubuh (Pocari Sweat)
  • Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (Teh Sosro)
  • Jelas Lebih Enaak (Kapal Api)
  • Semua Bisa Jadi Macan (Biskuat)
  • Indomie Seleraaku (Indomie).
  • Orange No.1 di Dunia (Floridina Orange)

Contoh Teks Iklan Produk Floridina

Mulai hari dengan yang fresh, be ready go with floridina, floridina jeruknya florida orange, real fresh, real orange pulp, so juicy!! floridina fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak disedapi dimana aja, .. floridina with real orange pulp. SO JUICY!!

contoh teks khutbah

contoh teks khutbah singkat tentang sabar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah memberikan kepada kita semua nikmat sehat serta nikmat iman sehingga kita dapat berkumpul di majlis yang insya Allah mulia ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhamamd SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah yang terang benderang seperti sekarang ini. 

Juga kepada keluarganya, sahabatnya, serta para pengikutnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Allah serta Rasul-Nya telah mengajarkan kepada kita untuk dapat menjalani hidup dengan lapang dan tenang. Salah satu sifat yang harus kita miliki untuk dapat hidup lapang dan tenang adalah adalat sifat sabar. Kata sabar berasal dari bahasa arab yang artinya menahan diri. 

Apabila diartikan dalam kehidupan sehari-hari maka cakupan artinya sangat luas.

Kita akan semakin mudah untuk dapat bersabar dalam menghadapi cobaan apabila kita semakin sadar akan siapa diri kita sebenarnya. 

Untuk itu hal pertama yang dapat kita bangun dalam diri kita adalah dengan menyadari bahwa kapanpun dan di manapun kita berada pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya cobaan.

Dalam Al-Quran banyak sekali ayat-ayat yang membahas mengenai balasan bagi orang-orang yang bersabar. 

Beberapa ayat tentang sabar ada dalam surah Al-Baqarah ayat 153, 155,156,157. Untuk ayat 153 berbunyi yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. 

Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar.

Tanpa mengurangi rasa hormat saya, saya mengajak saudara semua untuk selalu meningkatkan kualitas sabar kita mengenai apapaun yang telah terjadi dalam hidup kita. 

Sehingga hati kita dapat lebih tenang dalam menerima apa yang telah Allah takdirkan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

contoh teks mc

contoh teks mc acara resmi

Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Bapak Lurah beserta Ibu yang kami hormati.

Para Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat yang kami hormati.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara sekalian yang kami hormati.

Rekan-rekan Karang Taruna Panitia Agustusan dan adik-adik yang kami cintai.

Alhamdulillah, kita bisa berkumpul bersama di sini, untuk memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas nama Panitia Penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih atas kehadirin bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua yang hadir di sini untuk memeriahkan acara Agustusan tingkat Kelurahan (Nama Kelurahan)

Hadirin yang kami hormati... Rangkaian acara yang akan kita ikuti dalam Perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini sebagai berikut:

Pembukaan

  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, diteruskan dengan mengheningkan cipta
  • Sambutan-sambutan
  • Penyerahan Hadiah
  • Penutup/Do'a
  • Hiburan

Acara pertama, pembukaan, mari kita bersama-sama membuka acara ini dengan ucapan basmalah Bismillahirrohmaanirrohim

Kita lanjutkan ke acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Hadirin kami persilakan untuk berdiri....

Yang bertindak sebagai konduktor atau dirigen adalah rekan kami, Saudara (Nama). Kepada (Nama) kami persilakan.

(Menyanyikan Lagu Indonesia Raya)

Hadirin yang kami hormati... Untuk mengenang jasa para pahlawan, marilah kita sejenak mengheningkan cipta, berdo'a kepada Allah, semoga arwah para pahlawan mendapat tempat di sisi-Nya.

Mengheningkan cipta, mulai...!

(Mengheningkan Cipta, Posisi Hadirin Masih Berdiri)

Selesai! Hadirin kami persilakan duduk kembali...

Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua Panitia Penyelenggara, yaitu (Nama Ketua Panitia). Kepada (Nama Ketua Panitia) kami persilakan...!

(Sambutan Ketua Panitia)

Terima kasih (Nama Ketua Panitia).... Sambutan kedua oleh Bapak Lurah (Nama Lurah). Kepada Pak Lurah, silakan, Pak....!

(Sambutan Lurah)

Terima kasih, Pak Lurah.

Selanjutnya penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba HUT RI tahun ini. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dipimpin langsung Ketua Panitia. Kepada (Nama Ketua Panitia) kami persilakan....

(Pengumuman dan Penyerahan Hadiah)

Selamat kepada para pemenang.... Semoga hadiahnya bermanfaat...

Hadirin yang kami hormati, setelah ini kita akan saksikan acara hiburan. Banyak sekali yang akan tampil dan memeriahkan acara Agustusan kita kali ini.

Namun sebelumnya, kita tutup dulu acara resmi peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini dengan Pembacaan Doa, yang akan dipimpin Ketua MUI Kelurahan <Nama Kelurahan>, yaitu Bapak Kiai Haji (Nama Ketua MUI)

Kepada Pak Kiai, kami persilakan....! 

(Pembacaan Doa)

Amin Ya Robbal 'Alamin....  Terima kasih Pak Kiai....

Hadirin yang berbahagia, saatnya kita menikmati berbagai hiburan pada acara perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini.

contoh teks bacaan singkat

Contoh Teks Bacaan singkat

Untuk menemukan detail atau perincian isi bacaan, diperlukan konsentrasi untuk membaca teks bacaan secara mendalam. Cara membaca yang demikian disebut sebagai teknik membaca intensif. 

Kamu tentu pernah membaca dengan cara tersebut bukan? Dengan membaca teks bacaan secara intensif, kamu akan memperoleh informasi secara lebih lengkap.

Ilmuwan Muda

Berita tentang anak ajaib (prodigy) selalu menarik. Seorang anak di Hongkong berusia sembilan tahun diberitakan berhasil memecahkan rekor meraih angka tertinggi pada ujian matematika. 

Anak tersebut, March Boedihardjo, seorang Indonesia yang bermukim di Hongkong. 

Ia berhasil meraih dua nilai A untuk ujian A level Inggris, ujian yang biasanya diambil oleh siswa berusia 17 atau 18 (Reuters/Jakarta Pos, 18/18).

Sensasi sama juga kita dapatkan ketika mendengar generasi muda Indonesia berhasil menang dalam Olimpiade fisika, matematika, biologi atau astronomi. 

Perasaan yang kurang lebih sama juga muncul ketika sejumlah remaja muncul sebagai pemenang lomba karya ilmiah seperti yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Harapan juga muncul dalam acara Festival Sains yang berlangsung di Mal Pondok Indah Jakarta, 13-19 Agustus. Selain kagum, kita juga merasa bangga kepada mereka yang menang dalam lomba di luar negeri karena mereka membawa nama bangsa.

Pertanyaan menarik berikutnya adalah apakah mereka yang berhasil memperoleh prestasi dalam lomba tersebut selanjutnya akan menjadi ilmuwan? 

Jawabannya masih bergantung pada banyak faktor, antara lain apakah pada anak-anak berbakat tersebut ada kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi?

Pertanyaan yang mungkin lebih mendasar, apakah menjadi ilmuwan dapat berkelanjutan .

Pertanyaan tersebut mengundang gagasan bahwa mencetak ilmuan memang merupakan ikhtiar tim, melibatkan orang tua, lembaga pendidikan, perusahaan, dan pemerintah, masing-masing dengan perannya yang khas. 

Lingkungan individu yang diharapkan bisa meraih prestasi jelas harus memberi suasana kondusif.

Pemerintah menyediakan beasiswa agar anak berbakat punya motivasi dan akses finansial untuk mendapatkan pendidikan yang baik, lembaga pendidikan dan penelitian menyediakan insentif yang memotivasi, orang tua agar rela berkorban demi kelancaran studi sang anak. 

Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang toko buku mau menyediakan buku-buku teks yang bermutu.

demikianlah pembahasan mengenai contoh teks singkat terbaru. sampai jumpa di artikel baraaksara berikutnya.

kueri terkait.

contoh teks biografi singkat,contoh teks ceramah,contoh teks cerita inspiratif,contoh teks deskripsi,contoh teks eksposisi,contoh teks fabel,contoh teks fiksi,contoh teks iklan,contoh teks inspiratif,contoh teks mc,contoh teks negosiasi,contoh teks nonfiksi,contoh teks iklan produk,contoh teks khutbah

bara aksara
bara aksara saya hanyalah seorang kadang-kadang. kadang menulis. kadang membaca. kadang-kadang resah. baraaksara.my.id

Post a Comment for "Kumpulan Contoh Teks Singkat Terbaru Dalam Berbagai Topik"